May 16, 2018

REVIEW : DEADPOOL 2


“You're no hero. You're just a clown, dressed up like a sex toy.” 
“So dark. You sure you're not from the DC universe?” 

Ditengah-tengah riuhnya film superhero yang menjunjung tinggi kebajikan, Deadpool (2016) yang diproduksi oleh 20th Century Fox berdasarkan komik berseri terbitan Marvel Comics menawarkan sebuah alternatif yang nyeleneh. Dia menjadi antitesis dari para pahlawan yang tergabung dalam Marvel Cinematic Universe berkat tutur kata dan tindakannya yang tak mengenal kompromi. Menerabas habis batasan-batasan rating yang biasanya membelenggu kreativitas dari film sejenis. Mengingat film ini dijual sebagai tontonan dewasa (jangan bilang belum diperingatkan, wahai para orang tua tukang ngeluh!), sang superhero dengan kostum ketat berwarna merah pekat ini pun mendapat keleluasaan dari pihak studio untuk menghabisi lawan-lawannya menggunakan cara yang berdarah-darah, berasyik masyuk dengan perempuan pujaannya, sampai melontarkan nyinyiran pedas penuh dengan referensi ke budaya populer yang tidak sedikit diantaranya mencakup F-word. Komponen-komponen yang amat sangat jarang dijumpai di film superhero belakangan ini, bukan? Pendekatannya yang berani ditambah gaya tuturnya yang nyentrik – merobohkan dinding keempat (berinteraksi dengan penonton) – ini menjadi sebuah kejutan manis sekaligus membuat Deadpool tampil menjulang. Tidak mengherankan jika kemudian sekuelnya yang bertajuk Deadpool 2 kembali mengaplikasikan formula yang terbukti berhasil ini meski tentunya bakal mengundang satu pertanyaan besar; akankah sensasi yang diberikannya kepada penonton masih sama seperti predesesornya? 

Berlatar dua tahun selepas peristiwa di film pertama, Wade Wilson (Ryan Reynolds) digambarkan telah menikmati kehidupannya sebagai pahlawan pembasmi kejahatan bernama Deadpool. Hubungannya dengan Vanessa (Morena Baccarin) pun kian mesra, bahkan keduanya telah berencana untuk memiliki momongan. Jika segalanya berjalan sesuai rencana seperti ini, lalu apa pemantik konflik dalam Deadpool 2 yang membuat penonton tertarik mengikuti guliran penceritaannya? Demi menghindari spoiler – saya peduli dengan kenyamanan kalian semua, para pembaca yang budiman! – rasa-rasanya tak perlu menjlentrehkan secara detil apa yang kemudian terjadi. Yang jelas, menginjak menit belasan, Deadpool mengalami goncangan hebat dalam hidupnya sampai-sampai mendorong Colossus (Stefan Kapičić) untuk turun tangan dan menyeretnya ke markas X-Men. Pertemuannya dengan para anggota X-Men yang sebagian besar diantaranya tidak terkenal (menurut si karakter tituler yang tak tahu sopan santun ini, tentu saja) perlahan tapi pasti membuat Deadpool menemukan kembali tujuan hidupnya. Bersama dengan sejumlah karakter baru, salah satunya adalah Domino (Zazie Beetz) yang kekuatan utamanya adalah ‘keberuntungan’, Deadpool membentuk kelompok superhero bernama X-Force. Misi besar yang mereka jalankan yakni menyelamatkan seorang mutan remaja bernama Russell (Julian Dennison) yang memiliki kekuatan dalam menyulut api dari mutan penjelajah waktu, Cable (Josh Brolin yang juga memerankan Thanos di Avengers: Infinity War), yang berniat untuk mencabut nyawanya. 



