September 22, 2017

REVIEW : GERBANG NERAKA


“Yang dibutuhkan Indonesia itu sains, bukan klenik.” 

Jika kamu selama ini mengeluhkan kurangnya variasi genre dalam perfilman tanah air, rilisan terbaru rumah produksi Legacy Pictures bertajuk Gerbang Neraka yang menawarkan tema baru ini semestinya tidak kamu lewatkan begitu saja. Memiliki judul awal Firegate: Piramida Gunung Padang, film garapan Rizal Mantovani (Kuntilanak, 5 cm) ini menancapkan jejak utamanya di genre petualangan yang sebelumnya pernah coba dieksplorasi oleh sineas tanah air melalui Ekspedisi Madewa (2006) dan Barakati (2016) yang mungkin tidak terlalu familiar di telinga sebagian besar penonton tanah air. Yang lantas membedakan Gerbang Neraka dari kedua judul tersebut adalah Rizal bersama Robert Ronny selaku penulis skenario memadupadankannya dengan fantasi dan horor demi meningkatkan daya tariknya ke publik. Gagasan penceritaan untuk filmnya sendiri tercetus berkat keriuhan yang melingkungi situs punden berundak Gunung Padang di Jawa Barat pada tahun 2014 silam. Berbagai temuan para peneliti melahirkan sejumlah spekulasi dari berbagai pihak yang salah satu paling santer terdengar menyatakan adanya piramida berusia sangat tua (konon usianya melebihi Piramida Giza di Mesir!) yang terkubur di bawah Gunung Padang. Sebuah spekulasi yang jelas sangat menggiurkan untuk diejawantahkan menjadi tontonan layar lebar, bukan? 

Guna menggulirkan roda penceritaan, Gerbang Neraka menetapkan tiga karakter sebagai sorotan utama. Mereka adalah seorang jurnalis tabloid mistis yang mengorbankan idealismenya demi memberi penghidupan layak bagi anak istrinya bernama Tomo (Reza Rahadian), seorang dosen arkeologi yang memiliki kecintaan terhadap ilmu pengetahuan bernama Arni (Julie Estelle), serta seorang ahli spiritual yang memanfaatkan kemampuannya untuk mengejar ketenaran bernama Guntur Samudra (Dwi Sasono). Ketiga manusia yang memiliki visi saling bertolak belakang ini saling dipertautkan usai proses eskavasi situs Piramida Gunung Padang yang melibatkan sejumlah arkeolog terbaik Indonesia termasuk Arni justru mendatangkan malapetaka. Satu persatu personil yang menemukan kebenaran tersembunyi dibalik Piramida Gunung Padang meregang nyawa dengan cara tak wajar. Dilingkupi kepenasaran yang membuncah mengenai sabab musabab tewasnya rekan-rekan kerjanya, Arni pun mau tak mau bekerjasama dengan Tomo dan Guntur yang telah menunjukkan ketertarikan pada situs ini sedari awal. Dari penelusuran bersama, mereka mendapati bahwa ada sosok jin penunggu bernama Badurakh yang berusaha untuk menghalangi para manusia membuka Piramida Gunung Padang. Larangan Badurakh ini bukannya tanpa alasan karena apa yang bersemayam di dalam piramida dapat menghancurkan peradaban manusia.


Telah dirampungkan sedari tahun 2015, nyatanya membutuhkan waktu hingga dua tahun bagi Gerbang Neraka untuk akhirnya dilempar secara resmi ke hadapan publik. Salah satu faktor pemicunya yakni kebutuhan untuk menyempurnakan CGI yang memang memegang andil besar dalam memvisualisasikan Piramida Gunung Padang dan Badurakh. Pengorbanan selama dua tahun demi memperhalus tampilan ini untungnya terbayar impas dengan hasilnya yang sama sekali tidak mengecewakan dan bisa dikata merupakan salah satu yang paling mulus dalam perfilman Indonesia. Efek khusus Gerbang Neraka mampu memberikan kita gambaran tergolong meyakinkan mengenai semesta berikut mitologi bentukan si pembuat film, seperti bagaimana wujud si jin penunggu dan seperti apa bentuk situs prasejarah incaran banyak pihak tersebut. Skripnya memang tidak sepenuhnya rapi – masih meninggalkan satu dua pertanyaan yang semestinya bisa dielaborasi lebih mendalam – namun memiliki daya cengkram cukup kuat yang menggelitik rasa penasaran penonton untuk mengetahui perihal rahasia nenek moyang yang terkubur di dalam Piramida Gunung Padang. Apakah ada sesuatu yang berharga di sana? Atau justru tersimpan sesuatu yang berbahaya? Apabila ya, apakah itu? Mengapa sosok Badurakh berusaha untuk menutup-nutupinya dari para manusia? 

Keinginan untuk memperoleh jawaban atas pertanyaan-pertanyaan tersebut ditambah lagi adanya sempilan berupa sentilan sentilun terhadap situasi sosial Indonesia masa kini membuat saya tertarik mengikuti penceritaan Gerbang Neraka yang tanpa dinyana-nyana mampu dilantunkan secara mengasyikkan. Rizal Mantovani yang belakangan ini tampak kesulitan menyampaikan cerita yang menghibur melalui medium audio visual, akhirnya dapat menemukan ritmenya kembali disini. Tidak selalu mulus, terkadang penggunaan jump scare untuk membuat penonton terlonjak agak berlebihan dan humornya beberapa kali terasa janggal, akan tetapi Rizal cukup berhasil menjadikan kisah petualangan trio Tomo-Arni-Guntur terasa enak untuk disimak. Beruntung bagi Rizal, ada sokongan mumpuni yang diperolehnya dari iringan musik gubahan Andi Rianto yang diberi sentuhan etnik dan jajaran pemain yang menghadirkan performa gemilang. Reza Rahadian sekali lagi menunjukkan karisma kuat sebagai lead, Julie Estelle berhasil melakonkan karakter perempuan cerdas pula tangguh, Dwi Sasono meniupkan elemen komedik pada film (ada semacam ambiguitas antara karakternya memang sengaja dibentuk agak komikal atau ada pengaruh dari peran yang dibawakannya di sitkom), serta Lukman Sardi dalam peran mengejutkan di klimaks yang mengusik pemikiran. Berkat kombinasi baik dari unsur-unsur tersebut, Gerbang Neraka yang mengusung konsep segar ini pun berhasil tersaji sebagai tontonan yang menghibur sekaligus menjadi salah satu kejutan manis bagi perfilman Indonesia tahun ini.

Exceeds Expectations (3,5/5)


8 comments:

  1. Satu satu nya yg bikin jatuh cinta : rizky ridyasmaraaa!!

    Om kalo suka film nya, coba deh baca buku rizky ridyasmara lainnya : the codex 😍😍😍😍😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Besok sewaktu mampir ke toko buku, akan dicari bukunya. Makasih buat rekomendasinya :)

      Delete
  2. Udah nonton pas hari pertama
    Sangat disayangkan filmnya tayang terbatas di bisokop dan kurang laris pula

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya memang nggak terlalu rame. Tapi untuk ukuran film dengan genre yang masih asing di perfilman Indonesia, lumayanlah :)

      Delete
  3. Udah nonton Let Me Run (2016)[http://www.imdb.com/title/tt5356052] Kayak nya film pendek, Kasih Koment nya dong bang Rizal

    ReplyDelete

Mobile Edition
By Blogger Touch