September 18, 2020

25 FILM HOROR PALING MENYERAMKAN DALAM 10 TAHUN TERAKHIR VERSI CINETARIZ

Saat berniat mengerjakan senarai “25 Film Horor Paling Menyeramkan Dalam 10 Tahun Terakhir”, saya sempat skeptis. Menurut daya ingat hamba yang pendek, tak banyak sajian seram yang membekas di hati. Tapi usai mencoba mengompilasinya dan memanfaatkan ingatan secara maksimal, ternyata oh ternyata… bergelimangan, euy. Pilihannya pun beragam, dari blockbuster, indie, sampai arthouse, dimana rata-rata memperoleh resepsi memuaskan baik dari penonton maupun kritikus. Total jendral, ada lebih dari 50 judul yang berhasil saya kantongi dan putuskan untuk diseleksi kembali menjadi 25 besar. Syarat beserta ketentuannya pun tidak neko-neko – plus sangat subjektif – yakni seberapa kuat film-film tersebut membuat saya terhibur, terngiang-ngiang di benak sampai beberapa hari ke depan, serta tentu saja, bergidik ngeri. Oh, plus dirilis pada tahun 2010-2019.

Berhubung selalu ada perasaan “dibuang sayang”, maka senarai ini pun dimulai dengan…  

Honorable Mentions

# Crawl


Terjebak di dalam rumah saat banjir besar saja sudah ngeri, apalagi ditambah ditemani buaya.

# Gonjiam Haunted Asylum

Uji nyali di bekas rumah sakit yang dikenal angker itu namanya cari penyakit.

# Housebound

Ada yang lebih mengerikan dibanding gangguan gaib, orang tua yang ceriwis dan suka ikut campur.

# Last Shift

Jaga malam sendirian di kantor polisi jelas bukan tugas yang diinginkan oleh siapapun.

# Lights Out

Jangan pernah matikan lampu karena kamu tidak pernah tahu apa yang bersembunyi di balik kegelapan.

# Midsommar

Perjalanan spiritual seorang perempuan dalam mengenyahkan duka ternyata bisa sangat berbahaya.

# Pee Mak

Saat horor dan komedi bisa melebur dengan mulus, hasilnya adalah tontonan yang pecah.

# Ready Or Not

Jangan pernah anggap remeh permainan petak umpet apalagi saat melibatkan senjata berbahaya.

# Us

Bagaimana jadinya kalau ternyata punya “kembaran” yang amat sangat jahat?

# You're Next

Reuni keluarga yang canggung berubah menjadi medan pertempuran penuh pertumpahan darah hanya dalam seketika.

Lalu, inilah saatnya berlanjut ke para penghuni 25 besar…

#25 As Above So Below

Siapa menyangka di bawah gemerlap kota Paris tersembunyi sebuah “dunia” misterius yang dipenuhi jebakan dan ilusi mengerikan? As Above So Below adalah bukti bahwa konsep found footage masih belum kehilangan pesonanya terlebih saat dipadukan dengan materi mumpuni, sekaligus bukti bahwa kamu masih akan mendapati pengalaman menonton yang mendebarkan dari konsep ini.    

#24 We Are Still Here

Pada mulanya, We Are Still Here tampak seperti tontonan seram bertemakan haunted house biasa. Satu pasangan yang baru saja kehilangan anak mereka, pindah ke sebuah rumah tua reyot dan seketika mendapati hal-hal gaib mulai terjadi. Teror hantu-hantuan di paruh awal memang cukup membuat bulu kuduk berdiri, tapi keistimewaan film ini terletak pada babak pamungkasnya yang menggila.

#23 Sinister

Sejatinya, Sinister adalah horor klasik yang bermain-main di ranah rumah berhantu dengan trik penampakan usang. Yang kemudian menjadikannya sebagai tontonan pemberi mimpi buruk adalah atmosfernya yang benar-benar mengusik sedari menit pembuka. Saya masih belum bisa melupakan isi video rumahan yang menampilkan beberapa keluarga kala hendak dieksekusi. Bikin merinding.    

