December 2, 2012

REVIEW : LIFE OF PI


"In the end we will lose something. But the worse is not taking a chance to say goodbye." - Pi 

Saya masih duduk terdiam di bangku bioskop saat satu demi satu penonton mulai berdesak-desakan meninggalkan tempat duduk mereka menuju ke pintu keluar. Kacamata 3D yang hitam dan tebal berhasil menutupi air mata yang mengalir membasahi pipi sehingga penonton di sebelah saya tidak terheran-heran seraya menaikkan alis, “kenapa ini anak?”. Selama beberapa menit ke depan, eh bukan, errr... beberapa jam ke depan, saya masih kesulitan untuk melupakan apa yang telah saya saksikan selama 2 jam lebih itu. Bahkan, saya kehilangan kata-kata untuk bisa mendeskripsikan betapa mengagumkannya Life of Pi karya Ang Lee. Sungguh, ini adalah sebuah film yang luar biasa indah. Jika saja ‘gerimis lokal’ tidak turun usai menyaksikan film ini, mungkin saya akan seketika berdiri dan bertepuk tangan sekencang mungkin seperti yang saya lakukan ketika menyimak The Artist awal tahun ini. Anda mungkin akan merasa bahwa tulisan saya ini nantinya akan terkesan hiperbola, namun itulah kenyataan yang ada. Inilah yang saya rasakan. Anda boleh setuju atau tidak, Anda pun boleh percaya atau tidak. Akan tetapi bagi saya, Life of Pi adalah sebuah pencapaian sinematis yang sangat luar biasa. 

Life of Pi beranjak dari novel laris karangan Yann Martel yang pertama kali dipublikasikan pada tahun 2001. Tokoh utama dari kisah ini adalah bocah India bernama Piscine Molitor Patel. Keanehan namanya membuat dia kerap menjadi bulan-bulanan rekan sebayanya dengan mendapat nama panggilan, “Pissing Patel”. Lelah diperolok, dia pun memproklamirkan Pi sebagai namanya kala duduk di bangku SMP. Di paruh awal film, penonton disuguhi latar belakang Pi dengan melongok bagaimana kehidupan keluarganya yang memiliki sebuah kebun binatang lokal. Dikisahkan pula Pi memulai pencarian spiritual dengan mengaplikasikan ajaran dari ketiga agama sekaligus; Hindu, Kristen, dan Islam. Keputusan yang tidak bisa dimengerti oleh orang di sekelilingnya. Ketika kebun binatang mengalami pailit, Santosh Patel (Adil Hussain) pun memutuskan untuk memboyong keluarganya ke Kanada. Menurut rencana, hewan-hewan yang sekiranya berharga akan dipindahtangankan di Amerika Utara. Keluarga Patel pun menempuh perjalanan ribuan kilometer melintasi samudra yang luas menggunakan kapal barang milik Jepang. 

Malangnya, di tengah perjalanan, badai menghadang dengan lautan yang mengamuk. Dalam waktu singkat, terjangan ombak menenggelamkan kapal beserta penumpangnya. Tidak ada yang selamat, kecuali Pi (Suraj Sharma), seekor zebra yang terluka, seekor hyena, seekor orangutan, serta seekor harimau bernama Richard Parker. Mereka berlima terombang-ambing di atas sekoci memerjuangkan hidup masing-masing. Dengan bergabungnya seekor harimau Bengali dewasa, maka angka harapan hidup bagi setiap ‘survivor’ pun tipis terlebih saat rasa lapar mulai menguasai. Hanya dalam waktu singkat, saat para binatang mulai bertarung sama lain, Richard Parker dan Pi menjadi dua terakhir yang bertahan. Dan demi mencapai daratan dengan selamat sentosa, maka Pi pun harus bisa berdamai dengan Richard Parker. Itu adalah satu-satunya jalan keluar untuk saat ini. Dengan Pi mulai menerima keberadaan Richard Parker di sisinya, maka mulai saat itulah sebuah perjalanan yang menggetarkan hati dimulai. Pertanyaan-pertanyaan mengenai keberadaan Tuhan secara perlahan didapatkan. Keraguan yang sempat memenuhi hatinya mulai sirna. Inilah titik balik dari kehidupan Pi! 

Saya tidak akan menceritakan kepada Anda apa yang akan terjadi berikutnya. Jika Anda belum pernah membaca versi novelnya, maka bersiaplah untuk dibuat terkejut, takjub, dan kagum. Berulang kali saya mengucap ‘Subhanallah’ melihat apa yang dihidangkan di layar. Sungguh mempesona. Apakah saya sedang bermimpi saat ini? Apakah saya sedang berada di surga? Ini terlihat terlalu indah untuk menjadi kenyataan. Tanpa bermaksud untuk spoiler, saya terpesona dengan cara Ang Lee menghadirkan pulau meerkat yang mengagumkan, ikan-ikan terbang, atau segerombolan ikan yang membentuk cahaya kala malam hari. Cantik. Bahkan di kala tak ada apapun di sekitar, hanya air di samudra, sekoci, serta langit, keindahan pun tetap berhasil ditonjolkan. Membahas tentang visualisasi maupun sinematografi dari Claudio Miranda, rasanya nyaris semua penonton yang telah menyaksikan Life of Pi sepakat bahwa ini menjadi salah satu kekuatan dari film yang disutradarai oleh penggondol ‘Best Director’ di ajang Oscar melalui Brokeback Mountain ini. Air liur menetes-netes saat melihatnya. Ucapan tasbih tak lagi meluncur dari mulut mungil saya lantaran saya telah mencapai... orgasme. Tuhan. 

