August 4, 2018

REVIEW : SI DOEL THE MOVIE


“Selama ini Bang Doel juga selalu nyariin Sarah. Kan Bang Doel nggak bisa ngelupain Sarah. Bang Doel tu masih cinta sama Sarah.” 

Anak Betawi ketinggalan zaman, katenye... 
Anak Betawi nggak berbudaye, katenye... 

Apa kamu familiar dengan penggalan lirik di atas? Jika kamu pernah merasakan gegap gempita era 1990-an, rasa-rasanya mustahil tidak mengenali lirik dari lagu tema untuk salah satu sinetron legendaris Indonesia, Si Doel Anak Sekolahan. Mengudara pertama kali di kanal televisi RCTI pada tahun 1994, sinetron ini menjadi buah bibir pada masanya dan dikategorikan sebagai acara wajib tonton. Jika kamu tidak tahu menahu mengenai sinetron ini, jangan bayangkan formula yang diterapkannya menyerupai sinetron zaman sekarang yang tayang saban hari dengan plot yang bikin darah mendidih. Si Doel Anak Sekolahan hanya tayang setidaknya sekali seminggu dan narasi yang ditawarkannya pun membumi. Dekat dengan realita. Ini salah satu alasan yang membawanya ke puncak popularitas, disamping memiliki penulisan karakter yang kuat. Siapa sih yang bisa melupakan Doel, Sarah, Zaenab, Babe, Mak Nyak, Mandra, Atun, Engkong, sampai Mas Karyo? Hingga bertahun-tahun setelah sinetron ini resmi rampung pada tahun 2006, nama-nama tersebut masih terus dikenang dan melekat di ingatan. Itulah mengapa saat tren sekuel atau remake untuk film legendaris mengemuka di perfilman Indonesia, mencuat pengharapan dalam diri ini untuk melihat mereka kembali berlakon sekalipun sudah tidak dalam formasi utuh (beberapa pemain inti telah meninggal dunia). Terlebih, kisah cinta segitiga Doel-Sarah-Zaenab sejatinya belum menjumpai titik terang sehingga sang kreator, Rano Karno, masih memiliki materi mencukupi untuk dikembangkan lebih lanjut. 

Berselang tujuh tahun dari versi FTV yang bertajuk Si Doel Anak Pinggiran (2011), Karnos Film bekerjasama dengan Falcon Pictures menjawab pengharapan saya dengan menelurkan Si Doel The Movie yang secara khusus dipersiapkan untuk tontonan layar lebar. Dalam versi bioskop ini, Doel (Rano Karno) diceritakan telah menikahi Zaenab (Maudy Koesnaedi) dan hidup bahagia bersama Mandra (Mandra), Atun (Suti Karno), serta Mak Nyak (Aminah Cendrakasih) yang kini tergolek lemah di atas kasur. Konflik lantas dimulai setelah teman lama Doel, Hans (Adam Jagwani), mengundangnya ke Amsterdam, Belanda, untuk membantunya mempersiapkan festival kebudayaan Betawi di sana. Ditemani oleh Mandra yang kegirangan karena bisa menjejakkan kaki di luar negeri sekaligus mempunyai kesempatan untuk mengejek Atun yang tidak diajak serta secara terus menerus, Doel bertolak ke Belanda tanpa sedikitpun mencurigai ada maksud lain dibalik undangan Hans. Setelah beberapa waktu di Amsterdam, perlahan tapi pasti Doel menyadari bahwa perjalanan ini bukanlah semata-mata bersifat bisnis. Doel akhirnya memperoleh kebenarannya tatkala dia berjumpa lagi dengan istrinya yang 'hilang', Sarah (Cornelia Agatha), di Museum Tropen. Pertemuan singkat yang berlanjut pada undangan makan siang ini seketika membangkitkan lagi kebimbangan dalam diri Doel. Dia harus memilih antara kembali ke pelukan Sarah yang masih dicintainya dan kini membesarkan anak mereka seorang diri, atau tetap bersama Zaenab yang mencintainya tanpa syarat. 



