January 2, 2019

10 FILM INDONESIA TERBAIK 2018 VERSI CINETARIZ


Selamat datang tahun 2019, selamat tinggal tahun 2018! 

Guna menyambut datangnya tahun baru ini, maka izinkanlah saya untuk sejenak mengilas balik film Indonesia dalam setahun terakhir ini yang sukses menorehkan rekor usai mendatangkan 50 juta penonton buat berbondong-bondong memenuhi bioskop (!). Kilas balik yang saya persiapkan sih sederhana saja karena sejatinya sudah menjadi tradisi tahunan Cinetariz sejak dahulu, yakni daftar personal bertemakan “film Indonesia terbaik 2018”. Yang perlu saya tegaskan kembali, daftar ini bersifat personal sehingga lebih tepat jika dibaca: film-film Indonesia yang akan saya rekomendasikan untuk kalian dengan senang hati. Oleh karena itu, adalah suatu hal yang wajar apabila ada perbedaan pendapat dengan pembaca budiman. Karena bagaimanapun juga, daftar ini bersifat subjektif yang besar kemungkinan dipengaruhi pula oleh pengalaman menonton maupun kedekatan representasi. 

Khusus untuk daftar tahunan film Indonesia kali ini, saya terpaksa mengerucutkannya menjadi 10 besar saja (plus 5 untuk honorable mentions). Selain karena terlalu malas buat berpanjang-panjang dalam mengetik (pegel euy!), ternyata tak banyak pula film Indonesia di tahun 2018 yang benar-benar merasuk ke dalam hati. Dari 80-an judul yang dilahap di bioskop-bioskop tanah air sepanjang tahun, hanya ada sekitar 10% saja yang terbilang cihuy. Selebihnya berada dalam kategori “just okay” atau “bagus sih, tapi…” atau malah “errr…” Itulah mengapa, daftar tahun ini cenderung gampang-gampang susah untuk disusun. Gampang karena film yang membekas di hati langsung terpampang nyata di ingatan, dan susah karena agak berpikir panjang untuk menggenapi daftar. Daripada terkesan dipaksakan, akhirnya mau tau mau diputuskan untuk dipadatkan menjadi 10 besar saja dan tanpa perlu berbasa basi lagi, inilah film-film Indonesia pilihan saya dari tahun 2018 dimulai dengan… 

Honorable Mentions (film-film yang nyaris masuk top 10 diurutkan berdasarkan abjad) 

# A Man Called Ahok


Film biopik yang mengikat dan Denny Sumargo membuktikan bahwa dia layak diperhitungkan. 

# Jelita Sejuba


Putri Marino keren sekali, begitu juga dengan adegan melamar menggunakan teropong. So sweet! 

# Rompis 


Ini bukan film percintaan remaja menye-menye lho. Obrolan soal hubungan asmaranya dewasa banget. 

# Suzzanna Bernapas dalam Kubur 


Kocak dan elemen teknisnya juara. Luna Maya pun mirip banget dengan mendiang Suzzanna! 

# Yowis Ben 


Senang bisa mendengar dialog Bahasa Jawa Malangan di sepanjang film. Plus, guyonannya lucu pol! 

Lalu inilah… 

TOP 10 

#10 Sultan Agung: Tahta, Perjuangan, Cinta 


Sultan Agung: Tahta, Perjuangan, Cinta memiliki dua versi yang dipertontonkan ke publik dengan kualitas jauh berbeda. Yang pertama adalah versi bioskop berdurasi 148 menit yang bikin mengernyitkan dahi, sementara yang kedua adalah versi Director’s Cut berdurasi 160 menit (ini sempat ditayangkan di Jogja-NETPAC Asian Film Festival 2018) yang membayar lunas kekecewaan pada versi bioskop. Saya beruntung sekali berkesempatan untuk menyaksikan versi kedua yang memang jauh lebih baik dari segi penceritaan. Ada narasi utuh nan memuaskan yang menjelaskan tentang kebesaran si karakter tituler sehingga muncul pemahaman mengapa sosoknya dianggap penting, ada performa sangat baik dari pemain ansambel khususnya Marthino Lio, dan ada pula visual megah di dalamnya. Favorit saya adalah adegan pemakaman Sultan Agung di ujung film yang membuat diri ini merinding. 

