January 1, 2018

20 FILM INDONESIA TERBAIK 2017 VERSI CINETARIZ


Menyusun daftar film Indonesia terbaik 2017 ini menyadarkan saya pada satu hal. Ternyata, cukup banyak film Indonesia yang mempunyai kualitas diatas rata-rata dalam setahun terakhir. Jika biasanya saya menyusun senarai 15 besar bagi film nasional tanpa mengalami kesulitan berarti, maka sekali ini membutuhkan sedikit waktu tambahan untuk menyortirnya sampai akhirnya diputuskan mengekspansi daftar menjadi 20 besar (dari rencana semula hanya terhenti di 15 besar)… dan itupun mesti merelakan beberapa judul untuk ditendang. Yang membahagiakan, menggelembungnya kuantitas film-film Indonesia berkualitas di tahun 2017 turut dibarengi oleh makin beragamnya tema yang ditawarkan. 

Beberapa sineas tampak sudah mulai berani menghadirkan tontonan beride segar seperti contohnya Night Bus yang mengusung genre thriller dengan latar area konflik (dan hampir sepanjang durasi berlangsung di dalam bis), Marlina si Pembunuh dalam Empat Babak yang membicarakan isu jender di Indonesia Timur dengan pendekatan a la western movies, sampai Ziarah yang menawarkan road movie dengan gaya berbeda – menempatkan seorang nenek yang mencari cinta sejatinya sebagai poros utama kisah. Disamping peningkatan kualitas dan keberagaman tema, angka perolehan penonton untuk film Indonesia di tahun 2017 pun mengalami peningkatan. 

Hingga tulisan ini diturunkan, tercatat setidaknya 10 judul film berhasil menembus angka 1 juta penonton – atau setara dengan pencapaian tahun lalu bahkan ada kemungkinan bertambah – dan total penonton yang berduyun-duyun memenuhi gedung bioskop guna menyaksikan film Indonesia rilisan 2017 telah mendekati angka 40 juta. Ini berarti, meningkat dari tahun lalu yang berhasil mengumpulkan 34,5 juta penonton. Sungguh luar biasa. Semoga saja pencapaian gemilang yang ditorehkan perfilman Indonesia pada tahun 2017 ini kembali berlanjut (kalau perlu, kian berkembang) di tahun-tahun berikutnya. Mari kita ucapkan “Amin!” bersama-sama, saudara-saudara. 

Tanpa perlu berpanjang lebar lagi, inilah 20 film Indonesia terbaik yang dirilis sepanjang tahun 2017 versi Cinetariz, dengan terlebih dahulu menengok honorable mentions

HONORABLE MENTIONS

# 5 Cowok Jagoan


# Mata Batin


# Moammar Emka's Jakarta Undercover


# Naura dan Genk Juara


# Si Juki the Movie



TOP 20

#20 Susah Sinyal


Tidak sebaik Ngenest maupun Cek Toko Sebelah dalam hal bermain-main di ranah dramatik, Susah Sinyal garapan Ernest Prakasa masih berhasil menghadirkan tontonan menghibur kala liburan melalui rentetan momen komediknya yang cukup sering mengenai sasaran. Trio reporter dengan pertanyaan ajaib, cicik-cicik ceriwis, staf hotel konyol dan asisten rumah tangga ajaib adalah penyumbang gelak tawa terbesar di film yang bisa jadi akan membuatmu tergerak untuk berlibur ke Sumba ini. 


#19 Buka'an 8


Kesenangan yang dipenuhi gelak tawa telah membayangi penonton semenjak beberapa menit usai Buka’an 8 mengawali langkahnya. Dalam berkelakar, Angga Dwimas Sasongko banyak mengandalkan situasi kacau beserta sentilan-sentilun ke masyarakat Indonesia masa kini yang berkisar soal kebebasan berbicara yang diartikan kebablasan, kegemaran netizen menciptakan peperangan kata-kata dalam dunia maya, sampai maraknya pemanfaatan agama untuk melancarkan agenda politik. 


#18 Chrisye 


Memulai langkahnya dengan goyah, film biopik dari Chrisye yang mencuplik sepenggal perjalanan karir sang penyanyi legendaris ini setapak demi setapak terus membaik seiring berjalannya durasi. Vino G. Bastian bermain meyakinkan sebagai Chrisye, begitu pula Velove Vexia yang berlakon sebagai sang istri. Chemistry lekat keduanya membantu terciptanya momen emosional jelang tutup durasi utamanya kala Chrisye gelisah dalam menciptakan lagu “Ketika Tangan dan Kaki Berkata”. Sebuah biopik yang pantas bagi sang legenda musik tanah air. 

