December 25, 2012

REVIEW : HABIBIE & AINUN


"Setiap terowongan pasti memiliki ujungnya. Setiap ujungnya pasti ada cahaya. Saya janji akan membawamu ke cahaya itu." - Rudy Habibie

Begini, anggap saja saya sedang tidak ingin bertele-tele dalam menyampaikan maksud tulisan atau Anda sedang tidak rela membuang waktu untuk membaca tulisan saya ini yang mungkin akan melebar kemana-mana di paragraf-paragraf selanjutnya. Maka, dengan menimbang dua alasan tersebut, saya akan memulai ulasan teranyar buatan saya ini dengan sebuah kesimpulan dari hasil menyantap Habibie & Ainun selama kurang lebih dua jam di layar lebar tempo hari. Dengan senyum manis terurai dari bibir saya yang indah, saya akan berkata kepada Anda, Habibie & Ainun adalah sebuah film yang cantik. Salah satu dari sejumlah film Indonesia yang berhasil tampil mengagumkan di tahun 2012. Bersanding dengan 5 cm, yang sejatinya agak mengecewakan saya, Habibie & Ainun menggoreskan catatan manis bagi perfilman nasional di penghujung tahun. Saya cukup yakin, Bapak B.J. Habibie menyunggingkan senyum penuh kelegaan di kursi bioskop yang empuk kala mengetahui bahwa buku memoir yang digarapnya dituangkan ke dalam bahasa gambar oleh Faozan Rizal secara bersahaja. 

Habibie & Ainun sedikit banyak mengingatkan saya kepada The Lady besutan Luc Besson dari sisi penceritaan. Kedua film ini adalah sebuah biopik dari seorang tokoh di suatu negara, akan tetapi baik Habibie & Ainun maupun The Lady lebih menekankan kepada kisah cinta dari sosok penting tersebut dengan turut menyoroti orang paling berjasa dan paling dicintai bagi B.J. Habibie dan Aung San Suu Kyi. Apabila Suu Kyi mempunyai Michael Aris, maka B.J. Habibie didampingi oleh Hasri Ainun Besari yang senantiasa memberi dukungan penuh kepada suaminya sejak pertama kali merintis karir di negeri orang hingga menjalani ‘kehidupan normal’ usai dilengser dari kursi kepresidenan. Pertemuan dari dua sejoli ini bermula ketika keduanya masih duduk di bangku SMP. Belum ada percikan asmara diantara mereka saat itu, malah Habibie secara terang-terangan menyebut Ainun seperti gula jawa lantaran penampilan fisiknya yang kurang cihuy. Tapi yang namanya jodoh ya, tidak akan lari kemana meski Habibie (Reza Rahadian) telah ‘terlempar’ ke Jerman sementara Ainun (Bunga Citra Lestari) masih berdiri tegak di atas bumi pertiwi. Nyaris satu dekade mereka berpisah, keduanya kembali bertemu di rumah Ainun dimana benih-benih cinta diantara mereka mulai menampakkan diri. Si gula jawa rupanya telah bermetamorfosis menjadi gula pasir. 

Tahap penjajakan tidak berlangsung lama, keduanya mantap membawa hubungan percintaan ini ke tingkatan yang lebih serius dengan mengikat janji suci melalui jalinan pernikahan. Apa yang akan saksikan dalam menit-menit berikutnya adalah perjuangan dari mantan Presiden Republik Indonesia yang ketiga ini dari bukan siapa-siapa, menjadi seorang insinyur, diangkat menjadi menteri, merangkak ke posisi wakil presiden, hingga akhirnya ditahbiskan sebagai presiden Republik Indonesia. Nah, jika ini pada akhirnya ini adalah sebuah film biopik dari Pak Habibie, lantas mengapa nama Ibu Ainun turut dicatut sebagai judul? Well... seperti yang telah saya jelaskan sedikit di paragraf sebelumnya, meski Habibie & Ainun adalah film biopik seorang tokoh, namun fokus utama justru kepada kisah cinta yang terjalin antara Pak Habibie dengan Bu Ainun. ‘Behind every great man, stands a great woman.’ Kehadiran Ainun menguatkan Habibie, begitu pula sebaliknya. Saling memberikan dukungan, dan saling mengingatkan ketika salah satu berbuat kesalahan. Setiap momen istimewa dan ikonik dari kehidupan Pak Habibie dan istri ini berhasil dirangkum dalam skrip luar biasa dan bernyawa hasil racikan Ginatri S Noer dan Ifan Ismail. Beruntung, sutradara debutan, Faozan Rizal, pun sama sekali tidak terlihat gugup menuangkan kisah hidup salah satu tokoh penting dalam sejarah bangsa ini ke dalam bahasa gambar sehingga hasil akhir yang terpampang di layar lebar adalah berupa film yang cantik. 