#22 The Invitation

Diundang ke rumah mantan istri dimana peristiwa traumatis pernah terjadi saja jelas tidak terdengar menyenangkan. Betul saja, si protagonis utama mulai mengendus adanya motif terselubung yang menjadikan setiap menit film ini menjadi semakin misterius, mencengkram, serta mencekam. Penonton dibuat bertanya-tanya, apakah kekhawatiran si protagonis ini masuk akal atau sebatas produk trauma?

#21 Terrified

Di pinggiran kota Buenos Aires, rentetan kejadian gaib menghinggapi beberapa rumah dan menciptakan kengerian yang menambat atensi sejak awal. Trik menakut-nakutinya dibangun secara efektif, terlebih saat melibatkan sesosok mayat yang duduk manis di meja makan. Bukan saja meninggalkan bayangan yang sulit dilupakan, tetapi juga rasa was-was lantaran kita tidak tahu apa yang mungkin diperbuatnya.

#20 Sebelum Iblis Menjemput

Timo Tjahjanto kembali dengan ciri khasnya melalui Sebelum Iblis Menjemput yang level kebrutalannya terbilang tinggi. Tanpa ampun, dia terus menerus menghajar penonton dengan teror sedari mula sampai penghujung durasi yang menjadikan kegiatan “menghembuskan nafas lega” mustahil untuk dilakukan. Lagipula, kapan lagi kita bisa melihat Pevita Pearce yang dikenal kalem berubah jadi zombie ganas?  

#19 Green Room

Green Room menghantarkan kita menuju sebuah bar di desa terpencil yang dipunyai kelompok militan neo-nazi. Belum apa-apa, sudah terdengar seperti sebuah tempat yang seharusnya dihindari. Saat satu band diundang tampil di sana dan mereka menjadi saksi pembunuhan, sisa durasi diisi permainan kucing-kucingan yang membuat diri ini pengap karena intensitasnya sanggup terjaga stabil.

#18 Hush

Hush memanfaatkan set dengan ruang gerak terbatas dan karakter inti yang hanya dua orang secara maksimal. Hasilnya, ketegangan tak berkesudahan yang membuat hamba kesulitan untuk memalingkan muka dari layar barang sejenak. Kita bersimpati pada sang target pembunuhan – seorang perempuan tuli yang hidup sendirian di tengah hutan – dan kita berharap dirinya dapat menaklukkan si pembunuh gila yang menyebalkan.

#17 Let Me In

Tidak banyak remake yang memiliki kualitas setara dengan materi sumbernya. Let Me In yang disadur dari film Swedia bertajuk Let the Right One In adalah salah satu yang nggak malu-maluin. Sajian horor yang mengedepankan narasi mengenai persahabatan manusia dengan vampir ini bukan hanya tampak cantik secara presentasi visual, tapi juga mempunyai sederet momen meneror yang memunculkan sensasi bergidik. Jangan-jangan, salah satu sahabatmu ternyata makhluk penghisap darah. Hiii…

#16 Munafik

Saat pertama menonton Munafik, hamba sama sekali tidak menyangka akan dibuat meringkuk. Disamping jump scares yang ditempatkan secara efektif, narasinya yang terasa dekat adalah alasan lain mengapa film ini bisa sedemikian mencekam. Tentang bagaimana orang-orang saleh menjauhi Tuhan dengan caranya masing-masing, dan tentang cara sang sutradara memvisualisasikan adegan kesurupan dimana iblis kebal terhadap lantunan ayat-ayat suci.

#15 The Autopsy of Jane Doe

Sesosok mayat tanpa identitas ditemukan dan penonton dibawa memasuki ruang otopsi yang berada di bawah tanah. Nuansa klaustrofobiknya terasa mencekat sementara kehadiran si mayat jelas sama sekali tidak membantu. The Autopsy of Jane Doe telah membuat penontonnya was-was hanya dari suasana, lalu si pembuat film menambahkannya dengan unsur supranatural yang menjadikan menit demi menitnya kian mencekam.  

#14 The Cabin in the Woods

Duo Drew Goddard dan Joss Whedon berhasil menampilkan teror klasik yang mencekam dengan balutan dialog berselera humor tinggi, sindiran-sindiran atas ramuan klise film horor, dan narasi yang tak mudah ditebak kemana akan bermuara di sini. 20 menit terakhir The Cabin in the Woods membuktikan betapa cerdasnya sang sutradara dalam membingkai sebuah kado istimewa untuk para penikmat tontonan seram.    

