November 17, 2018

REVIEW : SUZZANNA BERNAPAS DALAM KUBUR


“Memang tidak ada yang lebih menakutkan daripada setan yang masih punya urusan dendam.” 

Saat rencana untuk menggarap film Suzzanna – bintang sekaligus ikon film horor tanah air – diumumkan, respon publik terpecah ke dalam dua golongan utama; mendukung dengan alasan ingin bernostalgia, dan menentang dengan alasan trauma pada hasil akhir Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss. Direkrutnya Anggy Umbara untuk mengomandoi proyek jelas tidak membantu untuk memenangkan hati kaum kontra, lebih-lebih konsep film yang dipergunakan menyerupai Jangkrik Boss alih-alih berwujud remake atau membentuk narasi sama sekali anyar. Sikap skeptis yang membayangi sebagian masyarakat ini perlahan mulai luntur menyusul diluncurkannya foto adegan oleh Soraya Intercine Films. Foto yang menampilkan Luna Maya (kala itu namanya belum diumumkan secara resmi) sebagai Suzzanna ini menuai komentar positif dari netizen Indonesia yang dikenal julid. Komentarnya senada seirama yang bisa disimpulkan dengan beberapa kata seperti demikian: “gila, mirip bener dengan almarhumah! Penata riasnya keren banget!” Pengharapan yang tadinya telah menipis pun kembali mengangkasa utamanya berkat rentetan materi promosi Suzzanna: Bernapas dalam Kubur yang ditebar efektif – termasuk trailer yang mengundang selera. Janji-janji dari pihak Soraya jelas menunjukkan bahwa mereka tidak main-main dengan proyek ini yang kemudian melahirkan satu pertanyaan penting. Apakah materi promosi tersebut benar-benar mencerminkan kualitas film bersangkutan atau jangan-jangan film ini tergabung dalam barisan “don’t judge a movie by its trailer”? Hmmm… let’s see

Dalam Suzzanna: Bernapas dalam Kubur, Suzzanna (Luna Maya) digambarkan memiliki kehidupan yang bahagia dengan seorang pebisnis sukses bernama Satria (Herjunot Ali). Pada tahun kelima pernikahan, mereka telah dikaruniai segalanya kecuali momongan. Penantian panjang dua pasangan muda ini akhirnya tiba bersamaan dengan perginya Satria ke Jepang untuk melakukan perjalanan dinas. Alhasil, Suzzanna pun menjalani minggu-minggu pertama kehamilan hanya ditemani dengan tiga orang pembantunya; Rojali (Opie Kumis), Tohir (Ence Bagus), dan Mia (Asri Welas). Tidak ada yang salah dengan kesehatan maupun kandungan Suzzanna, bahkan dia pun masih sanggup buat bergabung dengan ketiga pembantunya untuk menonton layar tancap. Masalah dalam hidupnya lantas dimulai saat dia memutuskan untuk pulang lebih awal seorang diri dari pertunjukkan layar tancap lantaran merasa lemas. Tanpa pernah disadari oleh Suzzanna, ternyata ada empat karyawan Satria; Jonal (Verdi Solaiman), Umar (Teuku Rifnu Wikana), Dudun (Alex Abbad), dan Gino (Kiki Narendra), yang sedang merampok rumahnya guna membalas dendam kepada Satria. Tatkala Suzzanna memergoki keempatnya, rencana perampokan seketika gagal total dan tanpa disengaja justru berubah menjadi pembunuhan Suzzanna. Dilingkupi kepanikan, empat sekawan ini lantas mengubur jenazah Suzzanna di kebun belakang yang menjadi cikal bakal dimulainya teror dalam film ini. Arwah Suzzanna yang tidak tenang pun memutuskan untuk menuntut balas kepada kawanan yang telah membunuhnya dengan cara menghantui mereka satu demi satu di setiap malam. 


Berbeda dengan Jangkrik Boss yang memanfaatkan adegan-adegan ikonik dari film-film populer Warkop DKI sebagai jalan untuk menggulirkan cerita, Suzzanna: Bernapas dalam Kubur yang belakangan disutradarai oleh Rocky Soraya (nama Anggy Umbara tetap dicantumkan sebagai bentuk penghormatan meski kerja kerasnya dirombak nyaris seluruhnya) membuat satu cerita utuh yang tidak dibentuk dari kumpulan-kumpulan adegan dari film-film Suzzanna. Memang sih kamu masih akan menjumpai satu dua momen yang merekonstruksi adegan favorit penggemar. Salah satunya adalah ketika Suzzanna menyenandungkan tembang “Selamat Malam” milik Vina Panduwinata seraya bermain piano yang dicuplik dari Malam Satu Suro (1988) yang ndilalah punya keserupaan narasi dengan Suzzanna: Bernapas dalam Kubur. Namun film ini sebisa mungkin menghindari kemungkinan untuk mengalienasi penonton anyar gara-gara menebar terlalu banyak materi nostalgia. Toh, mereka yang mengagumi film-film Suzzanna telah diajak bernostalgia melalui permak wajah Luna Maya yang begitu menyerupai mendiang sampai-sampai saya berulang kali dibuat berdecak kagum (tak sia-sia ya mengimpor make-up artist dari Rusia), suasana era 1980’an yang begitu kental terpancar lewat printilan-printilan di sekitar para karakter termasuk kostum dan pengucapan dialog, keputusan si pembuat film untuk menonjolkan elemen dramatik mengikuti langkah yang dulu pernah dilakukan oleh Sundel Bolong (1981), hingga penggunaan musik dengan sentuhan orkestra dan choir sebagai penyokong adegan yang bertujuan untuk membangkitkan bulu kuduk penonton selaiknya film horor era 70-80’an. 

