January 20, 2018

20 FILM TERBAIK DI TAHUN 2017 VERSI CINETARIZ


Bagi saya, tahun 2017 lalu adalah tahun terburuk dalam hal produktivitas menonton maupun mengulas film di blog di beberapa tahun terakhir. Dihadapkan pada suatu tanggung jawab besar untuk menuntaskan studi yang telah tertunda cukup lama, memaksa saya mengurangi segala bentuk aktivitas yang berkenaan dengan film. Terhitung hanya sekitar 220 film yang mampu saya lahap selama setahun terakhir (sebagai perbandingan, biasanya 240 hingga 260 judul bisa ditonton) dan tiga bulan terakhir mengalami penurunan dalam membuat ulasan yang sangat signifikan sampai-sampai kebingungan harus memulai menulis dari mana tatkala waktu luang telah kembali didapatkan. 

Meski janji untuk memulai menulis ulasan satuan kembali tertunda, saya mencoba untuk menebusnya dengan list tahunan yang merekapitulasi film-film paling membekas di hati bagi Cinetariz sepanjang tahun 2017. Sebagai permulaan, saya telah membuat daftar untuk film Indonesia secara terpisah (secara mengejutkan, banyak film dalam negeri yang ciamik tahun lalu!) dan kali ini melanjutkannya dengan daftar 20 besar keseluruhan yang mencakup film-film dari berbagai negara. Memutuskan untuk mengerucutkannya menjadi 20 film saja nyatanya bukan perkara mudah karena lagi-lagi ada banyak film yang membekas di hati. Alhasil, penilaian turut mencakup seberapa kuat keinginan untuk menontonnya kembali sekaligus seberapa besar kemungkinan untuk merekomendasikannya ke orang lain. 

Usai mengurasi ke dalam beberapa tahapan berdasar beberapa pertimbangan, berikut adalah beberapa judul yang (dengan sangat terpaksa) dihempas dari 20 besar: 

Honorable Mentions (in alphabetical order): 

# Beauty and the Beast


# Call Me by Your Name



# Get Out


# It


# Okja


# Split


# The Battleship Island


# Thor Ragnarok


# Three Billboards Outside Ebbing Missouri


# Toilet Ek Prem Katha


# War for the Planet of the Apes



# Wonder Woman


…dan inilah 20 film yang berhasil lolos ke dalam daftar 20 film terbaik di tahun 2017 versi Cinetariz: 

Top 20 

#20 John Wick Chapter 2


John Wick Chapter 2 menjalankan tugasnya sebagai sebuah sekuel secara semestinya. Sejak menit pertama, film telah menggila lewat geberan laga beroktan tinggi. Disamping muatan laga pekat yang akan membuat para penikmat film action mengalami orgasme di dalam bioskop, daya pikat John Wick Chapter 2 berada di world building-nya. Detilnya bangunan semesta dalam film ditambah kulikan pada sisi rapuh sang karakter utama, membuat kita sanggup berinvestasi lebih kepada franchise ini yang menjadikannya lebih dari sekadar tontonan eskapisme pengisi waktu luang semata. 

#19 A Taxi Driver


Rekonstruksi tragedi Gwangju di tahun 1980 ditampilkan A Taxi Driver menjadi suatu gelaran yang tidak saja mendebarkan, tetapi juga jenaka dan mengaduk emosi. Ada fase berdebar-debar tatkala si supir taksi bersama jurnalis asing mencari-cari celah untuk memasuki dan keluar dari Gwangju yang dikepung ketat oleh militer – ini masih belum ditambah saat mereka harus bertahan hidup ditengah-tengah kerusuhan yang sewaktu-waktu bisa terjadi. Ada fase terbahak-bahak saat menengok interaksi si jurnalis bule dengan penduduk setempat termasuk supir taksinya yang kagok berbahasa Inggris. Ada pula fase mengaru biru ketika kita melihat bagaimana tragedi ini berdampak sangat besar kepada warga sipil yang sejatinya tidak tahu apa-apa. 

