June 2, 2019

REVIEW : GODZILLA: KING OF THE MONSTERS


“Long live the king.”

Raja Kaiju yang telah belasan tahun terlelap akhirnya dibangunkan kembali oleh Legendary Pictures demi memenuhi ambisi mereka dalam merengkuh pundi-pundi dollar. Ya, pasca Godzilla (1998) yang dinilai gagal lantaran kurang merepresentasikan monster ikonik asal Negeri Sakura dan terlalu bergaya Hollywood, mereka mencoba memperbaikinya melalui versi upgrade yang dilepas di tahun 2014. Meski beberapa pihak menilai elemen drama manusianya kelewat kental sampai-sampai menggerus porsi tampil Gojira, tak bisa dipungkiri kalau versi anyar ini mencetak sukses. Dari mulanya hanya terpikir untuk menciptakan standalone movie, pihak studio lantas mengekspansinya menjadi sebuah franchise berjulukan MonsterVerse yang diniatkan untuk mencapai puncaknya dalam pertarungan akbar yang memertemukan monster berukuran gigantis yang punggungnya bergaya Mohican menyerupai stegosaurus ini dengan kera raksasa yang bersemayam di pedalaman bernama Kong. Namun sebelum kita menyaksikan Godzilla vs. Kong yang direncanakan rilis pada tahun depan, kita terlebih dahulu disuguhi Kong: Skull Island (2017) yang memaparkan latar belakang si Kong dan Godzilla: King of the Monsters yang difungsikan untuk mengelaborasi mitologi-mitologi terkait Godzilla yang telah diperkenalkan pada lima tahun silam. Guna memenuhi aturan tak tertulis dari sebuah sekuel, maka Michael Dougherty (Trick r Treat, Krampus) pun memperbesar cakupan skala dengan menambah partisipan dalam pertarungan monster.

Disamping Godzilla yang sudah barang tentu menjadi jualan utama film, Godzilla: King of the Monsters turut mempertemukan kita dengan sederet monster legendaris yang dulunya kerap wara-wiri dalam sejumlah instalmen Gojira produksi Toho. Beberapa nama yang ikut berpartisipasi di jilid kedua ini antara lain: 1) King Ghidorah yang berwujud naga berkepala tiga dengan kekuatan berupa sengatan listrik, 2) Mothra yang memiliki keanggunan seekor kupu-kupu, dan 3) Rodan yang menyerupai reptil terbang dari era purbakala. Kebangkitan monster-monster lawas yang dulunya menguasai bumi berjulukan Titan ini bermula dari rencana seorang ekoteroris, Kolonel Alan Jonah (Charles Dance), untuk memperbaharui tatanan bumi yang dianggapnya telah carut marut akibat tingkah polah manusia yang tidak bertanggung jawab. Demi memenuhi tujuannya dalam menciptakan kehancuran di seantero planet agar bumi memiliki kesempatan untuk memulai segalanya dari awal, Alan pun menculik seorang ilmuwan yang tengah berduka, Dr. Emma Russell (Vera Farmiga), beserta putrinya, Maddison (Millie Bobby Brown), untuk memperoleh akses ke sebuah alat bernama Orca yang konon dapat mengontrol tindak tanduk para monster. Organisasi Monarch yang mengetahui rencana busuk teroris-teroris ini lantas merekrut mantan suami Emma, Mark (Kyle Chandler), yang memahami betul mengenai Orca maupun perilaku monster. Walau awalnya cenderung ogah-ogahan, Mark akhirnya bersedia untuk bekerja sama dengan Monarch dalam menyelamatkan tidak hanya keluarganya tetapi juga umat manusia yang nasibnya tengah berada di ujung tanduk menyusul bangkitnya Ghidorah.


Seolah mendengar segala keluhan yang kerap didengungkan oleh para penggemar berat Gojira karena si karakter tituler hanya diberi kesempatan seuprit buat nongol di Godzilla (2014), Godzilla: King of the Monsters berupaya untuk menebus kesalahan dengan menggeber sejumlah pertarungan antar monster dan pemandangan berupa bangunan-bangunan yang didestruksi oleh kawanan Titan di beberapa titik durasi. Bagi mereka yang menggilai Kaiju, apa yang disajikan oleh film ini jelas akan membuat hati terasa bungah. Lagian, apa sih yang diharapkan dari monster movie selain menyaksikan makhluk-makhluk ganas ini saling melengking satu sama lain, adu tonjok, sampai adu jurus-jurus andalan seperti Godzilla yang melontarkan atomic breath yang sensasional ke lawannya? Ditengok sepintas, Godzilla: King of the Monsters terkesan enggan ribet dengan sebatas memenuhi ekspektasi penonton untuk menyimak para Titan mengobrak-abrik perkotaan seperti dilakukan oleh para pendahulu. Saya juga tidak mengeluhkan pendekatan ini karena memang sejatinya itulah yang semestinya kita peroleh dari film mengenai Gojira. Berhubung efek khusus yang menyokongnya tergolong ciamik, musik pengiringnya yang dahsyat memberi penghormatan terhadap skoring ikonik jilid terdahulu, dan sang sinematografer juga mempersembahkan beberapa tangkapan gambar yang layak dipajang di akun One Perfect Shot, tidak ada keraguan untuk mengatakan bahwa tontonan ini menghadirkan pengalaman sinematik cukup mumpuni. Penonton awam akan sesekali mengucap “wih” begitu kuartet monster beraksi, sementara penggemar berat jelas akan berdecak kagum melihat idola mereka unjuk gigi.

