August 4, 2012

REVIEW : TOTAL RECALL


"If I'm not me, then who the hell am I?" - Douglas Quaid

Coba Anda bayangkan, seandainya kehidupan yang Anda jalani selama ini ternyata penuh dengan kepalsuan, bagian dari sebuah sandiwara yang tersusun rapi, sementara mimpi Anda yang dianggap banyak pihak sebagai bunga tidur ternyata justru merupakan kehidupan Anda yang sesungguhnya, apa yang akan Anda lakukan? Jelas nyaris tidak ada orang di sekitar Anda yang bisa dipercaya. Bisa jadi, mereka adalah aktor atau aparat yang digaji untuk berpura-pura menjadi istri, sahabat, atau bahkan orang tua Anda. Pada titik ini, satu-satunya pihak yang dapat dipercaya hanyalah Anda sendiri, yang ironisnya, malah merupakan orang yang paling sedikit tahu mengenai identitas Anda sendiri. Memusingkan, bukan? Beruntung, para pembaca yang budiman tidak mengalami hal ini. Cukup Doug Quaid (Colin Farrell) saja yang mencicipi rasa pahit dari sebuah kepura-puraan. Segala macam tipu daya yang menggerogoti kehidupan Quaid ini merupakan inti permasalahan dari film terbaru Len Wiseman yang diangkat dari cerpen karangan Philip K. Dick, ‘We Can Remember It for You Wholesale’, yang sebelumnya juga sudah pernah diejawantahkan ke dalam bentuk film layar lebar pada tahun 1990 dengan judul Total Recall. Arnold Schwarzenegger dan Sharon Stone didapuk menjadi bintangnya kala itu dibawah pengarahan Paul Verhoeven. 

Kini, ‘mimpi buruk’ dari Doug Quaid kembali diputar sekali lagi. Dengan tim yang baru, sumber yang sama, Total Recall versi Len Wiseman ini berusaha untuk lebih dekat dengan cerpen Philip K. Dick ketimbang film sebelumnya. Sadar beban berat disandangnya, terutama karena versi Verhoeven sukses dari segi kualitas maupun kuantitas, maka Wiseman menciptakan kisah futuristik berlatar di Bumi paska Perang Dunia III dengan misi yang berbeda. Bahkan, tidak ada Mars disini! Sepanjang film, Total Recall hanya berkeliling-keliling di planet biru yang tercinta ini. Settingnya terbagi menjadi dua; Koloni dan Federasi. Dua wilayah inilah sisa-sisa peninggalan dari Bumi yang telah porak poranda. Koloni berlokasi di tanah bekas milik Australia, sementara Federasi menempati Inggris Raya. Dalam visualisasi yang tertata cantik, detil dan megah, Koloni dan Federasi memiliki penggambaran yang kontras. Koloni yang senantiasa dihiasi dengan rintikan hujan diwujudkan dalam nuansa pinggiran Hong Kong yang padat, semrawut, nan kumuh. Disinilah tempat tinggal kaum proletar. Sedangkan Federasi merupakan perwujudan dari kota masa depan yang kerap Anda temui dalam film fiksi ilmiah. Mobil terbang, jalan tol di udara, hingga gedung pencakar langit yang menjulang tinggi dimana-mana. Masyarakat, yang didominasi kalangan menengah ke atas, memiliki mobilitas yang tinggi. Dengan kondisi ras manusia yang terancam punah, tidak ada niatan bagi kedua negara adidaya ini untuk bersatu. Yang ada, kesenjangan sosial semakin tajam. Alat transportasi yang digunakan untuk menghubungkan Koloni dan Federasi adalah ‘The Fall’, semacam perpaduan antara pesawat dan kereta api dengan jalur melewati inti bumi. 

