May 24, 2019

REVIEW : ALADDIN (2019)


“I made you look like a prince on the outside, but I didn’t change anything on the inside.”

Saat pertama kali menengok barisan promosi yang ditebar untuk Aladdin, dahi ini tiba-tiba mengernyit dan sikap skeptis lantas merasuki diri. Yakin nih Disney membuat ulang salah satu film animasi tersakral mereka dalam tampilan yang lebih layak untuk dirilis di Disney Channel alih-alih bioskop seperti ini? Ya, tidak hanya penuh keraguan, saya pun julid dan suudzon. Padahal belum melihat secara langsung hasil kinerja Guy Ritchie yang sebelumnya menggarap Sherlock Holmes (2009) beserta King Arthur: Legend of the Sword (2017) tersebut. Disamping trailer yang sama sekali tidak menggairahkan, tiga faktor lain yang memantapkan keraguan adalah: 1) perusahaan film berlogo tikus ini baru saja melepas interpretasi baru untuk Dumbo yang luar biasa hambarnya, 2) jejak rekam sang sutradara yang berjibaku di genre laga tak ramah keluarga, dan 3) jajaran pemainnya tak nampak menjanjikan. Jadi, apa yang bisa diharapkan dari versi live action untuk film animasi rilisan tahun 1992 ini? Tanpa membawa bekal berwujud ekspektasi tinggi, saya pun memutuskan untuk menyaksikan Aladdin di studio terbesar yang telah disokong oleh teknologi suara Dolby Atmos. Keyakinan saya bahwa apa yang akan tersaji di layar adalah parade kekonyolan secara perlahan tapi pasti mulai tergerus seiring berjalannya durasi. Saya yang tadinya kemrungsung (baca: hati tidak tenang) lantaran membaca berita-berita buruk, tiba-tiba merasakan sensasi rasa yang tidak pernah diperkirakan bakal muncul setelah menonton Aladdin yakni bahagia. Pepatah bijak yang berbunyi “jangan menilai buku dari tampilan luarnya” ternyata memang benar adanya dan saya baru saja ditampar keras-keras olehnya.

Karakter utama dalam film ini tetaplah seorang pencuri berhati emas bernama Aladdin (Mena Massoud) yang mendiami sebuah kota fiktif di kawasan Timur Tengah, Agrabah. Ditengah pelariannya selepas melakukan aksi, Aladdin berjumpa dengan putri Sultan, Jasmine (Naomi Scott), yang sedang blusukan. Bertahun-tahun tinggal di istana tanpa mengetahui situasi kondisi dunia luar, Jasmine bertindak keliru yang seketika membangkitkan amarah seorang pedagang di pasar. Saat Jasmine terpojok, Aladdin datang menyelamatkan. Dia membawanya ke gubuk bersahaja miliknya yang terbuat dari puing-puing rumah yang ditinggalkan. Dari sini, Jasmine melihat sisi lain Agrabah yang sebelumnya tak pernah disaksikannya dan dia pun jatuh hati kepada Aladdin. Kebersamaan keduanya ini sayangnya berlangsung singkat lantaran seorang pangeran dari Eropa hendak menyambangi istana demi meminang Jasmine. Seperti kita ketahui bersama, pinangan tersebut tak digubris oleh tuan putri. Dia masih mendamba Aladdin yang lantas menyusup ke istana demi mengembalikan gelang Jasmine yang dicuri oleh monyet peliharaannya, Abu. Belum sempat mereka bermesraan, Aladdin ditangkap Perdana Menteri sekaligus ahli sihir kerajaan, Jafar (Marwan Kenzari), yang kemudian memanfaatkan sang protagonis untuk mencuri lampu ajaib dari sebuah gua – Cave of Wonders – yang konon kabarnya mampu mengabulkan segala permintaan. Benar saja, ada jin biru dengan pembawaan ceria bernama Genie (Will Smith) bersemayam di dalamnya yang membuat kisah percintaan beda kasta Aladdin-Jasmine serta kisah ambisi Jafar untuk menduduki tahta kerajaan menjadi kian menarik untuk diikuti.