#18 Pengabdi Setan


Jawaban dari tanya “apakah Pengabdi Setan versi Joko Anwar ini lebih ngeri atau tidak ketimbang pendahulunya?” memang akan sangat relatif, namun bagi saya secara pribadi, Pengabdi Setan versi 2017 ini mampu memberikan suatu mimpi buruk. Salah satu film horor Indonesia paling menyeramkan dalam beberapa tahun terakhir. Dalam perjalanan mengarungi wahana rumah berhantu ini, saya beberapa kali dibuat terperanjat dari kursi bioskop seperti pada adegan lempar selimut, ketok-ketok dinding di malam hari, mendengarkan drama radio, pipis di tengah malam, rekonstruksi adegan sholat yang ikonik itu, sampai tiap kali terdengar suara gemerincing lonceng Ibu. 

#17 Let’s Go Jets!


Didasarkan pada kisah nyata sebuah tim pemandu sorak dari Fukui Commercial High School yang berjaya dalam NDA National Championsip di negeri Paman Sam pada tahun 2009, Let’s Go Jets! adalah jawaban Jepang untuk Bring It On (2000). Film yang jenaka, inspiratif, dan penuh energi. Saat menontonnya, hati ini dibuatnya hangat dan bahagiaaaaa sekali. Memang sih bagaimana film ini menuntaskan guliran pengisahannya telah menjadi rahasia umum. Namun, itu sama sekali tak menjadi soal karena kenikmatan menyaksikan Let’s Go, Jets! tidak berada di tujuan akhir melainkan pada proses menggapai kejayaan yang akan menginspirasimu. 

#16 Wind River


Melalui Wind River, dua jebolan Avengers, Jeremy Renner dan Elizabeth Olsen, tidak bekerja sama untuk menyelamatkan dunia, melainkan memecahkan kasus pembunuhan seorang perempuan berdarah Indian. Putihnya salju yang menghiasi sepanjang durasi menebalkan nuansa dalam film yang meliputi misterius, depresif, dan dingin. Proses investigasi guna menemukan pelaku pembunuhan mampu tergelar seru serta memancing keingintahuan untuk mengikutinya lebih mendalam, sementara saat kita mendekat kepada karakter-karakter yang terlibat terutama orang tua korban, hati ini serasa dikoyak-koyak. 

#15 The Greatest Showman


The Greatest Showman menutup tahun 2017 dengan sebuah pertunjukkan yang megah dan mengesankan. Guliran kisahnya yang dicuplik dari sepenggal kisah nyata perjuangan seorang pendiri pertunjukkan sirkus legendaris sanggup menginspirasi sekaligus membuat hati terasa hangat. Barisan lagu antemiknya yang merupakan kekuatan utama dari film ini terasa begitu renyah untuk didengar sekaligus membuat kaki terus menerus menghentak. Hal pertama yang dilakukan usai menonton The Greatest Showman di bioskop adalah mendengarkan album soundtrack-nya berulang-ulang. 

#14 Sweet 20


Siapa bilang me-remake sebuah film itu perkara mudah? Susah sekali. Sweet 20 yang disadur dari film Korea bertajuk Miss Granny tergolong satu dari sedikit remake yang sukses. Pemain ansambel merupakan salah satu kekuatan utama yang dipunyai Sweet 20 disamping lontaran-lontaran kelakar dengan sentuhan kearifan lokal yang tepat mengenai sasaran, tembang-tembang lawas pengiring film, serta muatan emosional yang bekerja secara efektif. Dengan kombinasi maut semacam ini, tepatlah kiranya menyebut Sweet 20 sebagai sebuah hiburan untuk seluruh keluarga kala liburan sekaligus remake yang sangat pantas bagi Miss Granny. Sungguh sebuah obat pelepas penat yang mujarab. 

#13 Lion


Dalam Lion, penonton disuguhi plot yang menyoroti jatuh bangunnya Saroo untuk memperoleh kesempatan berjumpa kembali dengan keluarganya semenjak terdampar di kota yang sama sekali asing baginya. Ada kepiluan, kengerian, serta sedikit kejenakaan di dalamnya. Kepedulian kita terhadap si tokoh utama merupakan kunci keberhasilan dari Lion. Apabila penonton tidak pernah terhubung dengan Saroo, apa yang tersaji sepanjang film akan terasa hambar. Tapi jika penonton berhasil dibuat bersimpati pada Saroo – seperti telah dilakukan oleh Lion, apa yang tersaji di penghujung film akan menghajar emosimu sampai babak belur. 