#9 Eiffel… I’m in Love 2


Inilah kejutan manis pertama di tahun 2018. Tanpa dinyana-nyana, Eiffel… I’m in Love 2 sanggup dihadirkan sebagai tontonan percintaan yang memikat, manis-manis menggemaskan, jenaka, sekaligus tampak mewah. Interaksi antara Shandy Aulia dengan Samuel Rizal masih seperti yang kita saksikan 15 tahun lalu, bahkan lebih asyik. Ada keseruan tersendiri menyaksikan mereka bersama-sama baik saat ribut-ribut yang memunculkan elemen komedi menyegarkan maupun saat bermesraan yang menghadirkan elemen romantis yang bikin senyum-senyum. Film ini pun mempunyai salah satu adegan paling romantis dalam film percintaan tanah air dalam bentuk adegan rekonsiliasi dua karakter utama di Menara Eiffel yang sekaligus memberi penjelasan memuaskan kepada penonton mengenai alasan keduanya tak kunjung dipersatukan dalam ikatan pernikahan. 

#8 Aruna dan Lidahnya


Saya menyukai energi yang diberikan oleh Hannah Al Rashid untuk karakternya yang menggemari tantangan, saya juga menyukai Nicholas Saputra yang bermain amat santai yang secara tak langsung melepaskan citra angkuh dari karakter Rangga, dan saya pun menyukai ekspresi berikut gestur yang ditunjukkan oleh Dian Sastro setiap kali karakternya malu-malu tapi mau saat berada di dekat karakter yang dimainkan oleh Oka Antara dan 'merobohkan dinding kempat' (seolah berbicara kepada penonton). Bikin gemas, bikin ketawa ngakak. Lakon apik jajaran pemain ini merupakan salah satu kunci yang membuat Aruna dan Lidahnya terasa lezat kala disantap disamping visual yang bikin ngiler dan pemilihan lagu-lagu pengiring dari era 90-an yang mampu merasuk ke dalam sejumlah adegan. 

#7 Wiro Sableng: Pendekar Kapak Maut Naga Geni 212


Apabila ekspektasimu tidak menjulang tinggi-tinggi dengan mendamba film ini memiliki narasi kompleks sarat intrik dan pencapaian teknis setingkat film blockbuster buatan studio besar Hollywood hanya karena keterlibatan Fox di dalamnya, rasa-rasanya tidak sulit untuk terpuaskan oleh Wiro Sableng Pendekar Kapak Maut Naga Geni 212. Film ini mampu memenuhi segala pengharapan saya sebagai sebuah tontonan silat yang berdiri di jalur eskapisme. Kocak, seru, dan menyenangkan. Lontaran humor yang sebagian besar digenggam oleh karakter Wiro mengikuti celetukan beserta sikapnya yang tengil-tengil sableng tidak sedikit diantaranya yang mengenai sasaran sampai-sampai beberapa kali saya dibuat tergelak-gelak selama menonton. 

#6 Koki-Koki Cilik


Ada satu perasaan yang didapat usai menyaksikan Koki-Koki Cilik di bioskop, yakni bahagia. Sepanjang durasi mengalun, film ini sanggup membawa saya melewati berbagai macam fase emosi yang membuat diri ini tertawa terbahak-bahak, lalu menyeka air mata, kemudian meneteskan air liur, sampai termotivasi. “Pokoknya, aku harus bisa masak. Masak salmon yang enak seperti dedek-dedek itu!,” begitu ujar saya selepas melangkahkan kaki ke luar gedung bioskop. Ya, ada banyak kesenangan dan rasa semangat yang diciptakan oleh Ifa Isfansyah dalam Koki-Koki Cilik, bahkan sedari menit pertama yang memberi kita sebuah tampilan unik pada opening credit