#17 Salawaku 


Melalui Salawaku, Pritagita Arianegara menggugat tindak seksisme yang merebak luas di sekitar kita akibat kuatnya pengaruh budaya patriarki dengan pendekatan santai. Ada setumpuk humor dilontarkan oleh barisan pelakonnya yang bermain apik dan pasokan gambar membelalakkan mata dari Faozan Rizal yang niscaya akan membuat jiwa petualangmu tergugah seketika untuk menjelajahi Pulau Seram saking mempesonanya pemandangan yang terhampar di layar bioskop. 


#16 Filosofi Kopi 2: Ben & Jody


Filosofi Kopi 2: Ben & Jody menunjukkan urgensi dan kompleksitasnya sebagai sebuah film kelanjutan tanpa kehilangan sisi menghiburnya. Angga Dwimas Sasongko berhasil meyakinkan bahwa sekuel ini memang diperlukan. Seperti halnya film pertama, Filosofi Kopi 2: Ben & Jody pun bukan sebatas berbicara tentang nikmatnya menyesap kopi melainkan turut mengulik sekumpulan anak Adam yang mencoba berdamai dengan realita dan masa lalu pahit. 


#15 Galih dan Ratna


Galih dan Ratna manis bukan disebabkan kedua insan manusia yang tengah dimabuk asmara hobi saling melempar gombalan satu sama lain tiada berkesudahan. Manisnya terbentuk dari situasi dan keyakinan penonton bahwa kedua karakter memang saling jatuh cinta – atau dengan kata lain, chemistry ciamik. Refal Hady dan Sheryl Sheinafia mempersembahkan duet maut layak dikenang. Refal menguarkan aura misterius mengundang keingintahuan akan sosoknya, sedangkan Sheryl membuat sosok Ratna yang sepintas lalu tampak tipikal gadis rumahan terasa memiliki kompleksitas. 


#14 Night Bus


Perjalanan menaiki bis malam menyusuri area konflik jelas bukanlah suatu pengalaman yang menyenangkan. Akan tetapi dalam penanganan Emil Heradi, mimpi buruk para penumpang bis tersebut mampu disulap menjadi sebuah suguhan menegangkan yang mengikat atensi penonton. Elemen teknis Night Bus memang meninggalkan banyak catatan disana sini, namun kelancaran bercerita dan kemampuan menempatkan penonton dalam fase berdebar-debar membuat kekurangan tersebut dapat dimaafkan. 

#13 Ziarah


Premis yang diusung Ziarah dapat dibilang tergolong unik; seorang perempuan berusia hampir satu abad melakukan perjalanan untuk mencari keberadaan makam sang suami dengan harapan dapat dimakamkan di sebelahnya. Sepanjang film, penonton ikut bertanya-tanya perihal keberadaan suami nenek selama ini. BW Purbanegara mengejawantahkan premis ini menjadi sebuah road movie bersahaja, memikat dan merobek hati yang turut menyinggung tentang kebenaran dibalik cerita sejarah kemerdekaan tanah air. 

#12 My Generation


Apabila ada penghargaan untuk film Indonesia paling berani di tahun 2017, maka saya akan menobatkannya kepada My Generation. Bukan semata-mata soal tuturan kisahnya yang menyodorkan potret kehidupan empat remaja era serba gawai yang penuh dinamika, menjunjung kebebasan, dan kerap disalahpahami, tetapi juga karena keberaniannya memercayakan posisi pemeran utama kepada para pendatang baru. My Generation yang berhasil tampil enerjik dan menyenangkan ini memperkenalkan kita kepada Bryan Langelo, Lutesha, Alexandra Kosasie, dan Arya Vasco yang berpotensi besar memiliki masa depan cerah di perfilman Indonesia. 

#11 Banda the Dark Forgotten Trail


Banda: The Dark Forgotten Trail berceloteh tentang bagaimana situasi Banda selepas diduduki Belanda, bagaimana nasib pala usai perdagangan bebas dihentikan, sampai bagaimana Banda di masa sekarang. Dengan bahan obrolan seberat dan sekompleks ini, nyatanya Banda: The Dark Forgotten Trail tak pernah sekalipun membuat penonton merasa kelelahan sampai terkantuk-kantuk. Justru, menimbulkan keingintahuan lebih besar untuk menelusuri kepingan-kepingan sejarah negeri ini. Mengikat dan memikat. 


