August 30, 2010

[SPECIAL] 62nd PRIMETIME EMMY AWARDS WINNERS


Pagelaran Emmy Awards 2010 baru saja selesai digelar beberapa jam yang lalu dan seperti halnya kebanyakan acara sejenis, tentu bukan perkara yang mudah untuk memuaskan semua pihak, pasti tetap akan ada kekecewaan. Namun satu hal yang pasti, Mad Men dan Modern Family yang meraih kategori tertinggi, Outstanding Drama and Comedy Series, memang sangat layak untuk menang. Para kritikus dan pecinta serial televisi telah sedari awal memprediksi kemenangan besar dari dua serial tersebut. Kemenangan Mad Men semakin memperpanjang rekornya sendiri karena ini adalah tahun ketiga dimana Mad Men mendapat gelar Outstanding Drama Series, sementara rekannya dari serial komedi, 30 Rock harus rela melepas gelarnya kepada pendatang baru, Modern Family. Hal serupa juga dialami oleh The Amazing Race yang gagal mempertahankan gelar sebagai Oustanding Reality Show - Competition untuk ke-8 kalinya demi Top Chef yang sebelumnya sudah tiga kali mendapat nominasi. Ini sekaligus mematahkan rekor The Amazing Race sebagai satu - satunya program yang memenangi kategori tersebut karena selama ini belum pernah ada program lain yang mengalahkan kedigdayaan The Amazing Race hingga tahun ini.

Peraih nominasi terbanyak untuk kategori serial, Glee, harus puas dengan empat piala saja untuk dibawa pulang, termasuk buat Jane Lynch atas aktingnya yang luar biasa sebagai Sue Sylvester dan sutradara Ryan Murphy. Jim Parsons secara mengejutkan mampu membuat pesaing terberatnya yang lebih dijagokan, Alec Baldwin, Tony Shalhoub dan Steve Carell, bertekuk lutut. Edie Falco merebut piala aktris komedi terbaik dari Tina Fey yang telah mengoleksi 3 piala dari kategori yang sama selama 3 tahun secara berurutan. Uniknya, Falco juga mengalami hal yang nyaris serupa dengan Fay dimana dirinya juga mengantongi 3 piala dari kategori drama berkat The Sopranos, namun tidak secara berurutan. Falco juga merupakan satu dari tiga artis yang pernah memenangkan piala aktor/aktris utama dari genre yang berbeda. Untuk kategori komedi, pemenang terbesar diraih oleh Modern Family dengan raihan 6 piala.

Kategori drama rupanya menyimpan kejutan yang lebih besar ketimbang kategori komedi meskipun Mad Men masih tetap mendominasi. Bryan Cranston dari Breaking Bad melanjutkan keperkasaannya dengan menghalangi aktor lain untuk mendapatkan gelar aktor utama terbaik. Kyra Sedgwick secara mengejutkan menyingkirkan Glenn Close dan January Jones, sedangkan penonton dibuat tercengang sekaligus bersorak sorai saat Archie Panjabi dinobatkan sebagai aktris pembantu terbaik mengalahkan para unggulan dari serial Mad Men. Kekecewaan melanda Lost saat serial ini tak berhasil membawa pulang satu pun piala baik dari sisi teknis maupun akting. Mungkin itu adalah kejutan terbesarnya. Saat pemirsa dan para kritikus menduga para juri akan berbaik hati memberi piala kepada musim terakhir Lost, ternyata yang ada justru sebaliknya.

Kemenangan terbesar diraih oleh miniseri The Pacific dengan 8 piala serta film televisi Temple Grandin yang menggondol 7 piala. Ini menjadikan HBO sebagai pemegang piala terbanyak di Emmy Awards kali ini dengan 25 piala disusul oleh ABC yang membawa pulang 18 piala. George Clooney sempat naik ke atas panggung untuk menerima penghargaan khusus kemanusiaan atas kontribusinya yang besar terhadap beberapa aksi sosial.