#5 The Night Comes for Us


Melalui The Night Comes for Us, Timo Tjahjanto unjuk kebolehan yang sekaligus membuktikan bahwa kemampuannya dalam menggarap film laga telah menunjukkan perkembangan signifikan dan kegilaan visualnya bisa sangat melampaui batas saat sensor tak lagi membelenggu. Ada banyak momen laga yang bisa dikenang di sini yang bukan semata-mata berkesan karena tingkat kesadisannya yang jahanam, tetapi juga karena kecakapan si pembuat film dalam mengeksekusinya yang melibatkan permainan teknis mengagumkan. Selain itu, kapan lagi coba kita bisa melihat seabrek bintang besar tanah air keluar dari zona nyaman mereka lalu terlibat dalam pertarungan brutal dan bersimbah darah? Kapan lagi coba melihat trio Dian Sastro, Hannah Al Rashid, dan Julie Estelle saling berhadap-hadapan dalam pertarungan mematikan? Kesempatan itu mungkin hanya akan kamu dapatkan di sini. 

#4 Milly & Mamet


Berhubung komedi adalah sinonim dari Milly dan Mamet, maka melihat Ernest Prakasa menampilkan keduanya dalam wajah komedi bukan lagi sesuatu yang mengejutkan. Kejutan justru datang ketika mareka dihadapkan pada momen manis romantis yang memperlihatkan ketangguhan chemistry serta momen emosional yang menunjukkan range emosi dari Sissy Prescillia beserta Dennis Adhiswara. Kita ikut tersentuh, kita ikut bersedu sedan, dan kita ikut berharap agar mereka menemukan solusi terbaik atas permasalahan yang dihadapi. Bersama mereka pula, penonton dibawa pada perenungan mengenai makna dibalik hubungan asmara yang erat kaitannya dengan tanggung jawab, kerja sama, sampai komunikasi. Milly & Mamet (Ini Bukan Cinta & Rangga) tak hanya sanggup memancing derai tawa, tetapi juga mampu memainkan emosi penonton sedemikian rupa. 

#3 Love for Sale


Love for Sale menghadapkan kita pada berbagai macam rasa yang datang secara silih berganti di sepanjang durasi. Ada kejenakaan, ada rasa manis, dan ada pula rasa getir. Gading Marten dalam performa sangat mengesankan (yang mungkin tak pernah diantisipasi oleh sebagian penonton) sanggup memperlihatkan sisi rapuh dan menyedihkan dari karakter utama, Richard, yang kesepian sekaligus mendamba cinta sejati dibalik topeng tangguh yang dikenakannya. Ditunjang oleh skrip cerdik, mudah untuk terhubung lalu memberikan dukungan kepadanya karena karakter Richard yang dekat dengan realita: dia bisa saja kamu, dia bisa saja orang yang kamu kenal. Lebih-lebih, Gading membentuk ikatan kimia meyakinkan bersama pendatang baru Della Dartyan yang auranya memancar kuat sehingga kita mafhum mengapa sosok Arini bisa membuat Richard bertekuk lutut. 

#2 Sebelum Iblis Menjemput


Sedari prolog yang menjabarkan latar belakang narasi, Sebelum Iblis Menjemput telah tancap gas. Tidak ada waktu bagi penonton untuk menyiapkan mental dan film juga tidak menghabiskan banyak waktu untuk berbasa-basi. Alhasil, kesempatan untuk menghembuskan nafas lega seketika lenyap. Teror yang digebernya terus mengalami eskalasi dari sisi ketegangan dan kegilaan di setiap menitnya. Apa yang kamu anggap menyeramkan di separuh awal, bisa jadi belum ada apa-apanya dibandingkan apa yang akan kamu jumpai di paruh selanjutnya. Sebelum Iblis Menjemput memang tidak menawarkan twist pada narasinya, tapi film ini senantiasa memberi kejutan dalam hal performa jajaran pemain dan teror. Akting trio Chelsea Islan, Pevita Pearce, dan Karina Suwandi di sini sungguh ngeri-ngeri sedap. Ini adalah permainan lakon langka yang mungkin tidak akan lagi kamu jumpai di film selanjutnya. 

