August 18, 2017

REVIEW : A: AKU, BENCI, DAN CINTA


“Selama lo ada dan gue ada, kita itu bagaikan pagi dan malam. Air dan api. Yin dan yang. Malaikat dan iblis. Dan lo malaikatnya.” 

Perseteruan tiada akhir antara seorang cewek dengan seorang cowok, seorang cowok yang gemar bergonta-ganti pasangan dalam hitungan pekan, persahabatan yang terancam mengalami keretakan hebat, seorang kekasih yang terbujur koma, dan cinta bertepuk sebelah tangan. Sejumlah plot bercita rasa dramatis yang bisa kamu temui terhampar dalam A: Aku, Benci, dan Cinta yang didasarkan pada novel remaja laris rekaan Wulanfadi. Materi sumbernya memang menjurus ke ranah melodrama yang mengajak pembacanya bertangis-tangisan dan trailer resmi dari film produksi MD Pictures ini telah mengisyaratkan bahwa versi layar lebarnya akan menempuh jalur yang kurang lebih serupa dengan sejumput bumbu komedi. Rasa-rasanya bakal sebelas dua belas dengan penyampaian Dear Nathan lah. Mempersiapkan diri untuk dibuat gemes-gemes lalu bercucuran air mata sebelum melangkahkan kaki ke dalam bioskop, tanpa disangka-sangka ternyata Rizki Balki selaku sutradara memilih melantunkan A: Aku, Benci, dan Cinta dengan pendekatan berbeda. Menghempas manja sisi mendayu-dayu, sang sutradara menginjeksi lebih banyak keceriaan yang membuat film memiliki elemen komedi kental. 

Bertindak sebagai narator dalam A: Aku, Benci, dan Cinta adalah perempuan berwatak keras bernama Anggia (Indah Permatasari) yang menjabat sebagai Wakil Ketua OSIS di SMA National High. Melalui narasinya, dia membagi sudut pandangnya yang sinis terhadap sang Ketua OSIS, Alvaro (Jefri Nichol), yang dilihatnya sekadar tebar-tebar pesona dan bergonta-ganti cewek tanpa pernah melakukan kerja nyata. Dendam kesumat lantaran ambisinya menduduki tampuk tertinggi dalam struktur organisasi siswa di sekolah dipupuskan Alvaro, maka apapun yang dilakukan Alvaro selalu buruk di mata Anggia sekalipun sang sahabat, Tara (Syifa Hadju), kesengsem berat dengan Alvaro yang disebut-sebut sebagai cowok terkeren di sekolah. Kebencian Anggia kepada cowok ini kian memuncak setelah keduanya berselisih gagasan mengenai acara prom night dalam rapat OSIS. Namun kebencian itu tak bertahan lama karena semesta tampaknya terus berusaha untuk menyatukan mereka. Pihak sekolah mewajibkan Anggia untuk berlatih musik dengan Alvaro selama beberapa hari demi memperbaiki nilai mata pelajaran kesenian. Bersama dengan Alvaro dari waktu ke waktu, lambat laun mengubah persepsi Anggia dan diam-diam muncul percikan api asmara diantara keduanya.


Sebetulnya, kalau ditinjau dari sisi guliran pengisahan sih A: Aku, Benci, dan Cinta tidak menawarkan pembaharuan apapun. Plotnya generik: dua orang saling benci, lalu lama-lama timbul rasa suka satu sama lain, begitu hendak bersatu eh ternyata selama ini ada orang ketiga dalam kehidupan masing-masing. Karakter yang mempersulit laju hubungan Alvaro dan Anggia di A: Aku, Benci, dan Cinta adalah Athala (Amanda Rawles), perempuan dari masa lalu Alvaro yang terbaring koma, beserta Alex (Brandon Salim), teman baik dari kakak Anggia. Yang kemudian membuatnya terasa tetap menyenangkan buat ditonton adalah bagaimana cara Rizki Balki menghantarkan kisah kasih empat remaja ini. Ketimbang menggulirkannya dengan rentetan momen mengharu biru, sang sutradara beserta Alim Sudio selaku penulis skenario memilih untuk menghadirkannya mengikuti semangat remaja pemakai seragam putih abu-abu yang seringkali ceria dan menggebu-nggebu. Suatu pendekatan menyegarkan untuk film percintaan Indonesia yang mau tak mau mengingatkan kita kepada film bergenre komedi romantis buatan negara tetangga, Thailand. Terlebih formulanya pun senada, momen penuh kemesraan dari karakter yang tengah kasmaran digeber seraya ngelaba konyol-konyolan. 

Disamping Athala dan Alex, setiap karakter inti maupun pendukung diberikan kesempatan untuk unjuk kemampuan dalam melucu. Bahagianya, mereka berhasil menghantarkan momen komedik secara mulus terutama Syifa Hadju sebagai sahabat yang amit-amit ganjennya, TJ Ruth sebagai guru Anggia yang ceriwis bukan main, serta Indah Permatasari yang dipenuhi imajinasi-imajinasi liar. Ya, sosok Anggia memang dideskripsikan sekeras batu nyaris tak pernah menyunggingkan senyum selain kepada Tara, namun tak jarang pula dia bertingkah lebay terlebih saat dia mulai berpikir macam-macam perihal situasi di sekitarnya. Visualisasi dari imajinasinya itu lho, lucu sekali. Kendati jor-joran dalam bercanda, A: Aku, Benci, dan Cinta sama sekali tak melupakan fitrahnya sebagai film romansa dengan menghadirkan sejumlah adegan unyu-unyu menggemaskan yang melibatkan para protagonis utama dan diiringi skoring musik apik gubahan Donny Irawan beserta Alfa Dwiagustiar yang membantu mempertebal rasa. Sisi romantis film yang malu-malu kucing di awal mulai semakin terdeteksi rasanya seiring berjalannya durasi. Seiring semakin menguatnya chemistry diantara Jefri Nichol, Indah Permatasari, dan Amanda Rawles yang sanggup membuat penonton yakin bahwa ketiga remaja ini memang tengah kasmaran.

Exceeds Expectations (3,5/5)


6 comments:

  1. Tapi kok gak sampai kasih outstanding kayak Dear Nathan ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya buatku secara pribadi masih dibawah Dear Nathan yang meninggalkan impak kuat ke emosi setelah menontonnya. Tapi A ini tetap sangat layak ditonton kok. Jarang-jarang ada juga film komedi romantis remaja tanah air yang berhasil.

      Delete
    2. Ok deh entar saya buktiin sendiri.

      Delete
  2. Bdw udah nonton film korea THE BATTLESHIP ISLAND gak..kata review sebelah film nya luar biasa bagus nya

    ReplyDelete
  3. Novelnya bagus, movienya too jelek

    ReplyDelete

Mobile Edition
By Blogger Touch