May 30, 2015

REVIEW : SAN ANDREAS


“The Earth will literally crack and you will feel it on the East Coast.” 

Apabila dirimu adalah anggota kesatuan penyelamatan bencana alam, apa yang pertama kali kamu lakukan tatkala gempa bumi berkekuatan raksasa memporakporandakan lingkungan di sekitar kampung halamanmu? Secara realistis, tunaikan tugas dengan menyelamatkan sebanyak mungkin warga setempat yang membutuhkan pertolongan. Tapi saat bencana ini terjadi dalam film, abaikan saja mereka – toh kita juga tidak mengenalnya – dan prioritaskan untuk menyelamatkan keluarga tak peduli sekalipun jarak yang harus ditempuh ratusan mil jauhnya karena keluarga adalah segalanya. Setidaknya, kesempatan itulah yang diambil oleh Dwayne Johnson dalam San Andreas, dan errr... para (mayoritas) hero di disaster movie lainnya. Dengan garis cerita seperti ini, kamu tentu sudah mengerti ekspektasi semacam apa yang dapat diboyong memasuki gedung bioskop. Ya, persis seperti yang kamu lihat di materi promosinya, ini adalah tontonan gegap gempita yang menuntut perhatianmu hanya sekadar dari pameran efek khususnya alih-alih bertumpu pada atraksi akting maupun guliran pengisahan menawan. Tinggalkan otak di luar gedung bioskop, mungkin?

Tidak ada yang menganggap serius prediksi dari ahli gempa bumi, Lawrence (Paul Giamatti), saat diprediksi guncangan hebat akan melanda California. Mengingat dalam riwayat penelitian para ilmuwan tidak ditemukan adanya lempengan yang membujur di dataran Nevada hingga San Andreas, maka ocehan Lawrence memang terdengar menggelikan... hingga gempa tektonik berkekuatan 7,1 SR menghancurkan Bendungan Hoover, Nevada. Tentu saja ini baru awal dari semuanya karena gempa susulan dengan skala goyangan lebih dahsyat lantas menerjang yang berdampak pada luluh lantaknya separuh California khususnya San Fransisco. Tidak ingin mengulangi kesalahan yang sama seperti masa lalu – terlebih gempa ini belum menunjukkan tanda-tanda berakhir bahkan semakin menguat – seorang pilot helikopter yang berada di Regu Penyelamatan Udara, Ray (Dwayne Johnson), nekat menembus San Fransisco yang rusak parah bersama sang istri, Emma (Carla Cugino), untuk menyelamatkan putri mereka, Blake (Alexandra Daddario), yang ndilalah tengah berkunjung ke San Fransisco. 

Kapan kamu terakhir kali dipuaskan oleh disaster movie ciptaan Hollywood? Tahun lalu oleh Into the Storm, beberapa waktu lampau dengan 2012... atau malah satu dekade silam lewat The Day After Tomorrow? Apabila film-film ini belum mampu membuatmu tercekam – sekadar terpesona oleh kecanggihan efek khususnya – maka San Andreas akan melakukannya. Sejak menit pembuka yang sedikit banyak mengingatkan pada opening scene mendebarkan di Cliffhanger-nya Sylvester Stallone, penonton telah dihadapkan dengan momen penuntut helaan nafas panjang saat Ray bersama krunya harus menembus tebing sempit guna menyelamatkan seorang perempuan yang terjebak di sebuah mobil yang sewaktu-waktu dapat terperosok ke jurang. Satu kesalahan dalam langkah kecil saja dapat berdampak fatal, you’ll never know. Brad Peyton (Journey 2: The Mysterious Island) memberi langkah awal yang sempurna bagi San Andreas dengan menempatkan penonton pada momen harap-harap cemas guna membangkitkan semangat sebelum diajak berbasa basi sejenak sebagai momen perkenalan terhadap karakter utama sekaligus memberi latar bagi kemunculan ‘si monster’. 

Tatkala kita dianggap telah siap, Peyton pun secara sigap menghidangkan rentetan ketegangan saat gempa bumi terdahsyat sepanjang sejarah memberi dampak berupa kehancuran masif di Los Angeles dan San Fransisco. Dengan efek khusus kelas premium, visualisasinya terjelmakan begitu sempurna nan meyakinkan seolah-olah apa yang terpampang di layar bioskop memang benar adanya yang menimbulkan efek ngeri pada penonton. Phew. Sulit buat ditampik, film semacam San Andreas ini memang susah dihindarkan dari adegan omong kosong, penuh kemustahilan, atau sederhana saja, bullshit karena lihat saja betapa akal sehatmu dipermainkan habis-habisan disini saat dihadapkan pada kenyataan mudahnya Ray melacak keberadaan keluarganya, atau saat Emma lari-lari melompati retakan gedung siap runtuh pada detik-detik terakhir, serta paling epik motorboat Ray menerjang ombak tsunami seraya menghindari lindasan kapal kontainer. Terdengar sangat menggelikan, bukan? Memang. Akan tetapi, selama si pembuat film mampu merancang sensasi seru sepanjang durasi dengan karakter dalam film sangat mudah buat didukung (Johnson tangguh dan rapuh, begitu pula Cugino dan Daddario yang bukan semata-mata damsel in distress) maka pengampunan pada kekonyolan yang mencuat disana sini dapat diberikan. Selama masih memberi sensasi fun secara konstan, mengapa tidak? Bukankah itu yang kita cari dari popcorn movie pemeriah musim panas?

Acceptable

2 comments:

  1. Bagusan film 2012 sih kalo menurut saya. San andreas terkesan "udah biasa lah, udah banyak film kayak gitu" :3

    ReplyDelete

Mobile Edition
By Blogger Touch