May 30, 2017

10 FILM YANG COCOK DITONTON SAAT NGABUBURIT SELAMA RAMADHAN


Jika kamu berada di halaman ini – serta berencana membaca tulisan sampai tuntas – itu berarti kemungkinan besar kamu tengah menjalani puasa Ramadhan, kebelet ingin nonton film, namun merasa khawatir tidak bisa memilih tontonan aman yang tidak mengundang hawa nafsu. Kalau betul demikian, maka ya, ini adalah tempat yang tempat. Cinetariz telah mengurasi rentetan judul yang hilir mudik di pikiran (sejauh ingatan bisa mengingat) untuk ditempatkan dalam daftar ini. Mengingat daftar disusun di kala bulan Ramadhan, tak pelak film-film yang terpilih pun mayoritas bernafaskan Islami. 

Disamping bersentuhan langsung dengan agama Islam (meski ya, ada pengecualian), beberapa kriteria yang turut ditetapkan dalam menentukan film agar lolos seleksi antara lain mengandung nilai-nilai kebajikan (ehem!), tidak dibumbui adegan yang membangkitkan birahi sampai ke puncak, serta mempunyai kandungan nutrisi mencukupi bagi otak sehingga kita tidak begitu saja menghempaskannya usai menontonnya melainkan turut diajak buat merenung, berpikir, sampai memunculkan keinginan untuk berbuat baik atau mempelajari agama secara mendalam. 

Tanpa berpanjang lebar lagi, berikut adalah 10 film yang bisa kamu tonton seraya ngabuburit dalam urutan acak: 


Le Grand Voyage (Prancis, 2004) 

Seorang remaja Prancis berdarah Moroko, Reda, diminta oleh sang ayah untuk menemaninya menunaikan ibadah Haji dengan mengendarai mobil. Dalam perjalanan mengarungi daratan sepanjang ribuan kilometer ini, hubungan yang dingin diantara keduanya perlahan tapi pasti mulai mencair dan Reda mempelajari banyak hal mengenai Islam, kehidupan, hingga sang ayah. Le Grand Voyage adalah sebuah tontonan berwujud road movie yang menghangatkan hati, mencerahkan, sekaligus emosional.


The Message (Lebanon/Inggris, 1976) 

Memvisualisasikan sejarah Islam ke dalam bahasa gambar, The Message tergolong tontonan penting buat disimak karena tema usungannya amat sangat jarang dikupas. Film ini mencuplik peristiwa-peristiwa penting selama Nabi Muhammad menyebarkan ajaran Islam, termasuk Hijrah ke Madinah, Perang Badar, dan Perang Uhud, menggunakan sudut pandang penceritaan dari Paman Nabi, Hamzah bin Abdul Muthalib, lalu sahabat-sahabat Nabi seperti Bilal dan Zaid, serta pemimpin utama Bani Quraisy yang mula-mula menentang Nabi namun belakangan memeluk Islam, Abu Sufyan.


Timbuktu (Prancis/Mauritania, 2014) 

Sebuah desa dengan penduduk seluruhnya Muslim di Timbuktu yang damai seketika berubah ketika kelompok ekstrimis Islam menduduki desa tersebut dan menerapkan aturan-aturan yang justru menyengsarakan penduduk setempat. Timbuktu yang meraih nominasi Oscar untuk kategori Film Berbahasa Asing Terbaik ini menempatkan beberapa karakter, baik dari pihak masyarakat Muslim yang terdzalimi oleh rezim otoritarian maupun anggota dari kelompok ekstrimis yang semena-mena, untuk menyampaikan pesan besar mengenai toleransi dari film yang relevan dengan situasi dunia saat ini. 


Munafik (Malaysia, 2016) 

Iman Ustadz Adam goyah selepas sang istri tewas dalam sebuah kecelakaan. Ketidakmampuannya untuk mengikhlaskan kepergian sang istri membawanya pada serentetan peristiwa ganjil, termasuk mempertemukannya pada seorang perempuan yang kerasukan jin. Demi memenangkan pertarungan melawan jin jahat, Ustadz Adam harus menemukan kembali keimanannya. Di Malaysia, Munafik tidak saja berhasil menempati posisi film terlaris sepanjang masa, tetapi juga memborong beberapa penghargaan prestisius seperti Festival Film Malaysia. Bukan sesuatu yang mengherankan mengingat Munafik berhasil menempatkan penonton dalam rasa takut sekaligus membawa perenungan terkait sejauh mana ketaatan kepada Yang Maha Satu.


