May 19, 2017

REVIEW : THE INVISIBLE GUEST (CONTRATIEMPO)


“Focus on the details. They’ve always been in front of our eyes, but you have to analyze them from a different perspective.” 

Terakhir kali dibuat terperangah oleh tontonan thriller yakni dua tahun silam tatkala menyimak film asal India yang dibintangi Ajay Devgan, Drishyam. Mengetengahkan topik pembicaraan utama mengenai “seberapa jauh yang bisa dilakukan orang tua untuk menyelamatkan keluarganya”, film tersebut berhasil menjerat atensi sedari awal mula dengan tuturan berintensitas tinggi yang tergelar rapi dan pada akhirnya bikin geleng-geleng kepala saking kagumnya terhadap kapabilitas si pembuat film dalam mengkreasi suguhan mencekam sarat kejutan ini. Kepuasan tiada tara yang diperoleh usai menyimak Drishyam, lantas menimbulkan ekspektasi tinggi kepada gelaran sejenis yang muncul selepasnya. Tak ada satupun yang mampu menandingi apalagi melampaui sepanjang tahun 2016 sampai kemudian sutradara dari Spanyol, Oriol Paulo (The Body), mempersembahkan karya terbarunya yang amat mencengkram dan merupakan perwujudan dari gugatannya terkait keberpihakan hukum kepada manusia-manusia kaya bertajuk The Invisible Guest (atau dalam judul asli, Contratiempo) di kuartal pertama 2017. Jika Drishyam menaruh fokus penceritaan pada upaya seorang ayah dalam menjauhkan sang putri dari jeratan hukum, maka The Invisible Guest berkutat pada upaya seorang pria kaya dalam menyelamatkan dirinya sendiri berbekal kekuasaan yang dipunyainya. 

Si pria kaya dalam The Invisible Guest adalah Adrian Doria (Mario Casas), pebisnis muda yang karirnya tengah meroket tajam dan mempunyai keluaga kecil yang menyayanginya. Kesuksesan yang telah direngkuhnya di usia relatif muda ini sayangnya tak jua membuatnya puas hingga Adrian memutuskan menjalin hubungan gelap dengan seorang fotografer fashion, Laura Vidal (Barbara Lennie). Masalah besar lantas muncul dalam kehidupan Adrian ketika Laura ditemukan tewas terbunuh di sebuah kamar hotel yang tertutup rapat. Mengingat pengakuan dari para saksi menyebut tidak ada orang lain yang meninggalkan kamar selepas kegaduhan terdengar, maka secara otomatis Adrian yang tengah berada di TKP ditetapkan sebagai tersangka. Guna membebaskan diri sekaligus membersihkan namanya, Adrian yang menyatakan dirinya tidak bersalah pun meminta bantuan kepada pengacara handal, Felix (Francesc Orella), yang lantas merekrut pula seorang ahli dengan spesialisasi dalam bidang ‘witness preparation’, Virginia Goodman (Ana Wagener), untuk mempersiapkan Adrian jelang pengadilan baru yang konon kabarnya melibatkan saksi misterius dari pihak jaksa penuntut. Sesi persiapan antara Adrian dengan Virginia yang diperkirakan akan berlangsung lancar tanpa hambatan nyatanya justru berjalan rumit tatkala terungkap satu demi satu fakta yang selama ini sengaja dipelintir demi menyelamatkan nama baik sang tersangka. 

Tanpa banyak berbasa-basi, Oriol Paulo langsung mempertemukan penonton dengan Virginia dan membawa kita memasuki apartemen Adrian guna mengikuti sesi persiapan jelang persidangan. Adrian lantas menarasikan mengenai apa yang menurutnya terjadi di kamar hotel sebelum Laura ditemukan dalam kondisi telah meregang nyawa oleh pihak berwajib. Virginia yang pekerjaannya menuntut dia untuk senantiasa memperhatikan detail sekaligus menaruh kecurigaan, merasakan adanya kejanggalan dibalik cerita sang klien. Ini menjadi persoalan baginya yang mempunyai catatan impresif sepanjang karirnya karena ada celah yang bisa dimanfaatkan oleh jaksa penuntut untuk mengalahkannya di kasus terakhir yang ditanganinya. Virginia pun mendesak Adrian secara keras untuk membeberkan peristiwa yang belum pernah diungkapkannya ke pihak lain karena kebohongan tidak akan menuntun mereka kemanapun. Selepas mendengar pengakuan pertama inilah, tensi dari The Invisible Guest yang sebetulnya sudah diatur di level sedang oleh si pembuat film sedari menit pembuka perlahan tapi pasti mulai mengalami eskalasi. Seperti halnya Virginia, penonton akan secara otomatis menaruh keraguan terhadap Adrian: apakah kronologi peristiwa yang dipaparkannya adalah sebentuk fakta atau ada kebenaran yang disembunyikannya sehingga menempatkannya sebagai narator tidak bisa dipercaya?