Narasi yang diusung Aladdin sebetulnya sederhana dan mereka yang telah menonton versi animasinya yang disadur dari kumpulan dongeng bertajuk One Thousand and One Nights tentu sudah mengetahui seluk beluknya. Jadi, apa yang menarik dari film ini sampai-sampai saya menyesal telah menanamkan pemikiran buruk kepadanya dan akhirnya malah berujar “I love it!” selepas menonton? Bagi saya, satu hal paling menarik dari Aladdin adalah si pembuat film berhasil memindahkan daya magis yang dipunyai oleh versi animasinya ke dalam format live action. Memunculkan sense of wonder yang kembali mengingatkan penonton mengenai alasan utama sinema diciptakan: memberi penghiburan kepada pikiran penat beserta hati yang tengah berduka dengan kisah-kisah imajinatif. Guy Ritchie yang meninggalkan zona nyamannya berupaya memenuhi tujuan tersebut dan mesti diakui upayanya ini berbuah manis. Selama durasi mengalun yang merentang sepanjang 128 menit, saya seperti dibawa kembali ke masa kanak-kanak yang jauh dari sikap sinis. Ada banyak kemeriahan, ada banyak kekaguman, dan ada banyak kebahagiaan di berbagai sudut film. Saking seringnya, saya sampai kelupaan buat menghitung berapa kali diri ini dibuat tersenyum, terpingkal-pingkal, serta terperangah. Sedari tembang “Arabian Nights” yang menghantarkan kita memasuki dunia seribu satu malam yang divisualisasikan dengan penuh warna, lalu berlanjut pada momen musikal “One Jump Ahead” yang aransemen barunya membawa ingatan ini melayang ke trilogi High School Musical, saya sudah terpikat kepada Aladdin. Perasaan ini lantas berkembang menjadi jatuh hati setelah film menghadirkan nomor “Friend Like Me” beserta “Prince Ali” yang gegap gempita dan kembali dikonfirmasi melalui “A Whole New World” yang sekalipun tak seindah materi aslinya tetapi sanggup bikin hati terasa nyesss. Jangan juga dilupakan adalah tembang emosional “Speechless” yang bisa jadi akan meneruskan kedigdayaan “Let It Go” dari Frozen (2014).

Selain disebabkan oleh momen musikal yang rancak, Aladdin mampu tampil menjulang berkat guliran penceritaan Aladdin yang mengena sekaligus mengandung pesan sangat baik. Dari segala tindak tanduk para karakter inti, penonton bisa belajar mengenai keberanian, kepedulian, bersikap apa adanya tanpa kepalsuan, maupun persahabatan. Disamping itu, Disney turut memberikan sedikit pelintiran pada kisah yang menjadikannya bukan adaptasi plek ketiplek melainkan interpretasi baru. Disini, sosok Jasmine didesain lebih kuat sehingga dapat menginspirasi para perempuan untuk bersuara ketimbang pasrah pada keadaan yang menyulitkannya dan sosok Jafar yang serakah diharapkan dapat memberi peringatan kepada para pemburu kekuasaan. Seperti kata Genie, “uang dan kekuasaan tidak akan pernah cukup. Kamu akan selalu menginginkan lebih.” Deep, guys, deep! Kegemilangan narasi sederhana tapi sangat efektif dalam menyampaikan pesan-pesannya ini beserta elemen musikal yang visualisasinya amat membuai mata turut ditunjang oleh jajaran pemain yang ternyata oh ternyata… berlakon dengan sangat cemerlang (!). Oke, Marwan Kenzari memang kurang culas sebagai Jafar yang memendam serentetan agenda masif, terstruktur, dan sistematis dalam upayanya menggulingkan Sultan (Navid Negahban) dari tampuk kepemimpinan. Namun, film masih mempunyai duo Mena Massoud-Naomi Scott yang bersiap-siap menjadi idola masa depan dan Will Smith yang balik lagi ke peran komikal usai sejumlah peran serius yang dijabaninya.


Mereka memberikan nyawa terhadap karakter Aladdin, Jasmine, maupun Genie yang memegang peranan krusial terhadap pergerakan narasi. Mena Massoud memancarkan karisma seorang jagoan yang membuatnya mudah untuk disemati simpati, Naomi Scott memperlihatkan keanggunan seorang putri sekaligus ketangguhan seorang pemimpin, sementara Will Smith tampak bersenang-senang dengan peran yang diembannya tanpa berusaha untuk mengimitasi gaya mendiang Robin Williams yang ikonik di film animasinya.  Momen-momen terbaik yang dipunyai Smith adalah tatkala dia berinteraksi dengan Massoud yang membuktikan adanya chemistry kuat diantara mereka. Chemistry yang sama juga terdeteksi dalam relasi percintaan Massoud dengan Scott. Dari sejumlah adegan, setidaknya ada dua adegan kesukaan saya secara pribadi yang melibatkan duo Genie-Aladdin yaitu: 1) saat mereka menghadap ke Kerajaan Agrabah untuk pertama kali dimana Aladdin yang gugup meracau kemana-mana, dan 2) saat Genie berbincang-bincang dengan Aladdin di tengah gurun. Keduanya sangat kocak, keduanya juga hangat. Kita bisa dibuat percaya bahwa mereka saling peduli antara satu dengan lain sehingga sukar untuk tak berkaca-kaca begitu si karakter tituler mengucap permintaan terakhirnya. Kece sekali!

