November 10, 2018

REVIEW : A MAN CALLED AHOK


“Aku tidak takut kalah, tapi aku takut berbuat salah.” 

Terlepas dari kamu mengaguminya, membencinya, atau bersikap netral, rasa-rasanya sulit untuk menyangkal bahwa Ahok adalah sosok paling fenomenal di tanah air dalam satu dekade terakhir. Kapan terakhir kali ada seorang politisi yang sepak terjangnya sedemikian disorot sampai kerap menjadi bahan omongan masyarakat dari berbagai lapisan? Almarhum Gus Dur kah? Atau justru rekan seperjuangannya, Jokowi? Meski kedua sosok ini terbilang luar biasa dengan caranya masing-masing, keduanya memiliki satu keuntungan yang tak dipunyai Ahok: privilege berasal dari kaum mayoritas. Itulah mengapa, ada keistimewaan tersendiri dalam perjuangan Ahok sebagai Gubernur DKI Jakarta sehingga tak mengherankan sosoknya pun disebut sebagai ‘pahlawan minoritas’ bagi sebagian warga yang menganggap perjalanan karirnya inspiratif. Tidak hanya pendukung setianya, jutaan pasang mata lain pun terus tertuju kepada sosok bernama lengkap Basuki Tjahaja Purnama ini karena keputusan-keputusan yang diambilnya acapkali kontroversial. Pertanyaan-pertanyaan seperti, “apa langkah berikutnya yang akan ditempuh Ahok?,” terus bersahut-sahutan di kalangan publik, sementara saya justru bertanya-tanya, “seperti apa sih Ahok di masa muda?.” Terdengar remeh temeh memang, tapi saya ingin mengetahui apa yang membentuknya sebagai pribadi yang berani, keras, dan tanpa tedeng aling-aling seperti sekarang ini sehingga kerap disalahpahami sekaligus dimurkai pihak tertentu. Apakah sifatnya ini adalah hasil gemblengan orang tua atau lahir dari pengalaman tak mengenakkan di era lampau? 

Pertanyaan-pertanyaan ini nyatanya turut menggelitik rasa penasaran Rudi Valinka yang lantas memformulasikannya ke bentuk narasi dalam buku non-fiksi bertajuk A Man Called Ahok. Tak berselang lama, Putrama Tuta yang jejak rekamnya meliputi Catatan Harian Si Boy (2011) dan Noah Awal Semula (2013) pun mengekranisasinya ke bentuk bahasa gambar demi menjangkau audiens lebih luas. Dalam versi film, penonton diajak melongok ke masa remaja Ahok (Eric Febrian) di Desa Gantung, Kabupaten Belitung Timur, pada era 1980-an. Ahok merupakan putra sulung dari pasangan Tjung Kin Nam (Denny Sumargo) – yang dijuluki ‘Bos Besar’ oleh warga sekitar karena kemurahan hatinya – dan Buniarti Ningsih (Eriska Rein). Selama durasi mengalun, kita disodori relasi antara Ahok dengan sang ayah yang berusaha mati-matian untuk mempertahankan bisnis pertambangannya ditengah rongrongan oknum korup yang ingin menjatuhkannya. Tjung Kin Nam tak pernah memanjakan Ahok dan ketiga anaknya yang lain, melainkan turut membawa mereka melihat realita sekaligus terus mendorong mereka untuk menggapai posisi penting di masyarakat demi memperjuangkan keadilan. Dalam mengajari anak-anaknya tumbuh dewasa, Tjung Kin Nam selalu memastikan agar mereka tidak saling melupakan satu sama lain dan tidak pernah kehilangan empati kepada mereka yang membutuhkan bantuan. Bagi Ahok di masa remaja, pesan sang ayah ini bisa dituruti dengan mudah. Akan tetapi sekembalinya dia dari Jakarta demi menempuh studi, Ahok (Daniel Mananta) memiliki pemikiran yang acapkali bertentangan dengan nilai-nilai yang diyakini oleh Tjung Kin Nam (Chew Kin Wah) sehingga pergesekan diantara mereka pun tak terbendung.