#13 The Babadook

Idenya menarik, mengenai memedi yang mencuat dari buku kanak-kanak dan meneror bocah yang membacanya. Desain si monster pun bikin bergidik ngeri dengan giginya yang runcing dan jari-jari tangannya yang panjang. Namun sumber kengerian utama The Babadook bukan berasal dari si monster, melainkan dari tokoh ibu yang belum bisa menerima kehilangan. Lukanya secara perlahan tapi pasti mendorong dia bertransformasi menjadi sosok beringas yang tak lagi dikenal oleh sang anak.

#12 Get Out

Mengunjungi rumah calon mertua boleh jadi memberi pengalaman menegangkan bagi beberapa orang. Oleh Jordan Peele, pengalaman ini dielaborasinya menjadi sajian horor menggigit dengan sentuhan komedi dan kritik sosial dimana istilah “too good to be true” berlaku. Melalui kacamata si tokoh utama, kita bisa merasakan adanya kejanggalan dari sikap pelayan, tamu, sampai si pemilik rumah yang tampak terlalu kaku maupun terlalu sempurna. Rasanya diri ini ingin teriak kepadanya, “cepat keluar dari sana!” 

#11 It: Chapter One

Jika saya adalah Stephen King, saya akan bangga sekali terhadap interpretasi termutakhir dari It ini. Bukan saja cakap dalam menggambarkan ikatan persahabatan para karakternya, It: Chapter One pun luwes dalam menggeber momen-momen menyeramkan yang menciutkan nyali. Sensasi yang diberikannya seperti tengah menjelajahi wahana rumah hantu; seru, menegangkan, sekaligus menyeramkan. Kita bisa berteriak-teriak, lalu ketawa-ketawa setelahnya. Plus, Pennywise bangke sekali di sini!

#10 A Quiet Place

Hidup tanpa boleh bersuara saja sudah menyiksa, apalagi ditambah adanya monster yang selalu siap siaga untuk menerkam setiap kali kamu bersuara. Bisa dibayangkan dong seperti apa tekanannya? Premis high concept ini berhasil diejawantahkan oleh John Krasinski melalui karya perdananya yang amat mencekam. Saking mencekamnya, A Quiet Place memungkinkan bagi penonton untuk ikut merasakan bagaimana sumpeknya hidup para keluarga di film ini termasuk merasakan sakitnya tertusuk paku yang merupakan salah satu villain terbaik dalam khasanah tontonan horor.  

#9 Doctor Sleep

Meski Doctor Sleep memiliki muatan laga cukup kental bak tontonan superhero dengan tampilan visual cukup imajinatif nan membangkitkan selera, film tetaplah menghembuskan kengerian yang bersumber dari nada pengisahan yang suram, tindakan sang villain dalam menyedot “uap” dari para pemilik kekuatan khusus yang didahului dengan siksaan keji, sampai referensi ke film pertama (The Shining) yang acapkali menyeramkan. Bagaimanapun juga, apapun yang melibatkan Hotel Overlook tidak akan pernah bisa menggoreskan imaji yang indah.    

#8 Pengabdi Setan

Jawaban dari tanya, “apakah Pengabdi Setan versi Joko Anwar ini lebih mencekam dibanding pendahulunya?,” memang akan sangat relatif. Namun bagi hamba secara pribadi, Pengabdi Setan versi anyar ini sanggup menimbulkan mimpi buruk. Salah satu film horor Indonesia paling menyeramkan dalam beberapa tahun terakhir. Dalam perjalanan mengarungi wahana rumah berhantu ini, saya beberapa kali dibuat terperanjat seperti pada adegan lempar selimut, mendengarkan drama radio, pipis di tengah malam, sampai tiap kali terdengar suara gemerincing lonceng Ibu.

