August 7, 2018

REVIEW : DETECTIVE CONAN: ZERO THE ENFORCER


“You get really serious when it comes to Mori Kogoro, don't you? Or rather, is it for Ran?” 

Ada ketidakpuasan yang menggelayuti diri pasca menonton seri kedua puluh satu dari versi layar lebar Detective Conan, Crimson Love Letter (2017). Penyebabnya, permainan Karuta (kartu bergambar khas Jepang) yang menjadi fondasi utama untuk kasus di instalmen ini hanya bisa dipahami daya tariknya oleh masyarakat Jepang beserta mereka yang menaruh perhatian khusus terhadap budaya Jepang. Diluar kelompok tersebut, ada kemungkinan terserang kejenuhan maupun kebingungan selama menontonnya. Sungguh disayangkan, mengingat beberapa seri terakhir dalam rangkaian film Detective Conan terus mengalami eskalasi dari sisi kasus yang semakin lama semakin mencengkram terlebih saat Conan Edogawa dihadapkan pada musuh bebuyutannya: Organisasi Jubah Hitam. Selepas tersandung di Crimson Love Letter yang membuat saya bolak-balik menguap seraya melirik ke jam tangan tersebut, cap dagang ini akhirnya kembali mengasyikkan buat diikuti dalam jilid kedua puluh dua yang menggunakan subjudul Zero the Enforcer. Menghembuskan isu berkenaan dengan terorisme, konspirasi politik, sampai kejahatan siber, Zero the Enforcer tak saja sanggup merebut atensi sedari awal berkat narasinya yang menggugah selera tetapi juga mampu berdiri tegak di jajaran instalmen terbaik dalam rangkaian film Detective Conan

Kasus yang mesti dihadapi oleh si bocah jenius 'jelmaan' detektif SMA Shinichi Kudo, Conan Edogawa (disuarakan oleh Minami Takayama), dalam Zero the Enforcer adalah pengeboman sebuah resor sekaligus pusat konvensi anyar, Edge of Ocean, yang terletak di Tokyo Bay hanya beberapa hari jelang diadakannya Konferensi Tingkat Tinggi. Meski tidak ada korban jiwa dari kalangan sipil, kasus yang menewaskan sejumlah anggota kepolisian ini secara mengejutkan menyeret Kogoro Mori (Rikiya Koyama) sebagai tersangka setelah sidik jarinya ditemukan di TKP. Mengingat Kogoro tidak becus nyaris dalam hal apapun, termasuk mengutak-atik laptop miliknya sendiri yang konon menjadi tempat lain ditemukannya barang bukti, Conan jelas tidak percaya begitu saja. Lagipula, apa motif yang melatarbelakangi perbuatan Kogoro tersebut sampai-sampai dia nekat mempertaruhkan reputasinya? Dibantu oleh Klub Detektif Cilik dalam menyelidiki kasus ini, terutama Ai Haibara (Megumi Hayashibara), sebuah petunjuk kecil mengarahkan Conan pada Toru Amuro (Toru Furuya) yang diketahui sedang berada di TKP saat pengeboman terjadi. Belum sempat Conan mengumpulkan bukti-bukti yang menunjukkan keterlibatan Toru, sederet persoalan lain yang tak kalah pelik bermunculan seperti badan antariksa Amerika, NAZU, yang diretas, Kogoro yang dijatuhi dakwaan, hingga ancaman peledakan terhadap Biro Keamanan Jepang. 



Disandingkan dengan judul-judul terdahulu, Zero the Enforcer memiliki narasi yang paling kompleks tetapi tetap mengikat. Kobun Shizuno (The Darkest Nightmare, The Eleventh Striker) selaku sutradara membagi jalinan pengisahan ke dalam tiga cabang utama yang masing-masing mengupas tentang pengusutan kasus peledakan bom oleh Biro Keamanan Jepang, penyelidikan kasus Kogoro oleh pengacara lepasan Kyoko Tachibana (Aya Ueto), serta Toru Amuro yang terlibat dalam misi rahasia bersama Yuya Kazami (Nobuo Tobita), seorang agen di Biro Keamanan Jepang. Penonton diminta untuk menaruh fokus penuh pada guliran kisah – menghafalkan satu demi satu karakter baru yang bermunculan lalu mencari keterkaitannya dengan karakter lain – karena Conan tidak dihadapkan pada satu persoalan tunggal sekalipun akarnya berasal dari pengeboman Edge of Ocean. Bahkan, jika kamu belum pernah sekalipun mengikuti seri Detective Conan baik dari manga, anime, atau film, ada baiknya membekali diri dengan informasi yang diperoleh dari tiga medium tersebut terlebih dahulu demi lebih memahami fungsi dari keberadaan Toru Amuro yang memegang peranan krusial di instalmen ini. Motifnya yang masih dipertanyakan dan ambiguitasnya dalam mengambil posisi menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi Zero the Enforcer. Apakah dia adalah seorang lawan bagi Conan? Atau justru seorang kawan? 

