February 6, 2011

REVIEW : ONCE


Saya sudah menonton Once sebanyak tiga kali dan saya memang sangat menyukai film dari Irlandia ini. Sebuah film musikal berbalut drama romantis yang sederhana namun sejatinya sama sekali tidak sederhana. Yang paling menarik perhatian tentu saja adalah soundtrack-nya, karena ini film musikal, yang sangat indah dan mengena, khususnya 'Falling Slowly' peraih Best Original Song di Oscar tahun 2007. Sebuah fakta dipaparkan, Once dibuat dengan masa syuting hanya 17 hari dan memiliki bujet yang terhitung rendah, sekitar $ 160 ribu. Tidak mengherankan karena memang Once memiliki setting yang sederhana, tak ada ledakan atau adegan yang membutuhkan spesial effect serta dibintangi oleh bintang - bintang amatir, kecuali kedua pemeran utamanya yang merupakan musisi. John Carney yang menjabat sebagai sutradara sekaligus penulis naskah memang ahlinya membuat film yang memiliki bujet yang sangat rendah namun kuat dalam hal cerita.

Yang unik, kita tidak akan mengetahui nama dari dua karakter utamanya di sepanjang film. Credit title hanya menyebut mereka sebagai Guy (Glen Hansard) dan Girl (Marketa Irglová), pun dialog terkesan sengaja menghindari percakapan yang mengharuskan mereka untuk saling memanggil nama. Jika diperhatikan, hanya segelintir saja yang diberi nama oleh Carney. Mengutip apa yang dikatakan oleh Shakespeare, apa arti sebuah nama ? Disini, Carney seakan menyiratkan sesuatu dengan tidak memberi nama kepada dua karakter utamanya. Menjadikan film romantis memiliki sedikit kesan 'misterius' di dalamnya. Guy dan Girl langsung diperkenalkan kepada penonton sejak menit awal, tanpa basa basi. Guy adalah anak seorang pemilik toko yang khusus memperbaiki pembersih debu dan memiliki passion yang tinggi terhadap musik. Mengamen di jalanan demi mendapat uang tambahan namun para pejalan kaki tak ada yang menghiraukannya karena Guy cenderung lebih suka memainkan musiknya sendiri ketimbang musik populer. Namun karena inilah dia kemudian bertemu dengan Girl, seorang imigran dari Ceko, yang menyukai musiknya dan pintar bermain piano.


Persahabatan dan benih - benih asmara mulai tumbuh diantara keduanya seiring film berjalan. Mungkin lebih tepat disebut sebagai teman tapi mesra karena baik Guy dan Girl tak pernah secara eksplisit menyatakan perasaan mereka, malah lebih sering curhat mengenai pasangan masing - masing yang pergi jauh dari mereka. Guy memiliki impian untuk merekam demo musiknya dan Girl bersedia menawarkan bantuan kepadanya. Kisah cinta yang terjalin diantara mereka terbilang unik dan cukup menyentuh. Yang membedakan Once dari film romantis lain adalah tidak adanya rayuan penuh dengan dialog gombal nan memuakkan, bahkan keduanya tak saling menggoda, meski secara teknis iya. Bagi yang agak sensitif dengan adegan seks dan ciuman, bisa bernafas lega karena Guy dan Girl tidak melakukannya. Once adalah mengenai dua orang kesepian yang membutuhkan cinta dan disatukan karena memiliki hasrat yang sama terhadap musik.

Musik memang selalu cocok jika dipasangkan dengan cinta. Terkadang musik mampu berbicara lebih banyak ketimbang dengan kata - kata. Once yang merupakan film musikal ini memang tergolong minim dialog, berbeda jauh dengan apa yang dihadirkan oleh film paling romantis dekade ini, Before Sunset. Namun jangan salah sangka, musikal yang hadir disini bukan berarti para pemainnya mendadak bergoyang dan melantunkan lagu secara spontan di berbagai tempat yang tak lazim, namun lebih seperti ungkapan isi hati dari Guy dan Girl yang akan terasa aneh apabila dituturkan melalui dialog. Glen Hansard dan Marketa Irglová bermain natural dan meyakinkan meski pengalaman akting mereka masih minim, utamanya Irglová yang menjadikan Once sebagai debut aktingnya. Chemistry diantara keduanya terjalin begitu kuat.

Sulit untuk menjelaskan keapikan dari Once karena jujur saja meski saya sudah menontonnya sebanyak tiga kali, tetap saya temukan sesuatu yang baru dan perasaan yang diciptakan seusai menonton Once selalu sama. Kalian harus menontonnya sendiri untuk membuktikannya. Sebuah film romantis yang bertutur mengenai kisah cinta dari dua musisi kesepian ditampilkan secara tulus, realistis dan tidak berlebihan. Perasaan yang hangat dan tersentuh berhasil didapat seusai menyaksikannya. Mungkin kita akan tak nyaman dengan cara Carney mengakhiri film ini. Tapi, itulah solusi terbaik yang bisa dihadirkan dan itu menjadikan Once, bagi saya, sebagai salah satu film yang memiliki ending terbaik. Berbagai macam perasaan campur aduk saat menyaksikan scene terakhir yang memperlihatkan piano untuk si gadis dan ekspresi si pria. Sungguh sulit untuk dilupakan.