#7 Don’t Breathe

Don’t Breathe mempunyai setumpuk adegan yang memungkinkanmu berkeringat dingin, mengeluarkan sumpah serapah, dan kesulitan menghembuskan nafas lega lantaran daya cekamnya yang tidak main-main. Tanpa perlu diberi peringatan untuk “jangan bernafas”, hamba sudah terlebih dahulu menahan nafas karena bagaimana mau bisa bernafas lha wong film ini sedemikian mencekamnya. Saya hanya ingin tiga berandalan di sini bisa terbebas dari cengkraman si pria buta yang rupa-rupanya jauh lebih berbahaya dari yang diperkirakan.

#6 The Wailing

Bagaimana seandainya seorang misterius tiba-tiba datang ke desamu dan sejurus kemudian, wabah sulit terjelaskan melanda seantero desa? Pertanyaan berbau pengandaian tersebut jelas mengerikan saat betul terjadi, bahkan ketika sebatas kisah fiktif dalam The Wailing pun telah sanggup memberikan efek ngeri. Pemicunya adalah permainan atmosfer yang memicu kegelisahan, jalinan pengisahan sarat misteri yang memantik diskusi, serta faktor kedekatan. Tidak bisa disangkal, aktivitas berbau klenik mudah dijumpai di sekitar kita.

#5 Train to Busan

Kita bisa berteriak-teriak, “ayo lekas lari, lekas,” saat gerombolan zombie bersiap memangsa para karakter dalam Train to Busan. Kita ikut diliputi amarah membara tatkala salah seorang karakter egois bersama gerombolan hasutannya mengisolasi karakter-karakter yang tak sejalan pemikiran dengan mereka. Lalu, kita pun merasakan ketidakrelaan teramat sangat ketika satu persatu tokoh baik mulai terinfeksi. Kemampuan untuk melibatkan emosi secara penuh inilah yang membuat atensi penonton sanggup terpancang di sepanjang durasi yang berlangsung amat menegangkan. 

#4 Hereditary

Nada pengisahan yang depresif disertai imaji-imaji yang mengganggu (halo, kepala buntung!) adalah jalan yang ditempuh oleh Hereditary untuk menggoreskan trauma kepada penonton. Coba bayangkan kamu dibawa memasuki rumah minim penerangan, lalu dipertemukan dengan satu keluarga disfungsional yang tingkah polahnya senantiasa membuat gelisah, dan kita diperangkap di sana. Tentu, ini definisi sesungguhnya dari mimpi buruk apalagi jika kemudian kamu melihat ada yang terbakar dan merayap di dinding.

#3 Under the Shadow

Seringkali, saat kita bisa merasakan ada sesuatu yang salah tapi kita tidak dapat melihatnya, itu terasa lebih meneror lantaran ketidaktahuan mengenai apa yang sejatinya sedang dihadapi. Under the Shadow mempermainkan ketakutan dan imajinasi penonton dengan cara tersebut dimana keganjilan-keganjilan kerap dijumpai tanpa sumber yang pasti. Benarkah ada makhlus halus yang mengganggu si pemilik rumah? Kalaupun tak ada, film memiliki sumber teror lain yang ancamannya lebih nyata yakni bermukim di tengah zona perang dan pemerintah yang opresif.  

#2 The Conjuring / The Conjuring 2

Sulit untuk memilih salah satu karena dwilogi The Conjuring mempunyai kualitas setara dalam hal bercerita maupun menakut-nakuti. Saat diri ini mengira momen hide and clap dari jilid awal telah menetapkan standar tinggi dalam perkara meneror, babak kedua mempersembahkan sosok biarawati ikonik dan “menggubah ulang” satu dua tembang klasik menjadi lagu pengundang memedi. Alhasil, terlonjak, berteriak diikuti tawa gemas guna melepas cemas, sampai meringkuk manis di balik jaket atau bantal adalah reaksi yang sangat mungkin kamu alami kala menyaksikan dwilogi ini.  

#1 Insidious

Hal terbaik dari Insidious adalah saya tidak pernah memprediksi film garapan James Wan ini akan membuat hamba lemas tanpa daya di dalam bioskop. Terornya gila tidak main-main, Bung! Di kala kepercayaan terhadap sajian horor dari Negeri Paman Sam telah merosot drastis, film ini mengembalikannya dengan mempersembahkan tontonan seram yang memakai formula klasik: rumah berhantu. Kepiawaian sang sutradara dalam mengatur waktu dan trik penampakan adalah alasan utama mengapa setiap jump scares yang kamu jumpai di sini terasa tepat guna. Tak ada yang mubazir, semuanya efektif dalam merontokkan bulu kuduk apalagi ditambah sokongan iringan musik biadab dari Joseph Bishara. Perlu diingat, film inilah yang menciptakan tren berwisata ke dunia astral dalam banyak tontonan horor setelahnya.