#12 The Invisible Guest


Melalui The Invisible Guest, Oriol Paulo menyuarakan kritik terhadap keberpihakan hukum kepada mereka yang mempunyai uang dan kekuasaan. Dibubuhkan sesuai takaran, kritik pun terasa sangat relevan dan menyentil yang berjasa pula dalam membantu menempatkan The Invisible Guest sebagai film thriller papan atas. Ya, film ini berhasil menjerat atensi sedari awal mula dengan tuturan berintensitas tinggi yang tergelar rapi dan pada akhirnya membuat diri ini menggeleng-nggelengkan kepala lantaran kagum terhadap kapabilitas si pembuat film dalam mengkreasi suguhan mencekam yang sarat kejutan. 

#11 The Salesman


Trauma dan amarah yang timbul akibat sebuah peristiwa penyerangan yang tak terduga menyingkap ‘warna’ sesungguhnya dari sepasang suami istri yang tampak memiliki kehidupan rumah tangga harmonis dalam The Salesman. Dengan pengarahannya yang gemilang, Asghar Farhadi sanggup mengubah drama domestik yang lebih menitikberatkan pada studi karakter ini menjadi sebuah gelaran menegangkan berdaya cengkram kuat. Dari menit ke menit, The Salesman terus mengalami eskalasi dalam menguarkan nuansa suspense sampai akhirnya menciptakan ledakan hebat di klimaks yang tak saja mendebarkan tetapi juga emosional. 

#10 The Big Sick


Kumail Nanjiani mengabadikan kisah perjumpaannya dengan sang istri yang begitu manis, hangat, dan menggelitik dalam The Big Sick. Yang tidak biasa dari hubungan mereka yakni fakta bahwa keduanya berasal dari dua dunia yang bertolak belakang. Kumail tumbuh besar dalam keluarga Pakistan Muslim yang konservatif, sementara istrinya adalah perempuan Amerika berjiwa bebas. Saat dua budaya berbeda ini saling berbenturan, hasilnya adalah tontonan yang membuatmu mengalami fase tersenyam-senyum, terpingkal-pingkal hingga terenyuh secara bergantian. Inilah film paling romantis di tahun 2017 lalu. 

#9 Baby Driver


Dibawah penanganan Edgar Wright yang memiliki jiwa nerd sejati, Baby Driver jelas tidak akan dijelmakan sebagai film hura-hura belaka yang sebatas mengedepankan pada laga seru penuh eksplosif seperti halnya Fast and Furious dan Transporter. Betul saja, si pembuat film lantas memadupadankannya dengan humor sarat rujukan ke budaya pop, barisan musik eklektik, romantika asmara muda-mudi, serta ketegangan ala heist film sehingga membuat Baby Driver bukan saja terasa begitu berwarna tetapi juga sangat bergaya. Baby Driver adalah kesempatan emasmu untuk menyaksikan ‘film musikal’ tanpa tari-tarian karena seluruh koreografi tari diimplementasikan ke dalam gerak gerik karakter maupun sekuens laga yang tertata rapi. 

#8 Bad Genius


Ruang ujian dalam Bad Genius tak ubahnya bank atau ruang brankas di rumah seorang kaya dalam heist film. Situasinya memang tidak sampai tahapan seekstrim hidup-mati dan sekadar berhasil-gagal, akan tetapi itu tetap tak berdampak pada berkurangnya kadar ketegangan terlebih jika kamu pernah melakukan praktik menyontek atau memberi sontekan semasa sekolah. Tak pernah sedikitpun terbayang dalam benak bahwa lembar jawab pilihan ganda saat ujian bisa membuat jantung berdegup begitu kencang kala ditampilkan dalam sebuah film layar lebar. Dalam Bad Genius, saya bisa merasakan itu. 

