April 23, 2015

REVIEW : AVENGERS: AGE OF ULTRON


“I know you're good people. I know you mean well. But you just didn't think it through. There is only one path to peace... your extermination.” 

Attention... The Avengers are back! Setelah menciptakan standar yang terbilang sangat tinggi untuk dilampaui oleh film superhero melalui The Avengers – dan tanpa disangka-sangka, Guardians of the Galaxy – pertanyaan besar pun menanti Marvel Studios, “akankah mereka sanggup sekali lagi menapaki level yang sama, melebihinya, atau mengalami penurunan?.” Kekhawatiran bahwa puncak dari fase kedua Marvel Cinematic Universe (MCU) bertajuk Avengers: Age of Ultron tidak lagi segegap gempita pendahulunya memang sempat mengemuka saat Joss Whedon menjatuhkan pilihan pada Ultron sebagai tandingan utama para barisan superhero ini. Tapi lalu, barisan materi promosi yang digelontorkan satu demi satu seketika mengubah sikap skeptis menjadi antusias saat kesan megah berhasil tergambar secara impresif, sosok Ultron tampak mengancam, dan jalinan penceritaan yang sepertinya kelam. Tunggu, tunggu... Marvel dan kelam dalam satu kalimat? Jika kamu berpikir bahwa ini berarti berakhirnya semua kesenangan, maka enyahkan jauh-jauh segera karena kekhawatiran itu sama sekali tidak akan terbukti. Tidak peduli sekalipun film kelanjutan ini dibawa ke ranah lebih serius dengan plot yang mengandung kompleksitas dan nuansa suram, Whedon tidak lupa bahwa darah Marvel masih mengalir di Age of Ultron sehingga pesta pora penuh canda tawa tetap harus dihelat. 

Niat baik Tony Stark (Robert Downey Jr) dan Bruce Banner (Mark Ruffalo) untuk membantu meringankan beban konco-konconya di Avengers dalam menjaga ketentraman dunia dengan menciptakan program berwujud artifical intelligence yang disarikan dari tongkat Loki berakhir petaka saat program bernama Ultron (James Spader) ini memilih jalur radikal demi menuntaskan misinya dalam memperbaiki situasi rumit di dunia: melenyapkan umat manusia. Sebelum mencapai gol dari tujuannya, Ultron berniat terlebih dahulu menghancurkan Avengers dengan salah satu cara yang ditempuh adalah merekrut saudara kembar berkekuatan super, Pietro (Aaron Taylor-Johnson) dan Wanda Maximoff (Elizabeth Olsen), untuk menebarkan benih-benih perpecahan pada koalisi superhero Marvel tersebut. Benar saja, eksperimen rahasia Tony Stark yang menyebabkan terguncangnya stabilitas keamanan dunia ini dalam waktu singkat memecah belah Tony, Bruce, Thor (Chris Hemsworth), Captain America (Chris Evans), Black Widow (Scarlett Johansson), dan Hawkeye (Jeremy Renner), ke dalam setidaknya dua kubu. Menyadari bahwa situasi semakin genting terlebih setiap pahlawan ini sepertinya enggan menekan ego masing-masing, Nick Fury (Samuel L. Jackson) pun mau tak mau sekali lagi turun tangan sebelum miliaran penduduk bumi dibasmi oleh Ultron dan para kroninya. 