Jangan percaya dengan trailer buruknya yang memberi kesan bahwa Si Doel The Movie telah kehilangan esensinya dan bertransformasi sebagai film jalan-jalan menikmati sederet lokasi turistik di Belanda. Jangan. Karena kenyataannya, Si Doel The Movie masih mempertahankan segala ciri khasnya yang telah berjasa dalam mendatangkan seabrek penggemar berat untuk versi sinetronnya. Kamu akan menjumpai konflik di area percintaan tatkala hati Doel terombang-ambing lantaran dihadapkan pada dua pilihan pendamping hidup yang sama baiknya, kamu akan mendapati humor segar ketika temu kangen bersama Mandra si mulut nyablak yang terus berseteru dengan Atun, dan kamu juga akan memperoleh narasi tentang keluarga yang menghangatkan hati. Mengingat bahwa film ini ditangani secara langsung oleh sang kreator, tidak mengherankan jika kemudian sensasi rasa yang dihadirkannya tidak berbeda jauh dengan materi sumbernya. Indera perasamu masih akan mengenalinya sebagai Si Doel Anak Sekolahan. Kalaupun ada perbedaan mencolok, itu adalah tampilan visual yang terkesan mahal – menyesuaikan dengan medium barunya – dan sulit untuk dipungkiri, interaksi antar karakter yang tidak lagi setajam dulu. Penyebabnya, beberapa karakter kuat yang menghadirkan tektokan seru seperti Babe, Engkong, maupun Mas Karyo, tidak lagi dihadirkan karena para aktor yang memerankannya telah berpulang. Dalam satu wawancara, Rano Karno pun menegaskan bahwa dia enggan mencari aktor lain untuk mengisi peran-peran tersebut karena tak ada yang bisa menggantikan mendiang Benyamin Sueb, Pak Tile, serta Basuki. 

Syukurlah, Si Doel The Movie masih mempunyai Mandra dan Suti Karno untuk menjaga dinamika film yang tentunya akan berjalan datar-datar saja apabila fokusnya sebatas pada kegalauan si karakter tituler yang tidak sanggup mengembangkan senyum barang sedikitpun ini. Mandra yang dikenal sering ketiban apes, mempunyai kesempatan untuk 'balas dendam' saat dia diajak Doel ke Belanda. Salah satunya ditunjukkan dengan kiriman seabrek foto di berbagai kesempatan (bahkan sebelum naik pesawat!) yang dikirimkan Mandra ke Atun via Whatsapp. Ini menggelitik, terutama bagi penonton yang mengetahui seperti apa riwayat Mandra di versi sinetronnya. Gelak tawa yang dipersembahkan oleh karakter favorit banyak penonton ini terus berlanjut ketika dia mengalami gegar budaya sesampainya di negeri orang, lalu melontarkan komentar-komentar kepada Doel yang seringkali nampol, hingga bagaimana dia terlihat sangat menikmati perjalanan ini. Performanya yang begitu enerjik tetapi tetap alami ini membuat Mandra senantiasa mencuri perhatian dalam setiap kemunculannya dan menjadikan film terasa menyenangkan untuk ditonton. Jajaran pemain lainnya meliputi Rano Karno, Maudy Koesnaedi, Cornelia Agatha, Suti Karno, Adam Jagwani, serta Aminah Cendrakasih (yang dedikasinya untuk film ini sungguh luar biasa sekalipun sudah tak mampu melihat dan tak mampu beranjak dari kasur) pun memberi performa bagus seperti kita ingat dari serial televisinya. Tambahan dua aktor cilik, Rey Bong beserta Ahmad Zulhoir, yang masing-masing memerankan putra dari Doel dan Atun sedikit banyak mengingatkan kita ke masa muda dari karakter orang tua mereka. 



