September 6, 2018

REVIEW : THE NUN


“The abbey has a long history. Not all good.” 


(Ulasan ini nyerempet spoiler)

Apakah kamu masih ingat dengan sesosok iblis yang menampakkan wujudnya kepada manusia dalam rupa seperti halnya seorang biarawati bernama Valak? Rasa-rasanya, jika dirimu adalah penggemar berat cap dagang The Conjuring, sosok Valak cukup sulit untuk dienyahkan dari pikiran terlebih 'gaya berbusananya' tergolong khas (dan dia punya lagu dangdut, "kau seperti Valak..."). Kontribusinya terhadap narasi dalam franchise ini pun tak bisa dipandang sepele – berbeda dengan Annabelle yang cenderung pasif. Dia diketahui memiliki niatan jahat untuk menundukkan pasangan Warren yang acapkali menggagalkan rencana kawanan iblis untuk menguasai manusia-manusia berhati gelap, dan dia merupakan biang keladi dibalik peristiwa supranatural yang menyerang satu keluarga dalam The Conjuring 2 (2016). You don't want to mess with Valak! Jika ada yang kurang mengenai sosoknya, maka itu adalah latar belakangnya yang kurang dieksplorasi. Apakah ini memang disengaja sehingga dia berkesempatan memiliki filmnya sendiri yang difungsikan sebagai origin story? Pastinya begitu. Annabelle saja dibikinin film, Valak juga mestinya punya dong. Terlebih, para petinggi studio tentu tidak ingin mesin pencetak uangnya ini diberhentikan begitu saja. Itulah kenapa tidak membutuhkan waktu lama bagi James Wan bersama Peter Safran selaku otak dibalik kesuksesan semesta The Conjuring untuk mengkreasi The Nun yang menyoroti cerita masa lampau dari iblis berkedok biarawati ini sebelum kelayapan di Inggris. 

Dalam menggulirkan narasi The Nun, Corin Hardy (The Hallow) yang berpatokan pada skrip rekaan Gary Dauberman membawa kita melompat jauh ke Rumania pada tahun 1952. Di sana, kita dipertemukan dengan seorang pastur, Father Burke (Demian Bichir), dan seorang novis, Sister Irene (Taissa Farmiga), yang ditugaskan oleh Vatikan untuk menyelidiki kasus bunuh diri seorang biarawati di Biara Carta. Biarawati tersebut ditemukan tewas dalam keadaan kepala tergantung di luar biara oleh seorang pengantar suplai makanan, Frenchie (Jonas Bloquet). Penugasan dari Vatikan ini membuat Father Burke bertanya-tanya, apakah benar kematian biarawati tersebut murni disebabkan oleh bunuh diri? Atau malah jangan-jangan, ada sesuatu yang jahat tersembunyi dibalik kematiannya? Kecurigaan Father Burke beserta Sister Irene bahwa ini bukanlah kasus biasa diperkuat oleh sambutan kurang hangat yang mereka terima di biara. Memang betul ada satu biarawati yang berkenan untuk bercerita panjang lebar mengenai sejarah biara yang ternyata menyimpan rahasia kelam, tapi sebagian besar diantaranya memilih untuk bungkam. Mereka lebih memilih untuk merapalkan doa-doa keselamatan ketimbang membantu Sister Irene maupun Father Burke dalam menyelidiki kematian rekan mereka yang disinyalir memiliki keterkaitan dengan sejarah biara. Segala kecurigaan tersebut semakin bertumpuk tatkala keduanya mengalami pengalaman supranatural yang dipicu oleh kekuatan jahat yang menginginkan mereka untuk sesegera mungkin angkat kaki dari biara. 


Sebuah desa di pedalaman Rumania yang sunyi, kasus bunuh diri seorang biarawati yang diselubungi misteri, dan biara dengan atmosfer creepy adalah setumpuk materi yang terdengar menggiurkan untuk dipadupadankan bersama kisah awal mula si Valak. Berhubung saya secara pribadi mempunyai ketertarikan terhadap tontonan seram yang mengandung unsur agama di dalamnya (khususnya Islam dan Katolik), apa yang ditawarkan oleh Corin Hardy dalam The Nun tentu saja menggoda iman. Adegan pembukanya yang memperlihatkan dua biarawati menyusuri lorong (yang biar kelihatan seram nan bergaya mesti dihiasi asap buatan) menuju sebuah ruangan misterius yang berlanjut pada kematian tragis keduanya pun mengisyaratkan bahwa The Nun akan menghadirkan mimpi buruk yang 'diharapkan' seperti dwilogi The Conjuring. Terlebih, ada bonus imaji mengusik kenyamanan berupa mayat yang hancur dipatoki burung gagak dalam adegan tersebut. Tapi setelah sederet eksposisi disana sini yang memberi alasan bagi dua protagonis utama untuk bertolak ke Rumania, film menunjukkan gelagat kurang mengenakkan. Alih-alih mengemasnya sebagai wahana rumah berhantu murni seperti sederet judul lain dalam franchise ini, si pembuat film justru bereksperimen dengan memberi warna berbeda pada The Nun. Dia membubuhinya dengan elemen fantasi-petualangan bak The Mummy yang membuat Valak terlihat seperti monster dan mempersilahkan memedi lain seperti zombie ikut berpartisipasi ke dalam rangkaian teror untuk menyambut kedatangan Father Burke beserta Sister Irene. 