Outstanding

Trailer :



33 comments:

  1. Jadi ingat ketika kali pertama nonton film ini... Dan jatuh cinta dengan Falling Slowly. Ceritanya sih, kalo bagi saya, cukup dapat dinikmati. Tapi gak sampai buat saya terkagum-kagum. Hmmm... jadi ingin nonton lagi.

    ReplyDelete
  2. curang...
    review na di post setelah aq mau minjem film na..

    pinjam dong, zal..

    ReplyDelete
  3. I always love this kind of movie*thumbsup*
    best ending buat mreka bdua ya, we can call it happy ending 4 both of them :)

    lagu2nya enak gilak, mau yg kaya bgini lagi XD XD

    ReplyDelete
  4. Ternyata banyak juga yang suka dengan film ini, kirain hanya saya saja *malu*
    Falling Slowly emang mantab tuh, aku juga suka dengan If You Want Me. Ahhhhh, soundtrack film ini emang jagoan! Ceritanya aku akui emang biasa saja, tapi entah kenapa terasa special. Halah..

    ReplyDelete
  5. sesuatu yang biasa kalo diolah dengan tidak biasa akan meninggalkan kesan karena lewat kesederhanaan itulah segalanya akan terlihat keindahannya*halah*

    ReplyDelete
  6. I LOVE THIS MOVIE :)
    ceritanya simpel, tapi bener2 keren filmnya, lagu2nya juga romatis! :)

    ReplyDelete
  7. pengen download, d youtube g ada yg full, ada rekomen dmana gt g gan?

    ReplyDelete
  8. Everyone loves what you guys aree up too. This kind of clever work
    and reporting! Keep up the very good works guys I’ve included you guys to blogroll. 룰렛

    ReplyDelete
  9. All your hard work is much appreciated your thoughts. This content data gives truly quality and unique information. I’m definitely going to look into it. Really very beneficial tips are provided here and, Thank you so much. Keep up the good works. Feel free to visit my website; 토토사이트

    ReplyDelete
  10. I’m excited to uncover this page. I need to to thank you for ones time for this particularly fantastic read !! I definitely really liked every part of it and i also have you saved to fav to look at new information in your site. Feel free to visit my website; 카지노사이트

    ReplyDelete
  11. Greetings! Very helpful advice on this article! It is the little changes that make the biggest changes. Thanks a lot for sharing! Feel free to visit my website; 카지노사이트

    ReplyDelete
  12. Searching for a great site. I was so impressed to yours. This will probably give me ideas for my work. 카지노사이트

    ReplyDelete
  13. It’s really a great and useful piece of info. I am glad that you just shared
    this useful information with us. 스포츠토토

    ReplyDelete
  14. Hello! I just would like to offer you a huge thumbs up for
    the excellent info you have right here on this post. I am coming back to
    your website for more soon.
    경마사이트
    경마

    ReplyDelete
  15. Very good article post. Really looking forward to read more. Really Cool.
    온라인카지노
    바카라사이트

    ReplyDelete
  16. Your style is very unique compared to other people I’ve read stuff from. Thanks for posting when you have the opportunity, Guess I will just bookmark this page
    토토
    토토사이트

    ReplyDelete
  17. Webhusaiti yakanaka:Zonahobisaya
    Webhusaiti yakanaka:Zonahobisaya
    Webhusaiti yakanaka:lambang
    Webhusaiti yakanaka:Zonahobisaya
    Webhusaiti yakanaka:Zonahobisaya
    Webhusaiti yakanaka:Zonahobisaya
    Webhusaiti yakanaka:Zonahobisaya
    Webhusaiti yakanaka:Zonahobisaya

    ReplyDelete
  18. I discovered your blog while scanning for the updates, I am glad to be here.

    ReplyDelete

  19. Thanks for providing great informative blog, keep posting.

    ReplyDelete
  20. Your website is really cool and this is a great inspiring article.

    ReplyDelete
  21. Nice post. It is really interesting. Thanks for sharing the post!

    ReplyDelete
  22. excellent delivery Outstanding justifications. Continue the excellent work. Continue publishing such information on your website.

    ReplyDelete
  23. I've been reading your website for a while now and wanted to say how much I enjoyed your piece.

    ReplyDelete


  24. I think this is engaging and eye-opening material

    ReplyDelete
  25. Your work was outstanding. The information was well-written and quite helpful. continue recording

    ReplyDelete
  26. great job, dude You've written a fantastic piece that will be very helpful to readers. Please keep doing more for people in need.

    ReplyDelete
  27. Your contribution to our knowledge is invaluable, and I appreciate you sharing it with us.

    ReplyDelete
  28. With the help of writing services, writing papers is now simpler. These services offer guidance and advice on how to produce truly excellent work. We are always prepared to offer you high-quality services!

    ReplyDelete
  29. This post is incredibly motivating. I enjoy your post, and I think you did a great job because everything you give with us is up to date and quite educational.

    ReplyDelete
  30. I'm thrilled to report that the post was entertaining to read. Your essay taught me something new; you are doing a great job. Keep going

    ReplyDelete
  31. Thank you for sharing this useful topic and for the amazing article.

    ReplyDelete
  32. It's nice to see this lovely blog! Please continue providing us with this kind of information. observing the future from your side.

    ReplyDelete

Mobile Edition
By Blogger Touch