#10 Posesif


Edwin menawarkan alternatif bagi penonton yang jenuh dengan kisah percintaan remaja yang serba manis melalui Posesif. Dalam film ini, kita diajak melongok ke sisi kelam sebuah hubungan yang sejatinya jamak dijumpai di kalangan muda mudi. Mulanya sih, Posesif bertutur seperti film romantis pada umumnya kala bunga-bunga asmara diantara dua protagonis mulai bermekaran. Terasa manis. Namun film yang menghadirkan akting ciamik dari Adipati Dolken dan Putri Marino ini perlahan tapi pasti berganti haluan menjadi berdaya cekam tinggi yang seringkali membawa penonton ke dalam fase ‘harap harap cemas’ menyaksikan kisah kasih Lala dan Yudhis. 


#9 Kartini 


Di tangan seorang Hanung Bramantyo, Kartini menjelma sebagai sebuah film biopik yang menghibur, emosional, sekaligus mempunyai cita rasa megah. Hanung agaknya memahami, garis dramatik dalam kehidupan Kartini seringkali berada di posisi horizontal. Maka dari itu, si pembuat film secara cerdik menyelipkan cukup banyak kelakar sehingga membuat film terasa ringan untuk diikuti. Tidak semata-mata bergantung pada elemen komedik, imajinasi sang sutradara beserta visualisasi cantik hasil bidikan gambar dari Faozan Rizal yang berpadu mulus bersama kostum indah, iringan musik melodius, dan tata artistik ciamik turut membantu hadirkan ‘gelombang rasa’. Ciptakan pula sensasi megah. 


#8 Bid’ah Cinta


Ketimbang semata-mata membawa penonton pada sajian roman religi mengharu biru yang sarat akan tangis menangis akibat jalan terjal yang harus dilalui protagonisnya dengan elemen religi ditempel sekenanya saja, Bid’ah Cinta justru sodorkan potret nyata, menyentil nan mengusik pikiran atas situasi bermasyarakat di tanah air dalam beberapa tahun belakangan yang kerap diwarnai perseteruan antar umat Islam dengan warna kelompok berlainan. Nurman Hakim tak bermaksud menyanjung kelompok tertentu lalu menyudutkan kelompok seberang karena film sejatinya hendak mempromosikan pesan mengenai toleransi yang agaknya mulai dilupakan oleh masyarakat Indonesia yang majemuk ini. 


#7 Critical Eleven


Disamping mempunyai bangunan karakter memikat dan konflik mengikat, kekuatan Critical Eleven turut bersumber dari chemistry intim Reza Rahadian dan Adinia Wirasti yang menguarkan kesan kuat bahwa keduanya adalah suami istri betulan sehingga mudah bagi penonton untuk terjerat baik kepada Ale maupun Anya. Critical Eleven merupakan sebuah balada tentang cinta, duka, serta penerimaan yang dikemas dengan begitu manis, hangat, sekaligus emosional. Emosi penonton telah disentuh sedari awal dan momen-momen dramatik dalam film ini secara konstan memberikan guncangan kepada emosi penonton hingga jelang ‘pendaratan’. 

#6 Dear Nathan


Ditemani skeptisisme kala melangkahkan kaki memasuki gedung bioskop demi menyaksikan Dear Nathan, sebuah tamparan hebat mendarat ke diri ini begitu lampu bioskop dinyalakan pertanda pertunjukkan telah usai. Rupanya, Dear Nathan bukanlah film percintaan penuh gombalan berlebihan seperti disangkakan dan malah justru sebaliknya. Ini adalah tontonan remaja yang tergarap dengan sangat baik dan mampu mendatangkan gelak tawa, mengundang rasa gregetan serta menghadirkan kehangatan secara organik. Dear Nathan tak saja membuat saya terkenang ke masa-masa SMA yang manis, tetapi juga merupakan kejutan terbesar di perfilman Indonesia pada tahun 2017. 