Lalu, cerita kedua mengemuka. Oriol Paulo tidak lagi memboyong penonton untuk menelusuri TKP, melainkan menarik tuturan jauh ke belakang sebelum Adrian dan Laura menjejakkan kaki di hotel. Pemantiknya, sebuah headline di surat kabar. Berdasarkan cerita kedua yang berujung pada kasus memilukan tak terpecahkan, baik kedua tokoh utama maupun penonton kemudian menelurkan hipotesis atas keterkaitannya terhadap kasus pembunuhan Laura di ruang tertutup. The Invisible Guest makin berasa mengasyikkan lantaran kita tidak pernah benar-benar bisa yakin mengenai apa yang selanjutnya terjadi. Ya, Oriol Paulo amat cerdik dalam mengatur tempo film. Dia paham betul kapan seharusnya mengecoh penonton yang seolah-olah diposisikan sebagai juri dalam persidangan dengan kebohongan yang dipermak sedemikian rupa sehingga amat menyerupai kenyataan dan kapan seharusnya menggelontorkan bukti-bukti otentik. Dengan ritme penceritaan yang senantiasa bergegas, jelas dibutuhkan konsentrasi selama menyaksikan The Invisible Guest. Sedikit saja terdistraksi, kepingan-kepingan bukti yang telah susah payah disusun sejak awal bisa jadi akan berakhir berantakan atau menuntut disusun ulang. Seperti diutarakan oleh Virginia dalam satu adegan, “fokuslah pada detil.” Apabila sanggup menurutinya, bukan tidak mungkin kamu akan bisa menerka kemana film bakal bermuara. 

Apakah dengan diri ini menganggap telah bisa menebak kenyataan yang tersembunyi, film seketika kehilangan daya cengkramnya? Tidak semudah itu, Tuan dan Nyonya. Nuansa mencekam masih bisa dirasakan, terlebih The Invisible Guest punya sokongan sinematografi apik yang membentuk mood tontonan yang condong ke arah suram mencekam sekaligus atraksi lakonan mengagumkan dari keempat pemain sentralnya; Mario Casas, Ana Wagener, Barbara Lennie, serta Jose Coronado sebagai seorang ayah yang berupaya keras menemukan keadilan. Para pelakon ini turut mendorong terwujudnya keinginan sang sutradara untuk terus mengombang-ambingkan dugaan penonton lewat serentetan kelokan mengejutkan yang secara mengagumkan dapat terajut begitu rapi. Baik Casas, Wagener, Lennie, maupun Coronado masing-masing menunjukkan ambiguitas dalam karakter yang mereka perankan; terkadang tampak terguncang dan rapuh, terkadang pula tampak sukar dipercaya dan mencurigakan, yang menjerat keingintahuan penonton untuk mengetahui motivasi dibalik tindakan mereka. Satu yang tampak jelas, Adrian ingin menyelamatkan karir dan nama baiknya. Melalui sosok Adrian inilah, Oriol Paulo menyuarakan kritik terhadap keberpihakan hukum kepada mereka yang mempunyai uang dan kekuasaan. Dibubuhkan sesuai takaran, kritik pun terasa sangat relevan dan menyentil yang berjasa pula dalam membantu menempatkan The Invisible Guest sebagai film thriller papan atas. Seriously, you should definitely not miss this one!

Outstanding (4,5/5)


59 comments:

  1. Nonton dimana ini bro...
    Di bioskop kok gak ada

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nonton lewat jalur ilegal alias donlotan. Hahaha.

