November 13, 2015

REVIEW : BADOET


Apabila kepercayaanmu terhadap film horor buatan dalam negeri telah berada di titik nadir, maka Badoet adalah sebuah kesempatan emas bagimu untuk membangkitkan kembali kepercayaanmu dengan membuktikan bahwa sinema Indonesia sejatinya masih memiliki harapan untuk menghasilkan tontonan seram yang mencengkram erat. Ya, garapan terbaru dari Awi Suryadi (Claudia/Jasmine, Viva JKT48) yang menempatkan sesosok badut sebagai sumber utama berlangsungnya serangkaian teror – beberapa pihak membandingkannya dengan miniseri Stephen King’s It (1990) maupun Killer Klowns from Outer Space (1988) – ini rasa-rasanya tepat disebut sebagai film horor Indonesia terbaik dalam kurun beberapa tahun terakhir. Bagi kamu yang belum merasakan (nikmatnya) menjadi saksi secara langsung tebaran teror dari Awi ini di layar lebar mungkin akan menganggapnya agak berlebihan, tapi percayalah, label ini teramat layak disandang oleh Badoet apalagi sudah cukup lama saya tidak merasakan sensasi was was seraya meringkuk tampan di kursi bioskop dengan kedua bola mata tersembunyi di balik telapak tangan lantaran menyimak film memedi asal Indonesia. Phew. 

Pada mulanya, rumah susun di pinggiran Jakarta yang ditempati oleh Donald (Daniel Topan) dan sepupunya, Farel (Christoffer Nelwan), terbilang damai sentosa. Tidak ada gangguan-gangguan yang mengusik kenyamanan. Namun segala ketenangan tersebut perlahan mulai sirna saat tiga bocah tetangga Donald dan Farel menemui ajalnya secara tragis dalam rentang waktu berdekatan. Donald, Farel, dan teman kuliah Donald, Kayla (Aurellie Moeremans), mencium adanya ketidakberesan dibalik tragedi ini mengingat ketiga bocah tersebut berasal dari keluarga harmonis yang diperkuat dengan penemuan puluhan kertas bergambar badut misterius di barang-barang peninggalan para bocah malang ini. Diliputi rasa penasaran, tiga serangkai ini pun menggali informasi demi informasi untuk memecahkan kasus yang lantas mengarahkan mereka ke kotak musik temuan Vino, putra semata wayang dari tetangga mereka Raisa (Ratu Felisha). Seiring berjalannya investigasi, sederet teror dari sesosok badut terus menerus mengganggu ketiganya yang seketika menyadarkan mereka bahwa ada lebih dari sekadar kekuatan jahat yang mengintai mereka.    
Tidak seperti mayoritas (atau malah justru semua?) film horor Indonesia akhir-akhir ini yang berkiblat pada trik “pasang musik sekencang-kencangnya, beri penampakan sesering-seringnya” untuk menggedor jantung penonton – tanpa disadari malah menurunkan kadar keseraman secara drastis – Badoet percaya terhadap ungkapan “less is more”. Alih-alih menjumpai jump scare murahan terkemas dalam bentuk badut yang memberi cilukba saban sekian menit dengan iringan musik perusak gendang telinga guna memancing rasa ngeri, kamu justru akan menemukan atmosfir serba tidak mengenakkan dalam Badoet. Awi menyodori kita selasar sepi di sebuah rumah susun dengan lantai lusuh dan tembok penuh coretan sebagai pemandangan utama, lalu beranjak ke kamar-kamar sempit para penghuninya, kemudian berpindah memasuki ruang laundry dan fotokopi yang kesunyiannya seolah memberi peringatan keras “ada yang tidak beres di sini!,” dan berakhir di pasar malam penuh misteri. Imajinasi penonton dibentuk sedemikian rupa sehingga tanpa sadar dicengkram rasa takut tiap kali para tokoh memasuki lokasi-lokasi tertentu. 

Beberapa dari kamu mungkin akan bertanya-tanya, apakah bangunan atmosfir adalah satu-satunya cara yang diterapkan Badoet untuk menakut-nakuti penonton? Jawabnya, tentu saja tidak. Mengingat Badoet masih bergerak di area horor, maka kamu akan tetap menjumpai penampakan diiringi musik menghentak. Hanya saja, demi memaksimalkan kesan creepy pula misterius, Awi membatasi kemunculan si badut (diperankan oleh Ronny P Tjandra) terlebih jika memang keberadaannya tidak membawa pengaruh signifikan terhadap pergerakan cerita. Taktik Awi nyatanya berhasil karena sensasi ngeri senantiasa menyergap begitu si badut menampakkan diri apalagi momen penampakkannya pun digarap bervariasi dari menyebabkan kerasukan ala The Exorcist (serius, ini sangat menyeramkan!), kemunculan secara utuh dengan senyuman menerornya, atau sekadar numpang lewat namun efektif membuat diri ini parno melihat balon maupun mesin cuci. Reaksi spontan semacam berteriak, mengumpat-umpat, menutup mata, atau malah merapal doa pun hampir bisa kamu temukan dari penonton sekeliling saat menontonnya di bioskop. 