Apakah kamu mempunyai film favorit yang tidak tercantum dalam daftar di atas? Mari dibagi lewat komen.

22 comments:

  1. Wah ternyata banya film horor bagus 10 tahun kebelakang yg ku lewati. Makasih list nya min, jadi bisa langsung di tonton. Saran saya kenapa gak buat list seperti ini lagi tapi untuk genre lain nya min.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat menonton~

      Udah ada rencana kok bikin list bertema atau sesuai genre, tinggal nunggu momentum sama mood saja. Yang terakhir yang susah. Hahaha.

      Delete
    2. ngumpulin mood memang kadang sering hilang mendadak, apalagi di saat kondisi serba susah seperti ini 😔

      Delete
    3. Banget. Kadang sekarang bisa semangat luar biasa, eh beberapa jam kemudian udah lenyap tak bersisa.

      Stay safe and stay strong ya!

      Delete
  2. Dan untuk pengabdi setan dan sebelum iblis menjemput memang layak, saya beberapa kali menahan ketakutan pas menonton nya di bioskop.😂

    ReplyDelete
  3. Wiii, banyak...siap eksekusi buat nonton ah..maaci listnya bapak 🤗

    ReplyDelete
  4. Replies
    1. Coming Soon dirilis tahun 2008. Daftar ini kan cuma buat film dari tahun 2010 sampai 2019.

      Delete
  5. Aaahhhh sesenang itu ngeliat SIM masuk list 😍😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jarang-jarang ada film horor Indonesia yang intens banget. Favorit emang.

      Delete
  6. Replies
    1. Good choice. Kalau dipanjangin sampai 50, pasti masuk nih.

      Delete
  7. Kalo menurut ku sih the witch ama the gift yg terbaik di dekade 2010an. Btw, sedih kok gak masuk list mu, di mention pun tidak. Tapi gpp lah, namanya selera pasti beda-beda, haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup, The Gift bagus. Sempat masuk shortlist juga. Kalau The Witch, maaf, aku nggak cocok dengan filmnya

      Delete
  8. Replies
    1. Serial televisi dan web maksudnya? Tertarik cuma nggak ada waktu buat ngikutin. Belakangan sih sering nonton miniseri

      Delete
  9. Sering Zonk Di Slot ? Mainkan Di Situs Slot TerHoki Saat Ini. #ARMADA4D Agen Judi Slot, Casino, Tembak Ikan Dan Togel Online Tepercaya.

    *Minimal Betting Togel 500 Rupiah.
    Tersedia 10 Pasaran Togel Terkenal, seperti
    - Pasaran HK Siang
    - Pasaran SG Metro
    - Pasaran Sidney
    - Pasaran Malaysia
    - Pasaran Singapore
    - Pasaran Singapore 45
    - Pasaran Malaysia Siang
    - Pasaran Macau
    - Pasaran Qatar
    - Pasaran Hongkong

    * 5 Provider Slot Terbesar.
    - Pragmatic Play
    - Habanero
    - Spade Gaming
    - TopTrend Gaming
    - Joker Gaming

    * Live Casino
    - ION Casino
    - Pragmatic Play
    - Sexy Gaming
    - All Bet
    - IDN Live

    Dan Permainan Tembak Ikan Yang Sangat Menarik.