#5 Turah


Turah mengantarkan penonton memasuki Kampung Tirang di Tegal yang merupakan miniatur Indonesia lengkap dengan segala intrik sosial politik yang melingkunginya. Terdapat penguasa bermulut manis, penjilat oportunis, pemalas bermulut besar, sampai wong cilik yang pasrah menerima keadaan. Sebuah potret kelam negeri ini yang digeber secara jujur, tak pretensius, menyentil, sekaligus memiliki daya pikat kuat oleh sutradara debutan Wicaksono Wisnu Legowo dan disokong performa sangat baik dari para pemainnya – kredit khusus bagi Slamet Ambari sebagai Jadag yang kehadirannya senantiasa membuat penonton gerah karena polahnya yang tak pernah berbanding lurus dengan mulut ceriwisnya. 

#4 Istirahatlah Kata Kata


Dalam memvisualisasikan kisah pelarian Wiji Thukul, Yosep Anggi Noen memilih untuk lebih sering mengistirahatkan kata-kata dan membiarkan gambar-gambar puitisnya berbicara dengan sendirinya. Bukan kesunyian menenangkan, melainkan kesunyian menggelisahkan yang didalamnya sarat akan misteri. Dikomando oleh performa jempolan Gunawan Maryanto yang air muka dan gesturnya senantiasa menyiratkan rasa gusar, ketidaknyamanan pun mengusik penonton habis-habisan dalam beberapa titik. Pada akhirnya, tanpa harus banyak berkata-kata, hanya dalam kesunyiannya, Istirahatlah Kata Kata mampu pancarkan rasa cekam dan goreskan rasa pilu yang cukup dalam. 


#3 Marlina si Pembunuh dalam Empat Babak


Tidak ada tembak-tembakan seru dalam film yang dijuluki sebagai ‘satay western’ ini dan sebagai gantinya, terdapat seorang janda yang memenggal kepala seorang perampok dan membawanya berkelana menuju kantor polisi. Marlina si Pembunuh dalam Empat Babak dimanfaatkan sebagai wadah bagi Mouly Surya untuk menyalurkan keresahannya terhadap budaya patriarki yang mengekang perempuan serta bobroknya sistem peradilan di Indonesia. Penyampaiannya ringan tanpa perlu membebani pikiran penonton namun tetap menohok sampai ke ulu hati. Bolehlah kiranya menyebut duo Marsha Timothy dan Dea Panendra sebagai perempuan paling badass di perfilman Indonesia tahun 2017 lalu. 

#2 Pengabdi Setan


Jawaban dari tanya “apakah Pengabdi Setan versi Joko Anwar ini lebih ngeri atau tidak ketimbang pendahulunya?” memang akan sangat relatif, namun bagi saya secara pribadi, Pengabdi Setan versi 2017 ini mampu memberikan suatu mimpi buruk. Salah satu film horor Indonesia paling menyeramkan dalam beberapa tahun terakhir. Dalam perjalanan mengarungi wahana rumah berhantu ini, saya beberapa kali dibuat terperanjat dari kursi bioskop seperti pada adegan lempar selimut, ketok-ketok dinding di malam hari, mendengarkan drama radio, pipis di tengah malam, rekonstruksi adegan sholat yang ikonik itu, sampai tiap kali terdengar suara gemerincing lonceng Ibu. Gara-gara Pengabdi Setan, sosok Ibu tidak lagi terlihat sama.


#1 Sweet 20


Siapa bilang me-remake sebuah film itu perkara mudah? Susah sekali euy. Terbukti, jarang sekali ada remake yang berhasil apalagi jika materi sumbernya sudah terhitung bagus. Sweet 20 yang disadur dari film Korea bertajuk Miss Granny tergolong satu dari sedikit remake yang sukses. Pemain ansambel merupakan salah satu kekuatan utama yang dipunyai Sweet 20 disamping lontaran-lontaran kelakar dengan sentuhan kearifan lokal yang tepat mengenai sasaran, tembang-tembang lawas pengiring film macam “Layu Sebelum Berkembang”, “Payung Fantasi”, dan “Selayang Pandang”, serta muatan emosional yang bekerja secara efektif. Dengan kombinasi maut semacam ini, tepatlah kiranya menyebut Sweet 20 sebagai sebuah hiburan untuk seluruh keluarga kala liburan sekaligus remake yang sangat pantas bagi Miss Granny. Sungguh sebuah obat pelepas penat yang mujarab. Pecah dan meriah!

36 comments:

  1. Yg film terbaik 2017, kapan update bang?

    ReplyDelete
  2. Replies
    1. Tiga bulan terakhir lagi dikejar deadline. Hectic banget sampai nggak bisa review. Maaf ya. Lagi diusahakan buat aktif kembali mulai bulan ini.