Doug Quaid adalah penduduk Koloni. Dia bekerja sebagai buruh pabrik pembuatan robot penegak hukum. Kehidupannya biasa saja, cenderung monoton malah. Satu-satunya yang istimewa darinya adalah dia memiliki seorang isti yang cantik, Lori (Kate Beckinsale). Tidak heran jika dia bermimpi untuk mengunjungi Mars menilik rutinitasnya yang menjemukan. Namun, kehidupan Doug mendadak jungkir balik lantaran sebuah mimpi yang terlalu nyata untuk disebut sebagai sebuah mimpi. Doug mencoba untuk menelusurinya. Dia menyambangi Rekall, sebuah perusahaan yang menanamkan memori buatan ke kliennya sesuai dengan keinginan si klien. Belum sempat Doug merasakan fasilitas yang disuguhkan oleh Rekall, segerombolan polisi menyergap perusahaan ini. Terjadilah aksi baku tembak yang menewaskan kurang lebih 20 polisi. Dari sini, sekelumit ingatan Doug akan masa lalu yang sebelumnya tercecer satu demi satu mulai terhubung. Pertemuannya dengan Melina (Jessica Biel), wanita yang kerap dilihatnya di mimpi, mengungkap identitas Doug yang sesungguhnya. Kehidupan yang selama ini dijalaninya ternyata hanyalah sebuah panggung sandiwara yang mengungkap betapa bobroknya sistem politik di Koloni dan Federasi. 

Tanpa menyandingkannya dengan versi Schwarzenegger, Total Recall versi tahun 2012 ini, tanpa disangka-sangka, sanggup menghadirkan sebuah sajian musim panas yang penuh hingar bingar dengan menghibur, seru, dan menegangkan. Len Wiseman membuat saya serasa terikat di kursi bioskop, tak sekalipun ada niatan untuk rehat sejenak dan mengunjungi toilet atau bermain-bermain dengan ponsel kesayangan. Saya akui, saya sangat menikmatinya. Deretan aksi yang intens, berjalan cepat, memompa adrenalin, penuh energi, dan nyaris tanpa jeda – membuat saya tersengal-sengal, menjadi menu utama disini. Fun, fun, fun! Inilah film paling menghibur dari pagelaran film musim panas tahun ini. Mendapat sokongan dana yang berlimpah, Wiseman berkesempatan untuk menaburi Total Recall dengan efek khusus yang mewah serta adegan aksi yang jor-joran. Yang paling berkesan adalah adegan kejar-kejaran antara Doug dan Melina dengan Lori dan robot penegak hukum di sebuah labirin lift berbentuk vertikal dan horizontal dengan lift yang muncul secara cepat tanpa terduga. Mendebarkan. Dan saya yakin, setelah saya berpanjang lebar membahas mengenai tampilan visual, Anda tentu bertanya-tanya, lantas bagaimana dengan akting dan naskah yang biasanya paling saya soroti? Oh tenang saja, tidak usah khawatir. Meskipun dari jajaran pemain hanya Kate Beckinsale yang tampil menonjol, akan tetapi Colin Farrell dan Jessica Biel tidaklah mengecewakan. Hanya saja, penampilan mereka tertutupi oleh Beckinsale yang sekali ini tampil cemerlang. Omong-omong - sedikit keluar jalur, adakah dari Anda yang merasa Beckinsale dan Biel itu mirip? Karena saya merasa seperti itu, dan hebatnya, saya sempat mengira Biel adalah Beckinsale di adegan pembuka, haha. Kembali ke topik. Naskah olahan Kurt Wimmer dan Mark Bomback sekalipun tidak mencapai tahapan luar biasa, tergarap dengan baik dan cermat, serta berhasil dituangkan ke dalam bentuk film layar lebar oleh Len Wiseman dengan apik dan memuaskan. Total Recall adalah sebuah film aksi fiksi ilmiah yang menghibur dan menyenangkan untuk ditonton di bioskop kala waktu senggang. Well done, Mr. Wiseman, well done.

Exceeds Expectations



2 comments:

  1. blum pernah liat versi aslinya,tapi buat ane ni film menghibur lah ...(soalnya ga ada yg lain juga di 21,jadi emang ga berharap lebih)

    but,Farrel not bad lah disini

    ReplyDelete
  2. wah, gw juga demen banget bro, sama Kate Beckinsale maksudnya... wkwkwkwk... XD

    Iya mank gw juga bingung, di beberapa adegan kok biel jadi kaya Beckinsale mukanya ya? And gara2 itu gw jadi lumayan demen sama doi secara sebelom-nya gw kurang suka ma Biel, kurang cantik bagi gw. Tapi entah kenapa ditangan Wiseman, kok semua aktris menjelma jadi mirip Beckinsale semua ya??? Haha...

    Termasuk si Rhona Mitra di Rise of THe Lycans (ya bukan dia sich yg nyutradarain) XD

    ReplyDelete

Mobile Edition
By Blogger Touch