Disaat film tidak menyoroti tingkah polah Mandra yang (sayangnya) bukan jualan utama Si Doel The Movie, kupasannya menitikberatkan pada pergolakkan hati ketiga karakter sentral; Doel, Sarah, dan Zaenab, yang tidak ingin kehilangan satu sama lain. Kegalauan Doel kian menjadi-jadi saat dia bertemu dengan putra kandungnya untuk pertama kalinya. Pertemuan keduanya ini mempersembahkan satu dua momen yang akan membuatmu menyeka air mata haru. Ada rasa hangat yang tertinggal di hati, sekalipun efek yang diberikannya bisa jadi akan lebih menonjok apabila Rano Karno bersedia untuk mengeksplorasi relasi bapak-anak di sini. Mungkin Rano ingin menghindari dramatisasi berlebihan atau kemungkinan lainnya, menyimpannya untuk dikembangkan di film berikutnya. Cukup disayangkan sebetulnya mengingat durasi masih memungkinkan untuk direntangkan (hey, 85 menit terlalu pendek!) dan pertengahan film yang terasa agak berlarut-larut pun bisa dimanfaatkan untuk menjlentrehkan subplot ini. Tapi jika ternyata tujuan Si Doel The Movie hanya sebagai pijakan menuju sebuah franchise baru, keputusan tersebut tentu bisa dimengerti. Berhubung Si Doel The Movie mempunyai penggarapan yang apik – dan berhasil menguarkan aroma nostalgia di beberapa titik – saya jelas tidak sabar menanti sekuelnya andaikata Rano Karno benar-benar merealisasikan film kelanjutannya. Semoga benar-benar berlanjut ke film kedua ya.

Exceeds Expectations (3,5/5)

10 comments:

  1. Hh gantung banget si?
    Tp sya udh ngira sih, soalnya kl filmnyayang buat valkon pictures perkiraan laku di pasaran, pasti ada part2nya.
    Kayak comic8, warkop, dll

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang bikin bukan Falcon lho. Mereka mengakuisisinya setelah dibuat oleh Karnos Film.
      Materinya emang memungkinkan buat dilanjutin, jadi nggak apa-apa. Asal bagus tidak masalah, to? Ya namanya juga dagang.

      Delete
    2. Si Doel gantung ceritanya bukan hal baru. Di sinetronnya pun setiap akhir session selalu gantung.
      Jadi bukan karena Falcon penyebabbya saya rasa.
      Tapi saya puas sama film Doel The Movie. Ga sabar nunggu lanjutannya.

      Delete
    3. Nah. Mungkin banyak yang ngira karena ini film dan sudah sekian lama belum ada kejelasan, akhirnya ada jawaban. Tapi saya juga nggak keberatan kok berlanjut. Penasaran dengan kisah Doel kecil sama anaknya Atun tuh. Kayaknya bisa seru. Hehehe.

      Delete
  2. Entah kenapa malah seneng kalo ini ada lanjutanya daripada biang kerok yang tiba tiba pecah cerita di tengah jalan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Soalnya Biang Kerok jelek dan pemenggalannya maksa banget. Malah bikin emosi daripada penasaran 😂

      Delete
  3. hati ini ikut baper liat zaenab nangis dan pas sarah nganter perpisahan di bandara itu...
    Tanpa Mas Karyo, Babe, Pak Tile, film ini emang kerasa ga se'meriah' versi serialnya. Thanks to Bang Mandra and Atun, film ini masih bisa bawa penontonnya ngerasain hangat-lucu nya keluarga si Doel.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Heem. Pilihan yang sulit ya buat Doel :(
      Kangen dengan ribut-ributnya Mandra sama Atun, Mas Karyo, Pak Tile, dan Babe. Sayang ya Doel ini orangnya depresif sekali jadi nggak bisa ngebales celetukannya Mandra.

      Delete
  4. Si doel nya irit ngomong.. Pas di momen pertama kali ktmu anaknya kayanya adegannya kurang mengena di hati. Secara 14thn ga ketemu anak,tiba tiba ketemu pastinya rindu bgt. Senyum aja doel nya ngga apalagi meluk..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa. Kaku banget dah mukanya. Sampe jadi gregetan sendiri. Hahaha. Coba Doel berinteraksi dikit sama anaknya, adegan perpisahan itu pasti bakalan lebih greget dan banjir air mata.

      Delete

Mobile Edition
By Blogger Touch