October 17, 2015

REVIEW : GOOSEBUMPS


"You've just released every monster I've ever created!"

Sebagai bagian dari generasi 90’an yang tumbuh dewasa ditemani dongeng pengantar mimpi buruk, Goosebumps, mengetahui literatur anak yang fenomenal ini diboyong ke layar lebar, saya pun berjingkat-jingkat kegirangan. It’s like a dream come true, menyaksikan melihat monster-monster unik pula mengerikan kreasi R.L. Stine dihidupkan untuk kemudian menebar teror di dalam bioskop. Well, Fox Kids memang telah menerjemahkan gores-gores kata R.L. Stine ke medium audio visual dalam wujud serial televisi yang mengudara sejak tahun 1994 hingga 1998, namun hasilnya sendiri jauh dari pengharapan dengan pengecualian pada setiap episode mengenai boneka ventrilokuis penebar teror, Slappy. Kini, mencoba langkah berbeda dibanding adaptasi novel kebanyakan, Sony tidak sekadar secara spesifik menjumput satu instalmen untuk dikupas dalam versi film Goosebumps melainkan memilih menggabungkan elemen-elemen terbaik pembentuk seri ini termasuk barisan monster-monsternya. Hasilnya? Sebuah sajian petualangan seru nan mengasyikkan yang cocok dikudap oleh seluruh anggota keluarga menjelang perayaan Halloween. 

Sepeninggal sang suami, Gale (Amy Ryan) memboyong putra semata wayangnya, Zach (Dylan Minnette), dari New York ke sebuah kota kecil di Delaware untuk memulai kehidupan baru. Sesampainya keluarga kecil ini di hunian anyar, Zach disambut oleh Hannah (Odeya Rush) yang tinggal di sebelah rumah. Belum sempat mereka berkenalan lebih jauh, ayah Hannah yang misterius sekaligus agak aneh, R.L. Stine (Jack Black), memaksa keduanya berpisah. Menyadari ada kejanggalan pada tetangganya ini terlebih setelah mendengar suara jeritan Hannah, Zach ditemani sahabat barunya, Champ (Ryan Lee), memutuskan menyelinap masuk ke rumah keluarga Stine untuk melakukan penyelidikan. Kala menjalankan misi, mereka menemukan sejumlah manuskrip Goosebumps milik Stine yang terkunci rapat tertata manis di rak buku dan melakukan kesalahan besar... dengan membukanya! Monster-monster ciptaan Stine di bawah komando Slappy yang telah menahun terpenjara pun seketika melepaskan diri, menciptakan huru hara ke seantero kota, lalu bersatu padu memburu ‘sang pencipta’ untuk menggagalkan rencana Stine memenjara kembali mereka di manuskrip. 

Khawatir adalah reaksi pertama yang mencuat begitu menilik materi promosi Goosebumps lantaran tersaji sedemikian buruk tanpa daya pikat mencukupi dengan Manusia Salju (atau Yeti) sebagai satu-satunya alat jual dan ada indikasi film akan berada di area fantasi kanak-kanak konyol khas produk keluaran Nickelodeon (atau ya, seri Percy Jackson) alih-alih horor bertabur komedi seperti versi novelnya. Tapi percayalah, jangan biarkan trailer ini menghasutmu untuk melewatkan Goosebumps begitu saja terutama jika kamu memang mencandui karya R.L. Stine ini sedari dulu. Semangat yang diusung oleh Stine dihembuskan Darren Lemke secara sempurna melalui naskah yang diejawantahkan begitu menawan ke bahasa gambar oleh Rob Letterman. Walau tak mencuplik karya tertentu, tuturan dalam film ini sangatlah Goosebumpswell, plot menyoal remaja tanggung pindah ke lingkungan baru dan bertemu tetangga misterius, lalu ada twist memasuki klimaks (seriously, I didn’t see that coming!), belum lagi penggunaan nama karakternya – dilengkapi humor-humor menggelitik yang sekali ini sarat referensi memainkan olok-olok (plus penghormatan) ke materi asli. Seperti sedang menyimak perpaduan antara Cabin in the Woods dengan Jumanji, penuh kesenangan tiada henti-hentinya sedari awal hingga akhir. 

Para penggemar berat Goosebumps akan bersorak sorai menyaksikan monster-monster ciptaan Stine dari Manusia Salju, Gnome, manusia serigala, bocah tembus pandang, belalang mantis raksasa, zombie sampai favorit kebanyakan pembaca, Slappy, yang berlalu lalang dapat tervisualisasikan dengan cukup baik sedangkan mereka yang tidak pernah mengenal satupun dari barisan monster ini mungkin enggan mengeluh karena para monster bersedia mengerahkan segenap kekuatan mereka untuk menciptakan teror yang harus diakui beberapa diantaranya sanggup tampil cukup menyeramkan dan petualangan R.L. Stine guna memperbaiki segala kekacauan yang disebabkan para bocah juga terhampar seru. Laju penceritaannya melaju begitu gesit dengan tunjangan dari jajaran pemain yang menyumbang lakon solid (kredit khusus untuk Jack Black yang memberi interpretasi sama sekali berbeda pada karakteristik Stine dan sumbangan suara meneror bagi Slappy yang menempatkannya sejajar dengan Chucky) dan iringan musik Danny Elfman yang mencuatkan sisi excitement dalam mengikuti sepak terjang para karakternya sehingga rasa-rasanya agak mustahil bagi penonton untuk mengalami kejenuhan selama durasi mengalun. Fun! Fun! Fun! 

Fun Fact : Ada kemunculan sekilas dari sang pengarang, R.L. Stine, di Goosebumps. Berperan sebagai siapakah dia?

Exceeds Expectations

  

6 comments:

  1. bang, kok sama ya! *tos*
    aslinya saya juga ga minat liat film ini gara2 trailernya yang terlalu anak2. tapi setelah diajak *dengan ancaman* nonton sama bini, eh, kok ternyata keren ya! filmnya fun, seru, ceritanya mengalir lancar, lucu, bahkan serem sekaligus. homage ke masa muda yang suka baca bukunya dulu.
    btw, rl stine nongol cameo jadi apa ya bang?

    ReplyDelete
  2. ^ Hahaha. Banyak juga kok yang pesimis dengan film ini gara-gara trailernya, lalu pada akhirnya terpuaskan setelah melihat filmnya yang luar biasa fun. Gara-gara nonton Goosebumps malah jadi ingin baca lagi bukunya dan menonton ulang Jumanji.

    Soal cameo R.L. Stine, dia tampil sekelebat di penghujung film sebagai guru baru bernama Mr. Black.

    ReplyDelete
  3. Konyol banget cameo-nya R.L. Stine di sana. R.L. Stine asli nyapa R.L. Stine palsu (Jack Black), "Hello, Mr. Stine," eh dibalas, "Hello Mr. Black". Tukaran nama mereka. Masuk deh inside joke-nya.

    ReplyDelete
  4. Film yang menghibur! :D
    Gak rugi deh refreshing abis UTS sambil nonton Goosebumps.

    ReplyDelete
  5. nice post

    mampir juga ke blog ane boss :)

    http://filmgratis13.blogspot.co.id/

    ReplyDelete

Mobile Edition
By Blogger Touch