August 21, 2016

REVIEW : TIGA DARA


“Nunung merenung, Nana merana, dan Neni bersedih hati.” 

Rupa-rupanya penduduk negeri ini tak pernah lelah meributkan soal cari jodoh. Pertanyaan “kapan kawin?” dilanjut tawaran membantu mencarikan pasangan yang kerap diajukan kepada para lajang di usia kepala dua keatas masih menjadi teror psikologis terhebat dalam era serba digital sekalipun enam tahun lalu sudah diungkit-ungkit oleh Bapak Perfilman Nasional, Usmar Ismail, melalui Tiga Dara (1956). Hanya Tuhan yang tahu sejak kapan persisnya pertanyaan mengusik tersebut tumbuh berkembang di bumi pertiwi, namun satu hal yang jelas, Tiga Dara yang merupakan rekaman sejarah bangsa Indonesia berbentuk produk kebudayaan menunjukkan bahwa problematika dikejar tenggat waktu menuju ke pelaminan tetap berasa relevan sampai setengah abad kemudian. Tidak peduli telah melewati tiga periode pembangunan politik maupun pergantian tampuk kepemimpinan sebanyak enam kali, persoalan mencari jodoh tetap dianggap mempunyai urgensi setara dengan mencari sesuap nasi bagi sebagian masyarakat Indonesia. 

Dalam Tiga Dara, sumber dari segala kerempongan adalah Nenek (Fifie Young) yang ketenangannya terganggu lantaran cucu tertuanya, Nunung (Chitra Dewi), belum juga membina rumah tangga di usia menginjak angka 29. Mengingat Nunung adalah perwujudan perempuan tradisional kaku yang lebih suka menghabiskan waktunya untuk mengurus kebutuhan domestik ketimbang bersosialisasi, tidak ada lawan jenis yang berada di dekatnya kecuali Bapak (Hassan Sanusi) dan Herman (Bambang Irawan), sahabat keluarga. Khawatir Nunung berakhir sebagai perawan tua, Nenek menyarankannya pergi keluar bersama adiknya yang mempunyai pergaulan luas, Nana (Mieke Wijaya). Terbiasa mendekam di rumah dan mempunyai kepribadian cenderung kurang bersahabat tentu cara seperti ini justru membal bagi Nunung sampai-sampai Nenek dibuat pusing olehnya. Tatkala harapan datangnya pasangan hidup bagi Nunung sepertinya telah pupus, hadir Toto (Rendra Karno) yang kesengsem berat dengan Nunung setelah sebuah kecelakaan kecil yang lucu. Benih-benih cinta tumbuh diantara mereka yang sayangnya dihalang-halangi oleh Nana yang ternyata juga menyimpan rasa ke Toto. 

Begitulah. Sang nenek yang masih memegang teguh adat istiadat dan percaya betul pada takhayul sehingga terus mendesak Nunung untuk meraih kebahagiaannya atau dalam konteks ini, menikah, merupakan akar dari segala permasalahan di Tiga Dara. Ya, pernikahan dianggap sebagai tolok ukur kebahagiaan seseorang. Dengan membopong tema bernada kritik sosial mengenai perspektif masyarakat terhadap pencapaian hidup tertinggi seorang perempuan Indonesia (lagi-lagi, pernikahan) semacam itu, Usmar Ismail sebetulnya bisa saja membawa film ke arah dramatis menggunakan paparan cerita sarat pesan moral nan inspiratif. Nyatanya, beliau enggan mencekoki penonton dengan petuah-petuah bijak serba eksplisit melainkan memilih untuk mengajak bersenang-senang saja. Apakah nantinya penonton bisa mengintepretasikan sentilan sentilun yang disisipkannya secara implisit atau tidak, itu urusan belakangan. Yang terpenting, tujuan Tiga Dara untuk membahagiakan hati tuan-tuan dan puan-puan yang tengah dirundung lara bisa tercapai lebih dahulu. Itulah kenapa film begitu lancar bercerita pula menyenangkan buat disimak lantaran si pembuat film tidak dibebani keinginan macam-macam. 