Apalah artinya Habibie & Ainun apabila tidak mendapat sokongan yang memadai dari departemen akting. Anda boleh saja mengeluh bahwa Reza Rahadian terlalu tampan, terlalu tinggi, terlalu tegap, dan terlalu terlalu lainnya untuk menggambarkan sosok B.J. Habibie, akan tetapi saya pribadi sangat puas melihat aktingnya. Setelah beberapa peran yang menjemukan, Reza Rahadian kembali membuat saya terpukau melalui Test Pack: You’re My Baby dan akhirnya... dia memberikan kemampuan akting terbaiknya dalam film ini! Gestur tubuh dan gaya bicara Pak Habibie yang sangat khas berhasil diadopsinya dengan tepat tanpa terkesan dibuat-dibuat. Coba pejamkan saja mata Anda, bergantunglah kepada indera pendengaran, dan Anda akan seolah-olah mendengar Pak Habibie bukan Reza Rahadian sedang berbicara. Sangat mirip. Rekan main Bang Reza di sini, Bunga Citra Lestari, pun menyuguhkan sebuah performa yang memikat. Saya sempat meragukan Neng BCL ketika mengetahui dia terpilih untuk memerankan Bu Ainun, bahkan dalam trailer pun tak meyakinkan. Namun saya harus menjilat ludah saya sendiri tatkala menyimak film ini secara utuh. Kasih sayang, kegelisahan, rasa khawatir, hingga batin yang bergejolak ditampilkan dalam emosi yang tepat. Chemistry yang terjalin dengan Reza Rahadian pun terasa padu, hangat, dan menawan. 

Jika saya meneruskan celotehan ini demi memenuhi kuota review seribu kata, maka saya akan mengatakan bahwa jika Anda melongok ke sisi teknis, Habibie & Ainun pun memperoleh dukungan yang kuat. Ipung Rachmat Syaiful selaku penata gambar menyajikan gambar-gambar indah yang mampu mendukung film secara keseluruhan. Belum ditambah di departemen musik dimana Tya Subiakto sanggup memunculkan ilustrasi musik yang cukup megah dan lagu ‘Cinta Sejati’ yang dibawakan oleh Bunga Citra Lestari turut menyuntikkan emosi. Habibie & Ainun pun siap untuk melenggang mendapat skor sempurna sebelum akhirnya saya menyadari... ini adalah produksi dari MD Pictures! Whoaaa... apakah ini sentimen pribadi? Bukan, sama sekali bukan. Apakah Anda masih ingat apa yang telah diperbuat oleh PH yang satu ini kepada Di Bawah Lindungan Ka’bah? Jika masih, ya, Anda tidak salah, hal itu kembali terulang di sini, product placement yang seenak jidat. Gerry Chocolatos yang fenomenal kembali mengulang perannya yang untuk sekali ini (untungnya!) tak dipaksa untuk ‘memakai’ kemasan vintage. Si Gerry pun tak sendirian. Dia turut mengajak rekan-rekannya dari masa depan untuk meramaikan suasana seperti Wardah, Sirup Markisa Pohon Pinang, Freshcare, hingga e-Toll. Sungguh sangat meriah, bukan? Berhubung saya sedang berbaik hati, maka saya tidak akan terlalu memusingkan tindakan penyusupan tersebut. Anggap saja, itu adalah salah satu cara untuk menciptakan gelak tawa penonton di tengah-tengah suasana serba serius dan suram. Sedikit ber-positive thinking ria bolehlah. 

Saya telah selesai menunaikan tugas saya untuk menyampaikan unek-unek yang terpendam di kepala selama dua hari kepada Anda. Persoalan apakah setelah membaca ulasan yang panjang dan memusingkan ini Anda akan tergerak untuk menyaksikan Habibie & Ainun atau tidak di layar bioskop, berpulang kepada Anda. Tidak ada paksaan. Saya hanya akan mengatakan kepada Anda – untuk terakhir kalinya sebelum ulasan ini benar-benar diakhiri – bahwa ini adalah sebuah sajian yang manis, lembut dan hangat di penghujung tahun 2012. Tidak pernah terbayangkan saya akan mencintai film ini. Faozan Rizal telah menjalankan tugas perdananya sebagai ‘pemimpin orkestra’ dengan sangat baik. Pandangan saya terhadap Pak Habibie dan (almarhumah) Bu Ainun seusai menyimak film ini berubah seketika. Rasa kagum dan simpati yang mendalam saya haturkan untuk mereka berdua. Bahkan, saya tidak malu-malu untuk mengakui bahwa saya tidak kuasa untuk membendung air mata kala film mencapai klimaksnya. Ketika sebuah film sukses membuat mata saya sembab, maka saya akan berkata bahwa film tersebut adalah film yang bagus. Emosi berhasil dilibatkan, dibangkitkan dan diaduk-aduk sedemikian rupa.