Tidak ada perubahan signifikan yang bisa dijumpai dalam Deadpool 2 sekalipun kursi penyutradaraan kini bergeser ke David Leitch (John Wick, Atomic Blonde). Leitch bersama dengan tiga penulis skrip memahami betul, tidak ada gunanya memperbaiki sesuatu yang tidak rusak. Oleh karena itu, Deadpool 2 dihidangkan sesuai dengan ekspektasi penonton yang telah menyaksikan jilid pertamanya; kekerasannya berada di level ‘pedas’, humornya yang nakal banyak mencuplik referensi ke budaya populer. Walau unsur kejutannya tak lagi besar, sensasi yang disalurkan kepada penonton kurang lebih masihlah sama. Deadpool 2 tetaplah sebuah sajian eskapisme gila-gilaan yang menghibur. Demi memenuhi aturan tidak tertulis untuk sekuel, cakupan skalanya pun sekali ini ditingkatkan. Si pembuat film mengkreasi lebih banyak laga di seri ini – dimulai dari menit pembuka yang membangkitkan semangat sampai klimaks yang lebih menggigit – begitu pula dengan lawakan-lawakan khas Deadpool yang makin tak terkontrol dan kian bejibun. Semuanya menjadi sasaran empuk nyinyirannya, terlebih jika namamu terafiliasi dengan semesta yang diciptakan oleh Marvel Cinematic Universe atau DC Extended Universe. Deadpool menyentil para personil Avengers sekaligus mencibir DC (duo Martha yang ikonik tentu tak terlewatkan). Dia juga tidak ragu-ragu mempertanyakan orisinalitas lagu ‘Do You Want to Build a Snowman?’ dari Frozen (2013), kebingungan dengan penulisan nama Kirsten Dunst yang benar (saya memahamimu, Deadpool!), mengeluhkan keputusan Logan (2017) untuk ikut-ikutan menjadi film superhero dewasa, menghujat karir aktor berkebangsaan Kanada bernama Ryan Reynolds (!), hingga paling meta: mengkritisi penulis skrip Deadpool 2 yang terlampau malas menciptakan konflik rumit. 

Tak pelak, kekuatan utama Deadpool 2 berada pada materi ngelabanya yang harus diakui cerdas dan kreatif. Ini masih belum ditambah dengan lelucon yang dikembangkan dari situasi-situasi yang berlangsung di sepanjang durasi. Saya juga tidak akan menyebutkannya satu demi satu karena lelucon merupakan bagian dari kejutan yang dimiliki oleh Deadpool 2. Hitung-hitung sebagai bentuk kompensasi atas jalinan kisah yang cenderung lurus-lurus saja, minim kelokan yang digemari sebagian penonton. Leitch mengombinasikan banyolan-banyolan dengan hidangan laga yang lebih gahar (plus sadis) dibandingkan film pertama. Menilik fakta bahwa Deadpool 2 tidak digelontori bujet sejor-joran Avengers: Infinity War, maka sebaiknya hempaskan bayangan adegan laganya bakalan segegap gempita film tersebut. Sebagian diantaranya memang tidak menawarkan pembaharuan (kamu telah melihatnya beberapa kali di film laga), tapi Leitch sanggup meniupkan excitement kedalamnya sehingga tak peduli seberapa pun seringnya kamu menjumpai adegan ini, tetap ada kesenangan tersendiri kala menyaksikannya. Malah, Deadpool 2 mempunyai momen klimaks membekas (sayangnya tak ada guyonan merujuk ke Carrie (1976)!) yang turut mengonfirmasi pelabelan ‘film keluarga’ oleh Deadpool di permulaan film – sekadar info, film pertama disebut ‘film percintaan’. Tentu ini bukan memiliki makna bahwa si pembuat film mempersilahkan penonton-penonton cilik memenuhi gedung bioskop, melainkan menunjukkan bahwa si pahlawan bermulut kotor ini tak lagi berjuang sendirian. Dia menjalin pertemanan dengan karakter-karakter baru yang mengisi kekosongan hatinya.