Pun demikian, untuk menjangkau titik ini, kesabaran penonton sedikit banyak diuji terlebih dahulu. Setidaknya pada 20 menit pertama, Badoet seolah-oleh kebingungan menentukan ritme penceritaan yang memunculkan bercak-bercak kejenuhan lantaran tidak ada kejelasan mengenai jalinan pengisahannya itu sendiri dan dialog para karakter pun lebih sering menggelikan ketimbang membantu memberi gambaran mengenai apa yang hendak dijlentrehkan oleh si pembuat film. Akan tetapi, ketika kekhawatiran Badoet mungkin tidak akan sekeren materi promosinya mulai berkecamuk, perlahan tuturan film mulai menarik untuk disimak. Terhitung semenjak Vino menemukan kotak musik milik badut di pasar malam, berlanjut ke kematian tragis para bocah – serius, keberanian Awi dan tim menempatkan anak-anak sebagai korban dalam plot utama layak diacungi jempol – penceritaan bergerak gesit dengan ketegangan yang kadarnya terus menerus menanjak seiring bergulirnya durasi tanpa pernah sekalipun menurun. Perhatian penonton dibetot, lalu keringat dingin bercucuran. Dengan kombinasi sempurna antara tuturan mengikat dan permainan atmosfir, musik, plus penampakan yang efektif, Badoet pun berhasil tersaji sebagai sajian horor yang seru, mengasyikkan, sekaligus mencekam. Go watch it!

Exceeds Expectations



5 comments:

  1. kayak nya patut di tonton ni...tpi tmpt biasa sya tonton bioskopnya blm nayangi film ini

    ReplyDelete
  2. Dimanakah lokasinya, Mas? Badoet tidak terlalu ramai penonton jadi kayaknya agak sulit mengharapkan film ini menambah lokasi pemutaran :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya di palembang...tpi blm ada film ini kebanyakakn film hollywood tpi gak tahu di bioskop lain..krn disni bioskopnya lumayan bnyak

      Delete
  3. anjritttt.... filmnya serem banget bosss!!! udah lama gue ga nonton film horor indonesia yg segila ini. dua jempol deh pokoknya...

    ReplyDelete
  4. Pagi ini, saya menyempatkan diri membaca review Mas TaRiz tentang "Badoet" dan seketika penasaran, yang akhirnya sukses mengantarkan saya menuju bioskop terdekat untuk menonton.

    Saya termasuk penggemar film horor/thriller. Film ini boleh dibilang mengungguli film horor/thriller produk lokal yang wara-wiri beberapa tahun belakangan. Jujur, beberapa adegannya sanggup membuat saya menahan napas dan jantung berdebar (sesuatu yang jarang saya dapatkan dari menonton film horror/thriller lokal).

    Saya setuju dengan semua pemaparan Mas TaRiz di atas. Benar, "less is more" adalah ungkapan yang sangat dipahami oleh Awi Suryadi. Sebelum membaca review ini, saya sempat menganggap "Badoet" akan jatuh ke dalam film thriller standar. Saya salah. "Badoet" dikemas dengan apik. Tidak ada jerit ngeri lebay dari pemainnya, tidak ada musik super bombastis mengiringi munculnya ketegangan, dan segala "efek berlebihan" lainnya. "Badoet" menempatkan efek kengerian yang pas. Meski tidak semua kejutannya menakutkan bagi saya, setidaknya kejutan-kejutan tersebut ditempatkan dengan teliti, terutama mendekati paruh akhir.

    Luar biasa bagaimana efek kamar sempit, gambar mengerikan, denting kotak musik dan efek lainnya sanggup membuat film ini mengungguli film produk lokal yang sejenis. Mengutip kalimat Mas: "Badoet pun berhasil tersaji sebagai sajian horor yang seru, mengasyikkan, sekaligus mencekam" --> yes, totally agree.

    Terima kasih Mas review-nya, saya senang akhirnya dapat pengalaman ngeri dengan menononton film ini di bioskop.

    ReplyDelete

Mobile Edition
By Blogger Touch