February 10, 2019

REVIEW : LAUNDRY SHOW


“Kenapa kamu bisa kasih diskon ke Mas Yaya?”

“Kan kata Kokoh pelanggan adalah raja. Lha kalau raja minta potongan harga masa kita nggak ngasih?”

Setidaknya ada tiga faktor utama yang membuat saya tergelitik buat menjajal nonton Laundry Show di bioskop: 1) keterlibatan Upi (My Stupid Boss, My Generation) di penulisan skenario, 2) materi promosi yang disajikan dalam bentuk trailer tampak menggoda bagi saya utamanya pada bagian Tissa Biani mengucap dialog “Kan kata Kokoh pelanggan adalah raja. Lha kalau raja minta potongan harga masa kita nggak ngasih?” dengan ekspresi sengak tanpa rasa bersalahnya, dan 3) hey, jarang-jarang ada kan film Indonesia yang menempatkan profesi tertentu sebagai sorotan utama dalam guliran kisah alih-alih sebatas untuk memperkuat latar belakang si tokoh sentral? Dalam Laundry Show yang digarap oleh Rizki Balki (A: Aku, Benci & Cinta, Ananta) ini, penonton disodori narasi soal membangun kerajaan bisnis laundry secara mandiri. Atau dengan kata lain, menekuni dunia wirausaha. Sebuah guliran penceritaan yang sedikit banyak mengingatkan diri ini pada dwilogi Filosofi Kopi yang mengulik soal profesi barista beserta pahit manisnya terjun ke bisnis kafe kopi. Sedikit banyak pula melontarkan ingatan pada Cek Toko Sebelah yang membahas tentang persaingan dalam dunia bisnis (di sini, konteksnya adalah toko kelontong) dan kebetulan juga sama-sama menempatkan karakter keturunan Cina di poros utama pengisahan.  

Meski ada keserupaan dengan kedua film tersebut, karakter Uki atau Kokoh (diperagakan Boy William dalam salah satu akting terbaiknya) dalam Laundry Show tidak diceritakan telah mapan secara finansial, atau sudah bermimpi untuk menjadi pengusaha sedari awal, maupun telah mempunyai bisnis sukses untuk dilanjutkan. Tidak. Dia merintis bisnis laundry “Halilintar” miliknya dari nol. Gagasan untuk menekuni dunia wirausaha ini pun mendadak terlintas di pikirannya usai dia menyadari bahwa karirnya di agensi periklanan cenderung jalan di tempat. Gagasan ini semakin menguat setelah dedikasi Uki kepada perusahaan selama lima tahun tak pernah sekalipun diapresiasi oleh sang atasan (Ferry Salim) dan upayanya untuk maju malah membuatnya dilabeli sebagai penjilat. Ditengah kekesalannya, Uki tanpa sengaja menyaksikan sebuah acara motivasi di televisi yang kemudian mendorongnya untuk melakukan tindakan nekat: mengundurkan diri dari pekerjaan lamanya, lalu mengumpulkan seluruh tabungannya, dan akhirnya mendirikan bisnis laundry. Tentu saja, Uki tak serta merta mencapai kesuksesan seperti dalam bayangannya. Dalam perjalanannya merintis usaha, Uki mau tak mau harus bersabar dalam menghadapi karyawan-karyawannya yang tidak kompeten dan memutar otak demi memenangkan persaingan bisnis laundry dengan seorang perempuan yang diam-diam ditaksirnya, Agustina (Gisella Anastasia).


Menilik narasinya yang berpusat pada perjuangan seorang pemuda dalam membangun kerajaan bisnisnya, mudah untuk mengategorikan Laundry Show sebagai “tontonan inspiratif berpesan moral”. Dan memang betul, ini bukan semata-mata sajian yang mengajak penonton untuk hura-hura dengan banyolan melainkan turut menggelontorkan pesan tentang menentukan pilihan hidup, keberanian dalam mengambil resiko, serta tentunya, entrepreneurship. Seluruh pesan ini diutarakan oleh Boy William menggunakan teknik voice over yang mengiringi sejumlah adegan dengan tujuan menjelaskan pemikiran-pemikiran karakter Uki. Terdengar menceramahi atau tidak, itu tergantung perspektif. Bagi saya sih, penyampaiannya terasa asyik-asyik saja buat diikuti dan pesannya yang meluruskan cara pandang terhadap konsep “sukses dalam berwirausaha” pun mengena ke hati. Toh Rizki Balki beserta Upi mengaplikasikan gaya bercerita ini secara konsisten di sepanjang durasi dengan menempatkan Boy William sebagai narator yang mengutarakan kembali pengalaman-pengalamannya selama merintis bisnis laundry kepada penonton. Jadi terasa masuk akal saat kemudian dia turut melontarkan sejumlah “pesan moral” dari rangkaian pengalaman buruk yang pernah dialaminya ditengah-tengah ceritanya. Bukan secara ujug-ujug disematkan ke dalam dialog percakapannya dengan karakter-karakter tertentu hanya demi memfasilitasi munculnya kata-kata motivasi yang tentunya lebih terasa kurang wajar.

Secara pribadi sih, saya menikmati apa yang disajikan oleh Laundry Show. Gelak tawa yang dimunculkannya memang tidak pernah benar-benar meledak atau bakal membekas lama di ingatan, tetapi hampir sebagian besar diantaranya bekerja dengan efektif. Saya menyukai karakteristik dari setiap pegawai Uki yang ajaib, khususnya Tiur yang judesnya amit-amit (dimainkan dengan sangat mengesankan oleh Tissa Biani) dan Joni si “otak kecil” dengan logat Madura-nya yang kental (diperankan oleh Erick Estrada). Saya juga menyukai kemunculan momen musikal dalam misi pengintaian yang dikemas cukup meriah. Dan saya pun menyukai pengarahan lincah Rizki Balki yang berpadu manis dengan penyuntingan dinamis Ahsan Adrian, pergerakan kamera santai Aga Wahyudi, serta penataan artistik cantik sehingga memungkinkan Laundry Show untuk tampil enerjik sekalipun sebagian besar durasi mengambil latar di satu tempat: “Halilintar” milik Uki. Dalam penanganan yang kurang tepat, Laundry Show berpotensi menjemukan dan saya sungguh merasa beruntung karena tidak menemukan rasa jenuh itu di sini. Satu-satunya keluhan yang dapat saya sematkan bagi film ini adalah perubahan rasa dalam karakter Uki-Agustina yang kelewat cepat di paruh akhir. Mereka saling taksir pada mulanya, lalu saling benci begitu mengetahui bahwa mereka adalah saingan bisnis seperti Tom Hanks dengan Meg Ryan dalam You’ve Got Mail (1998). Tapi perseteruan diantara mereka diberi penyelesaian mudah sehingga meniadakan satu sensasi di menit-menit akhir Laundry Show: gemas. Andai durasi sedikit diperpanjang demi mengembangkan porsi kisah kasih dua karakter ini, bisa jadi film akan menggoreskan kesan lebih kuat dari ini.

Exceeds Expectations (3,5/5)


1 comment:

  1. Terima kasih atas artikelnya, saya dengar dari teman Laundry Premium Medan bagus katanya, apakah sudah pernah dengar?

    ReplyDelete

Mobile Edition
By Blogger Touch