Yes, Age of Ulton is bigger, deeper, and funnier. Sebagai sebuah film kelanjutan dari gelaran yang mendapat banyak predikat spektakuler dari berbagai pihak, maka jelas hukumnya wajib bagi Marvel Studios untuk meningkatkan skalanya – lagipula ini sekuel, for God’s sake!. Marvel tahu betul bagaimana caranya mengkreasi kelanjutan bagi sebuah film yang nyaris sempurna. Walau Age of Ultron memang tidak lantas mengungguli kualitas pendahulunya, tapi jelas ini berada di level yang sama hanya saja segalanya digandakan dosisnya. Jika kamu mengira pertempuran akhir para Avengers melawan alien di film sebelumnya yang mengacak-acak New York mustahil untuk ditandingi, maka Whedon akan membuatmu kecele mengingat Age of Ultron lebih habis-habisan perihal mengemas ‘kick ass action’. Tidak hanya satu di penghujung yang sekali ini melibatkan kota terbang – secara harfiah – tetapi terbagi merata ke beberapa bagian seperti pertarungan habis-habisan tanpa ampun antara Iron Man dalam bentuk Hulkbuster dengan Hulk yang menyebabkan lalu lintas padat di sebuah kota Afrika Selatan terhenti sejenak serta kejar-kejaran dahsyat menggunakan sejumlah moda transportasi (motor gede, truk, kereta api, pesawat... you name it!) melintasi Seoul. Dipoles mempergunakan efek khusus kelas premium hasil dari kucuran dana sebesar $250 juta, Age of Ultron memamerkan rangkaian aksi penuh gaya yang merupakan penajaman dari mengagumkan, mendebarkan, beserta berlebihan. Penonton dibuat terperangah, lalu bersemangat, dan pada akhirnya merasakan sensasi adrenalin terpacu saat para jagoan ini ditempatkan dalam posisi sulit. Phew! 

Tidak saja porsi aksi penuh eksplosif yang dilipatgandakan, Whedon pun menaruh perhatian penuh pada jalinan pengisahan yang untuk sekali ini padat berisi. Seperti telah disinggung sedikit di paragraf awal, ada kompleksitas dan kemuraman yang terkandung didalamnya. Saat film pertama cenderung mengetengahkan pada terbentuknya koalisi, Age of Ultron mengeksplorasi lebih mendalam aspek personal barisan karakternya. Ajakan untuk memupuk simpati pada mereka ditunjukkan melalui penelusuran psikologis yang menyimpan sisi rapuh; entah itu berbentuk ketakutan terhadap sesuatu, masa lalu menyakitkan, pengendalian emosi, atau berdamai dengan kehilangan. Whedon juga turut mengedepankan problematika asmara yang njelimet antara Bruce dengan Natasha/Black Widow serta menguak kehidupan pribadi Hawkeye yang ternyata manis romantis. Rentetan konflik ini menopang persoalan utama yang fokus terhadap upaya Avengers menghadang ambisi besar Ultron untuk menaklukkan umat manusia. Dengan plot bercabang seabrek ini, tidak bisa dihindari ada kalanya Whedon mengalami kesulitan dalam menjaga ritme penceritaan sehingga kesan terseret-seret pun sempat dirasakan khususnya di paruh awal. Tapi setelah si pembuat film menemukan nada yang tepat untuk mengejawantahkan ide-ide liarnya, tensi film pun berhasil dipertahankan hingga credit title mengular. 

Daya gigit Age of Ultron yang kuat juga disebabkan oleh keputusan Whedon untuk mempertahankan humor-humor segar (bahkan menambah porsinya!) yang telah menjadi ciri khas film superhero Marvel sekalipun plot telah bergerak ke ranah yang membutuhkan pencahayaan terang (baca: suram). Whedon tidak ingin menyalahi kodrat film superhero asal komik yang memang diciptakan untuk mengajak penonton bergembira ria. Jadi tidak perlu risau kamu akan mengerutkan dahi, dipenuhi rasa sesak, atau malah dihinggapi kebosanan akut lantaran tone penceritaan yang serius karena apapun situasinya, para pahlawan super ini tidak pernah kehabisan amunisi dalam melontarkan celetukan-celetukan konyol pengundang tawa yang membuat mood penonton bisa senantiasa kembali ke mode cerah. Mereka benar-benar memiliki selera humor yang bagus. Dan itu tersampaikan dengan baik bukan saja karena pengarahan cekatan dari Joss Whedon melainkan juga berkat jajaran pemain yang menyumbangkan lakon menawan dengan chemistry diantara para senior terasa semakin lekat di jilid ini sementara para pendatang baru pun tidak kalah mengesankannya dengan catatan khusus layak diberikan pada James Spader yang warna suaranya memunculkan kesan intimidatif dari sosok Ultron dan Elizabeth Olsen yang memberi emosi tepat pada Wanda/Scarlet Witch. 