#1 Teman Tapi Menikah 


Plot yang kelewat umum bisa saja membuat sebagian penonton memandangnya remeh. Akan tetapi, film ini sanggup membuktikan bahwa jalinan penceritaan yang begitu sederhana dan terasa sangat familiar akan tetap menghasilkan tontonan yang meninggalkan kesan mendalam apabila mendapat penanganan yang tepat. Chemistry Vanesha Prescilla dengan Adipati Dolken adalah aset berharga yang dimiliki oleh Teman Tapi Menikah. Berkat mereka, kita bisa bersimpati lalu memberikan restu kepada hubungan Ayu-Ditto. Siapapun telah mengetahui bagaimana kisah mereka akan berakhir di penghujung film. Namun penampilan bagus jajaran pemain ditunjang oleh naskah berisi, pengarahan yang lancar, penyuntingan yang dinamis, tangkapan kamera yang cantik, serta iringan musik beraroma jazz yang membantu menciptakan nuansa romantis-menggemaskan, membuat proses menuju bersatunya Ayu-Ditto terasa sangat mengasyikkan untuk diikuti. Kita ikut tertawa, tersenyum-senyum gemas, sampai menyeka air mata haru. Jarang-jarang ada film percintaan tanah air yang penceritaannya bisa sedemikian mengalirnya. Teman Tapi Menikah jelas merupakan salah satu film percintaan terbaik yang pernah dibuat di Indonesia.

Bagaimana dengan pilihan kalian? Share yuk di kolom komentar.

25 comments:

  1. Whaaaat, Eiffel I'm In Love 2 masuk 10 besar? Mencengangkan, banyak adegan yang gak masuk akal dan terasa dipaksakan. Contohnya Kenapa Bundanya nggak ngasih tita bawa HP? Padahal udah 27 tahun, Apa sebabnya? apa biar kita nostalgia?
    Mili adn aMamet Emang bagus tapi sayang Isyana cuma tampil 3/4 sin. Bertahan performanya bagus

    ReplyDelete
    Replies
    1. Couldn't agree more! 27 tahun gak punya hp dan bisa bertahan LDR dengan karakter mereka yg seperti itu. -,-

      Delete
    2. Percaya atau tidak, ada kok orang yang bisa bertahan hidup tanpa hp. Keluarga dosenku seperti itu (bahkan mereka juga nggak punya tv) dengan alasan ingin menghindarkan keluarganya dari info negatif. Mengambil contoh dari public figure, ada Keiichi Hara (sutradara Jepang) yang tidak memakai hp. Chow Yun Fat pun sudah sangat lama tidak mengganti hp. Lalu dimanakah letak tidak masuk akalnya? Perlu diingat juga, orang tua Tita overprotective. Kalau kamu menganggap ini aneh, well, berarti kamu belum pernah ketemu dengan orang seperti itu. Tidak semua orang menganggap hp sebagai suatu kebutuhan. Lagipula, pekerjaan Tita juga tidak menuntut dia untuk selalu bersentuhan dengan alat komunikasi jadi wajar saja. Soal LDR pun bisa saja apalagi kalau dasarnya mereka saling cinta dan berdasar penjelasan mereka, komunikasi tetap jalan. Lagipula Tita kan udah cinta mati dengan Adit dan kedua belah pihak keluarga juga udah setuju. Lalu mengapa tidak bisa?

      Delete
    3. Iya saya tau dan sadar, ada orang seperti itu, tp menurut saya, terlalu memaksakan. Itu Menurut saya. Oh Iya Bang The Gift nggak masuk list, ya?

      Delete
    4. Tadinya masuk kok sewaktu dibikin 20 besar. Tapi pas dikerucutin, jatahnya dikasih ke Ahok. Biar lebih bervariasi, kebanyakan film percintaan soalnya di list ini. Hahaha.