Dibawah penanganan Putrama Tuta (filmografinya boleh seuprit, tapi kedua karyanya amat ciamik), A Man Called Ahok mampu merekonstruksi masa lampu si karakter tituler dalam gelaran kisah yang menggigit, menghangatkan hati, sekaligus mengobarkan semangat – sebagai pengganti kata “inspiratif”yang kurang disukai sebagian orang. Tidak butuh waktu lama bagi atensi saya untuk tertambat terlebih film telah menggelontorkan jawaban untuk pertanyaan terbesar saya di separuh durasi awal. Pertanyaan terkait faktor utama pembentuk karakteristik Ahok dipaparkan melalui relasinya dengan sang ayah. Ada kekaguman terhadap sosok Tjung Kin Nam yang dideskripsikan mengayomi wong cilik dan tidak segan-segan mengulurkan bantuan ketika ada yang memerlukan pinjaman uang, sekalipun kemurahan hatinya ini menghadapkannya pada hutang menumpuk. Sang istri, Cik Bun, sesekali protes terhadap kebiasaan suaminya sementara Ahok remaja secara diam-diam turut mempraktekannya meski ini berarti mesti memecah celengan. Karakter Tjung Kin Nam ini sendiri memiliki peranan sangat dominan, bahkan lebih sering menguasai layar ketimbang Ahok, lantaran dia mempunyai kontribusi terbesar terhadap setiap langkah yang diambil oleh Ahok. Dia dapat bersikap lembut kala menunjukkan empati, dia pun dapat bersikap keras pada para maling. Kemarahan menggebu-nggebu Ahok yang mencuat setiap kali melihat kezaliman dipantik oleh pengalaman berurusan dengan satu oknum yang terus mengancam akan mempersulit sang ayah (lalu berlanjut ke dia setelah menekuni bisnis serupa) apabila enggan memberi uang pelicin. 

A Man Called Ahok menunjukkan fase terbaiknya ketika menyoroti perjuangan Tjung Kin Nam untuk mempertahankan bisnis tambangnya dan bagaimana dia menanamkan nilai-nilai kehidupan kepada putra-putrinya. Putrama Tuta membuktikan bahwa dia memiliki sensitivitas dalam merangkai momen dramatik – tanpa pernah terjerembab menjadi dramatisasi berlebih – melalui beberapa momen yang tersebar di beberapa titik seperti saat Tjung Kin Nam mengajak Ahok remaja melayat ke rumah mantan karyawan, wejangan di meja makan, sampai ketika Ahok memberi penghormatan terakhir di makam sang ayah. Tunjangan iringan musik oleh Aghi Narottama dan Bemby Gusti turut menambah rasa pada menit-menit ini, disamping permainan lakon mengagumkan dari jajaran pemainnya. Daniel Mananta bermain cukup baik sebagai Ahok berpatokan pada tingkat kesulitan yang dihadapinya (ada ciri khas kuat pada gestur beserta warna suara Ahok yang cenderung mustahil direplika), tapi bagi saya Denny Sumargo adalah pencuri perhatian sesungguhnya di film ini. Tampak kewibawaan seorang ayah, tampak ketegasannya, dan tampak pula kehangatannya. Dia bersinergi dengan Eriska Rein yang memberi ekspresi-ekspresi kecil nan subtil dalam setiap reaksinya terhadap keputusan-keputusan nekat sang suami. Versi menua dari keduanya pun dimainkan secara kuat oleh Chew Kin Wah beserta Sita Nursanti sekalipun fakta bahwa mereka tidak memiliki kemiripan dengan versi muda terasa mengganggu. Yang juga mengganggu dari A Man Called Ahok adalah penyelesaiannya yang kurang lantang. Keputusan untuk bermain aman ditambah pemadatan durasi berimbas pada penuturan karir politik Ahok yang tak lebih dari sekadar montase – bahkan sebagian besar diantaranya telah menjadi rahasia umum.