Apabila Hardy secara konsisten mengambil jalur ini hingga durasi berakhir, bisa jadi The Nun memiliki kesempatan untuk mengajak para penontonnya gila-gilaan meski konsekuensinya adalah hujatan dari para purist. Akan tetapi, dia mengalami keragu-raguan untuk membawa franchise ini sepenuhnya keluar dari zona nyamannya dengan tetap mencampuradukannya bersama teror hantu konvensional ala The Conjuring sehingga hasil akhirnya pun setengah matang. Kalau boleh menggunakan perumpaan ngaco, ini kasusnya seperti Nobita yang ingin berbuat jahat kepada dunia tetapi dia masih suka tidak enak hati dan hanya berbuat jahat kepada orang-orang tertentu saja (itupun perbuatan jahatnya lebih cocok dikategorikan iseng). Aneh. Konyol. Ora mashook blas. Dampak dari coba-coba tersebut adalah si pembuat film tidak bisa maksimal dalam mengkreasi teror hantu maupun menciptakan hidangan petualangan berbumbu fantasi yang mengasyikkan. Bahkan, keduanya pun saling mendistraksi satu sama lain. Saya berharap bisa meringkuk ketakutan saat para protagonis diterjang teror, eh diri ini malah berulang kali dibuat terkekeh lantaran eksekusinya yang janggal dan tak padu lantaran Hardy masih ngeyel buat menyatukan dua dunia (baca: horor dan fantasi). Terjatuh ke peti mati lalu voila tiba-tiba menemukan buku pemberi jawaban di samping pusara? Masih bisa, masih bisa. Biarawati yang menjelma menjadi mayat hidup lalu ditembak menggunakan shotgun? Saya mulai garuk-garuk kepala merasa film ini memang sebaiknya berada di ranah fantasi petualangan murni. Disembur menggunakan darah Yesus Kristus? Inilah di saat saya tak tahan lagi untuk mengucap, “suka-suka kau lah!”


Di kala kepala nyut-nyutan akibat sederet kekonyolan dalam film yang ironisnya terkadang lebih bisa ditertawakan ketimbang asupan humornya yang garingnya ngalahin ayam goreng kaepci, untungnya The Nun masih berbaik hati buat menawarkan obat pereda nyeri kepada penonton yang komposisinya terdiri dari sinematografi cantik yang beberapa tangkapan gambarnya boleh jadi suatu saat bakal dicuplik oleh akun One Perfect Shot serta mampu menguarkan atmosfer gothic di beberapa titik, musik pengiring yang menciptakan nuansa ngeri-ngeri sedap, dan performa pemain yang terbilang apik. Ditengah malasnya naskah untuk menjlentrehkan lebih dalam kehidupan personal trio protagonis yang semestinya bisa memperbincangkan tentang pergolakan iman ketiganya ditengah pertarungan melawan iblis – bahkan narasi dalam film pun sejatinya tak banyak membahas tentang Valak (!) – baik Demian Bichir, Taissa Farmiga, maupun Jonas Bloquet masih sanggup memberikan nyawa terhadap karakter tipis yang mereka perankan. Berkat mereka, saya dapat bertahan menonton The Nun tanpa harus ngedumel soal karakter-karakter menyebalkan (yang minta diulek) seperti saat menonton Slender Man tempo hari. Setidaknya, saya ikut berharap agar Father Burke, Sister Irene, dan Frenchie dapat mengalahkan kekuatan jahat yang menguasai biara lalu keluar dari sana dengan selamat. Bisa dibilang, mereka termasuk aset berharga bagi film horor yang nyaris tak membuat saya ketakutan ini.

Info layanan masyarakat : Tidak ada post-credits scene. Bubar, bubar.

Acceptable (2,5/5)


21 comments:

  1. Mas, udah pernah nonton Siccin (Turki), filmnya ada muatan agama, khususnya Islam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Syudahhh. Apik juga film itu. Underrated. 😁

      Delete
  2. Asli nntn film ini lbh byk ketawa geli dr pada merasa seram.Sangat tdk puas pokoknya,berharap kisah Valak dijelaskan lbh baik,berharap kisah biara carta digali lbh dalam,tapi semuanya ditampilkan cuma sekilas dan tdk menarik.Filmnya cuma berusaha memberikan penampakan si setan/zombie/iblis atau apalah itu,yg sama sekali membosankan cara penyajiannya.Dan darah Yesus itu sangat konyol!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha. Benerrr. Masa lalunya Valak dan biara cuma dijelasin gitu saja, setelah itu dibiarkan begitu saja. Penampakannya juga banyak yang nggak asyik sih, momen-momen terbaiknya banyak yang udah ditampilin di trailer.