Ini jelas menarik, meski bukannya tanpa resiko. Saya menyebutnya menarik karena Suzzanna: Bernapas dalam Kubur menggunakan pendekatan yang sangat jarang diterapkan oleh film horor Indonesia masa kini. Alih-alih seketika menggedor jantung penonton menggunakan gempuran jump scares yang acapkali tak relevan, film bersedia untuk membangun kengerian secara perlahan tapi pasti. Penonton dikasih lihat terlebih dahulu soal kehidupan pribadi Suzzanna beserta orang-orang yang berada di sekitarnya, penonton juga diperkenankan untuk berkenalan dengan para pembunuh Suzzanna yang nantinya berubah menjadi korban. Oleh Bene Dion Rajagukguk selaku penulis skenario, karakter-karakter ini tak dibiarkan hampa. Mereka ada di sana bukan untuk sekadar diteror atau meneror, melainkan ada motivasi yang melandasi di belakangnya – malah saya juga bersimpati ke salah satu korban karena alasannya berhubungan dengan keluarga. Menariknya lagi, Bene bersama Rocky dan Anggy turut membangun mitologi yang jelas seputar Sundel Bolong sehingga penonton dapat memahami “cara kerja” si lelembut, ketimbang sebatas melihatnya bergentayangan lalu menghadapkan korban-korbannya pada ajal. Adanya pemaparan latar belakang si karakter tituler ini membuat dia lebih dari sekadar hantu pembalas dendam dan kita pun ditempatkan dalam posisi moral dilematis: mengetahui apa yang diperbuatnya salah, tapi kita berharap bahwa dia mampu menuntaskan misinya secara tuntas. Suatu perasaan yang amat jarang muncul saat menonton film horor kan? Apalagi film horor tanah air yang cenderung membentuk si hantu sebagai karakter satu dimensi.


Resiko yang mesti ditanggung dari keputusan si pembuat film ini adalah elemen horornya yang terkikis. Suzzanna: Bernapas dalam Kubur tentu masih mempunyai beberapa momen seram, favorit saya secara personal adalah ketika Suzzanna menjumput kepala salah satu korbannya yang terputus dari tubuhnya lalu pergi menjauhi kamera… dengan melayang, bukan berjalan. Akan tetapi, kengerian ini tak pernah benar-benar mencapai puncaknya. Pekik penonton yang menggema di dalam bioskop pun acapkali berasal dari muncratan darah (oh ya, film ini berdarah-darah, saudara-saudara!) ketimbang takut melihat Suzzanna. Dia memang memiliki tampilan fisik yang bikin nyali ciut, hanya saja karena dia mengincar orang-orang tertentu saja dan kita pun berharap mereka mati, alhasil rasa takut itu jarang sekali muncul dalam sesi balas dendam. Hmmm… itu berarti, keputusan berani si pembuat film berakhir sebagai pedang bermata dua, dong? Ya, itulah mengapa saya mengatakan pilihan tersebut memiliki resiko tinggi. Suzzanna: Bernapas dalam Kubur secara mengejutkan justru lebih efektif dalam bermain-main di ranah komedik berkat kehadiran trio Opie Kumis-Ence Bagus-Asri Welas yang tak pernah meleset dalam melontarkan banyolan – saya tertawa keras saat mereka mengendap-endap ke kamar Suzzanna. Segala kelakar di film ini menambal kekurangan pada elemen teror yang terasa kurang greget beserta elemen dramatik yang kadangkala menjemukan (pertengahan film sedikit berlarut-larut) dan kadangkala lempeng. 