Hanya saja, ditengah segala keriuhan pertarungan, Godzilla: King of the Monsters ternyata menderita persoalan senada seirama dengan predesesornya yaitu narasi. Beberapa pihak mungkin berkata, “ngapain sih kamu nyariin plot bagus dari film soal monster mengamuk?” dan saya jelas melihat poinnya. Tapi sulit untuk tidak terdistraksi saat si pembuat film menempatkan penceritaan sebagai bagian yang krusial dari film. Alih-alih menyodori kita dengan jalinan pengisahan yang remeh temeh nan klise, Dougherty beserta Zach Shields yang memegang divisi penulisan skenario malah menghadirkan narasi yang mencoba untuk sebisa mungkin kompleks dengan membagi sorotan kepada tim ekoteroris, tim Monarch, dan tim Russell. Apabila naskah menyanggupi untuk mengakomodir segala konflik tersebut, film jelas berpotensi menggerus emosi. Namun realitanya ternyata tidaklah demikian karena: 1) para karakternya mempunyai motivasi yang membingungkan (khususnya Emma yang sangat tidak konsisten karakterisasinya), 2) dialognya acapkali konyol serta lebih bersifat eksposisi untuk menjelaskan setiap perkara ketimbang terdengar seperti obrolan nyata antar manusia, dan 3) naskah kesusahan dalam menentukan prioritas penceritaan sehingga setiap konflik tak pernah tergali mendalam apalagi memiliki rasa. Ketiadaan rasa yang menyebabkan narasi terasa sangat hambar ini menunjukkan pengaruhnya tatkala film mengalihkan fokusnya dari monster-monster mengamuk ke drama manusia. Saya jenuh, saya juga terserang kantuk. Ini kemudian berkembang menjadi masalah signifikan lantaran porsinya tidaklah sedikit serta kerap disempalkan di sela-sela pertarungan yang berimbas pada menurunnya kesenangan. Menilik imbasnya, saya malah berharap Godzilla: King of the Monsters hanya fokus ke adegan laga yang memang menjadi keunggulannya dengan sejumput narasi ala film kelas B daripada memaksakan diri untuk memainkan emosi tapi malah membuat penonton pening saking tidak meyakinkannya.


Note : Godzilla: King of the Monsters mempunyai adegan tambahan di penghujung durasi. Tidak terlalu penting jadi ditinggal pun tidak jadi soal.

Acceptable (3/5) 

5 comments:

  1. Rencananya mau nonton ini tapi berhubung blm nonton film sebelum nya jadi takutnya kurang nyambung pas nontonnya entar.

    Bdw di tunggu ulasan film lebaran nya min 😁😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya sih masih bisa nyambung karena tokoh utamanya sendiri beda. Tapi emang lebih baik nonton dulu buat dapat gambaran lebih utuh soal semesta MonsterVerse nya 😄

      Delete
  2. setuju ama review nya bang. salah satu bencana di film ini ya drama manusianya yang asa klise dan bertele tele. bosen,, pengen rasanya edit film trus ilangin bagian drama ini.

    slain itu ada yg kurang emosional atau gmana gtu, pas adegan rekan dokter serizawa (ilmuan yang cewe itu, yang mati pas adegan king gidhorah di antartika) itu berasa, UDAH, GITU AJA DIA MATI. DILUPAKAN. gak ada adegan (seenggaknya lumayan nguras emosi lah, padahal ikatan dia sma dokter serizawa bner bner kuat smsnjak dri film pertamanya).
    adegan emosional pas di tangga juga gak ada artinya, ampas banget..

    ya walaupun cukup puas si mnurut saya yg sbagai penggila efek komputer yg dahsyat sama scoring filmnya yang luar biasa.

    btw, mnurut anda bang, khusus adegan monsternya terlalu bagus gak si? sampe ragu nanti apakah keepikan monsternya bakal bisa dilampaui di film slanjutnya? serasa woww banget soalnya

    ReplyDelete
  3. Gan, kasih tip dong bagaimana cara buat ulasan film.. w di Facebook hampir setiap hari buat 1 ulasan sederhana.. tapi ketika dibaca perasaan ga enak, ga ngalir kaku..

    Nama FB ane Hideyoshi Kurosawa

    ReplyDelete
  4. Alur ceritanya bagus namun untuk animasinya menurut saya lebih bagus lagi jika diserahkan kepada Film Maker yang lebih profesional
    Nonton FIlm : INDOXX1

    ReplyDelete

Mobile Edition
By Blogger Touch