January 19, 2014

REVIEW : POLICE STORY 2013


Franchise laris asal Hong Kong yang berjasa dalam melambungkan nama Jackie Chan ke berbagai belahan dunia, Police Story, telah kembali! Ya, setelah cukup mengistirahatkan diri selama kurang lebih 9 tahun, jilid teranyar yang dilabeli Police Story 2013 ini hadir. Namun sebelum Anda bersuka cita dan keburu membangun ekspektasi setinggi mungkin untuk melihat sepak terjang Jackie Chan menghantam habis lawan-lawannya seraya meluncurkan guyonan-guyonan khasnya, satu hal yang perlu diketahui adalah Police Story 2013 mengikuti formula anyar yang ditanamkan oleh New Police Story. Ini berarti, selain menjadi instalmen yang berdiri tanpa memiliki keterkaitan dengan 5 seri awal, film pun dibawa ke ranah penceritaan yang cenderung gelap, suram, dan muram. Bukan keputusan yang mudah dan jelas akan memecah belah resepsi dari penonton, namun saya harus mengatakan upaya yang dilakukan oleh Jackie Chan terbilang berhasil: It’s much better than I expected. Police Story 2013 memang tidak yang terbaik, tetapi jelas salah satu yang terunggul kala disandingkan dengan keenam seri Police Story

Tidak lagi memerankan anggota kepolisian di Hong Kong, untuk sekali ini Jackie Chan adalah detektif di kepolisian Cina Daratan bernama Zhong Wen yang hubungan dengan putri semata wayangnya, Miao Miao (Jing Tian), memburuk sepeninggal sang istri. Dalam usaha untuk menyatukan kembali ikatan di antara mereka, Zhong Wen pun menghampiri sang putri pada suatu malam di Wu Bar. Belakangan diketahui, Miao Miao menjalin hubungan dengan sang pemilik bar, Wu Jiang (Liu Ye). Menilik sekilas berdasar penampilan serta latar belakang, Zhong Wen tak memberi restu atas hubungan ini yang lantas memantik konflik di antara ayah dan anak ini. Belum juga Zhong menuntaskan permasalahan dengan putrinya, datang permasalahan lain yang lebih besar yang menjadi inti dari film ini: sebuah aksi balas dendam yang berkenaan dengan kesalahan di masa lalu yang melibatkan sejumlah tamu di bar milik Wu Jiang. 

Mengendurkan sisi komedi (atau malah nyaris melenyapkannya) dan menguatkan sisi drama yang lantas dipadukan dengan sisi aksi, Police Story 2013 hadir lebih kelam ketimbang sang predesesor yang juga mengambil jalur yang serupa. Sang nahkoda, Ding Sheng, yang sebelumnya telah bekerja sama dengan Jackie Chan melalui Little Big Soldier, telah membawa film ini ke area yang muram suram sejak adegan pembuka. Lalu, setelah sedikit celotah celoteh di sana sini yang berfungsi untuk membangun latar belakang yang nantinya memiliki peran penting pada penghujung film, Ding Sheng pun memulai inti permasalahan dari film. Pertanyaan yang coba dia tanamkan ke dalam pikiran setiap penonton adalah, “apa yang sebenarnya terjadi di sini?.” Berkat pengolahan yang tepat dimana takaran untuk jalinan kisah rumit penuh intrik, sekuens aksi mendebarkan, serta drama penggugah emosi, terbagi secara merata, pertanyaan ini pun timbul menyeruak. 


Ada rasa penasaran untuk mengetahui kebenaran sesungguhnya yang disembunyikan rapat-rapat oleh si pembuat film nyaris sepanjang durasi. Dengan begini, penonton pun enggan untuk beranjak dari kursi bioskop atau mengalihkan pandangan berulang kali dari layar terlebih departemen akting pun memberi performa mengesankan – Jackie Chan dengan karisma memancar kuat, Liu Ye yang kejam misterius, Jing Tian dengan kerapuhannya – yang mampu membuat emosi penonton lebih terlibat. Petunjuk dalam pengungkapan kebenaran ditebar sedikit demi sedikit yang kemudian menuntun penonton pada adegan klimaks yang menjadi bagian terbaik dari Police Story 2013. Terdapat pengungkapan besar di penghujung film yang dirajut oleh Ding Sheng dengan sederetan twist yang mengejutkan, suasana yang dramatis, dan adegan pengejaran yang tergolong seru – lengkap dengan ledakan-ledakan.

Exceeds Expectations

Soundtrack dari Police Story 2013, "Zheng Jiu (Rescue)", yang dibawakan oleh Jackie Chan dan Sun Nan. It's so good!

4 comments:

  1. Maaf, kak... 5 seri awal Police Story itu emang apa aja, ya?

    ReplyDelete
  2. Police Story, Police Story 2, Police Story 3: Super Cop, dan Police Story 4: First Strike. Lainnya adalah Once a Cop yang merupakan spin-off.

    ReplyDelete
  3. Nice review. jd pengen Nonton My Hero, Jackie.

    ReplyDelete
  4. salah satu seri dari Police Story selain yg sdh disebut diatas, adalah New Police Story (2004)

    ReplyDelete

Mobile Edition
By Blogger Touch