Note: Seperti biasa, ada adegan bonus terselip di pertengahan credit title yang menjadi petunjuk penting untuk film berikutnya.

Outstanding

8 comments:

  1. saya belum download filmnya ,download dulu ah biar tau cerita aslinya .hehehe
    penasaran

    ReplyDelete
  2. download? kelamaan, mas. palingan klo ada versi TS/CAM, tuh di bioskop byk yg lg tayang

    ReplyDelete
  3. entah mengapa, saya kok nggak bisa menikmati film ini ya..
    berasa membosankan dan bisa ditebak alurnya..
    well, masalah selera juga sih yaaa..

    ReplyDelete
  4. ^ Tidak mengapa, hanya soal selera semata. Saya juga menyadari kok tanggapan terhadap Age of Ultron ini nggak bakal seuniversal film sebelumnya. Akan terpecah ke setidaknya dua kubu: love it or hate it.

    ...dan soal donlot mendonlot, wah, filmnya masih tayang di bioskop. Yok, budayakan nonton film baru di bioskop (khususnya film Indonesia ya!). Kasihan udah susah-susah bikin film eh ditontonnya lewat donlotan (kecuali emang aksesnya sulit sih).

    ReplyDelete
  5. setuju... semua orang berhak berpendapat dan beropini.
    kalau menurut saya, film ini daya gigitnya lemah. ga setajam yang pertama. durasi 2 jam berasa banget..

    kalo soal donlot mendonlot, jujur, pasti saya juga. tapi milihnya film2 lama yang belum ditonton, atau film bagus yang ga tayang di sini. biasanya film-film festival gitu lah..

    ReplyDelete
  6. Cara paling gampang supaya bisa menikmati filmnya adalah dengan memakai film yang pertama sebagai standarnya. Cukup itu aja & jangan berharap lebih.

    Kesalahan gw pas nonton kemarin adalah gara-gara kesuksesan CA2 dan GotG, gw jadi menaruh ekspektasi berlebihan sama AoU. Tapi pas nonton, ternyata filmnya "cuma" kayak gitu.

    ReplyDelete
  7. Karena The Avengers udah menetapkan standar yang terlalu tinggi, lalu dua film Marvel berikutnya pun kurang lebih berada di level yang sama jadi kebanyakan penonton berharap Age of Ultron akan melampauinya terlebih hype juga kencang.

    Kalau saya pribadi sih beranggapan jilid kedua ini setara dengan pendahulunya, masing-masing memiliki kelebihannya. Kekuatan AoU ada di aksi yang lebih gila-gilaan dan emosi yang lebih dilibatkan. Secara keseluruhan, film yang masih sangat mengasyikkan buat disimak.

    Tapi ya seperti dibilang Brain, setiap orang pastinya memiliki opini berbeda. Karena ya, pengalaman sinematik satu orang dengan orang lain tidak akan sama. Itulah mengapa tidak peduli seberapa buruk ulasan suatu film dari kritikus, saya akan selalu membuktikannya sendiri karena tidak jarang kita berbeda pendapat :D

    Omong-omong, makasih sudah meramaikan kolom komentar dengan mengajak diskusi! :)

    ReplyDelete
  8. Salah satu film plg seru dan keren lah d tahun 2015. Tapi *dgn berat hati* rasanya AoU nggak se outstanding yang sebelumnya. Dan *sayang bgt* masih kalah sama Mission Impossible yang terbaru :(, bahkan menurut saya winter of soldier lebih bagus

    ReplyDelete

Mobile Edition
By Blogger Touch