Pertemanan ini memungkinkan Deadpool 2 untuk menghadirkan sederet momen mengharu biru yang menghangatkan hati. Tidak semuanya bekerja dengan baik – ada kalanya diruntuhkan oleh guyonannya sendiri – seperti persahabatan Deadpool dan Russell yang tak segreget perkiraan, tapi paling tidak masih ada senyum mengembang di penghujung film ketika kita melihat sejauh mana Wade Wilson telah berkembang sebagai seorang manusia. Ryan Reynolds mampu menangani momen dramatik seiring bergejolaknya batin Wade seapik dia menangani momen komedik yang mengharuskannya melontarkan nyinyiran secara cepat seraya bertingkah nyeleneh. Chemistry yang dibangunnya bersama Julian Dennison berlangsung cukup baik, sementara pemeran-pemeran pendukung mampu mengimbangi performa ciamik dari Reynolds. Zazie Beetz mencuri perhatian sebagai Domino yang keberuntungannya tak pernah habis, Karan Soni sebagai Dopinder yang memiliki obsesi menjalani misi bersama Deadpool, dan Josh Brolin menunjukkan sisi rapuh dari Cable dibalik tampilan fisiknya yang sangar. Disamping kombinasi mulus antara banyolan, laga, beserta performa pemain, elemen lain yang membantu menciptakan kesenangan dalam Deadpool 2 adalah pilihan lagu pengiring di setiap adegannya. Bukan lagu-lagu beraliran rap, metal, atau rock yang menghentak-hentak melainkan tembang-tembang lembut dengan sisi emosional tinggi yang mungkin tak pernah terbayangkan akan menghiasi film superhero ‘ngaco’ semacam ini. Tembang-tembang tersebut antara lain ‘Take on Me’ milik A-Ha, ‘We Belong’ oleh Pat Benatar, ‘All Out of Love’-nya Air Supply, ‘Tomorrow’ dari drama musikal Annie (1977), sampai lagu tema film ini, ‘Ashes’, yang dibawakan Celine Dion bak lagu tema dari James Bond. Gokil!

Note : 1) Jangan terburu-buru tinggalkan gedung bioskop karena ada dua adegan bonus yang sangat layak buat dinanti. Keduanya terletak di sela-sela credit title jadi kamu tidak perlu menunggu terlalu lama.
2) Pastikan kamu menuntaskan urusan belakang sebelum film dimulai karena salah satu poin kejutan Deadpool 2 terletak pada cameo. Kemunculannya sangat cepat sehingga jika kamu keluar atau terlalu sibuk mengecek ponsel saat menonton, hampir bisa dipastikan akan terlewat. Blink, and you'll miss it

Outstanding (4/5)


27 comments:

  1. Wajib nonton ni secara yg pertama saja udh suka sekali.
    Tapi gak banyak kan adegan jorok nyo krn takutnya mengganggu puasa heeeee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Adegan seks dan ketelanjangan, maksudnya? Nggak ada kok. Dewasa di sini lebih ke level kekerasannya yang semakin brutal dan berdarah-darah.

      Delete
    2. Ohh bguslah kalo gitu bisa di tonton pas puasa.Takutnya kayak yg pertama banyak yg berbau porno.

      Delete
    3. Setelah menonton nya saya malah berpendapan kok deadpool 2 ini mengalami penurunan ya dibandingkan yg pertama.Pertama adegan aksi yg kurang gahar seperti pertama,yg pertama kan adegan sadisnya lebih banyak serta komedi nya lebih ngenah tapi yg kedua ini terasa biasa di aksi nya,komedinya masih lucu tapi gak sebekesan yg pertama.

      Delete
    4. Buatku sih masih setara ya. Adegan aksinya di penjara dan pesawat itu gila ah. Dan komedinya malah lebih berkesan di sini apalagi referensinya tumpah ruah. Lagu tema Celine Dion yang parodiin James Bond? Cameo X-Men dan Brad Pitt? Cecaran ke MCU dan DC?