Secara keseluruhan, Emmy Awards 2010 hadir dengan sangat memuaskan. Tidak hanya karena memberikan piala kepada yang layak, tetapi juga mengenai tampilan. Dipandu oleh Jimmy Fallon, pagelaran Emmy jauh dari kesan serius. Yang ada kalian justru akan dibuat tertawa secara terus menerus, belum ditambah dari para pengisi acara yang mampu mengimbangi kekocakan Fallon. Sejak menit pertama pun Emmy sudah menyuguhkan tontonan yang menyegarkan dengan parodi dari serial Glee yang dijamin membuat takjub sekaligus tertawa terpingkal - pingkal. Begitu lucu. Hiburan ini terus berlanjut hingga pertengahan acara, sayangnya begitu memasuki kategori miniseri, acara mulai berjalan membosankan. Rasa haru sempat muncul saat Jewel membawakan tembang "The Shape of You" untuk mengenang para artis dari serial TV yang telah meninggal. Setelah berjalan cukup membosankan, akhirnya penonton digiring menuju puncak acara dengan kemenangan Modern Family sebagai serial komedi terbaik. Congratulation!

Inilah beberapa pemenang Emmy Awards dari kategori utama di Primetime Emmy Awards :

Drama Series :

Outstanding Drama Series : Mad Men
Outstanding Lead Actor : Bryan Cranston (Breaking Bad)
Outstanding Lead Actress : Kyra Sedgwick (The Closer)
Outstanding Supporting Actor : Aaron Paul (Mad Men)
Outstanding Supporting Actress : Archie Panjabi (The Good Wife)
Outstanding Directing : Steve Shill (Dexter)
Outstanding Writing : Matthew Weiner & Erin Levy (Mad Men)
Outstanding Guest Actor : John Lithgow (Dexter)
Outstanding Guest Actress : Ann-Margret (Law & Orders : Special Victims Unit)

Comedy Series :

Outstanding Comedy Series : Modern Family
Outstanding Lead Actor : Jim Parsons (The Big Bang Theory)
Outstanding Lead Actress : Edie Falco (Nurse Jackie)
Outstanding Supporting Actor : Eric Stonestreet (Modern Family)
Outstanding Supporting Actress : Jane Lynch (Glee)
Outstanding Directing : Ryan Murphy (Glee)
Outstanding Writing : Steven Levitan & Christopher Lloyd (Modern Family)
Outstanding Guest Actor : Neil Patrick Harris (Glee)
Outstanding Guest Actress : Betty White (Saturday Night Live)

Outstanding Made for Television Movie : Temple Grandin
Outstanding Miniseries : The Pacific
Outstanding Lead Actor in a Miniseries or Movie : Al Pacino (You Don't Know Jack)
Outstanding Directing for a Miniseries, Movie or a Dramatic Special : Mick Jackson (Temple Grandin)
Outstanding Lead Actress in a Miniseries or Movie : Claire Danes (Temple Grandin)
Outstanding Writing for a Miniseries, Movie or a Dramatic Special : Adam Mazer (You Don't Know Jack)
Outstanding Supporting Actor in a Miniseries or a Movie : David Strathairn (Temple Grandin)
Outstanding Supporting Actress in a Miniseries or a Movie : Julia Ormond (Temple Grandin)
Outstanding Variety, Music or Comedy Special : The Daily With Jon Stewart
Outstanding Directing for a Variety, Music or Comedy Special : Bucky Gunts (Vancouver 2010: XXI Olympic Winter Games)
Outstanding Writing for a Variety, Music or Comedy Special : 63rd Tony Awards
Outstanding Reality Competition Program : Top Chef
Outstanding Reality Host : Jeff Probst (Survivor)
Outstanding Children's Program : Wizards of Waverly Place : The Movie

No comments:

Post a Comment

Mobile Edition
By Blogger Touch