#7 Secret Superstar


Usai menonton Secret Superstar, diri ini reflek berteriak, “Aamir Khan memang gila!” Betapa tidak, dia berturut-turut menghasilkan karya yang mengangkat kembali nama Bollywood di peta perfilman dunia. Secret Superstar memang tidak semencengangkan 3 Idiots, PK, atau Dangal dalam bertutur, namun film kecil nan bersahaja ini sanggup mengobrak-abrik emosi penonton sedemikian rupa terlebih jika kamu memiliki hubungan dekat dengan ibu. Lebih dari itu, Secret Superstar adalah sebuah film yang ditujukan untuk para perempuan yang tidak memiliki kebebasan dalam bersuara, para perempuan yang memiliki keberanian untuk mewujudkan mimpi, dan para ibu yang rela melakukan apa saja demi kebahagiaan anak-anaknya. 

#6 Lady Bird


Lewat debut penyutradaraannya ini, Greta Gerwig berbicara tentang kisah pencarian jati diri seorang gadis SMA berusia belasan yang berharap dirinya dapat melepaskan diri dari kampung halamannya. Guliran kisah Lady Bird memang terkesan sederhana dan terdengar familiar, akan tetapi justru disinilah letak kekuatan film ini. Barisan karakternya yang membumi terasa begitu dekat karena kita mengenal cukup baik pribadi-pribadi seperti itu atau malah (tanpa disadari) merefleksikan diri kita sendiri. Kedekatan dengan topik obrolan inilah yang membuat saya mudah terhubung ke Lady Bird. Dari mulanya tertawa-tawa menyaksikan tingkah polah karakter tituler yang rada nyeleneh, Lady Bird perlahan tapi pasti mulai menyentuh emosi tatkala ‘jagoan’ kita terlibat konflik panas dengan sang ibu. 

#5 Hidden Figures


Sepanjang durasi mengalun, kita menyaksikan kisah inspiratif dari tiga perempuan kulit hitam dalam melawan sistem yang mengekang karir mereka di NASA pada era 60-an. Topik obrolan yang diusung Hidden Figures boleh saja berat menyoal rasisme, seksisme, dunia matematika, perancangan misi luar angkasa, dan sejarah. Namun jangan salah, Hidden Figures sanggup melantunkannya secara ringan, hangat dan menyenangkan tanpa pernah sedikitpun mengalienasi penonton yang tidak menaruh minat pada topik-topik tersebut. Malah, mereka bisa memperlihatkan betapa kerennya matematika di film ini. Sungguh sebuah film yang penting untuk ditonton. 

#4 Dangal


Bollywood memiliki cara yang berbeda dalam mengumandangkan women empowerment, lalu menyuarakan kritik keras terhadap budaya patriarki yang seksis dan konfederasi olahraga yang korup. Salah satu insan perfilman terkemuka di India, Aamir Khan, membalut itu semua dalam sebuah film biopik dunia gulat yang dapat ditonton oleh seluruh anggota keluarga bertajuk Dangal. Berceloteh soal perjuangan dua atlet gulat perempuan pertama di India untuk merengkuh medali emas di pertandingan bertaraf internasional, Dangal tentu menginspirasi. Tidak hanya itu, Dangal pun mampu tersaji sebagai sebuah tontonan yang menghibur, mengharu biru, sekaligus mengikat atensi penonton dengan sangat kuat sampai-sampai durasi 2,5 jam terasa berlalu begitu cepat. 

#3 Wonder


Jika kamu mendapat pilihan untuk berbuat benar atau berbuat baik, mana yang akan kamu pilih? Dalam Wonder, berbuat baik adalah pilihannya. Isu perisakan dikulik dengan pendekatan yang ringan dan mengikat alih-alih menghamparkannya secara merana. Yang juga menarik, penonton tak sebatas disuguhi cerita dari sudut pandang korban perisakan melainkan turut memperoleh cerita dari perspektif pelaku yang rupa-rupanya turut berada di posisi korban. Mengalun dengan hangat, jenaka, serta inspiratif, Wonder sanggup membuat diri ini terbahak lalu beruraian air mata berulang kali di beberapa titik. Bukan air mata karena sesuatu yang buruk, melainkan sesuatu yang baik. Sulit disangkal, Wonder jelas terhitung sebagai salah satu film terbaik tahun ini. 