Anda mungkin akan bertanya-tanya, bukankah sebelum Life of Pi telah hadir The Tree of Life dan Avatar yang juga sangat menakjubkan ditilik dari segi visual? Oh percayalah, dua film tersebut tidak ada apa-apanya dibandingkan apa yang telah diwujudkan oleh Ang Lee di sini. Segala keindahan yang tergurat di layar ditunjang oleh pemanfaatan 3D yang tepat guna. Inilah 3D terbaik yang pernah saya simak selama hidup saya. Rasanya James Cameron yang mendapat puja puji atas pemakaian 3D-nya di Avatar yang luar biasa pun harus mengakui keunggulan sutradara kelahiran Taiwan ini. Ang Lee mempergunakan 3D tidak sebagai gimmick semata atau sekadar mengikuti tren, namun lebih kepada kebutuhan cerita. Untuk menonjolkan kedalaman gambar. Penonton pun seolah-olah terlibat dengan petualangan Pi bersama Richard Parker. Seolah kita berada di dalam sekoci tersebut. Dengan begini, penonton tidak hanya duduk manis, pasif, dan pada akhirnya berkata ‘3D-nya oke juga ya.’ Selesai cerita. Akan tetapi, yang diharapkan, penonton serasa dilibatkan ke dalam film, seakan memiliki kontribusi meski sebenarnya hanya bisa melihat tanpa bisa berbuat apapun. 

Kekhawatiran para penggemar novelnya yang mendeskripsikan Life of Pi sebagai ‘novel yang sulit dituangkan dalam bahasa gambar’ pun pada akhirnya tidak terbukti. Ang Lee menjalankan tugasnya dengan sempurna. Hands down. Dari segi visual dan pemakaian 3D, sudah tidak perlu dijabarkan lagi. Saya telah berpanjang lebar menjelaskan betapa ajaibnya tampilan gambar film ini di paragraf sebelumnya. Yang terlewatkan dari tulisan memusingkan saya di atas adalah Life of Pi pun mendapat dukungan yang memuaskan dari departemen akting dan naskah. Sebagai pendatang baru yang untuk pertama kalinya berlakon di film bioskop, Suraj Sharma menyuguhkan akting yang nyaris tiada cela. Ini mengingatkan pada Tom Hanks di Cast Away dimana hampir sepanjang film dia menggerakkan film sendiri bersama Wilson yang ya... hanyalah berupa benda mati berbentuk bola voli. Itulah yang dialami oleh Suraj Sharma. Kala terapung di lautan Pasifik, dia adalah satu-satunya aktor di sana secara harfiah. Richard Parker dimainkan beberapa ekor harimau, dan malah seringkali dihidupkan oleh CGI. Emosi yang naik turun dihantarkan dengan ekspresi yang meyakinkan dan menggugah hati tanpa terkesan berlebihan. Empati penonton pun dengan mudah tersemat kepada tokoh Pi. 

Dari departemen naskah, tidak ada keraguan sama sekali bahwa ini adalah salah satu naskah adaptasi terbaik untuk tahun ini. Tulisan David Magee yang bersumber pada karya Yann Martel sangat kuat, menghipnotis, jujur, dan meluluhkan hati. Jujur, saya belum pernah sekalipun menyentuh versi novel meski niatan untuk melahapnya sampai habis pernah terbersit di pikiran. Ketika puluhan ribu kata tersebut bertransformasi menjadi gambar bergerak, saya hanya bisa tertegun. Ya, inilah salah satu alasan kenapa saya tak bica mengucap satu kata pun usai menyaksikan Life of Pi. Sebuah kisah religi yang menyinggung tentang keyakinan, harapan, dan keberanian disampaikan secara halus tanpa ada kesan menceramahi. Setelah menit demi menit berlalu, dan kemudian credit title merayap, saya pun merasa tertampar. Seandainya saya berada dalam posisi Pi, akankah saya masih memercayai bahwa Tuhan memiliki sifat Maha Penyayang? Atau dalam tingkatan ekstrem, benarkah Tuhan itu memang nyata adanya? Ini pun saya jadikan bahan untuk berkontemplasi dan introspeksi diri. Merasa berdosa, egois, dan manja mengingat betapa mudahnya saya menyalahkan Tuhan hanya karena sebuah peristiwa yang bahkan tidak lebih besar dari semut jika disandingkan dengan apa yang telah dialami oleh Pi. Perspektif saya terhadap kehidupan pun sedikit banyak mengalami perubahan. 