Outstanding (4/5)


25 comments:

  1. Salah satu film yg sayang di lewati ini,,, tapi baru hari senin bisa nonton nya 😁😁😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ditunggu kesan kesannya yaa. Saya juga berencana nonton (lagi) besok Senin. 😂

      Delete
  2. Bagus banget kalo kata ane mah..diluar ekspektasi nonton karna dipaksa anak jadi terpaksa dah itung2 bisa tidur sambil nunggu buka dipikiran ane...dan tanpa disadari ane terbawa kemasa lalu dimana ane waktu ane kecil ngerasa takjub ngiliat ini animasi pada saat itu ya..ditambah adegan2 gelatungan si al percis sama banget sama game sega yg dulu ane sering mainin..jadi terharu lah pokoknya mah..best live version dari semua keluaran disney dah sejauh ini selain junglebook pastinya hehehe apa lagi si will smith dapet banget dah jadi jinie nya..hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha. Sudah keburu pesimis ya sampai berencana tidur di bioskop? Tapi memang sih, hasil akhirnya sangat memuaskan. Beneran dibikin bahagia setelah menontonnya. Kalau ada waktu senggang, malah berencana nonton lagi.

      Delete
  3. Senang min dapat nilai tinggi.. ketika banyak review jelek dari banyak orang soalnya ini film fav ane waktu kecil

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah, di kalangan penonton umum banyak sekali yang ngasih respon positif kok. Sewaktu nonton saja reaksinya pada heboh. Ketawa ketawa.

      Delete
  4. Banyak sekali kegembiraan di film ini. chemistry trio nya dapet banget, jadi pengen temenan sama genie juga, hahaha
    oiya, tapi kok aku nangkep beberapa adegan yg visualnya kurang alus ya... do you?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang di bagian A Whole New World bukan? Kalau aku ngerasanya sih pada bagian itu yang agak ngganjel di mata

      Delete
    2. Iya, sama pas ending abis kissing sm aladdin seingatku

      Delete
  5. Oiya, aku lebih sebel sama burung daripada sama jafarnya malah, wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Heem. Beonya sih ngeselin ketimbang Jafar. Ah, andai saja villainnya ini kelihatan licik dan bengis macam versi animasinya, mesti lebih greget lagi film ini.

      Delete
    2. iya, jafarnya malah keliatan ganteng gimana sik? hahahaha

      Delete
    3. Iyo. Hahaha. Agak kemudaan juga, pikirku mestinya di kisaran usia 40 akhir atau 50 an. Yang mukanya cocok sebenernya Ben Kingsley, tapi terlalu uzur.

      Delete
  6. nonton film ini seperti kemasan comrom, fantasi dan broadway musical. Tone-nya happy dan positif, makanya nontonnya berasa happy. Kalau Cinderella tone-nya lebih ke drama dan mellow, makanya kadang agak sedih. Beauty & The Beast agak gloom.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setiap adaptasi punya ciri khasnya masing-masing ya. Memang diantara pendahulunya, Aladdin ini yang paling ceria. Momen musikalnya pun meriah sekali.

      Delete
  7. Ga review Godzilla?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lagi disiapin. Mudahan mudahan bisa secepatnya diposting.

      Delete
  8. Aku biasanya gak gitu suka film musikal kecuali yg satu ini. Filmnya bnr2 bikin happy dan peran will smith sbg genie berperan banyak disini. Rasanya pengen nonton lagi ya hahhaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bikin happy bangettt. Aku akhirnya memutuskan buat nonton lagi dan tetap ketawa ngakak.

      Delete
  9. Membuai sekali film ini. Hilang penat dibuatnya. Sejenak membahagiakan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ditonton ulang energinya gak hilang

      Delete
    2. Yes. Masih mengasyikkan seperti pertama kali nonton. Aku nonton dua kali dan tetap dibikin terbuai olehnya begitu selesai. Bahagia.

      Delete
  10. Gan, review GODZILLA nya tak enteni

    ReplyDelete
  11. aladinnya kurang lincah. jafar nya kurang jahat. will smith kemanusan byat jd jin. trus kurang ska musik2nya. aladinnya g bsa brantem. ngabdelin karpet mlu.

    ReplyDelete
  12. Regarder un film aladdin 2019 😁

    ReplyDelete

Mobile Edition
By Blogger Touch