January 19, 2015

REVIEW : BLACKHAT


Jika hanya diperkenankan menyebut satu alasan yang mendasari ketertarikan untuk mencicipi Blackhat, maka itu adalah Jakarta. Ada semacam kepenasaran melihat bagaimana ibukota negara ini akan dibingkai oleh film berbujet besar produksi studio raksasa Hollywood yang diarahkan oleh sutradara (dulunya) kelas A dengan deretan pemain papan atas, setelah biasanya hanya berkesempatan unjuk diri di film joint venture kelas menengah ke bawah. Bukankah ini terdengar... wah? Belum lagi, di atas kertas, Blackhat mempunai tatanan penceritaan yang menjanjikan dengan mengedepankan ‘techno-thriller’ mengupas perburuan terhadap hacker kelas kakap yang menciptakan kekacauan di tingkat internasional. Dengan premis semacam ini, tidak heran kejar mengejarnya pun melintasi benua – dari Amerika ke Asia – dan menetapkan ekspektasi cukup tinggi bagi penonton. Walau hasil akhirnya, yah... jauh dari bayangan. 

Blackhat memulai segalanya secara meyakinkan lewat visualisasi cantik menembus jaring-jaring internet yang seolah mengisyaratkan ini akan menjadi sebuah film penuh ketegangan yang cerdas. Lalu, seperti sekelumit plot yang telah terjabarkan sebelumnya, Mann membawa kita pada persoalan peretasan komputer yang berdampak pada kacaunya pasar saham di Amerika Serikat lantaran nilai bahan baku bergerak tak stabil. Guna menindaklanjuti kasus peretasan ini, dua agen FBI, Carol (Viola Davis) dan rekan kerjanya – entah siapa namanya (Holt McCallany), bekerjasama dengan agen keamanan dari Tiongkok, Chen Dawai (Leehom Wang) dan Chen Lien (Wei Tang). Tidak ada yang salah sampai di sini. Nuansa ‘hacking movie’ masih tercium, sementara kepenasaran terhadap lantunan kisah juga masih hangat. Hingga Dawai meminta bantuan kawan lamanya seorang hacker jenius yang tengah ditahan di penjara bernama Nick Hathaway (Chris Hemsworth) untuk menuntaskan kasus. Tepokan pun mendarat secara mulus... di jidat. 

Well, apabila berpatokan pada sederet artikel yang bisa kamu jumpai di dunia maya, sejatinya Blackhat memuat sederet istilah beserta cara-cara peretasan dengan tingkat akurasi yang sangat bisa dipertanggungjawabkan. Yang menjadi kendala adalah bagaimana Mann dan Morgan Davis Foehl mewujudkannya ke dalam penceritaan yang sama sekali tidak menarik untuk diikuti. Setelah kemunculan Nick Hathaway, perlahan tapi pasti tuturan pada film mulai kedodoran. Kebingungan menentukan arah dengan segudang tema – dari ekonomi, sosial, politik – yang pada akhirnya digiring menuju: aksi kucing-kucingan generik selayaknya film kelas B. Segala hal pintar soal dunia teknologi komputer yang mencuat di awal film mendadak meredup entah kemana, tergantikan oleh hal-hal menggelikan (salah satunya kebodohan agen NSA yang begitu mudahnya terjerumus ke dalam perangkap Hathaway melalui trik peretasan kelas pemula. Duh!) yang semakin mendekati akhir justru beranak pinak. 

Kekacauan masif di sektor naskah ini lantas merembet ke segala penjuru. Salah satu terkena dampaknya adalah departemen akting. Walau menempatkan Chris Hemsworth, Viola Davis, Leehom Wang, dan Wei Tang di garda depan, keempatnya nyaris tidak bisa berbuat apa-apa untuk menyelamatkan film... malah semakin memperburuk keadaan. Okay, Davis mungkin masih bermain cukup bagus sebagai seorang agen FBI – meski seringkali terkesan berlebihan – namun Hemsworth hanya akan memanjakan mata para penggemar wanita (lewat kebiasannya memamerkan dada bidangnya, tentu saja) karena penampilannya sebagai hacker ulang jauh dari kata meyakinkan. Malahan, sangat konyol. Sekeras apapun dia mencoba, penonton kesulitan untuk dibuat percaya bahwa dia memiliki keahlian di bidang teknologi. Sementara perwakilan dari Tiongkok, Leehom Wang tersia-siakan begitu saja dan Wei Tang... she’s hot. Itu saja. 

Sebagai sebuah film dengan gelontoran dana sebesar $70 juta – dijual pula sebagai action-thriller – maka pengharapan memperoleh gelaran aksi bertensi tinggi di Blackhat tidak terkesan berlebihan. Wajar. Kenyataannya, Mann seolah memberikan harapan kosong dengan lebih menggeber sisi (maunya) ketegangan ketimbang baku tembak, baku hantam, kejar mengejar, atau sederet bentuk aksi yang bisa kamu jumpai di film semacam ini. Tidak ada masalah sama sekali, kalau berhasil, akan tetapi presentasi yang berlalu begitu datar malah memunculkan kejenuhan akut terlebih ini mendominasi film berdurasi melampaui 2 jam. Ketika apa yang diharap-harap datang – masih dibalut dengan ciri khas Mann yang bergantung pada editing dan tata kamera dinamis – ketertarikan telah menurun drastis. Ditambah lagi, gelaran aksinya pun kelas medioker yang tidak jauh berbeda dari Java Heat (dan sejumlah film aksi kelas B lainnya) terutama setelah Hathaway menjejakkan kaki di Jakarta. Seolah belum cukup segala kebodohan yang terjadi sepanjang film, Mann menutup Blackhat lewat kekonyolan lain yang berlangsung di Lapangan Banteng dan membuat kita hanya bisa menggelengkan kepala melihat si pembuat film mengulangi kesalahan sama yang diperbuatnya pada Miami Vice. It's so damn boring and messy.

Poor

3 comments:

  1. Mas Tariz yang saya hormati, terimakasih atas semua ulasan film yang mas sudah ulas selama ini, terus terang saja, saya selalu mengikuti setiap review / sinopsis film yang mas posting,meskipun baru kali ini saya ikut berkomentar.
    Dan mohon maaf mas, saya menantikan pencerahan sampeyan mengulas kilas balim film-film tahun lalu, kok mas belum posting ya. Hehehe
    Barangkali ada beberapa film bagus yang saya lewatkan tahun lalu, ditunggu mas ya 20 film atau lebih tahun lalu yang terbaik versi cinetariz.
    Mohon maaf bila saya terlalu lancang, sukses selalu mas ya. Tetap eksis mas ya!

    ReplyDelete
  2. Halo, Mas Heroy.
    Wah senangnya akhirnya memutuskan untuk berkomentar. Silahkan saja utarakan opini, permintaan, atau apapun di sini. Bebas saja kok. Jangan khawatir dianggap lancang atau semacamnya, saya justru senang bisa berinteraksi dengan pembaca :)

    Untuk ulasan film terbaik tahun 2014, lagi disiapkan nih. Setelah tahun lalu absen karena kesibukan dan lain hal, tahun ini berencana buat menghidupkannya lagi. Semoga saja dalam sepekan ke depan udah bisa diposting. Lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali kan? :)

    ReplyDelete
  3. Ayo mas ditunggu ulasannya.. saya juga nungguin.. :D

    ReplyDelete

Mobile Edition
By Blogger Touch