      Delete
    2. yg aneh hantu yg bocah nya itu kenapa mesti ngeluarin uler ? :D bikin degdegan nya kurang

      Delete
    3. Mungkin dia keturunannya Nagin? Hahaha. Nggak, ular itu erat kaitannya dengan simbol setan. Buat negasin kalau itu bukan Daniel yang dulu dieksorsis Father Burke.

      Delete
    4. Bantu jawab yaa... ada anak kecil yang ngeluarin uler itu sebenernya Valak yang asli. Coba cari deh informasi mengenai Valak. Dia dikenal dengan rupa anak kecil bertanduk sambil menunggang naga.

      Delete
  3. Kirain bakal seru macam annabell 2,tpi review nya banyak yg kecewa... Jadi fix simpan dlu uang nya tuk film laim nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ditonton saja siapa tahu malah suka :)

      Delete
    2. Gak kayaknya min biasanya selera cinetariz hampir sama dgn saya.. 😊

      Delete
  4. Akhirnya ada yg bikin review the nun H+1 tayang. Dan emang ga salah sih kalo banyak yg bilang film ini B aja, kurang dapet sisi valaknya sih. Trus juga yg daniel itu knp dia bisa menghantui si father burke, hubungannya apa? dan knp dia ngeluarin ular dari dlm mulutnya? (asli masih ga paham sama bagian ini). Nah trus kpn sister irene minum darah kristus yg tau2 pas keluar dari air disemburin ke mukanya valak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, Valak terpinggirkan. Bahkan backstory-nya cenderung terpinggirkan. Buat menjawab pertanyaanmu:
      1) Yang menghantui Father Burke bukan Daniel, tapi rasa bersalah si pastur. Ini dimanfaatkan oleh iblis buat menggerogoti iman Father Burke dengan cara menghadirkan sosok Daniel. Ular itu simbol iblis yang ngejelasin bahwa Daniel yang dilihatnya sebetulnya adalah iblis.
      2. Sister Irene sepertinya punya bakat sulap terpendam jadi dia bisa mengakali iblis dengan memasukkan darah Yesus ke mulutnya tanpa ketahuan. Atau mungkin, inilah yang disebut kuasa Tuhan.

      Delete
  5. Kayaknya bakalan ada the nun 2 deh soalnya kan di ending the nun ini si valak tertahan di bumi lagi, sedangkan di conjuring 2 valak menghantui lorraine lagi, berarti valak bangkit lagi dong ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau diliat dari kronologi ceritanya sih begitu. Apalagi film ini kemungkinan besar akan laris manis jadi yaaa sekuel bisa dipastikan ada. James Wan juga udah mengonfirmasi, dia punya ide untuk film selanjutnya :)

      Delete
  6. Sebenarnya udah nonton film ini minggu lalu..
    sebelumnya, terima kasih buat mas & mbak reviewer yang sudah memberikan penilaiannya tentang film ini. jadinya, kemarin nonton tanpa ekspektasi apa-apa, dan voila... ternyata diriku lumayan menikmati film ini.
    terlepas dari ceritanya yang absurd, tapi dengan melepas ekspektasi kita, film ini lumayan enjoyable. berhubung ceritanya linier, jadinya ya udah ngalir aja.
    en ga menduga ternyata benang merah dengan conjuring universenya justru si frenchie

    ReplyDelete
    Replies
    1. Syukurlah yaa jadi bisa menetapkan ekspektasi seperti apa yang mesti dibawa saat menonton. Sejujurnya emang masih bisa dinikmati, tapi ada beberapa hal yang terlalu menggelikan untuk aku abaikan. Hahaha.

      Caranya menyambungkan ke The Conjuring itu harus diakui cerdas sih. Ngingetin dengan cara Annabelle Creation menyambungkan ke Annabelle pertama. Halus.

      Delete
  7. Karakternya lumayan emang ya tapi sayangnya film keseluruhan kurang berbobot :))

    Also, if you are interested, I wrote a review on the film here: https://meshthemoviefreak.wordpress.com/2018/09/12/the-nun-2018-film-review-funny/ ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup. Ketolong sama akting pemainnya sih. Kalau nggak ya wassalam.

      Delete
  8. Hahaha saya baru tahu kalo ada lagu dangdut : KaubSeperti Valak. Langsung buka YouTube eh beneran ada lagux agak konyol. Thx U Bro...

    ReplyDelete
  9. Valak udah dikalahin pake darah yesus yg belum membeku. Trus napa dia comeback di the conjuring, apakah di ditolong comander zod dibebaskan dari kurungan dimensi?

    ReplyDelete

Mobile Edition
By Blogger Touch