#2 Paddington 2


Paddington 2 adalah satu dari segelintir sekuel yang mempunyai kualitas melampaui pendahulunya. Petualangan beruang yang bisa berbicara dalam memperjuangkan keadilan untuk dirinya ini tanpa dinyana-nyana mampu terhidang sebagai film keluarga yang sangat menghibur, mempunyai pesan moral bagus tanpa pernah terasa ceriwis, sekaligus memiliki sisi magis yang begitu kuat. Saat menyaksikan Paddington 2, jiwa kanak-kanak dalam diri ini mendadak hidup kembali dan bergembira. Sedikit banyak mengingatkan pada sensasi menonton film keluarga dari era 1990-an. Bersama dengan Wonder dan Coco, Paddington 2 yang menempatkan seekor beruang penjunjung tinggi kebaikan sebagai karakter sentral ini merupakan film paling indah yang saya saksikan di tahun 2017. 

#1 Coco


Sedari menit-menit pembuka, Coco telah membuat diri ini terperangah dengan keajaiban visualnya yang tergarap mendetail serta penuh warna. Bagusnya, Coco enggan untuk mengorbankan guliran pengisahannya demi mencapai visual yang berada di kelas premium itu. Racikan kisah si pembuat film yang mengusung tema utama seputar kematian (konon, landasan kisahnya bersumber dari perayaan tahunan di Meksiko, Dia de Muertos) serta keluarga dengan pendekatan yang cenderung riang sanggup menempatkan penonton Coco dalam tiga fase emosi seperti bersemangat, tertawa, hingga tersedu-sedu. Kemampuan Coco untuk memanjakan mata penonton melalui visual dan membuai hati melalui tuturan kisahnya ini menjadi bukti bahwa Pixar masih belum kehilangan sentuhan magisnya sama sekali. Warbiyasak!

35 comments:

  1. Salam kenal, jujur sih saya ga terlalu hobby nonton, tp saya doain deh di tahun 2018 semua film di atas bakal tayang di tv,, halaaah,, ����

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebagian besar sih sepertinya emang bakal tayang di tv tahun ini. Tapi tv kabel.

      Delete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. Om tariz we miss you bangettt. Udah rajin baca blog ini dari smp dan skrg udah kuliah semester tua. Banyak bgt dapet wawasan ttg perfilman di blog ini, dan redaksi artikel disini gila makin keren aja. Sukses ya om studi nya, dan sukses cinetariz. Seneng n beruntung bgt bisa nemu blog ini, seneng bgt tiap ada rekomendasi film,beyond the words lah wkwk.


    Btw nyesel banget ga nonton sweet 20 ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Awww... You're too kind. Makasih banyak udah jadi pembaca setia Cinetariz, Meuthia. Seneng banget kalau tulisanku bisa membantu kamu dan temen-temen yang lain buat memilih film yang bagus.

      Maaf banget ya kalau beberapa bulan belakangan ini jadi makin jarang update. Ngerasa stuck juga tiap kali nulis. Jadi nggak enak nih :'(

      Delete
    2. Nah supaya rasa ga enak nya hilang, review2 film2 kemarin dong hehe *keenakan*

      Delete
    3. Hahaha. Yang kemarin dilewatin yaaa biar bisa gerak cepat lagi. Ngulas yang sedang tayang saja. Maapppp.

      Delete
    4. kwkkwkw gue pernah sampek email om nya juga ..gara2 gk update..semangat nonton karena review nya yang detail tp ringan..apa gue tahu film incendies dari km ya om???tanks buat scret superstar nya..

      Delete
    5. Makasih lho udah bela-belain email. Akhirnya jadi penyemangat juga buat ngereview lagi 😁
      Incendies sih nggak pernah aku ulas panjang, tapi emang pernah masuk list. Mungkin saja.

      Delete
  4. Aku juga sama. Abis nonton The Greatest Showman langsung muter album OST-nya di joox berulang kali 😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. ....dan makin kerasa enak dong. Tanpa harus nonton filmnya sih udah bisa dinikmati tapi begitu udah nonton, tahu konteksnya, langsung nempel banget di kepala. Semuanya enak!

      Delete
  5. Tak menyangka kamu memberikan Coco di nomor satuu x))

    Beberapa film belum kutontoon, jadi ada tontonan baruu deh yang mesti kucari-cari. Thank youu x))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat berburuuuuuu... Seneng deh kalau list ini bisa memberi referensi tontonan baru.

