July 27, 2010

PREVIEW : THE SOCIAL NETWORK


Siapa yang tak mengetahui Facebook ? Rasanya hampir seluruh penduduk dunia mengetahui situs jejaring sosial paling terkenal di muka bumi ini. Data terakhir mencatat ada sekitar 500 juta pengguna aktif Facebook hingga bulan Juli 2010 dan terus bertambah, bahkan di Indonesia sendiri terdapat 20 juta pengguna yang merupakan tertinggi ketiga di seluruh dunia. Data yang cukup mencengangkan. Facebook begitu populer di Indonesia, khususnya di kalangan remaja. Sukses membuat Friendster bertekuk lutut dan gempuran dari Twitter maupun MySpace tidak membuat Facebook bergeming, malah semakin kuat dari hari ke hari. Ada anggapan bahwa seseorang yang tidak memiliki akun di Facebook adalah seseorang yang tidak gaul. Saat ini Facebook bisa dikatakan multifungsi karena pengguna tidak hanya menggunakannya sebagai media untuk mencari teman tetapi juga untuk menjual barang dagangan, promosi hingga melakukan tindak kriminal.

Hollywood selalu jeli dalam mencari celah untuk meraih keuntungan. Melihat begitu tingginya tingkat kepopuleran Facebook, tentu bukan hal yang sulit untuk menjual sebuah produk yang berkaitan dengan situs ini, dalam hal ini produk yang dimaksud tentu saja adalah film. Proyek film tentang Facebook telah diumumkan sejak awal tahun 2009 dan proses kasting dimulai pada bulan Agustus 2009. Dari sini didapat beberapa nama populer yang akan bergabung dalam film ; Justin Timberlake, Jesse Eisenberg, Andrew Garfield, Brenda Song, Max Minghella, Rashida Jones dan Joseph Mazzello. Kursi penyutradaraan diserahkan kepada David Fincher yang merupakan alasan utama mengapa saya sangat menantikan film ini. Setelah menghasilkan film - film cerdas semacam Se7en, The Game, Fight Club dan The Curious Case of Benjamin Button, saya tertarik untuk melihat bagaimana penggarapan Fincher terhadap film Facebook berjudul The Social Network ini.

Penulisan naskah diserahkan kepada Aaron Sorkin yang pernah menggarap naskah A Few Good Men dan 86 episode dari The West Wing dari hasil mengadaptasi buku non fiksi karangan Ben Mezrich yang berjudul The Accidental Billionaires: The Founding of Facebook, A Tale of Sex, Money, Genius, and Betrayal. Plot resminya sendiri belum dipublikasikan oleh Columbia Pictures, namun premisnya sendiri mengetengahkan tentang tahun - tahun pertama dari Facebook yang penuh cobaan dan tentu saja biografi dari sang pendiri, Mark Zuckerberg, yang tidak hanya mendadak menjadi Miliarder tetapi juga mendapat banyak musuh terutama dari mereka yang iri dan ingin melihat kejatuhannya. Tidak berbeda jauh dengan film biografi orang sukses lainnya, tapi bagi kalian yang merupakan Facebookers atau pecandu Facebook tentu jangan sampai melewatkan film yang satu ini. Kabar lain menyebutkan bahwa The Social Network akan berdurasi lebih dari 3 jam. Hmmm, panjang juga ya? semoga durasi yang sedemikian panjang tidak menjadi bumerang bagi filmnya sendiri.

The Social Network rencananya akan dirilis pada 1 Oktober 2010 di Amerika Serikat. Mengingat film berbujet $50 juta ini baru dirilis di Singapura pada akhir tahun, ada kemungkinan The Social Network akan terlambat masuk ke Indonesia.


4 comments:

  1. asik dah bang rijal ..
    hehehe

    ReplyDelete
  2. Ini filmnya mo dibikin format dokumenter, ato format drama "based on true story"?

    Btw, link blogmu dah gw pasang, tar. Link blog gw dipasang disini juga donk, tar. Hehehe...

    -- Petrel --

    ReplyDelete
  3. kayaknya sih format drama based on true story, belum ada info bakal dibuat seperti apa

    ReplyDelete
  4. zal, tau judul lagu yg jadi backsoundnya trailer ini gak? [hmpfh]

    ReplyDelete

Mobile Edition
By Blogger Touch