August 20, 2016

[Special] KRITIK FILM BUKAN SEKADAR CACI MAKI


Persinggungan saya dengan website Qubicle yang singgah di halaman http://qubicle.id terjadi untuk pertama kalinya sekitar dua bulan silam menyusul disebarkannya pintasan ke sebuah artikel menarik terkait minat saya terhadap dunia perfilman melalui jejaring sosial Twitter. Meski ketertarikan pada Qubicle tidak serta merta terbentuk, tanpa disadari, sebetulnya hampir saban minggu saya melakukan kunjungan kesana entah untuk sekadar iseng-iseng belaka atau dilandasi keinginan mencari artikel informatif sebagai bahan menambah wawasan (duileeee!). 

Tapi iya, lho. Kamu bakal menjumpai beragam konten menggugah pikiran di Qubicle yang konsepnya sendiri seperti perpaduan antara media sosial dengan blogging platform (semisal blogspot atau wordpress). Dalam artian, kita tidak dikondisikan hanya memperoleh tetapi juga bisa membagikan. Qubicle memungkinkan para penggunanya untuk mengkreasi konten-konten kreatif sesuai minat bakat dalam format beraneka rupa seperti tulisan, foto, rekaman musik, sampai video. Dengan mengusung konsep selayaknya media sosial, para pengguna juga dapat saling berinteraksi maupun membangun jaringan. Menarik sekali, bukan? 

Apabila kamu ingin berkenalan lebih jauh dengan Qubicle, bisa kunjungi: 
- Facebook : Qubicle 
- Twitter : @Qubicle_id 
- Instagram : @Qubicle_id 


Saat ini sih status saya di Qubicle lebih ke pengguna pasif karena baru memanfaatkannya sekadar untuk bahan bacaan maupun tontonan. Kebetulan, ada cukup banyak konten yang mewakili passion saya ke film disana. Salah satu temuan kala berselancar di Qubicle beberapa hari lalu yakni mengenai kritik film (http://qubicle.id/story/belajar-jadi-kritikus-film-1 dan http://qubicle.id/story/belajar-jadi-kritikus-film-2). Mengingat blog Cinetariz berisikan ulasan-ulasan film yang bahasa kerennya bisa pula disebut sebagai kritik, maka rasanya tepat jika pokok kupasan kali ini adalah artikel tersebut yang membicarakan soal “apa sih kritik film itu?” dan “bagaimana sih cara merangkai kritik film yang tepat?.” Terlebih, definisi ‘kritik’ bagi sebagian orang masih rancu dengan disalahartikan sebagai suatu cara untuk menjatuhkan. 

Artikel bertajuk “Belajar Menjadi Kritikus Film” hasil tulisan Martin Johnindra yang terbagi ke dalam dua bagian menjadi penting karena pembaca diberikan paparan singkat, jelas, sekaligus padat berisi untuk memahami seperti apa kritik film yang sesungguhnya. Menurut narasumber artikel tersebut, Makbul Mubarak – dosen film di Universitas Multimedia Nusantara, kritik film jelas berbeda dengan caci maki. Bahkan Ekky Imanjaya, seorang kritikus film tanah air, pernah suatu waktu berujar melalui wawancara di media online Cinema Poetica yang dipublikasikan pada 16 Februari 2016 bahwa kritik semestinya dilontarkan secara jujur pula santun. Tidak semestinya pula sang penulis merendahkan atau menyerang film yang dikritiknya. 

Makbul mempunyai pemikiran senada dengan Ekky yang lantas disarikan oleh Martin ke dalam bentuk artikel berformat tips sehingga memudahkan pembaca menangkap poin-poin penting yang hendak disampaikan si narasumber. Beberapa langkah yang disarankan Makbul untuk diaplikasikan pembaca agar bisa menjadi kritikus film sebenar-benarnya, antara lain: 

• Perlu digarisbawahi, kritik dan mencaci adalah dua hal yang saling bertolak belakang. Saat kamu menulis kritik, itu artinya tengah memberikan value kepada suatu film dan value ini harus bisa dipertanggungjawabkan. 
• Pertanggungjawaban juga diperlukan pada paparan argumen. Penulis tidak bisa hanya sekadar menuliskan kata sifat untuk menunjukkan bagus atau tidaknya suatu film. Dibutuhkan elaborasi terhadap kata sifat itu sehingga pembaca ulasan bisa memahami mengapa film tersebut mengasyikkan, mengapa film tersebut menyeramkan, dan seterusnya. 
• Kudu mengetahui target pembacanya karena sangat menentukan pemakaian gaya bahasa maupun kedalaman pembahasan. Kebutuhan pembaca di media massa ternama jelas berbeda dengan katakanlah blog atau jejaring sosial. 
• Syarat wajib dan mutlak dipenuhi seorang kritikus film adalah mempunyai kecintaan pada film. Bagi Makbul, cinta saja tidak cukup karena seorang kritikus film perlu pula menonton sebanyak mungkin film tanpa pandang bulu. Tidak bisa lagi mengotak-ngotakkan semisal, “ah, aku nggak suka nonton film dari negara A" atau “yah, kok pemainnya si anu”. Yang berarti, saat kamu memilih konsentrasi ke katakanlah film Indonesia, sebisa mungkin kamu harus menonton semua film buatan Indonesia walau seburuk apapun itu demi memperluas referensi. 
• Menentukan perspektif paling bijak supaya tidak berakhir seakan-akan ‘memperkosa’ filmnya. Pertama, tidak semua film diciptakan untuk keperluan yang sama dan tidak semua diciptakan setara sehingga setiap film membutuhkan perspektif berbeda karena tentu akan sangat tidak adil apabila A Copy of My Mind beserta London Love Story ditelaah menggunakan teropong yang sama. Ini mengantarkan kita ke poin kedua yaitu mencari tempat bagi setiap film yang diproduksi. Sebuah film bisa saja bernilai di satu tempat, di satu waktu, serta di satu penonton, dan tidak bernilai di tempat lain, waktu lain, serta penonton lain. Kritikus mempunyai peranan besar membantu film tersebut sehingga bisa menemukan tempat yang membutuhkannya. 
• Dapat menulis dalam Bahasa Indonesia yang baik dan benar. 

Artikel Martin yang dipublikasikan di Qubicle ini, harus diakui, sangat membantu bagi siapapun yang berminat menulis kritik film serta siapapun yang mempunyai keingintahuan besar terkait bagaimana sebaiknya sebuah kritik film dilontarkan. Berdasarkan serentetan poin yang diutarakan Makbul, jelas menulis kritik film tidaklah semudah yang diperkirakan banyak orang. Membutuhkan effort lebih sehingga tulisan tidak berasa mentah atau sekadar cuap-cuap kosong belaka. Keberadaan tulisan ini diharapkan mampu mengubah persepsi masyarakat kebanyakan yang agak salah kaprah terkait kritik tidak saja ke produk kebudayaan melainkan juga ke semua lini kehidupan.

2 comments:

  1. kritik juga sebenarnya merupakan bentuk kepedulian terhadap sebuah film

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali. Semakin banyak kritik berarti semakin banyak yang peduli terhadap film tersebut. Dirasa penting.

      Delete

Mobile Edition
By Blogger Touch