September 22, 2012

REVIEW : RESIDENT EVIL: RETRIBUTION


"My name is Alice, and this is my world." - Alice

Apakah Anda pernah menyaksikan sebuah film aksi dengan gelaran tendangan, tembakan, dan ledakan yang maksimal namun membuat Anda menguap lebar-lebar, atau malah bahkan tertidur pulas? Saya pernah mengalaminya sekali saat menyaksikan Transformers: Revenge of the Fallen yang mana menahan kelopak mata agar tidak menutup adalah hal tersulit yang saya alami kala itu. Serangkaian film dar der dor bercita rasa buruk banyak saya temui setelah film tersebut, akan tetapi tidak sampai membuat saya tidur-tidur meong. Saya mulai bisa mengatasinya. Akan tetapi... hal ini kembali terulang tatkala saya menyaksikan Resident Evil: Retribution tempo hari di layar lebar. Rasa kantuk yang maha dahsyat menyerang, padahal sebelum film utama dimulai, semangat menggelora di dalam dada. Tak sabar menyaksikan perjuangan Alice (Milla Jovovich) melawan zombie-zombie keluaran Umbrella Corporation untuk kelima kalinya. Menit demi menit berlalu, dan secara perlahan, semangat mulai meredup digantikan oleh rasa bosan yang tidak tertahankan. Tidak pernah saya sebosan ini menyaksikan jilid dari Resident Evil. Titik jenuh mulai menampakkan diri. 

Resident Evil: Retribution melanjutkan ending dari Resident Evil: Afterlife yang menggoda penonton dengan kemunculan Jill Valentine (Sienna Guillory) yang ‘membelot’ dan berbalik memusuhi Alice setelah dicuci otak oleh Umbrella. Jika Anda belum berkesempatan menyaksikan jilid sebelumnya, tidak perlu khawatir. Dengan baik hati, Alice menceritakan kembali apa saja yang telah terjadi di seri pertama hingga keempat. Pelarian yang sukses di seri keempat, nyatanya tidak berlangsung sukses. Alice kembali terdampar di pusat eksperimen Umbrella yang kali ini berlokasi di bawah laut Moskow, sementara rekan-rekan seperjuangannya tidak diketahui rimbanya. Beberapa karakter yang dikisahkan telah menemui ajalnya, atau sebelumnya memegang jabatan sebagai ‘heroes’ dan ‘villains’, mengalami perombakan disini dengan harapan menciptakan kejutan untuk penonton dan mendatangkan lebih banyak Dollar. Saya mengerti, ini bisnis. Tapi lama-lama, franchise ini lebih menyerupai soap opera dengan bumbu action horror fantasy. Nah, apabila Jill Valentine malah justru menjadi ‘villain’, Albert Wesker (Shawn Roberts) yang awalnya adalah musuh utama Alice, berubah menjaadi sekutu. Tujuan kerjasama ini adalah menyelamatkan manusia, yang menjadi target utama bisnis Umbrella, dari kepunahan. Wesker menitahkan Ada Wong (Li Bingbing) dan sekumpulan pria jagoan yang salah satunya adalah Luther West (Boris Kodjoe) untuk mengeluarkan Alice dari tempat yang berwujud simulasi kota-kota besar di dunia sebelum Alice tertangkap oleh Jill, Rain Ocampo (Michelle Rodriguez), dan pasukannya, serta tentu saja, para zombie nakal. 

Mengharapkan Resident Evil dibekali dengan skrip yang tergarap matang, tentu tak ada bedanya dengan pungguk yang merindukan bulan. Tak akan pernah terjadi. Lagipula, itu tak berkaitan dengan semangat yang diusung oleh jilid ini. Paul W.S. Anderson tidak ambil pusing mengenai kualitas penceritaan, dia hanya ingin menampilkan adegan aksi yang bergaya dan menghibur penonton. Nah, yang menjadi pertanyaan, dengan mengulangi hal yang sama berulang kali, copy paste dari jilid sebelumnya tanpa ada perubahan yang berarti, apakah akan membuat franchise yang membesarkan namanya ini tetap enak untuk dinikmati? Masih banyak penonton yang rupanya masa bodoh, sehingga ‘wake up call’ untuk Anderson tidak akan terjadi dalam waktu dekat. Bisa jadi, seri keenam dan ketujuh yang saat ini tengah dirancang, hanyalah sekadar repetisi dari Retribution, Afterlife, maupun seri-seri lainnya. Saya pribadi sudah tidak lagi menemukan kesenangan disini. Kualitas 3D yang tidak lebih baik dari film sebelumnya, dan terkadang malah hanya membuat saya pusing, memperburuk segalanya. 

Ini masih belum ditambah dengan penampilan para pemainnya yang memprihatinkan. Penonton memang mendapat kesempatan untuk melihat sisi lain Michelle Rodriguez, yang merupakan salah satu bagian terbaik dari film ini, namun selebihnya tak termaafkan. Milla Jovovich mulai terlihat ogah-ogahan dan setengah hati memerankan Alice, sedangkan Li Bingbing yang baru sekali ini muncul dalam franchise ini, lebih menyerupai robot ketimbang manusia. Para jagoan prianya, jangan diharapkan. Jika ada yang benar-benar membuat saya peduli dengan film ini adalah koreografi laganya yang tertata apik. Pengaruh dari film-film aksi dari Asia, khususnya Thailand, kentara sekali. Anderson sendiri mengakuinya. Cukup disayangkan, adegan tarung tangan kosong yang lebih memanfaatkan olah tubuh serta keahlian dan kekuatan fisik ini muncul terlambat. Andaikata Anderson menggebernya sejak awal, film bisa jadi tak semembosankan ini. Ah, tapi tak apalah, saya masih bisa menerimanya. Setidaknya masih ada yang bisa dibanggakan dari Resident Evil: Retribution. Final fight sequence, serta special effects yang harus diakui makin halus, menyelamatkan muka film ini dan membuatnya masih berada dalam posisi aman, walau sedikit lagi terjerumus ke zona merah.

Poor



4 comments:

  1. Saya juga baru akan nonton di 21 mas bro!

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. Bang Taufik, selama ini review nya cuma spesial film2 bioskop atau termasuk film2 yg cuma ada dalam format DVD? RE movie ini ada film yg sebenarnya, bukan live action Paul Anderson tapi versi CGI kaya Final Fantasy Advent Children, coba tonton deh yg versi CGI judulnya Degeneration (RE CGI movie 1) dan Damnation (RE CHI movie 2) itu baru film RE yg bagus & made in Japan.

    ReplyDelete
  4. @Aryn: Tergantung mood, haha. Pada dasarnya saya tidak membatasi film apa yang akan review. Film bioskop oke, FTV oke, miniseri dan serial pun oke. Cuma karena kesibukan, saya lebih mendahulukan film-film yang sedang tayang di bioskop. Stres saya kalau setiap yang saya tonton kudu di-review :))

    Wah, kebetulan sekali saya baru saja nonton Damnation beberapa hari lalu. Tepat setelah Retribution. Dan saya setuju, film itu bagus. Jauh lebih layak disimak ketimbang Retribution, meski animasinya agak sedikit kaku.

    ReplyDelete

Mobile Edition
By Blogger Touch