Kita tidak banyak mengetahui perjuangannya, kita tidak juga dipapari pencapaiannya secara mendetail. Penonton yang datang ke bioskop untuk menyaksikan A Man Called Ahok memang akan memperoleh penjabaran memuaskan terkait masa lampaunya, tapi soal kiprahnya di dunia politik, pembahasan hanya sebatas permukaan saja.

Exceeds Expectations (3,5/5)


14 comments:

  1. Nice review, mas. Aku cukup menikmati film ini. Dramanya pas, ada lucunya juga. Adegan paling berkesan waktu makan malam sebelum si bapak meninggal. Nggak nyadar mata udah basah. Huhuhu. Tapi Ahok kurang dapat sorotan ya disini. Banyakan ke bapaknya. Overall good movie kok. Recommended!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, sampai-sampai ngerasa judulnya lebih tepat kalau diubah menjadi A Man Called Kin Nam. Hahaha.

      Delete
    2. dari point of view saya, mungkin film ini lebih menceritakan hal hal yang membentuk seorang Basuku Tjahaja Purnama di masa lalu (dalam hal ini ayahnya) sehingga sekarang kita bisa melihat seseorang yang dipanggil AHok

      Delete
    3. Saya juga berpikir demikian. Hanya saja, ini keinginan personal sih, saya berharap si pembuat film memberi porsi lebih ke Ahok dan menjabarkan soal pemikiran maupun pandangan yang dipunyainya. Ya semoga di film lain :)

      Delete
  2. A good movie overall. The emphasized moral story is to always stand up against what is wrong and to love Indonesia no matter what.

    The everyday patriotic acts and lessons about how to live to serve and to help others done by Kin Nam have strongly formed Ahok's personality and way of life and made who he is in the present.

    ReplyDelete
  3. Karakter ahok yg suka memaki dan ngomong jorok diceritain jg nggak dpt influence dari siapa? Dari bapaknya kah? Atau udh emang gitu pembawaannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul juga, mungkin hal ini luput dari sutradara

      Delete
  4. Aku sih gak sabar nunggu sequelnya. Pasti lebih seru

    ReplyDelete
  5. Masih belum sempet nonton film ini. Ada kabar kapan last shownya kah? Thanks.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak ada yang tahu karena last show ditentuin oleh jumlah penonton. Jadi bisa kapan saja. Tapi kalau melihat respon ke film ini sih, seminggu ke depan masih aman lah.

      Delete
  6. Review yang amat baik. Thanks sudah memberikan review pada Film A man Called Ahok ini. Sukses selalu ya. Cheers!

    ReplyDelete
  7. KARTUKING

    Situs Judi Kartu Online 7 Games 1 ID
    Minimal Deposit 10 ribu ^^
    Jackpot Jutaan Rupiah SETIAP HARI !!!

    Situs Poker Online
    Agen Poker
    Daftar Situs Poker
    Agen Domino
    Dewa Poker
    Bonus Deposit Poker Terbesar

    HOT Promo Kartuking :
    (*) Bonus Deposit 50% New Member
    (*) Bonus Next Deposit 10%
    (*) Turnament menarik dengan total hadiah ratusan juta rupiah perbulan.
    (*) Bonus Referral 20%
    (*) Bonus Turn Over Hingga 0,5%
    (*) Jackpot Jutaan Rupiah ( Setiap Hari )
    (*) 1.000% NO Robot dan No Admin !!!

    Link Resmi : www.pemainraja.com / www.pemainraja.net

    Info Selengkapnya Hubungi kami :
    BBM : DBB67C83
    WA : +6282249382981


    Blog yang sangat menarik, jangan lupa kunjungi blog kita juga ya di keranjangpoker.com
    Blog kami berisikan Review berbagai Situs Poker Online Terbesar di Indonesia.


    Situs Poker Online
    Situs Domino Online
    Daftar Poker Online
    Poker Uang Asli
    Agen Poker Terpercaya
    Link Alternatif Dewa Poker
    Link Alternatif Asikqq
    Bermain Poker Online
    Judi Poker Online

    ReplyDelete

Mobile Edition
By Blogger Touch