August 6, 2019

REVIEW : HOBBS & SHAW


“If the three of us don’t work together, billions of people will die.”

Saat franchise The Fast and the Furious yang semakin menggelegar dalam perjalanannya memutuskan untuk merekrut aktor karismatik Dwayne Johnson sebagai salah satu karakter inti, Luke Hobbs, khalayak sudah bisa menerka kemana arahnya. Entah cepat atau lambat, dia akan mendapatkan peran sangat signifikan melebihi Vin Diesel selaku pemeran utama. Benar saja, selepas Jason Statham mengambil peran di Furious 7 (2015) sebagai villain bernama Deckard Shaw – tapi belakangan beraliansi dengan para jagoan – dimana karakternya kerap digambarkan bersinggungan dengan Luke Hobbs, gagasan untuk mengkreasi sebuah film sempalan bagi dua bintang laga ini pun mencuat. Terlebih lagi, Hobbs dan Shaw telah mencuri hati banyak penggemar berat berkat karisma besar dua pelakonnya dan rivalitas diantara karakter-karakter ini memberi kesegaran tersendiri bagi franchise. Jadi mengapa tidak memberi keduanya sebuah platform khusus agar bisa saling baku hantam maupun saling ejek secara intens tanpa harus terdistraksi oleh Dominic Toretto dan tim? Bukankah terdengar seperti ide bagus untuk mempersilahkan penonton berkenalan lebih jauh dengan Hobbs dan Shaw yang sejatinya memiliki karakteristik lebih menarik (well, setidaknya bagi saya) ketimbang Toretto ini?

Selagi mempersiapkan jilid ke-9, Universal Pictures pun mempersembahkan Hobbs & Shaw yang menjadi spin-off pertama dalam rangkaian seri The Fast and the Furious. Seperti telah tercantum dengan sangat jelas di judul, film arahan David Leitch (John Wick, Deadpool 2) ini menempatkan Luke Hobbs dan Deckard Shaw sebagai karakter sentral. Dua karakter yang mulanya saling membenci satu sama lain ini dipaksa untuk bekerja sama setelah adik Deckard, Hattie (Vanessa Kirby), terpapar sebuah virus berbahaya bernama Snowflake yang dapat meluluhlantakkan umat manusia. Pekerjaan untuk menyelamatkan Hattie sekaligus mengamankan Snowflake tentu bukan perkara mudah karena: 1) ketiganya dinarasikan sebagai “buronan” oleh media dibawah hasutan organisasi teroris bernama Eteon, 2) mereka harus berpacu dengan waktu untuk menemukan obat penawar bagi Hattie atau konsekuensinya adalah virus akan terlepas saat sang inang mati, dan 3) mereka mesti menghadapi Brixton Lore (Idris Elba), mantan agen MI6, yang kini menjelma menjadi cyborg jahat sehingga memungkinkannya untuk mempunyai kekuatan melebihi manusia normal. Demi menyelamatkan dunia – dan juga Hattie – tiga sekawan ini pun kudu mengesampingkan ego masing-masing, menyatukan kekuatan, dan kemudian bertolak dari Inggris menuju Russia sampai ke Samoa.


Dipenuhi dentuman tiada henti di sepanjang durasinya, Hobbs & Shaw tak akan mengalami kesulitan untuk memuaskan hasrat para penggemar berat franchise The Fast and the Furious khususnya jika kamu sudah menentukan ekspektasi secara tepat. Dalam artian, tidak lagi mendamba seri ini akan berkutat pada kebut-kebutan liar, menginginkan narasi kompleks, serta memahami betul bahwa jualan utama dari judul ini adalah interaksi benci-cinta antara dua tokoh utamanya. Ya, selama kamu datang ke bioskop guna menyaksikan Hobbs & Shaw dengan pengharapan berupa: 1) memperoleh tontonan eskapisme, 2) yang isinya gelaran laga pemacu adrenalin tak berkesudahan, serta 3) disisipi momen-momen lucu untuk mencairkan ketegangan, maka besar kemungkinan bakal menyunggingkan senyum tatkala melangkahkan kaki ke luar bioskop. Hobbs & Shaw sendiri mengaplikasikan komposisi yang tersusun atas baku hantam-adu mulut-baku hantam guna menggulirkan kisah. Saat penonton tak melihat Hobbs atau Shaw sibuk memukuli para penjahat, penonton akan melihat keduanya saling ejek seperti dua bocah yang saling membenci. Ditunjang oleh permainan apik dari Dwayne Johnson beserta Jason Statham, adegan ejek mengejek yang berlangsung berulang kali di beberapa titik ini tak pernah terasa melelahkan dan justru memberikan kesenangan tersendiri.

Saya tergelak tatkala mereka adu mulut, saya pun bersorak ketika mereka menghajar musuh sampai babak belur. Hobbs & Shaw benar-benar mendefinisikan sajian popcorn klasik untuk mengisi liburan musim panas dimana penonton hanya diajak untuk menunjukkan reaksi-reaksi paling dasar seperti tertawa, berteriak, bersorak, sampai menitikkan air mata. Dalam upayanya memenuhi definisi tersebut, Hobbs & Shaw boleh dikata berhasil. Leitch sanggup memberi penghiburan melalui rangkaian laga yang tersaji menggelegar, serentetan momen pengundang tawa yang sekali ini memiliki muatan lebih pekat ketimbang seri The Fast and the Furious pada umumnya, serta sedikit sentuhan kehangatan begitu film mengapungkan satu topik yang telah menyatu dengan franchise: keluarga. Adanya kontribusi akting dari Vanessa Kirby yang didesain lebih dari sekadar damsel in distress (she’s badass!), Idris Elba yang intimidatif sebagai villain yang sukar ditaklukkan, dan beberapa cameo mengejutkan, membantu memberi hentakkan bagi film yang sedianya sudah bernyawa hanya mengandalkan performa duo Johnson-Statham. Berkat performa bagus jajaran pemain ini, penonton bisa bertahan melewati durasi sepanjang 136 menit yang cenderung terlampau lama untuk ukuran film yang tidak dibekali materi penceritaan mendalam sampai-sampai kesan berlarut-larut pun tak terelakkan. Ditambah adanya satu amunisi di babak klimaks seperti adegan “sambung menyambung mobil” di pinggir tebing yang tersaji seru, paling tidak penantian panjang penonton mendapatkan kompensasi yang tergolong layak.


Note : Hobbs & Shaw mempunyai tiga adegan bonus yang posisinya terletak di: 1) tepat setelah dimulainya end credit, 2) sela-sela end credit, dan 3) penghujung end credit.

Exceeds Expectations (3,5/5)

4 comments:

  1. Tapi sayang yah, aku mengharapkan ada eksplorasi lebih mendalam gitu soal hubungan kakak adik mereka, aku aja smp skrg ga ngerti kenapa si adiknya ga akur sama kakaknya. Sayang aja gituu.

    Naksir vanessa udah sejak di mission impossible sih, disini bener2 keren banget mbaknyaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup. Aku juga merasakan hal yang sama. Padahal hubungan Shaw bersaudara ini bisa lebih greget kalau dijabarin. Justru Hobbs yang porsinya dibikin mendalam.

      Delete
  2. Replies
    1. Sementara ini hanya review film yang tayang di bioskop. Di Jogja jarang kebagian film India. Tapi diusahain bakal diulas kalau tayang atau nemu yang oke sekali.

      Delete

Mobile Edition
By Blogger Touch