      Delete
  3. Iya, menurut saya Dear Nathan memang lebih keren versi adaptasi filmnya dibanding sumber aslinya. Sayang kembali di sinetronkan padahal ga terlalu penting jg.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gara-gara banyak yang bilang novelnya jelek, akhirnya sempetin baca. Ternyata emang beneran 'nggak banget' ya. Hahaha. Jadi makin seneng dengan filmnya karena terbukti bisa menyulap materi busuk menjadi segar.

      Delete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  5. Sayang beberapa film diatas gak sempat tayang di bioskop secara luas jadi gak bsa saya saksikan.
    Kirain posesif posisinya bakal lebih tinggi lagi karena film salah satu kejutan termanis bagi saya ditahun kemaren

    Kalau 10 film indonesia terbaik saya

    1.Critical Eleven
    2.Posesif
    3.Pengabdi Setan
    4.Dear Nathan
    5.Kartini
    6.Salawaku
    7.Marlina:Sipembunuh dalam 4Babak
    8.Sweet 20
    9.Met met Venus
    10.Susah sinyal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. Banyak sekali film bagus tahun lalu yang sayangnya cuma dapet jatah layar dikit banget di bioskop :(

      Sedikit bocoran, Mars Met Venus (Part Cowo) nyaris banget masuk daftar ini. Aku menikmati sekali film tersebut. Tapi akhirnya terpaksa ditendang, banyak film Indonesia yang lebih berkesan tahun lalu. Nggak nyangka.

      Delete
  6. Wahh gak nyangka Sweet 20 dapet urutan pertama wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Film paling menyenangkan tahun lalu. Total 4 kali nonton dan tetap dibuat ngakak habis-habisan :)))

      Delete
  7. Saya sangat bangga dengan perfilm-an kita.Betul-betul bangga. Kualitasnya semakin tahun semakin bagus, kapan ya sinetron bisa sebagus film kualitasnya? Film-film bagus itu bukti kalo kita mau, kita bisa kok bikin karya berkelas!
    Saya hampir setuju semua dengan versimu,kalo yang paling bikin malu sih ya dear nathan (walaupun bukan film favorit, tapi terkejutnya bukan main sama kualitasnya). Datang dengan 100% keyakinan kalo ini film busuk, tahunya bagus banget (Ceritanya mau nemenin adek aja karena seleranya film begituan). Kan jadi malu sama yang bikin wkwkwk...
    Kalo 3 besar favorit versi saya sih:
    1.Marlina
    2.Pengabdi Setan
    3. Sweet 20 (beda urutan doang hahaaha).. gara-gara tatjana sekarang lagi pengen banget nonton ayat ayat cinta 2 (walaupun ada yang kritik abis2an sama film-nya, tapi tetep aja pengen nonton cuma penuh mulu bioskopnya)
    thanks for your review :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah pesimis dengan dunia sinetron Indonesia. Sepertinya tidak ada lagi harapan buat berkembang. Mending naruh perhatian ke film saja, capek hati kalau ngomongin sinetron. Hahaha.

      Btw. Alasan kita pengen nonton AAC2 samaan nih gara-gara Tatjana. Kalau aku ditambah faktor Chelsea Islan juga. Udah lama pengen lihat mereka main dalam satu film.

      Delete
    2. Padahal menurut saya yang paling bagus film indonesia cuma tenggelamnya kapal van der wijck, sungguh sangat baik kata-kata nya pun pada zamannya, dan kata-kata itu pun sangat pantas bila digunakan di zaman apapun.sayangnya dulu jatah untuk disiarkan cuma di 2 bioskop,jadi banyak yang ga tau film itu. Herjunot ali sama pevita pearce sangat pantas untuk bermain di film selanjutnya apalagi dengan gaya yang sama

      Delete
  8. Great list. Berarti saya emang satu-satunya yang gak begitu suka sm Critical Eleven ya.

    saya juga punya daftar film terbaik.
    https://movieluchaholic.wordpress.com/2018/01/07/best-movies-of-2017/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah. Menarik sekali nih daftar film terbaiknyaaa. :D

      Delete
  9. om, kalo satu hari nanti dan hujan bulan juni nilainya apa om? nyampe outstanding gak??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nope. Dua-duanya aku kasih acceptable saja. Agak bosenin sih buatku.