      Delete
  2. Kenapa aku jadi terharu film Teman tapi Menikah di peringkat satu :'))

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin karena kamu penonton setia vlog nya #temantapimenikah

      Delete
    2. @Putri: Kena banget yaa ke kamu? Hihihi. Tapi filmnya emang keren banget kok. Salah satu film percintaan terbaik yang pernah dibuat di Indonesia.

      Delete
  3. Yowis Ben sama Koki Koki Cilik itu sama-sama film positif. Nontonnya bikin seneng padahal ceritanya simpel dan formulanya udah banyak dipakai di film lain.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yoih. Perfilman Indonesia butuh lebih banyak film dengan vibe positif seperti ini. Mudah-mudahan tahun ini bertambah. Yang jelas sih, Keluarga Cemara termasuk film jenis ini.

      Delete
  4. Hmmmmmmmmm teman tapi menikah ngalahin sebelum iblis menjemput n love for sale?

    Hmmmm sepertinya tahun ini list favorit kita agak beda yaa om. Ada beberapa film yg saya kaget ada di daftar ini 😁 anyway, sukses terus cinetariizzz, ditunggu list film dunia nya yaa (berharap banget SIM masuk list dunia).

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aminnnn... Nggak yakin sih SIM bakal masuk list dunia soalnya tahun kemarin buanyak yang bagus.

      TTM bisa ngalahin LFS dan SIM itu didasari satu faktor krusial yang sering aku jadiin patokan: repeat viewing. Ini film yang kerasa makin bagus saat makin sering ditonton dan nggak bosenin juga. Aku percaya bakal jadi klasik kok ini suatu saat nanti 😊

      Delete
  5. Anyway, gue cume heran kenapa film Sultan Agung gak dirilis yang versi 160 menit di penayangan reguler daripada versi 148 menit tapi ada yang kurang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang versi bioskop dianggap lebih komersil. Yaaa manut lah sama yang punya duit. Padahal sayang banget emang karena perbedaannya terhitung jauh.

      Delete
  6. Saya Lagi Nunggu, Warkop DKI Part 2, AADC 3, Si Doel Part 2, Sama Minion 4 :D Jangan Lupa Mampir Di Blog Saya Ya https://pesan-iseng.blogspot.com

    ReplyDelete
  7. 10 film indonesia terbaik menurut akun @nontonfilmjadul

    1.Love For Sale
    2.Lima
    3.Koki Koki Cilik
    4.Kafir
    5.Milly & Mamet
    6.Sebelum Iblis Menjemput
    7.Sultan Agung
    8.Aruna & Lidahnya
    9.Dilan 1990
    10.Si Doel The Movie

    ReplyDelete
  8. Teman tapi menikah menurut aku adalah film yang berhasil meninggalkan kesan yg mendalam dan nggak diragukan lagi kalau chemistry Adipati dan vanesha emang juaraaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yups. Sederhana tapi sangat mengena. Nggak gampang lho bikin film dengan ide cerita klasik tapi tetap terasa asyik saat ditonton.

      Delete
  9. Saya cuma nonton the Night comes for US..

    ReplyDelete
  10. Penasaran untuk list film terbaik dari luar nih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lagi disiapin, mudah-mudahan secepatnya bisa diposting 😀

      Delete
  11. Mantap min. Banyak yg setuju tentang daftar filmnya. Ngikutin cinetariz dari review the nun, pas dibaca ternyata reviewnya tidak mengutamakan alur cerita tapi mengutamakan teknis film. Jadi sama sekali ga spoiler, trus klo mau nonton film di bioskop juga selalu liat review cinetariz dulu, karena menurut saya standar film cinetariz tinggi. Sukses buat cinetariz

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah terima kasih banyak, Budi 🙏
      Seneng banget kalau reviewku bisa sangat membantu. 😊

      Delete

Mobile Edition
By Blogger Touch