January 2, 2013

REVIEW : THE HOBBIT: AN UNEXPECTED JOURNEY


"The world is not in your book and maps. It's out there!" - Gandalf 

Sebenarnya, ini terdengar tak masuk akal dan sangat dipaksakan. Novel The Hobbit rekaan J.R.R. Tolkien yang hanya terdiri dari kurang lebih 300 halaman dituangkan ke dalam tiga film? Oh, ini pasti sebuah lelucon. Akan tetapi, sayangnya (atau malah justru untungnya?) inilah kenyataan yang ada. Well... money talks! Apapun dalih yang dikemukakan oleh Peter Jackson atau pihak studio, satu hal yang pasti adalah trilogi ini hadir karena alasan finansial. Siapa yang tidak tergoda untuk mengulang kesuksesan The Lord of the Rings (TLOTR)? Ini jelas adalah sebuah kesempatan yang tepat untuk kembali mencapai masa kejayaan. New Line Cinema enggan untuk setengah-setengah memerlakukan film adaptasi novel yang lahir dari tangan dingin salah satu sastrawan Inggris terbaik ini terlebih setelah serangkaian peristiwa yang menyebabkan proses produksi The Hobbit jalan di tempat dan baru terealisasi nyaris satu dekade kemudian. Keputusan membawa kembali Peter Jackson untuk menggawangi film usai ditinggal Guillermo del Toro tidak bisa lebih tepat lagi. Di bawah penanganan Om Jackson, The Hobbit: An Unexpected Journey menjelma menjadi sebuah kado akhir tahun yang rupawan dan menghibur. 


Menurut Anda, apa yang istimewa dari seorang hobbit bernama Bilbo Baggins (Martin Freeman)? Hmmm... nyaris tidak ada jika saya bilang. Ketimbang mencium udara segar Middle-earth dengan berkelana dari satu tempat ke tempat lain demi mencari pengalaman hidup, Bilbo lebih memilih untuk duduk manis di Bag End seraya menyeruput minuman hangat dan menggigit kue manis. Baginya, inilah cara untuk merayakan kehidupan. Terima kasih kepada Gandalf the Grey (Ian McKellen) yang telah menyeret Bilbo keluar dari zona nyamannya. Tanpa ada perjalanan melintasi Middle-earth, maka bisa jadi Frodo pun akan terjebak dalam ‘live boringly ever after’ bersama sang paman. Mengambil setting waktu 60 tahun sebelum TLOTR, jilid pertama dari trilogi The Hobbit ini akan membawa penonton turut serta dalam petualangan Bilbo menemani 13 dwarf dalam usaha mereka untuk merebut kembali Lonely Mountain dari cengkraman Smaug, seekor naga jahat. Selama perjalanan, rombongan ini berjumpa dengan elf, troll, dan goblin yang sedikit banyak menghambat laju serta mengancam nyawa. 

Peter Jackson sama sekali belum kehilangan sentuhan emasnya kala kembali duduk di bangku sutradara untuk mengomandoi The Hobbit: An Unexpected Journey (AUJ). Gerbang menuju Middle-earth dibuka lebar-lebar dan kita pun kembali diajak untuk mengikuti tur setelah terakhir kali mengagumi keindahan alam dunia para hobbit, elf, dwarf, troll, hingga goblin ini sembilan tahun silam. Sisi visualnya tetap luar biasa, bahkan lebih indah dari sebelumnya. Apabila Anda tidak terlalu bersemangat dengan alur yang digulirkan, setidaknya mata masih bisa dimanjakan dengan pemandangan-pemandangan indah. Layaknya trilogi TLOTR, favorit saya di sini adalah Rivendell dimana kawanan berjumpa dengan Elrond (Hugo Weaving) dan Galadriel (Cate Blanchett). Berkat kemajuan teknologi serta kucuran dana yang besar, tim efek khusus yang masih ditangani oleh Weta Digital sanggup mengkreasikan setiap lokasi dan makhluk di Middle-earth dengan lebih apik ketimbang apa yang telah mereka hasilkan di trilogi TLOTR. Bahkan, Gollum (Andy Serkis) pun tampil lebih detil dan menyeramkan di sini. Menyaksikannya dalam IMAX 3D adalah pilihan yang terbaik, terlebih di beberapa bagian kedalaman dan popped-up 3D-nya sangat terasa. 