Pada akhirnya, keputusan untuk menyaksikan atau melewatkan Life of Pi berpulang kepada pribadi Anda masing-masing. Yang pasti, saya telah menyaksikan sebuah tontonan yang begitu magis dan belum pernah saya rasakan sebelumnya kala bertandang ke bioskop. Everything about this movie was simply beautiful. Selama lebih dari dua jam, Life of Pi membuat saya bersemangat, terlibat, tersentuh, tertawa, terkejut, hingga tertampar keras-keras. Tak sekalipun merasa bosan. Tak sekalipun! Ang Lee membawa saya ke dalam sebuah perjalanan melintasi samudra yang luas dengan menggunakan kapal pesiar yang mewah lengkap bersama teman-teman yang menyenangkan dan hiburan yang tak terlupakan. Kepuasan tiada tara berhasil didapat. Ang Lee at his best! Penampilan apik dari para pemain, penceritaan yang menakjubkan, sinematografi yang memesona, visual efek yang mencengangkan, musik skor yang indah, hingga petualangan berbalut fantasi yang penuh kejutan adalah apa yang akan Anda dapatkan dari Life of Pi. Dan masih ditambah dengan 3D-nya yang merasuk sempurna. Anda tidak perlu menunggu hingga Januari untuk mengetahui apakah Life of Pi akan masuk ke dalam daftar ’20 Film Terbaik 2012 Versi Cinetariz’ atau tidak karena saat ini juga saya akan mengatakan kepada Anda... pasti masuk.

Outstanding



12 comments:

  1. liat trailernya aja uda bikin meringis penasaran... semoga sampai.kejambi semoga cepat sampai ke.jambi.semoga cepat sampai ke jambi #komat kamit berdoa dengan cemas wkwkwk

    ReplyDelete
  2. reviewnya muantab... tidak sanggup untuk membaca sampai kelar, udah merinding disko *lebay*

    pasti nonton ini film...

    ReplyDelete
  3. iya, setuju sama komen pertama, reviewnya mantap plus profokatif..

    ReplyDelete
  4. Seriusan keren mas reviewnya. Langsung jadi pengen nonton sehabis baca. :D

    ReplyDelete
  5. Terima kasih banyak ya sudah bersedia meluangkan waktunya untuk membaca review saya, teman-teman :)

    ReplyDelete
  6. Saya sangat setuju. Sepanjang film saya hanya bisa berkaya WOW, WOW, dan WOW. So amazing, so gracefull. Bahkan saya bingung harus membuat kata dan kalimat apa untuk review film ini (makanya review film ini belum saya bikin :)). Sekali lagi WOW. Salam kenal dan nitip link wismacinema.blogspot.com

    ReplyDelete
  7. Tapi saya masih bingung dengan adegan Richard Parker makan kambing waktu di kandang. Kenapa kambing sebesar itu bisa masuk ke sela jeruji kandang ya? apakah ini blooper? Jika ya ini sangat fatal. Apa Ang Lee punya maksud tersendiri yak :|

    ReplyDelete
  8. @Imam : Hai, Imam. Salam kenal. Link blog kamu sudah saya tambahkan :) Memang Life of Pi ini film yang luar biasa. Saya bahkan hendak nonton untuk ketiga kalinya minggu ini. Ending-nya menampar muka saya keras-keras. Subhanallah...

    @Hawin : Oh, ada penjelasan di balik ini. Tidak mungkin Ang Lee membiarkan kesalahan sefatal itu terpapar dengan jelas di layar. Penjelasan yang paling logis adalah seperti ini. Apakah kita melihat apa yang dilakukan Richard Parker kepada kambing tersebut setelah diterkam? Tidak. Kamera berganti menyorot Pi yang dipeluk ibunya. Nah, selama beberapa detik (atau mungkin menit dalam film?) penonton tidak melihat apa yang terjadi. Bisa saja kambing dikoyak sampai habis. Dan mengapa kita tidak melihat darah atau anggota tubuh berceceran? Jawabannya adalah demi rating. Semua itu dihilangkan agar Life of Pi tidak mendapat rating PG-13 (13 tahun ke atas) dari MPAA. Begitulah penjelasan dari saya, semoga memuaskan :)

    ReplyDelete
  9. wow amazing sekali,,sangat keren saya sampai tak bisa berkata apa-apa lagi.

    ReplyDelete
  10. nih film emang hebat banget bikin perasaan gua campur aduk hahaha, ada sedih, sempat merinding sendiri mendengar untaian kata penuh makna dari si pi, kagum akan keindahan visual fx nya, dan kaget bukan main saat si richard parker keluar tiba" dari dalam sekoci hahaha,
    btw review yang bagus banget

    terima kasih

    ReplyDelete
  11. Baru nonton film ini padahal udah lama banget release. Salah satu film survival terbaik, pengen banget bilang ke orang-orang "lu harus banget nonton Life of Pi". Satu hal yg jadi pertanyaan di ending, kurang nangkep ap yg Pi sebenernya ceritain ke orang jepang. Tentang koki, pelaut, ibunya dan singa. Tapi itu cuma ganti yg bersifat logis aja. Jadi ga nangkep apa yg sebetulnya diceritain.

    ReplyDelete

Mobile Edition
By Blogger Touch