August 12, 2017

REVIEW : THE EMOJI MOVIE


“My feelings are huge. Maybe I'm meant to have more than just one emotion! I have so much more.” 

Kita telah melihat bagaimana riuhnya interaksi antar mainan saat ditinggal pergi sang majikan dalam trilogi Toy Story. Kita telah menyaksikan bagaimana serunya petualangan mengarungi dunia arcade game melalui Wreck-It Ralph. Dan kita juga telah menjadi saksi bagaimana peliknya pola kerja para emosi kala menjalankan tugasnya dalam tubuh manusia lewat Inside Out. Lalu, kapan kita akan mengintip kisah belakang layar para emoji di ponsel cerdas yang jelas mempunyai kontribusi penting atas kesuksesan atau kegagalan tersampaikannya suatu pesan teks? Ternyata, tidak membutuhkan waktu lama bagi petinggi studio di Hollywood untuk merealisasikannya. Menyadari bahwa fenomena penggunaan emoji di kalangan generasi milenial kian merebak dan terinspirasi dari kesuksesan yang direngkuh Disney/Pixar, Sony Pictures Animation pun mengajukan konsep kurang lebih senada yang tak kalah ambisius mengenai dunia para emoji di dalam sebuah aplikasi ponsel melalui karya terbaru mereka bertajuk The Emoji Movie. Ditunjuk untuk mengomandoi proyek animasi kedelapan Sony yakni Tony Leondis yang sebelumnya mengarahkan Lilo & Stitch 2 dan Igor

Protagonis utama dalam The Emoji Movie adalah sebuah emoji berwarna kuning yang mewakili ekspresi ‘meh’ bernama Gene (disuarakan oleh T.J. Miller). Tidak seperti emoji lain di Textopolis – sebuah kota digital dalam suatu aplikasi perpesanan di ponsel cerdas milik seorang remaja usia belasan bernama Alex (Jake T. Austin) – yang merepresentasikan satu ekspresi saja, Gene dapat menunjukkan berbagai macam ekspresi seperti bahagia, sedih, sampai jatuh cinta. Kelebihan yang dimiliki Gene ini nyatanya dianggap sebagai malfungsi bagi sang pemimpin, Smiler (Maya Rudolph), lantaran Gene tanpa sengaja memasang ekspresi keliru ketika dipilih Alex untuk membalas pesan kepada gadis yang ditaksirnya. Kekacauan ini menyebabkan Smiler naik pitam sehingga menitahkan sejumlah bot antivirus untuk menghapus Gene dari aplikasi. Mengetahui keselamatannya terancam, Gene pun melarikan diri ke luar aplikasi perpesanan dengan harapan menemukan cara yang dapat mengubahnya menjadi ‘meh’ sejati. Di tengah-tengah pelarian, Gene bertemu dengan emoji tos yang terbuang, Hi-5 (James Corden), dan pemecah kode handal, Jailbreak (Anna Faris), yang bersedia mengulurkan tangan untuk membantu Gene mengubah jati dirinya.


Konsep yang diusung The Emoji Movie sebetulnya bisa dibilang unik dan menarik. Jika Wreck-It Ralph membawa kita memasuki dunia di dalam kotak arcade game dan Inside Out memandu kita menyelami otak manusia, The Emoji Movie mengajak serta penonton untuk menengok kehidupan di dalam suatu ponsel cerdas dimana masing-masing aplikasi mempunyai komunitasnya sendiri-sendiri. Sayangnya, high-concept ini tidak dibarengi dengan naskah mumpuni yang mampu menjerat ketertarikan penonton dari berbagai lapisan usia secara penuh. Plotnya berikut pesan positifnya yang masih berkisar pada pencarian jati diri, persahabatan, serta penerimaan tak pernah digali lebih mendalam dan sekadar berada di permukaan saja. Selama durasi berlangsung, jangankan Hi-5 dan Jailbreak, kita tidak benar-benar memahami betul sosok Gene sehingga agak menyulitkan penonton untuk membentuk ikatan sekaligus memberikan dukungan penuh terhadap perjuangannya. Yang lantas memunculkan ketertarikan dalam mengikuti petualangan tiga karakter terpinggirkan ini adalah bagaimana si pembuat film menggambarkan universe di dalam ponsel Alex yang dikategorisasi berdasarkan aplikasi. Dalam setiap aplikasi, senantiasa muncul tantangan dengan tingkat kesulitan beragam yang mesti ditaklukkan oleh Gene, Hi-5, dan Jailbreak. 

Dari tantangan inilah, The Emoji Movie menunjukkan daya pikatnya. Ada kesenangan tersendiri menyaksikan bagaimana ketiga protagonis ini berjibaku dengan tantangan menari dalam permainan Just Dance, bagaimana mereka berjumpa dengan virus-virus perusak di aplikasi tersembunyi, bagaimana mereka mengatasi arus yang mengikuti irama musik selama berlayar mengarungi Spotify, dan bagaimana Gene serta kedua teman barunya berupaya menemukan kata sandi yang tepat untuk menembus firewall. Ya, pada dasarnya The Emoji Movie masih berada di level bisa dinikmati dan tidak senista seperti dibilang para kritikus di luar sana yang menghujatnya habis-habisan seolah-olah film ini mempunyai kualitas lebih memprihatinkan ketimbang Happily N’Ever After (2006) atau Hoodwinked Too! (2011). Paling tidak, visual dalam The Emoji Movie terhitung cukup imajinatif dan beberapa lontaran humornya masih ampuh mengundang tawa renyah sekalipun plotnya kekurangan emosi serta sama sekali tidak bergigi untuk ukuran film berkonsep tinggi. Penonton cilik yang menjadi target utama The Emoji Movie pun kemungkinan besar masih akan terhibur oleh pilihan warnanya yang cerah ceria serta animasinya yang hiperaktif.

Note : The Emoji Movie memiliki sebuah adegan tambahan di pertengahan credit title.

Acceptable (3/5)


2 comments:

  1. Iya yah, knapa di luar sana kayak dianggap film tburuk sih. Masih menghiburlah, walau emang emosi ya nda dpt.
    Daku sih nonton krn Xtina isi suara, yg tnyata mayan panjang porsinya dr yg dibayangkan.
    "are you ready to daaaaaaaaaaaaaaance??" ini khas bgt!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tetep yaaa karena Xtina. Hahaha. Dia cocok banget ngisi suara mbak-mbak Just Dance. Dan soal ulasan buruk, setelah menontonnya aku pun bingung. Semacam ada konspirasi menyebarkan kebencian. Dunno. Filmnya emang just okay, cuma nggak sampai buruk yang layak menerima bintang 1 sih. Kelasnya jauh lah dibanding Happily N'Ever After itu.

      Delete

Mobile Edition
By Blogger Touch