      Yang bikin film pertama istimewa itu faktor kejutannya. Kita nggak mengira bakal mendapatkan seperti itu. Sementara kita sudah tahu apa yang bakal disodorin di Deadpool 2.

      Delete
    5. Ya sih mungkin faktor tdk ada kejutan nya yg buat saya bilang penurunan dan juga plot nya terlalu sederhana yg ini serta musuh yg terlalu cemen.

      Delete
    6. Ya sih mungkin faktor tdk ada kejutan nya yg buat saya bilang penurunan dan juga plot nya terlalu sederhana yg ini serta musuh yg terlalu cemen.

      Delete
    7. Pada dasarnya Deadpool 2 ini nggak perlu ditanggepin terlalu serius sih. Karena dia sebenernya film main-main saja atau parodi buat film superhero saat ini. Berhubung jilid kedua ini fokusnya ke pergulatan batin Wade dan hubungannya dengan Russell, bisa dimengerti kalau villainnya emang nggak dibikin terlalu kuat.

      Delete
  2. Aku nonton 2x berturut-turut mas, saking serunya hahahaha. Masih gak nyangka pake lagu-lagu yg sangat ngaco pas adegan yg gak terduga juga. Film ini keren dan asik banget buat di tonton :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wow. Langsung dua kali! *prok prok*
      Pilihan lagu di film ini emang kece sih. Di film sebelumnya sih udah dilakuin, cuma kali ini jumlahnya lebih banyak dan semuanya bisa nge-blend dengan baik ke adegan-adegan dalam film. Setelah nonton jadi kecanduan Take on Me :)))

      Delete
  3. Jaggernautnya kurang gahar...huhu. Bentuknya kya kantong popcorn.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju sih kalau villain di film ini kurang gahar. Jaggernaut terlalu unyu :)))

      Delete
    2. Sebenernya saya bingung villain di film ini yg mana...haha.

      Delete
    3. Haa setuju, aku pun bingung siapa villain nya. Sayang beribu sayang, jaggernaut kurang bersinar disini, kurang dapet bagian :( kurasa villain nya si russle sih

      Delete
    4. Menurutku sih villain utama film ini justru Deadpool sendiri. Terlihat di pergolakan batinnya setelah ditinggal sang kekasih.

      Delete
  4. Mungkinkah aku bisa menonton film ini..? Kok gregetan sih jadinya penasaraaan. Gara2 kamuuuu gimana niih 😫😫😫

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bahahaha. Aku sih nggak yakin kamu sanggup :)))

      Delete
  5. Replies
    1. Berdasarkan post credits scene sih begitu. Dia hidup lagi.

      Delete
  6. paling gemes sama apa coba? LOGAN, ngapain si 😂😂😂 n juga paling gemes sih sama sindiran DC itu haha

    Kocak banget sih, tapi emotional sama vanessa nya dapet. Btw keinget si bocah ini di film wildhunter. Damn, ternyata emang aktor bagus yah :')

    Btw endingnya si cable ga balik ke anak istri nya ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba tonton Paper Planes, si bocah gembul itu keren juga mainnya disana :)

      Cable nggak balik ke anak istri. Dia memutuskan buat gabung dengan X Force.

      Delete
  7. *mau komen lagi dong wkwk*

    Btw cameo yang mas maksud di note 2, yang mana mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Personil X-Men dan Brad Pitt. Dua duanya sekejap mata itu munculnya.

      Delete
  8. Salah satu film metamovie terbaik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa. Bersanding dengan Cabin in the Woods :)

      Delete
  9. papa can you hear me? do you want to build a snowman? :v

    ReplyDelete
  10. wow thanks i recommend this site to watch movies for free without being charged at
    todaypk movies

    ReplyDelete

Mobile Edition
By Blogger Touch