Exceeds Expectations



14 comments:

  1. mas, saya nunggu review the hobbit nih.

    ReplyDelete
  2. Setuju banget sama review ini. Habibie & Ainun itu film yang indah banget. Awalnya nggak nyangka bakal suka apalagi trailernya kayak sinetron. Eh begitu aku nonton di bioskop, tanpa sadar pipiku basah. Nangis kejer. Gila, bener-bener gila. Adegan waktu Pak Habibie ngusap nisan di ending itu nggak nahan sedihnya :'(

    ReplyDelete
  3. se7 banget bung tariz, film ini sukses membuat mata saya berlinang, film manis penutup tahun 2012.
    sedikit info, pada saat saya menonton film ini senin kemarin, bioskop terasa sempit, kursi semua terisi penuh mungkin hanya 1 - 5 kursi yang kosong, padahal saya nonton jam 21:40 :D

    ReplyDelete
  4. saya juga semula underestimate dengan film ini. bahkan ketika hendak menontonnya semalam, saya membuat pengakuan pada sahabat yang mengajak, bahwa saya sesungguhnya ingin, namun gengsi untuk mengakui bahwa saya penasaran dengan film ini. tak dinyana, saya berhasil terpesona, menangis terharu plus bonus cekikikan di setiap product placement yang terlalu vulgar dan mengganggu konsep waktu hahaha... akting reza rahardian dan BCL juga menyatu, meski saya tetap merasa janggal dan tertawa kecil ketika melihat foto reza rahardian disandingkan dengan foto pak harto. memori saya belum dapat mempercayainya. karena reza bagus membawakan di gestur tubuh, mimik dan suara, bukan tampang semata. sayapun sempat terbawa jengkel dengan Sumohadi yang dibawakan oleh Hanung. dan jadi penasaran siapa itu Sumohadi di kehidupan sebenarnya. di akhir film, sambil menyusut air mata, saya mengatakan pada diri sendiri "i want that kind of love". over all.. congratulation, Habibie dan Ainun.. good job!

    ReplyDelete
  5. nice review & nice blog
    tukar link ya gan, http://manusia-unta.blogspot.com/

    ReplyDelete
  6. songong anjir yang nulisnya -_-

    ReplyDelete
  7. Review ini keren banget, 2 kali saya nonton Habibie & Ainun tetap membuat saya terharu dan berlinang airmata. Sutradaranya berhasil mengaduk-aduk emosi saya yg terdalam.

    ReplyDelete
  8. Film yang bagus dengan alur cerita yang mampu menggambarkan keadaan yang sebenarnya dengan penghayatan total oleh para pemainnya meski ada sedikit kelucuan yang diselipkan

    ReplyDelete
  9. Saya ketemu Pak Habibie dan minta foto bareng. Dan waktu saya tanya apa semua ceritanya seperti kenyataannya dia jawab "ya tentu saja sama persis" tambahh sedih pas nonton kedua kalinya. :)

    ReplyDelete
  10. Terharu qh nonton Habibie & Ainun. Nasionalismenya membakar, dan romantismenya meluluhkan. Pak Habibie, aku terlambat mengenalmu mgenal hnya pesawat yg dlupakn (isu beritax) akirx tahu Narasix :'). . Qh msih SD wktu itu tdk tw apapa dn Pesawat dn kejadian2 trisakti dll tdk tahu jd..Betpa Hebatx Engaku Bapak prjalanan Engaku..

    ReplyDelete
  11. iya, emang bagusss banget... tapi yang bikin ketawa ya pas muncul iklan2 gitu , masa pas jaman 70'an udah ada chocolatos.. haha :D

    ReplyDelete
  12. Trmksh bpk Habibie dan ibu Ainun...engkau berdua mutiara nya Indonesia

    ReplyDelete
  13. Sayang habibie dan ainun kayaknya gak tua tua yah,...hehehe,.kalo bandingin sama film J. edgard nya Leonardo d'caprio yang bnr2 sukses ngerubah Leonardo jadi opa opa,mgkn tim artistiknya gak bekerja maksimal,...........

    ReplyDelete

Mobile Edition
By Blogger Touch