      Delete
  2. I like it. Sinematografinya enak banget. Transisi per adegan smooth. Tiap scene didetail dengan seksama, tak ada yanh terbuang. Paling suka adegan mobil kecelakaan, jadi teringat adegan tusuk2an di i saw the devil. Keren!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener. Setiap detik dari film ini emang berharga. Selalu ada detil baru yang muncul. Dan adegan kecelakaan itu... Looks so real. Ngeri liatnya.

      Delete
    2. Oh no, jadi ada adegan darah-darah ngeri ya? Hmm... padahal udah semangat mau nonton, tapi jadi mikir lagi.. x(

      Delete
  3. Akhirnya sudah nonton karena penasaran sangat. Dan wow, ini film keren sih betul. Suka suka suka. Terima kasih sudah diberikan film yang bagus!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Huehehe. Dengan senang hati. Gimana, apa kamu terkaget kaget dengan endingnya yang edan banget itu?

      Delete
  4. Inget kata kata ibu virginia.. "kamu tidaklah lebih pintar daripada saya" hahahaha twist endingnya paling gila sih ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beneran melongo pas terungkap kebenarannya. Ikutan ketipu. Hahahaha.

      Delete
  5. Dibunuh oleh Adrian. Kronologi peristiwa yang dijabarkan paling akhir oleh Virginia itu kebenarannya.

    ReplyDelete
  6. Njayy ini film keren banget, rekomen buat yang suka film2 genre2 ala detektif atau pembunuhan kayak gini. Endingnya gilak!
    Dan gara2 film Drishyam jd suka film india haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekalian cobain Kahaani seri pertama, Talvar dan Talaash yang juga gila seperti Drishyam :)

      Delete
  7. Sampe harus nonton 2 kali untuk benar2 memahami film ini. Ada rekomen film sehenis ini?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jajalin Drishyam, The Body, Kahaani, Loft (versi Belgia bukan Hollywood), Fracture, dan Tell No One.

      Delete
  8. Faakkk keren gila ni film, thx rekomendasinya 👏

    ReplyDelete
  9. barusan liat dan penasaran googling review gmn ekspetasi org2 stelah nonton. ternyata ga jauh... wow bngt ceirtanya. mudah dipahami cuma harus sedikit lebih fokus krn tiap menitnya akan selalu ada alur cerita yg diubah semaunya imanijanasi actor2nya. kalo dipisah2in tu alur cerita bisa jadi 5 film sendiri tuh wkwk

    ReplyDelete
  10. entah kenapa, di pertengahan sadar sih kalo si virginia itu ibunya korban soalnya si virginia dari awal ngomongin terus "lihat detail nya adrian" jadi kaya ngaish clue bahwa kita harus liat detail tiap scene dan yuppps dugaanku benar, tapi tetep aja ngerasa ini film bagus bener, beda, akuaering nonton film yg bnyak twist ny juga masih ngerasa kaget bener, krn film enya emg ambil topik dunia nyata bgt sih dimana setiap tersangka akan melakuan berbagai macam cara untuk menutupi kejahatannya dan disuguhkan denga penuh teka teki. nice review

    ReplyDelete
  11. Masih bingung. Yg tau boleh bales. Kenapa sebelum adrian ngaku korbannya awalnya masih hidup, si virginia sempet bikin ceritanya seakan akan ayah korbannya yang bersalah? Padahal kan dia di pihak ayah itu.
    Walau ujungnya ketahuan yg asli. Tp bingung aja kenapa sempet kebuat skenario yg kayak gitu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Intinya masing2 adrian maupun si virginia bikin rekaan masing2, supaya adrian nya ngerasa ketipu n jawab yg sejujurnya. Pun sebaliknya

      Delete
    2. Orang tuanya daniel kan pemain theater di critanya..

      Delete
  12. ada rekomendasi film thriller misteri yg sejenis contratiempo lagi gaa? kalo ada, rekomendasiin dong.

    ReplyDelete
  13. emang keren nih film...asliiii..