Wadjda (Arab Saudi, 2012) 

Wadjda adalah film fiksi pertama yang sepenuhnya digarap di Arab Saudi sekaligus film pertama yang disutradarai oleh seorang perempuan. Kisahnya mengenai seorang gadis berusia 11 tahun bernama Wadjda yang ingin memiliki sebuah sepeda. Mengingat perempuan dilarang mengendarai sepeda, tentu keinginan ini terasa mustahil. Pun begitu, Wadjda tidak begitu saja menyerah dan guna mewujudkan impiannya, dia pun turut berpartisipasi dalam lomba Tilawatil Qur’an. Wadjda adalah sebuah sajian menarik, menggelitik, serta membuka pikiran. Kesempatan emas bagi kita untuk sedikit banyak mempelajari budaya dan posisi perempuan di Arab Saudi melalui medium film.


The Song of Sparrows (Iran, 2008)

Selepas dipecat dari pekerjaannya karena tidak sengaja melepas seekor burung unta dari kandangnya, seorang ayah dengan tiga anak bernama Karim dihadapkan pada serentetan persoalan hidup yang rumit, menjengkelkan, sekaligus kocak. Majid Majidi yang menghadiahi kita dengan Children of Heaven (1997), mengemas film dengan pendekatan realistis sehingga mudah bagi penonton untuk terhubung dengan kisahnya. Salah satu komentar sosial yang diangkat oleh The Song of Sparrows adalah bagaimana sebuah kota besar dan gaya hidup modern mampu merubah seseorang secara drastis. Kocak pula menyentil!


Mencari Hilal (Indonesia, 2015) 
Pak Mahmud merasa terusik dengan berita penggelontoran dana miliaran rupiah oleh Kementrian Agama demi menggelar sidang isbat. Tumbuh di lingkungan pesantren yang dulunya mengadakan kirab untuk melihat hilal, Pak Mahmud tahu betul pencarian hilal tidak butuh merogoh kocek dalam. Perkara ini lantas mendorong Pak Mahmud merencanakan perjalanan mencari hilal sebagai pembuktian bahwa ibadah tidak dibuat untuk memperkaya diri. Hangat, indah serta bersahaja, Mencari Hilal akan membuatmu berkontemplasi mempertanyakan “apakah selama ini saya telah menjadi seorang Muslim yang baik? Atau jangan-jangan sekadar memanfaatkan agama agar memiliki identitas sebagai bentuk eksistensi diri?” selepas menontonnya.


Life of Pi (Amerika Serikat, 2012)

Didasarkan pada novel rekaan Yann Martel, Life of Pi berkisah mengenai upaya bertahan hidup dari seorang pemuda India bernama Pi yang terdampar di sebuah sekoci bersama seekor harimau benggala usai kapal yang ditumpanginya dalam perjalanan menuju Kanada ditenggelamkan oleh badai. Pemenang empat Piala Oscars termasuk Sutradara Terbaik ini memang tidak spesifik berkenaan dengan Islam seperti judul-judul lainnya, namun tema utama dari film mengenai keimanan kepada Tuhan membuatnya terasa cocok ditonton di bulan suci. Adegan Pi meluapkan amarahnya ke Tuhan di salah satu momen paling emosional dalam film masih saja membuat hati ini berdesir.


Children of Heaven (Iran, 1997)

Film pertama yang membawa Iran ke panggung Oscars, bagian dari tontonan masa kecil saya, serta mengenalkan dunia kepada sinema Iran ini berkisah mengenai seorang bocah dari keluarga miskin yang tanpa sengaja menghilangkan sepatu satu-satunya kepunyaan sang adik perempuan. Berbagai upaya untuk mengembalikan sepatu tersebut pun ditempuhnya, salah satunya dengan mengikuti perlombaan lari. Children of Heaven mempunyai cerita sangat sederhana, namun kemampuan Majid Majidi untuk merangkainya sehingga penonton dapat mencecap berbagai emosi seperti tertawa, tersentuh, serta terlibat ke dalam film membuatnya terasa istimewa.