Luna Maya telah bermain sangat meyakinkan sebagai Suzzanna, begitu pula dengan Teuku Rifnu Wikana dan Verdi Solaiman yang membuat saya sebal. Titik lemah departemen akting ada pada Herjunot Ali yang kurang menyatu bersama Luna Maya sekaligus menunjukkan reaksi aneh tatkala mengetahui bahwa istrinya adalah Sundel Bolong. Haruskah dia semarah itu sampai tanpa berpikir panjang memutuskan untuk mengusirnya? Bukankah dengan cintanya yang sedemikian besar, dia semestinya justru takut atau terombang-ambing terlebih dahulu sebelum mengambil langkah yang menyakitkan tersebut? Ketidakmampuan Herjunot (saya kok malah jadi langsung teringat Tenggelamnya Van der Wijck ya tiap dia berdialog?) untuk menandingi Luna berdampak pada babak klimaks Suzzanna: Bernapas dalam Kubur yang urung mengharu biru seperti diharapkan. Saya tak bisa menangis di momen puncak ini, dan saya juga tak sampai meringkuk takut menyaksikan teror Suzzanna. Untuk sesaat, film memang terdengar seperti produk yang kurang berhasil. Tapi kita perlu memperhitungkan faktor lain termasuk production value yang berada di atas rata-rata, performa apik sebagian besar pelakon, serta oh, saya selalu tertawa setiapkali trio Rojali-Tohir-Mia ambil peran. Setidaknya Suzzanna: Bernapas dalam Kubur masih mampu tampil menghibur dan asyik ditonton ramai-ramai, meski film tak pernah benar-benar mencapai potensi besar yang dipunyainya. Saran saya sih, simpan ekspektasi tinggimu untuk film ini di rumah lalu nikmati saja tontonan hiburan ini tanpa membawa pengharapan apapun. Bukan tidak mungkin, kamu akan lebih menikmatinya.

Exceeds Expectations (3,5/5)


15 comments:

  1. Mantap reviewnya,, ini bakal ada sekuel nya gak ya.. Melihat jumlah penonton yg membludak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih 😀
      Mestinya sih ada ya. Rasa-rasanya kok tak mungkin Soraya melepaskan cap dagang ini begitu saja setelah melihat respon penonton yang positif.

      Delete
    2. Semoga ajah ada ya,,, saya sebenarnya blm sempet menonton nya jadi belum bisa berkomentar banyak..
      Nunggu sdh baru saya komen lagi ya.

      Delete
    3. Ditunggu kesan kesannya buat film ini yaa. Selamat menonton 😀

      Delete
  2. Luna Maya jd SUZZANNA memang MANTUL tp cara bicaranya kadang bikin lucu dan bikin saya ketawa, seharusnya ini bukan film HORROR tp DRAMA krn unsur horror nya sedikit, kebanyakan DRAMA. Comedy nya saya suka, bner lucu dan menggemaskan. Main dibioskop smpe 10x mengalahkan jadwal FANTASTIC BEAST 2, BANGGA sama Film Indonesia. Ternyata Fans Suzzanna lebih byk dari fans JK ROWLING.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Faktor make up tuh. Beberapa kali keliatan kalau Luna Maya agak kesulitan sewaktu ngomong. Hahaha.

      Oh jelas fans Suzzanna lebih banyak di sini, dari berbagai lapisan masyarakat dan usia. Legendaris. Kalau Fantastic Beast kan kebanyakan hanya menjangkau fans Harry Potter, itupun tidak semua. 😀

      Delete
  3. boleh saya share ke group facebook? thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh. Silahkan saja. Tapi tetap cantumkan source ke sini ya. 😀

      Delete
  4. Sebagus apapun review film Indonesia saya tidak pernah tertarik nonton film Indonesia.. apalagi nonton di bioskop.. kapok..

    Terakhir kali nonton film Indonesia dan bagus itu film AADC2, Tanah surga Katanya.. The Raid dan The Raid 2..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah makin banyak kok yang beneran bagus. Kalau kapok nonton di bioskop, jajal dulu via streaming. Sekarang udah ada iflix, Hooq, Viu, dll. Kamu udah pernah mengutarakan ini di review lain, dan kalau nggak ada usaha buat jajalin ya bakal selamanya bilang kapok. Penyebab kekapokanmu bukan karena nggak ada film Indonesia yang bagus, tapi karena kamu emang nggak mencoba buat menonton yang dibilang bagus oleh orang lain. Menutup diri.

      Delete
  5. Barusan nonton. Iya ih hambar yak. Tapi kok scene dia makan sate gaada ya mas, padahal itu yg paling ikonik?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karna itu copyright nya ph Rapi Films di film Sundel Bolong. Sedangkan Bernafas dalam kubur produksi ph Soraya films

      Delete
  6. Kemarin saya juga sempat nonton dan saya kira ini film horor terbaik tahun ini, saya suka cerita horor yg berbau klenik lokal dengan sedikit pendekatan agamanya, ini film menghadirkan cerita yg fresh yy sebelumnya tidak ada di film horor manapun, saya bahkan sempat buat reviewnya di blog pribadi saya

    https://kalinggasfachrie.blogspot.com/2018/11/reviem-film-suzzanna-bernapas-dalam-kubur.html

    ReplyDelete

Mobile Edition
By Blogger Touch