    ReplyDelete
  14. Ini film kurang lebih 2 jam an durasinya. Tp ga tau kenapa bagi gua berasa seharian nontonya.bikin gua menaruh banyak prasangka ke setiap karakternya.keren sih nih film

    ReplyDelete
  15. Udah tau Virginia siapa dari pertengahan film, mirip jelas bgt sama mrs.gariddo... endingnya jadi kurang nampol

    ReplyDelete
    Replies
    1. Samaa. Kalau aku bisa tau karna emang mirip dr mukanya, jd pas tkoh ibunya Daniel diliatin, aku udah mikir wah ini pengacaranya kayanya jebak deh jangan2 ibunya. Dan bener wkwk

      Delete
  16. Duhai bahasa engkau layaknya seorang pujangga xD

    ReplyDelete
  17. Mr. Garido "aku suka membaca. Terutama tentang teater, kesukaanku adalah klasik. Iteriku memaksaku untuk mempelajarinya, begitulah kapi bertemu di perkumpulan teater. Tapi aktingnya lebih bagus dariku."
    Salah satu manfaat mempelajari teater, bisa memecahkan masalah dengan alur sedemikian rupa wkwkwk parah kereb banget yg walaupun baru nonton, tapi bener2 gila parah

    ReplyDelete



  18. Masih ada plothole yang mengganjal....
    Yang aneh disaat Virginia asli datang tepat banget setelah ibunya korban mendapatkan info yang sebenarnya lalu kabur ke gedung sebelah d, dia menggunakan jam sebagai timer kalau waktunya bakal habis.Suatu kebetulan yang sangat kebetulan.Dari mana dia tahu bahwa Virginia yang asli bakal datang sesuai dengai perkiraan waktunya yang diatur di timer jamnya, berarti Ibu dan Bapak korban sudah menguasai intelijen sampai-sampai tahu informasi kapan Virginia akan menemui si Adrian pada jam tertentu sehingga dia bisa mengatur waktu untuk "menggali" informasi dari Adrian.
    Namanya juga film ye gak, masih ada cacatnya.
    Kalau yang gak bisa dikritik ya film dokumenter, sudah pasti aktual...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin waktu bpk nya mendengar percakapan felix dan virgina di depan gedung, dan bpk korban memfoto muka virginia untuk penyamaran istrinya

      Delete
    2. Oh iya,kn dia nyadap pakai pena kn ya. Trs gmn blg ke polisi yg sebenarnya kalau pena nya aj msh di hotelnya Adrian?

      Delete
    3. Pena-nya disambungin ke alat perekam apartemen bapak Daniel. Jadi pena cuman sebagai penghubung, rekamannya udh masuk siap dikirim ke jaksa, makanya bapak dan ibu daniel langsung tlpn polisi buat dijadiin saksi pemberat.

      Delete
  19. Sy mellihat ada plothole yg sangat mndasar dan mengganggu bgt, gini: alasan utama dr semua kejadian ini kan krn si adrian pingin nutupin perselingkuhannya kan? Smp2 dia tega menenggelamkan daniel itu.
    Nah anehnya: kenapa justru dia mmbunuh laura dan menyiapkan alibi seolah" laura dibunuh oleh thomas/ayahnya daniel (krn balas dendam atas kematian anaknya). Aneh bgt mnurut saya: lha ini kan sm aja mmbongkar perselingkuhannya dgn laura, hal yg justru sangat ingin ia tutupi. Mgkn ada yg bs ksh pencerahan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menurutku sesuai dgn scenario versi pengacara, kalau si laura itu kena anxiety attack, hidupnya gak tenang dan ngajak adrian buat ngaku ke polisi makanya adrian bunuh si laura

      Delete
    2. Kamu keliru, sedari awal yang ingin dia pertahankan adalah reputasi dan karirnya.

      Delete
  20. Aku berharap ada invible guest kedua nih.. Seru banget. Jadi nasibnya adrian setelah itu gimana ya. Penasaran banget...