Yang juga menarik dari Zero the Enforcer sehingga narasinya yang njelimet tidak kesulitan dalam membetot atensi adalah pendekatan yang dipergunakan oleh Kobun Shizuno dalam melantunkan penceritaan. Alih-alih mengemasnya bak tontonan detektif seperti biasanya diterapkan, si pembuat film memilih untuk menjlentrehkannya bak drama pengadilan yang sempat membuat diri ini bertanya-tanya, “apakah ini berarti kita akan melihat tukar argumen di ruang sidang dengan Kogoro Mori sebagai taruhannya?”. Ada ketegangan yang bisa dirasakan, utamanya apabila kamu tidak keberatan dijejali dengan dialog-dialog tangkas dari Kyoko Tachibana lalu dari pihak penuntut kemudian dari Biro Keamanan Jepang yang datang secara silih berganti. Ketegangan bisa pula dirasakan karena tidak ada seorangpun (kecuali karakter protagonis inti, tentunya) yang dapat dipercaya oleh Conan, termasuk Kyoko yang berada di area abu-abu. Dia bisa saja berniat menyelamatkan Kogoro secara tulus, atau hanya demi publisitas, atau malah memiliki maksud terselubung lainnya. Ini masih belum ditambah dengan kehadiran Toru yang kentara menyimpan agenda tertentu. Mengalun secara perlahan tapi pasti, Zero the Enforcer terasa kian mendebarkan ketika Conan mulai mengungkap sedikit demi sedikit kebenaran dibalik kasus yang bersinggungan dengan terorisme, kejahatan siber, dan konspirasi politik ini. Saat kebenaran akhirnya didapatkan, Zero the Enforcer mengeluarkan jurus andalan dari franchise ini berupa babak pamungkas berisi laga seru yang over-the-top



Antisipasi munculnya adegan 'duel' amat mengasyikkan antara mobil dengan kereta listrik beserta mobil meluncur dari ketinggian yang seperti versi upgrade dari Countdown to Heaven (2001). Dan oh, jangan lupakan pula masih ada bubuhan sederet momen Ran-Shinichi yang sekali ini cukup emosional lantaran status Kogoro sebagai tersangka membuat Ran panik. Ada kemungkinan, dia akan ditinggal pergi (lagi) oleh seseorang yang dicintainya. Sedih banget, nggak sih? Tapi tentu saja momen yang menyentuh hati ini tidak berlama-lama karena masih harus berbagi dengan banyolan lucu dari Klub Detektif Cilik, lalu narasi kompleks yang mengikat dan laga penutup yang seru. Menilik kombinasinya ini, bisalah kiranya saya menyebut Zero the Enforcer sebagai salah satu instalmen terbaik dalam rangkaian film Detective Conan.

Info layanan masyarakat : Jika kamu penggemar franchise ini, tentu mengetahui kebiasaan menyimpan adegan bonus dan petunjuk film berikutnya di penghujung durasi, kan? Nah, Zero the Enforcer pun melakukannya. Bertahanlah karena petunjuknya akan membuatmu kegirangan.

Outstanding (4/5)

12 comments:

  1. Min gak menonton film teranyar Majid majidi "Beyond the Clouds" rekomen sekali min..
    Pengen tahu review dari cinetariz bagaimana tuk film itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belum nonton nih. Ntar kalau agak senggang. Tapi mungkin nggak aku ulas di blog sih, lagi banyak film 😅

      Delete
    2. Hmmm padahal pengen lihat review dari kmu min.. Soalnya suka sekali sama tuh film pesan moralnya dalam banget.

      Delete
    3. Pengennya sih begitu. Tadinya udah rencanain ngulas beberapa film non bioskop tapi batal terus karena banyak film rilis. Ya semoga ada kesempatan ya.

      Delete
    4. Coba di ulas sedikit min tuh film di ulas di twitter ajah gpp.

      Delete
  2. Hem om, kira2 sebelum nonton ini harus nonton anime n baca komiknya dulu ya? Aku suka, tapi terakhir ngikutin pas SMP 😅

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau udah pernah ngikutin sih semestinya masih bisa. Tapi kalau beneran baru, nah itu yang susah

      Delete
  3. Jadi Rate (4,5/5) itu yang terbaik ya bang?

    Atau ada yang sudah nembus (5/5)?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada kok. Beberapa diantaranya Toy Story 3, Life of Pi, Frozen, dan La La Land

      Delete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  5. Min mau tanya lah, mimin udh nonton film nya detective connan zero the enforce kan yang saya tanya disini apa movie ini riview ke belakang apa gimna? Kan tooru amuro itu anggota psb dan juga mata2 organisasi gelap yang codename nya bourbon ko codenamenya jadi zero? Sama bukannya amuro udh di kenal di film connan yang ke 20 the darknes nightmare?

    ReplyDelete

Mobile Edition
By Blogger Touch