My Name is Khan (India, 2010)

Shah Rukh Khan adalah seorang pria India Muslim yang melakukan perjalanan panjang melintasi berbagai negara bagian di Amerika Serikat demi menemui Presiden untuk menyampaikan pesan bahwa umat Muslim bukanlah teroris. My Name is Khan memotret realita minoritas di Negeri Paman Sam yang mengalami diskriminasi dan rasisme selepas peristiwa 11 September. Film yang berhasil mempermainkan emosi sedemikian rupa ini ingin menyampaikan pesan penting bahwa kebencian dan prasangka hanya akan membawa kerusakan, sementara kebaikan dan sikap toleran dapat mendatangkan kedamaian.

18 comments:

  1. Tambahan film action, captain america the winter soldier dan captain america civil war juga aman dan seru. Eh tapi ada satu kiss scene di masing2 film. Wah jadi akan gak tuh. Ahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahahaha. Kalau adegan ciuman mah masih batasan aman, asal jangan sampe nafsu saja cipokannya.

      Delete
  2. Kemaren gue nonton Get Out. Agak kurang aman. Haha.

    ReplyDelete
  3. Hihi senangnya kamu menulis yang begini lagi x)
    Ada lagi mas, PK dan Neerja, mengingatkan aku pada Tuhan saat menontonnya :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. List paling cepet yang aku bikin nih. Dadakan sekali macam tahu bulat :)))

      PK bisa juga (walau ada mobil goyang dan Aamir Khan telenji) apalagi temanya juga relevan soal jualan agama. Kalau Neerja, bukannya malah ngurangi pahala ya karena bikin memaki-maki sepanjang film? Hahaha

      Delete
  4. Film indo yg hijrah cinta juga relevan kok menurut saya buat tontonan pas bulan puasa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku nyantumin Hijrah Cinta di tulisan yang sama buat UC News. Di sini diganti Mencari Hilal :)))

      Delete
    2. Ooo bikin uc news juga ya mas..bisa mintak link nya gak..
      Hijrah cinta memang kuat pesan agamanya ya...
      Dan adegan dasyat di film itu masih teringat sampai sekarang..

      Delete
    3. Iya. Salah satu film drama religi yang bagus tuh. Sayangnya malah respon penontonnya kurang, udah pada keburu skeptis :(

      Silahkan, ini link di UC News. Artikelnya masih belum dirapiin jadi mohon maklum ya. Hahaha.

      https://c.uctalks.ucweb.com/detail/e4425f1c8d784db5b665d71f9973596e?uc_param_str=dnvebichfrmintcpwidsudsvnwpflameefut

      Delete
  5. Replies
    1. Perempuan berkalung sorban sama kingdom of heaven juga recommended banget omm

      Delete
    2. Fatih 1453 kah? Agak beresiko. Konten ceritanya banyak baluran fiksinya yang bisa jadi sensitif bagi beberapa orang. Kurang lebih sama untuk Kingdom of Heaven.

      Perempuan Berkalung Sorban juga bagus :)

      Delete
  6. Paling nempel buat ijk Le Grand Voyage..
    Ga sadar tiba2 air mata netes aja waktu liat endingnya..
    Sediiiiiiiiiihhhhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyesss. Aku pun berasa nyesek banget gitu liat akhir dari perjalanan mereka :(

      Delete
  7. Kasih recommendasi donk bwt film action, thriller Hollywood yg aman di tonton barang keluarga... Terutama barang adek Dan ibu hehe yg udh ane tonton Dan 100%aman adegan kissing pun kaga Ada,, black butterfly, the equalizer, unlocked, non stop,

    ReplyDelete
  8. Wah boleh nih artikelnya saya pakai untuk bahan tugas, Terima kasih ya!
    Sekalian bagi-bagi ilmu sama teman2 semua.. Jadikan kegiatan ngabuburitmu berfaedah dan bisa bikin kaya loh..
    ngabuburit yang berfaedah

    ReplyDelete

Mobile Edition
By Blogger Touch