Well... The Hobbit yang sejatinya menyasar anak-anak sebagai target utama pembaca tidak memiliki jalinan penceritaan sepanjang dan sekompleks ‘sang adik’. Dibutuhkan tim penata skrip yang solid demi menghindari pengisahan yang bertele-tele dan menjemukan. Setidaknya kinerja mereka bisa dibilang cukup sukses untuk jilid pembuka ini. Fran Walsh, Philippa Boyens, Peter Jackson, serta Guillermo del Toro yang bertanggung jawab dalam urusan menumpahkan puluhan ribu kata milik Tolkien ke dalam bentuk naskah sanggup menerjemahkan setiap detil yang dibutuhkan dengan baik. The Hobbit: AUJ dimulai secara mengasyikkan dengan sebuah pengenalan para karakter utama dalam sebuah jamuan makan malam yang penuh kekacauan di gubuk Bilbo. Ketika perjalanan dimulai, grafik cenderung tidak stabil, naik dan turun. Sesuatu yang mau tak mau kudu dimaklumi mengingat ini beranjak dari novel untuk anak-anak yang mana tidak terlalu banyak menjanjikan konflik serta membawa suasana dengan riang alih-alih suram. Beruntung akting gemilang dari Martin Freeman dan Ian McKellen yang eksentrik, kocak, dan senantiasa memberi keriangan sanggup menghindarkan film dari titik jenuh yang teramat sangat. Segalanya mulai menarik diikuti ketika rombongan terjebak dalam pertarungan ‘stone giants’, berhadapan dengan para Goblin di ‘Goblin’s Lair’, dan Bilbo terperosok ke dalam gua yang memisahkannya dari kawanan serta memertemukannya dengan Gollum. ‘Riddles in the Dark’ adalah bagian terbaik dari The Hobbit: An Unexpected Journey

Jadi, apakah The Hobbit: An Unexpected Journey mampu mengulang kegemilangan trilogi The Lord of the Rings? Untuk saat ini terlalu cepat untuk menyandingkannya mengingat The Hobbit baru menelurkan satu jilid saja, namun jika berpatokan pada The Fellowship of the Ring, An Unexpected Journey sama sekali tidak mengecewakan. Ini adalah sebuah hiburan yang menyenangkan. Memang, ada beberapa momen datar yang dapat menyebabkan penonton menguap lebar-lebar (atau malah tertidur), terutama di awal dan pertengahan film, akan tetapi segalanya terbayarkan dengan lunas melalui klimaks yang mengagumkan. Dimulai dari pertarungan ‘stone giants’ hingga credit title bergulir diiringi ‘Song of the Lonely Mountain’ merupakan saat-saat yang mengangkat film setelah sebelumnya nyaris terperosok ke dalam ‘jurang membosankan’. Pada akhirnya, saya akan mengatakan bahwa Peter Jackson telah mencurahkan segala kemampuannya untuk menyajikan The Hobbit: An Unexpected Journey secara layak kepada khalayak ramai. Bukan hidangan yang akan membuat saya mengucap, “Subhanallah, ini berasa di surga”, namun hidangan yang cukup membuat saya berkata, “ini enak.” Bagaimanapun, pengalaman sinematis yang disuguhkan tetaplah menakjubkan.

Exceeds Expectations


2 comments:

  1. peter Jackson dan penggambarannya yang tidak meleset untuk hobbit, sedikit kecapekan nontonnya tapi worth!

    ReplyDelete
  2. Wah mantap jadi mau liat ni movie, ada link download nya gak om? :D

    ReplyDelete

Mobile Edition
By Blogger Touch