December 22, 2015

REVIEW : SINGLE


“Jujur, kadang saya ngerasa kalau kita suka sama orang, IQ kita bisa turun sampai 10 poin” 

Single menjadi semacam penegasan bahwa Raditya Dika memang ada baiknya diberi kepercayaan lebih untuk mengarahkan sendiri film-film kepunyaannya daripada sekadar berlakon dan menulis naskah. Telah mengenal dengan baik kontennya sendiri dan pangsa pasar yang dituju, Dika pun secara otomatis lebih lancar pula memiliki keleluasaan dalam menuturkan cerita serta melemparkan humor-humor di waktu yang tepat. Walau hasilnya tidak selalu berakhir mulus – Dika sempat tersandung parah di Malam Minggu Miko Movie – namun dua dari tiga film terbaik Dika sejauh ini, yakni Marmut Merah Jambu dan Single, merupakan film-film yang menempatkan si ‘ikon jomblo tanah air’ di balik kemudi. Melalui dua film tersebut, khususnya Single, Dika menunjukkan bukti bahwa kapabilitasnya dalam berceloteh lewat medium bahasa gambar sudah selayaknya mulai lebih diperhitungkan. Single tidak saja berhasil tawarkan kesenangan maksimal melalui banyolan-banyolan yang sekali ini terasa lebih kocak ketimbang film-film Dika sebelumnya tetapi juga memberikan kehangatan pada hati dari guliran pengisahannya. 

Raditya Dika adalah pemuda jomblo menahun tanpa pekerjaan tetap bernama Ebi yang tinggal di sebuah rumah kos bersama dua sahabatnya, Wawan (Pandji Pragiwaksono) dan Victor (Babe Cabiita). Dalam usia mendekati kepala 3 (atau malah sudah melewatinya?), Ebi dirisaukan oleh ketidakmampuannya menjalin hubungan dengan lawan jenis lantaran senantiasa kesulitan menciptakan komunikasi yang baik. Kegalauannya perihal asmara ini kian menjadi-jadi tatkala sang adik, Alva (Frederik Alexander), dengan kehidupan jauh lebih mapan dibanding Ebi mendadak memutuskan untuk menikah. Tidak ingin harga dirinya jatuh di depan ibu (Tinna Harahap) yang sempat mengemukakan keinginannya menimang cucu kepada Ebi secara terang-terangan, Ebi pun mulai memberanikan diri mencari pendamping hidup dengan bantuan dari Wawan dan Victor. Perhatiannya tertambat pada Angel (Annisa Rawles), mahasiswi Kedokteran yang baru saja pindah ke kos Ebi. Hanya saja, tidak mudah memenangkan hati Angel lantaran kekikukan Ebi yang mengganggu dan Angel ternyata memiliki seorang ‘abang’ bernama Joe (Chandra Liow) yang terus menerus menghalangi upaya Ebi untuk mendekati Angel. 

Topik pembicaraan di Single memang tidak jauh berbeda dengan berbagai film Dika sebelum ini. Tanpa perlu menjadi jenius, dari judul saja kita sudah bisa menerka film akan mencelotehkan soal nestapa jomblo bertampang pas-pasan yang problematika utamanya dalam hidup adalah menemukan pasangan tepat. Ya, Dika masih berada di comfort zone-nya dengan kembali bermain-main di area yang telah dikuasainya betul-betul. Akan tetapi, satu hal menarik yang perlu dikonfirmasi, untuk merealisasikan Single yang notabene berdasarkan cerita asli (bukan adaptasi dari buku atau serial televisi si kreator), Dika berkolaborasi dengan Soraya Intercine Films yang dikenal murah hati dalam menggelontorkan bujet besar demi kepentingan menampilkan production value berkualitas tinggi. Dengan privilege sebesar ini, satu pertanyaan yang berkelebat di benak adalah, “sejauh mana Dika akan memanfaatkannya untuk menopang guliran pengisahannya?.” Berkaca pada trailer, kita mengetahui Dika sama sekali tidak menyia-nyiakannya dan setelah menyaksikan film ini secara penuh di layar lebar... phew, ternyata pencetus buku laris Koala Kumal ini mendayagunakannya dengan jitu sehingga mendongkrak keseluruhan kualitas film. 