Sekalipun niatan utama Usmar Ismail membesut Tiga Dara sekadar memberi hiburan, beliau tidak lantas semata-mata bergantung pada materi ngelaba lalu mencuplik satu dua pelakon untuk menjalankannya. Malah, tingkat kecermatan penggarapan film berada di level teratas. Usmar Ismail memastikan betul bahwa setiap elemen bekerja semestinya, saling menopang satu sama lain, dan tak ada yang terbuang sia-sia. Lihat saja, naskahnya padat nyaris tiada menyisakan celah buat munculnya adegan yang dipanjang-panjangkan guna memenuhi target durasi dan setiap pelakon yang mencurahkan kemampuan akting terbaik mereka mendapatkan kesempatan sama besar untuk bersinar (meski pandangan kerap tertuju pada Mieke Wijaya) berkat penceritaan Pak Usmar yang memungkinkan setiap karakter memberi sumbangsih kepada plot keseluruhan. Mula-mula, Tiga Dara seperti panggung bagi Nunung dan Nenek semata. Lainnya menyingkir dahulu. Mereka berdua cekcok tiada habisnya soal status lajang si sulung dari tiga bersaudari. Kemudian perlahan Bapak memainkan peranannya, mencoba membantu ibunya menuntaskan misi mencarikan pendamping bagi Nunung. 

Kita pun beroleh kesempatan menyaksikan dua dara lainnya, Nana dan Neni (Indriati Iskak), unjuk gigi begitu pula dengan dua pria lainnya, Herman dan Toto. Mereka bukan semata-mata tim pemeriah suasana yang datang lalu pergi sesukanya, namun memiliki kunci penting untuk membuat penonton lebih memahami karakteristik berikut motivasi-motivasi dari sang tokoh sentral, Nunung, memicu munculnya gelembung-gelembung konflik, sekaligus membantu melerai pertikaian di penghujung film. Lalu Tiga Dara unggul pula di sektor nomor-nomor musikal pemeriah film dengan lirik-lirik begitu apik nan menggelitik yang fungsinya bukan saja memberi kesenangan melainkan juga menggerakkan plot dan tata kameranya pun bermain-main cukup dinamis sehingga membantu menginjeksikan kesan “seperti tontonan Hollywood, ya” pada film. Dengan perpaduan secemerlang ini, sulit kiranya buat hati tak ikut diajak berdansa-dansi selama dan selepas menonton Tiga Dara. Sungguh sebuah suguhan yang menghibur, elok, dan menyentil dari Usmar Ismail.

Note : Tiga Dara telah melewati proses restorasi secara digital di laboratorium L'Immagine Ritrovata, Italia, sehingga mempunyai tampilan dan suara yang jernih seperti halnya film baru.

Outstanding (4,5/5)



4 comments:

  1. Usmar Ismail memang sangat keceee x))
    porsi tokoh yang pas jadi bikin penonton merasa dekat sama semua cast nya dan bikin cerita nya jadi susah ilang dari hati apalagi pas adegan musikal selalu pingin nyanyi dan joget-joget xDD
    walaupun ini film hitam putih tapi tetap punya nyawa yang sangat berwarna x))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali, kakaaa @Amatir. Padahal filmnya sudah sangat berusia tapi kesenangannya masih seperti belia ya. Susah nemuin film Indonesia jaman sekarang yang bisa bikin senyam senyum terus sepanjang durasi. Susyehhh...

      Delete
  2. Maaf mas mau tanya apa mas masih ada novel surat dari praha?

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Nora: Hmmm... aku tidak punya novelnya. Susah banget carinya, kayaknya sih nggak dicetak ulang. Dulu bacanya juga karena ada yang unggah di Facebook.

      Delete

Mobile Edition
By Blogger Touch