May 20, 2016

REVIEW : MY STUPID BOSS


“Impossible we do, miracle we try.” 

Coba bayangkan, bagaimana rasanya jika kamu bekerja di negeri orang dan menerima komando dari seorang atasan bersemboyan “Bossman always right” serta mempunyai prinsip “impossible we do, miracle we try”? Belum apa-apa, hanya membayangkannya saja sudah terdengar seperti mimpi buruk, bukan? Nasib apes memiliki bos luar biasa ajaib ini dialami Diana (Bunga Citra Lestari) kala menetap di Kuala Lumpur, Malaysia, mengikuti sang suami, Dika (Alex Abbad). Begitu mendengar calon atasannya adalah warga Indonesia seperti dirinya dan merupakan kawan lama sang suami, dia berpikir “apa sih yang mungkin salah?.” Adanya satu dua kesamaan bisa jadi akan memudahkan mereka untuk saling berinteraksi dan segala bayangan manis mengenai calon atasan seketika buyar tak bersisa pada perjumpaan pertama. Ternyata oh ternyata, pria berkumis lele dengan rambut setengah botak dan perut menggelembung yang minta dirinya dipanggil “Bossman” (Reza Rahadian) ini sangat mungkin memperoleh nominasi, bahkan memenangkan, penghargaan Atasan Paling Menjengkelkan apabila penghargaan semacam itu benar-benar ada. Tidak pernah terbersit sedikitpun dalam benak Diana bekerja dengan Bossman akan membuatnya tersiksa lahir batin sedemikian rupa.  

My Stupid Boss merupakan hasil visualisasi Upi (Realita Cinta dan Rock ‘n Roll, Belenggu) dari rangkaian buku laris berjudul sama karya Chaos@work yang menceritakan pengalaman-pengalaman konyol sang pengarang dalam menghadapi tingkah laku sang atasan. Seperti halnya materi sumber, My Stupid Boss pun lebih menyerupai sekumpulan sketsa komedi yang dirajut menjadi satu mempergunakan teknik penyuntingan ketimbang satu cerita utuh. Sepanjang film penonton hanya disodori segmen demi segmen yang mempertontonkan ‘kekejaman’ Bossman dalam menyiksa para bawahannya tanpa ada cerita yang berkesinambungan. Tiada dibekali skrip kokoh dengan guliran penceritaan mengikat dan barisan karakter yang simpatik untuk menambat atensi penonton, Upi sebetulnya mengambil keputusan sangat beresiko. Apabila lontaran-lontaran humor yang dijadikan pegangan utama tidak mencukupi kandungan gregetnya, My Stupid Boss sangat berpotensi berakhir sebagai bencana. Dibutuhkan konsistensi menjaga derai tawa agar penonton tidak harus menghadapi kelelahan atau malah kantuk berat. Ini jelas bukan perkara mudah. My Stupid Boss pun sempat beberapa kali berada dalam posisi nyaris kehabisan bahan bakar sehingga berpengaruh pada melambatnya laju film di beberapa titik. 

Untungnya, My Stupid Boss mempunyai lebih banyak stok lawakan yang mengenai target ketimbang meleset. Saat target dikenai, kelucuannya bisa sangat-sangat lucu. Dengan penghantaran guyonan sering tepat sesuai waktu, misi untuk meledakkan bioskop menggunakan tawa berkepanjangan dapat dicapai. Pepesan kosong terhindarkan dan keputusan nekat Upi mempertahankan film selayaknya kumpulan sketsa komedi pun terbayarkan. Menghibur dan mengasyikkan, seketika menjadi padanan kata yang cocok bagi My Stupid Boss. Semenjak Diana menjejakkan kaki di kantor barunya, lalu mencium adanya ketidakberesan dalam sosok Bossman – beserta rekan-rekan kerjanya – perut penonton telah dikocok-kocok tanpa ampun. Dan ini terus berlanjut pada menit-menit berikutnya. Bagi kamu yang pernah merasakan berada di posisi Diana, level kekocakannya sangat mungkin berlipat ganda. Memang sih, seperti telah disinggung juga di paragraf sebelumnya, megap-megap karena materi candaan mulai mengering tak dapat terhindarkan terlihat dari adanya repetisi-repetisi, namun untuk ukuran sebuah film yang kontennya melulu ngebanyol tanpa mempergunakan momen dramatik di sela-sela (well, kecuali pada bagian konklusi yang kemunculannya juga terasa dipaksakan dan sama sekali tidak perlu) maupun momen berintensitas tinggi, My Stupid Boss terhitung berhasil menjaga laju film secara konstan untuk senantiasa berada di atas garis ‘bisa dinikmati’ sampai tutup durasi. 

Setidaknya ada dua kunci keberhasilan My Stupid Boss. Pertama, timing ngelaba yang pas. Kedua, performa mempesona jajaran pemainnya. Tidak peduli seberapa bosan kamu melihat wajah Reza Rahadian wara-wiri di berbagai judul film layar lebar – sampai-sampai mengeluh, “Reza lagi, Reza lagi” – sangat sulit menampik fakta bahwa dia adalah aktor hebat. Menunjukkan totalitasnya dalam bersandiwara, Reza bertransformasi secara mulus menjadi Bossman yang tindak tanduknya akan membuatmu gemas bukan kepalang. Bahkan, hanya melihat gestur muka Bossman saja tanpa perlu dia mengucap sepatah katapun menggunakan logat Jawanya yang kental, kita sudah serasa ingin memelintir kumis lelenya. Ngeselin! Bagusnya akting Reza turut menular ke pelakon lain. Sosok Diana atau Kerani yang agak-agak judes dimainkan Bunga Citra Lestari dengan luwes dan jalinan chemistry-nya bersama Reza tampak meyakinkan tanpa sedikitpun mengingatkan kita kepada Habibie & Ainun (which is good!). Sedangkan para karakter pendukung seperti Dika, Sikin (Atikah Suhaime), Adrian (Bront Palarae), Azhari (Iskandar Zulkarnain), Mr. Kho (Chew Kinwah), dan Bu Boss (Melissa Karim) juga memberikan kontribusi penting agar aliran humor tetap mengalir lancar dengan kredit khusus diberikan kepada Chew Kinwah yang kemunculan khasnya tidak pernah gagal mengundang gelak tawa. 

Adegan favorit : Bossman ‘menghilang’ sejenak, para pekerja merayakannya penuh suka cita dengan iringan lagu Cindai kepunyaan Siti Nurhaliza.

Exceeds Expectations (3,5/5)

2 comments:

  1. Saya pun merasa film ini radah kurang di pembangunan cerita krn durasa banyak di habiskan oleh guyonan2 komedi yg untung nya banyak berhasil membuat ngakak...sisi drama nya pun cuma sedikit itu ajah terkesan di paksakan...jika sisi drama dan comedy nya seimbang mungkin lebih membekas di hati penonton

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pilihannya ada dua. Satu, sepanjang durasi hanya berisi lawakan tanpa ada momen dramatik sama sekali, atau dua, hadirkan momen dramatik di penghujung yang berarti sedari awal backstory Bossman lebih digali. Mengingat porsi kehidupan personal sang atasan hanya sekelumit, memang lebih baik jika Upi hanya fokus pada komedinya saja

      Delete

Mobile Edition
By Blogger Touch