Ada kebut-kebutan mobil di jalan raya, berlanjut ke ledakan mobil, disusul terjun payung dari atas pesawat, dan tidak ketinggalan lanskap Pulau Dewata yang dibingkai cantik oleh Enggar Budiono. Bagusnya, kesemuanya ini yang terbungkus dalam visual grande khas Dinasti Soraya tidak dimunculkan sekadar untuk gaya-gayaan atau memamerkan besarnya bujet melainkan memiliki kontribusi penting terhadap penceritaan serta menghasilkan impact lebih tajam pada lontaran guyonan-guyonan Dika yang biasanya dihantarkan sederhana saja. Mempunyai ruang lebih untuk bergerak, terlebih dia juga menduduki kursi penyutradaraan, membuat Dika dapat mengeksplor candaannya sehingga kesan gila-gilaan (bahkan terkadang seolah lepas tanpa beban) dapat dirasakan sekali ini. Areanya tentu masih tidak jauh-jauh dari kenaasan si tokoh utama dalam merajut asmara, hanya saja kombinasi antara ketepatan timing melempar ‘bom humor’ dan rangkaian dialog-dialog menggelitik sanggup menjunjung Single ke level terhormat sekaligus menghindarkannya dari sekadar tontonan pepesan kosong. 

Ini masih belum ditambah barisan pemain yang juga piawai dalam ngelaba. Dika dikaruniai rekan-rekan yang paham betul kapan dan bagaimana menerjemahkan tulisan-tulisannya menjadi lakonan pengundang tawa, seperti Pandji Pragiwaksono, Tinna Harahap, Chandra Liow, dan paling mencuri perhatian berkat celetukan absurd-nya yang tak pernah gagal membuat saya terbahak-bahak, Babe Cabiita. Merekalah ujung tombak dari Single, disamping pendatang baru Annisa Rawles yang betul-betul tampak charming sehingga kita memaklumi mengapa Ebi bisa dibuat mabuk kepayang olehnya. Kegemilangan Single tidak terhenti sampai pada sesi melucu saja karena setelah deraian tawa selama hampir dua jam, Dika sedikit membelokkannya ke ranah drama. Belum sepenuhnya terbebas dari lawakan, memang, namun sekitar 15 menit terakhir Single merupakan salah satu bagian terbaik film karena secara mengejutkan Dika berhasil hantarkan konklusi yang begitu hangat, manis menggemaskan dan mengena di hati sampai-sampai senyuman bahagia pun tetap mengembang saat melangkahkan kaki ke luar gedung bioskop. Bagus dan sangat menghibur, go watch it! 

Note : Apakah setelah menonton Single, kamu kecanduan lagu temanya yang dibawakan oleh Geisha, ‘Sementara Sendiri’, sampai-sampai kesulitan berhenti bersenandung “ku benci sendiri, ku benci sendiri...”? Jika ya, welcome to the club!

Outstanding


9 comments:

  1. banyak review yg mengatakan film ini bagus. apalagi pas lihat triler nya yg cukup menarik kocak..
    saya tertarik bwt nonton juga..
    tpi ragu krn ada 2 film indo yg tayang barengan yakni bulan terbelah di amerika...
    Jadi saya tunggu review film itu jugaa ya min. :)

    ReplyDelete
  2. Rencananya sih review Bulan Terbelah di Langit Amerika bakal dinaikin besok. Ya, semoga saja nggak molor yah. Hahaha.

    ReplyDelete
  3. ok ku tunggu review nya heehehee

    ReplyDelete
  4. Lagunya Geisha - Sementara Sendiri emang bikin baper, haha 😆

    ReplyDelete
  5. Iya, dan racun banget. Masih saja sampai sekarang nyanyi-nyanyi "ku benci sendiri, ku benci sendiri." Hahaha.

    ReplyDelete
  6. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  7. Baru sempat nonton tadi sore..
    Serius ini film kocak banget.
    seneng rasanya bela2in nonton bioskop dpt film yg semenyenangkan kayak gini...
    Paling Suka sm teman nya dika yg keribo bikin ngakak hahahaha

    ReplyDelete
  8. Tuh kan!
    Babe Cabiita emang paling mencuri perhatian disini. Lucu!
    Walau menyukai juga Marmut Merah Jambu dan Cinta Dalam Kardus, tapi Single ini film pertama Raditya Dika yang benar-benar memuaskan saya setelah menontonnya. Malah berencana menontonnya lagi (tapi sayang belum kesampaian karena banyak rilisan baru dua minggu ini).

    ReplyDelete
  9. dulu pernah juga nonton yg marmut merah jambu dgn cinta dalam kardus tpi lebih suka yg single ini comedy nya terasa banget.
    tapi akting pemeran cwek gak terlalu bagus ya masih ada kaku nya...

    ReplyDelete

Mobile Edition
By Blogger Touch