    ReplyDelete
  21. Wonderful post! This post has uncovered hidden treasures on blog commenting. 먹튀

    ReplyDelete
  22. Aku baru selesai nonton, dan masih melongo dengan apa yg barusan aku lihat 😭

    ReplyDelete
  23. I got a web site from where I be capable of really obtain valuable information regarding my study and knowledge.
    Great Article… Good Job… Thanks For Sharing…

    Website:부산달리기

    ReplyDelete
  24. Wow, this is fascinating reading. I am glad I found this and got to read it. Great job on this content. I liked it a lot. Thanks for the great and unique info선물옵션커뮤니티

    ReplyDelete
  25. Your site has excellent web content. I assume it was an excellent chance to alter my mind once more after reading this write-up. I'm composing like you. Would certainly you such as to see my article as well as request responses? click through the following web site

    ReplyDelete
  26. You made some good points there. I did a Google search about the topic and found most people will believe your blog. 먹튀검증


    ReplyDelete
  27. I’m gone to inform my little brother, that he should also pay a quick visit this blog on regular basis to obtain updated from most recent
    news.
    안전토토사이트

    ReplyDelete
  28. Normally I don’t learn article on blogs, but I wish to say that this write-up
    very forced me to take a look at and do so! Your writing taste has been amazed me.
    Thank you, quite nice post. 국내경마

    ReplyDelete
  29. I'm impressed, I must say. Actually rarely can i encounter a blog that's both educative and entertaining, and without a doubt, you could have hit the nail about the head. Your idea is outstanding; the thing is something that too few individuals are speaking intelligently about. We are delighted that we came across this around my try to find some thing with this.메이저사이트


    ReplyDelete
  30. This really is an incredibly amazing powerful resource that you’re offering and you just provide it away cost-free!! I comparable to discovering websites that view the particular price of providing you beautiful learning resource for zero cost. We truly dearly loved examining this web site. Be thankful! Feel free to visit my website;
    야설

    ReplyDelete
  31. What your declaring is entirely genuine. I know that everyone need to say the exact same factor, but I just believe that you put it in a way that all of us can comprehend. Feel free to visit my website; 일본야동

    ReplyDelete
  32. I¦ve learn a few excellent stuff here. Certainly worth bookmarking for revisiting. I wonder how so much attempt you place to create this type of fantastic informative web site. Feel free to visit my website;
    한국야동

    ReplyDelete
  33. This is a very impressive subject. Thank you for always. I have been reading your article interestingly. If possible, please visit my website to read my posts and leave comments. Have a nice day! 바카라사이트 What you wrote was very helpful to me. Thank you. Actually, I run a site similar to you. If you have time, could you visit my site? Please leave your comments after reading what I wrote. If you do so, I will actively reflect your opinion. I think it will be a great help to run my site. Have a good day.


    ReplyDelete
  34. I need to to thank you for this great read!! I definitely enjoyed every little bit of it. I have got you bookmarked to check out new things you post… 바카라사이트

    ReplyDelete
  35. Very nice article and straight to the point. I don’t know if this is truly the best place to ask but do you folks have any ideea where to get some professional writers? Thank you. 바둑이사이트넷

    ReplyDelete
  36. https://gameeffect.xyz Lots of people have cherished the game of baseball for many years. You can find supporters worldwide, from specialized very little-leaguers to expire-difficult spectators. This article has suggestions to prove how enjoyable baseball actually is.

    ReplyDelete
  37. Baru nonton ini film bagus just. Endingnya kek gantung gitu ga sih??

    ReplyDelete
  38. betflix with our online slots website now. random wheel slots รีวิวเกมส์

    ReplyDelete
  39. ing this one. An unquestionable requirement read article! First-rate installation, i honestly love this website, keep on it 토토검증

    ReplyDelete
  40. Some of these mini recommendation show up to be created enforcing big quantity beyond operating revel in. I might like to see the whole works very plenty. 먹튀사이트 신고

    ReplyDelete
  41. 언젠가 내가 좋은 카지노 사이트를 찾을 때 이 블로그가 도움이 될 것이다. 논스톱 도박 재미를 찾고 있다면 올바른 블로그를 찾았습니다. 여기에서 사용할 수 있는 많은 카지노 게임에 대한 모든 것을 배울 수 있습니다.
    https://coc250.com

    ReplyDelete
  42. cinetariz.blogspot.com/2017/05/review-invisible-guest-contratiempo.html

    ReplyDelete

Mobile Edition
By Blogger Touch