    *TERSEDIA BONUS BONUS MENARIK
    1.BONUS 5% SETIAP HARINYA.
    2.CASHBACK KEKALAHAN LIVE CASINO UP TO 10% ( KHUSUS PERMAINAN LIVE CASINO )
    3.BONUS TURNOVER PERMAINAN TEMBAK IKAN & SLOT GAMES UP TO 0.8%
    4.CASHBACK KEKALAHAN TOGEL UP TO 2%
    5.CashBack Harian Up To 5%
    6. BONUS MURNI FREESPIN 30% BUY FREESPIN 20%
    7. Event Joker Jewels #NADAGROUP ( Pragmatic Play )

    Whatsapp : +62821-2176-0714
    Link : https://v.gd/1oePaU
    Link IP : 188 166 228 118

    ReplyDelete
  10. Download Apk Mod Terbaru dan download mudah .
    Untuk Info Lebih Lanjut Kunjungi : Zyrushsite

    ReplyDelete
  11. NOBITASLOT: Daftar Slot, Situs Slot, Agen Slot Online Terpercaya di Indonesia

    NOBITASLOT adalah Daftar Slot, Situs Slot, Agen Slot Online Resmi Terpercaya Indonesia yang menyediakan berbagai permainan slot online, togel online yang menggunakan server Zoomengine yang menggunakan taruhan uang asli.

    nobitaslot
    slot
    slot judi
    slot games online
    slot online
    slot agen
    agen slot
    agen slot online
    agen slot games
    agen situs slot
    agen judi slot
    situs slot
    situs slot games
    situs slot online
    situs agen slot
    main slot
    main slot games
    main slot online
    main agen slot
    daftar slot
    daftar slot games
    daftar slot online
    daftar agen slot
    daftar situs agen slot
    daftar situs slot
    slot terpercaya
    judi terpercaya
    agen slot terpercaya
    situs slot terpercaya
    daftar slot terpercaya
    judi slot terpercaya
    daftarjudi
    daftar judi slot online
    daftar judi slot games
    togel
    togel online
    agen 4d
    tembak ikan
    nobita slot
    172,105,112,160
    148.163.72.68
    Zoomengine

    ReplyDelete
  12. Buy cheap nembutal pentobarbital pills, liquid, powder, SECONAL FOR SALE ONLINE, SECONAL and more online.
    Buy nembutal online, order nembutal online, purchase cheap nembutal online.

    Contact us at:  arcmeds4@gmail.com

    Are you terminally sick , weak , depressed and want to give up your life from the pain of the world? Have you been searching for a reliable and efficient means to get peaceful death without loosing your money ? Have you ever heard about Nembutal Pentobarbital Sodium Solution Peaceful exit medication? We are here to provide you with a peaceful and reliable solution.

    If you are looking to Buy Nembutal Online, then you are at the right place to make your purchase. Look no further, contact us and purchase Nembutal Online at a very affordable price. We have over 9 years of experience supplying nembutal to United States, Canada, Europe, Australia, Africa, Asia with 99.9% successful delivery.

    We are determined in giving real hope and everlasting rest to the terminally ill. We sell Nembutal Powder, Oral Nembutal Liquid and Nembutal Pills. Just providing your age and your weight, we will be able to provide you accurate information about Price, shipping, and payment.

    Note that, we do 100% discrete and express shipping of Nembutal world wide and have a refund/return policy to ensure maximum satisfaction of our clients. If we do not treat you well, tell us and if we treat you good tell the world.
    We are available 24/7 to answer all your question regarding HOW TO BUY NEMBUTAL ONLINE, WHERE TO BUY NEMBUTAL, BEST TYPE OF NEMBUTAL TO BUY etc. Simply send us an email and one of our customer service consultants will get back to you on time.

    * Nembutal suicide dose,

    * How to obtain Seconal,

    * How to buy nembutal Online,

    * Purchase nembutal Online,

    * Nembutal by mail order,

    * How to obtain pentobarbital,

    * Best drugs for suicide overdose,
    * seconal nembutal,

    * nembutal no prescription,

    * nembutal pentobarbital sodium,

    * nembutal pills online,

    * nembutal suppliers,

    We are a legitimate supplier for Nembutal. End the suffering, End the pain and End your sorrow by purchasing Nembutal online from the best nembutal suppliers. 100% Fast, Reliable, Trustworthy, the product being of high quality, everywhere accessible, extremely pure, Nembutal powder as well as liquid and pills ,the best decision to make. Dying with peacefulness, Dying with dignity, Peaceful euthanasia, Peaceful mind. Consumption and order to be placed according to the need.

    Contact us at:  arcmeds4@gmail.com

    Visit our website :

    https://nembutalcenter.com/


    ReplyDelete

Mobile Edition
By Blogger Touch