      Delete
  10. Penasaran sama Ayat Ayat Cinta 2, banyak yang kritik habis-habisan film tsb katanya banyak hal yang ngga maksud akal, jadi penasaran sana review cinetariz, tapi kayanya filmnya udah selesai ya di bioskop.



    Dear Nathan novelnya hmmm agak gimana gitu, namun filmnya sangat mengejutkan bagus sekali, sekedar informasi masih syuting kayanya, dari penulis novel sama, sutradara dan penulis skenario sama dari Film Dear Nathan, cuma beda rumah produksi sedang menggarap film dari novel judulnya Serendipity, saya nanya ke ig nya langsung siapa sutradara sama sama penulis skenarionya dijawab Indra Gunawan dan Bagus Bramanti,apakah filmnya sebagus film Dear Nathan. Kita tunggu saja karya terbaru sutradara ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. izin sharing ya gan (walaupun bukan adminya wkwkw) kalo ayat ayat cinta 2 memang sebaiknya baca novelnya dulu dibanding langsung nonton filmnya. Karena banyak adegan yang ada di buku dipotong dengan alasan durasi. Tapi, menurut saya lumayan bagus kok buat ditonton.

      Delete
    2. Bagus Bramanti dan Indra Gunawan berkolaborasi lagi? Count me in. Mulai tertarik ngikutin film-film kreasi mereka. Sejauh ini nggak mengecewakan.

      Soal ulasan AAC2... Sejujurnya udau dibikin lama, cuma belum kelar-kelar dan akhirnya malas lanjutin. Apalagi filmnya sudah mulai rontok di bioskop. Bocoran, aku memberi nilai acceptable (2,5/5) untuk film ini. Ceritanya memang parah sekali. Akting pemain dan teknis yang ngangkat filmnya.

      Delete
    3. Apakah film Dilan 1990 bakal di review juga? Beberapa review blogger movie di youtube pada di bully fans garis kerasnya cast waktu mengulas kekurangan dan kelebihan filmnya, hati-hati mas bro, hahaha

      Komen di youtube sadis semua, hahaha

      Delete
    4. Diulas dong. Baru kemarin diposting ulasannya. Penggemar militan dimana-mana itu selalu ngeselin ya. Mengulik kekurangan meski secuil tidak bisa diterima, pokoknya film kesayangannya harus diulas sempurna. Lucunya, kritik disamakan dengan hujatan. 😂

      Delete
  11. aku lebih suka sweet 20 versi thailand soalnya yang versi indonesia kurang sreg sama attitudenya. kalau di Thailand pas si neneknya jadi cewe muda lagi dan ketemu kakeknya itu dia masih menghargai gitu kalo di versi Indonesia sampai dikatain pait-pait-pait hehehe...tapi ini lagi-lagi masalah selera dan sudut pandang yang berbeda dari kita. Nice blog kak, tetep nunggu review kakak tiap hari walo cuma silent reader :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Temenku malah bilangnya si nenek ini kurang ketus, tapi yaa lagi-lagi masalah selera dan sudut pandang. Semua sah kok. 😊

      Kamu sering seringlah komentar, jangan cuma jadi silent reader. Biar kita bisa diskusi dan aku juga semangat bikin ulasan. 😁

      Delete
  12. Ziarah sama turah cari link nya dimana om agar bisa ditonton. Terimakasih.

    ReplyDelete
  13. Ziarah sama turah link nya apa om agar bisa ditonton. Terimakasih.

    ReplyDelete
  14. Hallo Sobat buat pecinta film khususnya yang gak punya waktu untuk ke Bioskop sekarang gak perlu khawatir karena ada aplikasi INFLIXER yang dijamin seru abis, bisa lihat film terbaru dan film film unggulan lainnya.
    100% Mantap Betul...
    Download aplikasi INFLIXER di www.INFLIXER.com

    ReplyDelete
  15. Jika kalian suka nonton film apalagi drama korea, sekarang ada yang lebih mudah, Download aplikasi drama korea secara gratis drama korea dilayar smartphone kamu hanya dengan Download MYDRAKOR di Googleplay, gratis bisa nonton dimana dan kapan saja.

    https://play.google.com/store/apps/details?id=id.mydrakor.main

    https://www.inflixer.com/

    ReplyDelete
  16. si juki the movie lucu banget. coba diliat
    Cara memilih kta yang aman biar ga kena masalah pas minjem

    ReplyDelete
  17. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete

Mobile Edition
By Blogger Touch