      Delete
  6. welcome baaaack! akhirnya setelah berkali2 buka blogmu, ada juga postingan terbaru *ambil tisu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwk kok sama mbak, aku juga hampir tiap hari buka blog ini. Fans berat cinetariz 😂

      Delete
    2. Ah kalian ini membuatku terharu saja. Makasih ya sudah rutin berkunjung ke Cinetariz. Semoga semangatnya dalam menulis berkobar lagi 💪

      Delete
  7. Ya saya setuju dengan coco film terbaik saat ini soalnya lumanyan bikin nangis hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau aku sih bukan lumayan bikin nangis lagi tapi udah tsunamiiii 😭

      Delete
  8. Waktu itu saya ada tugas ke kota, seblum pulkam, saya mnympatkan diri mampir ke Bioskop, krna di kota saya tnggal tak ada bioskop. Saya nonton Star War The Last Jedi, setelah nonton saya pulang ke penginapan. Tp ada yg mengganjal di hati ini. Krna sblm pulang saya sempat lihat poster Coco, akhirnya saya tunda kepulangan dan menyempatkan diri menontonnya. Dan waduhhh...! Sumpah. Gak nyesel nunda pulang demi nonton Coco. Dalam hati saya sempat berpikir : pasti cinetariz menempatkan Coco di puncak. Dan ternyata betul.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Syukurlah disempetin buat nonton Coco yaa. Emang film itu indah sekali. Bikin nyessss di hati. Adegan bawain lagu Remember Me itu benar-benar terlalu.

      Delete
  9. Bad Genius ane paling suka, walaupun otak ane ga sampe :v keren sumpah filmnya..

    ReplyDelete
  10. Setuju banget sama list nya,,
    the battleship island harusnya masuk 10 besar, itu film keren banget

    ReplyDelete
  11. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  12. Tinggal nunggu film amir khan yg secret superstar yg blm nonton yg lain nya sudah.
    Kalo saya film terbaik no 1 di pegang oleh film Silence yg tentang keimanan seseorang tuh film luar biasa bagus nya. Pesan terkait keagamannya kuat

    ReplyDelete
  13. Tinggal nunggu film amir khan yg secret superstar yg blm nonton yg lain nya sudah.
    Kalo saya film terbaik no 1 di pegang oleh film Silence yg tentang keimanan seseorang tuh film luar biasa bagus nya. Pesan terkait keagamannya kuat

    ReplyDelete
  14. Baru selesai menonton Call Me By Your Name, cukup kaget ia hanya masuk honorable mention.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Call me by your name sangat berkesan begitu dalam .

      Delete
  15. Paling demen split sama get out. Nontonnya sih gila, kebawa banget wkwkwk.
    Kalo animasi Coco udah paling the best tentunya. Jadi keinget animasi musik lainnya kaya the book of life :D

    ReplyDelete
  16. Dari dulu aku selalu setuju pendapat cinetariz... Jadi klo nonton film tinggal buka ini blog dan tonton satu satu... Kenapa demikian, aku rasa pola pikir yg punya blog sama persis kayak aku... Film Bagus itu banyak, film yg berkesan itulah yg luar biasa...

    ReplyDelete
  17. Ayo Coba Nonton Bioskop online di Layarkaca21indo.com Subtitle

    indonesia dan english lo kualias 720p, 1080p & Bluray.

    Yuk sediakan popcorn di kamar setiap hari karena dengan situs itu kamu

    bisa nonton kapan aja.

    http://layarkaca21indo.com/
    http://layarkaca21indo.com/
    http://layarkaca21indo.com/

    ReplyDelete
  18. Bagus sekali film-filmnya. Coba cek
    Cara memilih kta yang aman bagi yang ingin tahu tentang pinjaman.

    ReplyDelete
  19. terima kasih atas list film action terbaik nya gan, sangat membantu bagi saya yang ingin mencari dan menonton film action saat ini.

    ReplyDelete
  20. consequently, i would really like to thanks
    온카맨검증커뮤니티

    ReplyDelete

Mobile Edition
By Blogger Touch