August 19, 2018

REVIEW : DOA - DOYOK OTOY ALI ONCOM: CARI JODOH


“Jangankan bini, pacar aja lo belum punya.” 
“Gosipnya, lo kaga suka perempuan.” 
“Samber gledek. Aku ini pemilih.” 
“Pemilih yang kagak dipilih orang ya kagak jadi apa-apa juga.” 

Generasi muda jaman now, mungkin baru mengenal karakter tiga serangkai; Doyok, Otoy, dan Ali Oncom dari serial animasi bertajuk DOA (akronim dari tiga nama karakter utamanya) yang tayang di MNCTV sejak beberapa bulan silam. Tapi bagi generasi yang lebih sepuh, mereka bertiga telah dikenal sedari dipublikasikan secara terpisah dalam kolom Lembergar (Lembaran Bergambar) di harian Pos Kota. Karakteristik ketiganya yang merepresentasikan sebagian warga ibukota negara, bisa disederhanakan sebagai berikut; Doyok adalah perantau dari Jawa dengan pemikiran kritis serta hobi nyinyir, Otoy yang berasal dari Sunda kerap menjadi sasaran bulan-bulanan mertuanya yang galak, dan Ali Oncom yang anak Betawi asli seringkali berangan-angan memiliki segudang uang. Meski tak berada di satu jalur pengisahan dalam komik stripnya, mereka lantas dipertemukan satu sama lain di serial animasi DOA yang kemudian berlanjut diejawantahkan ke versi live action dengan judul DOA (Doyok, Otoy, Ali Oncom): Cari Jodoh. Seperti tertera dalam subjudulnya, film yang disutradarai oleh Anggy Umbara (Comic 8, Insya Allah Sah! 2) ini menyoroti tentang sepak terjang ketiga karakter tituler dalam misi pencarian jodoh untuk Doyok (Fedi Nuril) yang masih betah melajang di usia memasuki kepala empat. 

Status Doyok sebagai bujangan ini membuat khawatir kedua sahabatnya, Otoy (Pandji Pragiwaksono) dan Ali Oncom (Dwi Sasono), yang masing-masing telah memiliki pasangan. Otoy telah menikah dengan Elly (Nirina Zubir) yang dimanfaatkannya sebagai sumber penghasilan di kala dia sibuk bermalas-malasan, sementara Ali Oncom gemar menggoda janda-janda di kampung sekalipun telah menjalin hubungan dengan Yuli (Jihane Almira). Kepribadian Doyok yang cenderung polos, kaku, dan ndeso menyulitkannya untuk mendekati perempuan sehingga Otoy beserta Ali Oncom pun berinisiatif mencarikan jodoh untuk Doyok melalui situs perkencanan bernama Minder. Dari situs ini, Doyok berkesempatan untuk menjalani kencan dengan seorang perempuan bernama Ayu (Laura Basuki). Menengok parasnya yang rupawan dan sikap Ayu yang sangat bersahabat terhadap Doyok, misi pencarian jodoh bagi sang sahabat sepertinya telah berjalan sukses. Akan tetapi, saat sebuah rahasia mengerikan mengenai Ayu terungkap, Doyok, Otoy, beserta Ali Oncom pun memutuskan untuk melanjutkan pencarian. Sebuah pencarian yang lantas membawa Doyok pada pertemuan dengan seorang pegawai kecamatan bernama Suci (Titi Kamal). Keduanya terlihat saling jatuh hati satu sama lain, terlebih mereka dipersatukan oleh minat yang sama. Jika ada penghalang diantara mereka, maka itu adalah Pak Camat (Tarzan) yang juga menaruh hati kepada Suci. 


Sejujurnya, ada kalanya saya cukup bisa menikmati DOA: Cari Jodoh. Saat Anggy Umbara beserta Fico Fachriza yang bertanggung jawab dalam penulisan skrip bermain-main dengan humor membumi, pada saat itulah derai tawa bisa meluncur dari mulut. Dalam catatan saya, beberapa guyonan yang mampu mengenai target secara tepat bersumber dari ribut-ribut kecil antara Elly yang ceriwis bukan main dengan Otoy yang enggan ngapa-ngapain, imajinasi Doyok beserta Otoy dalam membayangkan kehidupan bergelimangan harta, Ali Oncom yang menebar pesona (baca: gombalan) kepada janda kampung setempat, sampai kecanggungan Doyok ketika diperkenalkan kepada Suci untuk pertama kali. Rentetan momen ini terasa lucu, setidaknya bagi saya, lantaran mencerminkan keseharian masyarakat kelas bawah secara apa adanya tanpa dibuat-dibuat. Untuk sesaat – berkaca pula pada materi sumbernya yang gemar melontarkan komentar sosial – saya mengira pendekatan semacam inilah yang akan diaplikasikan oleh Anggy dalam DOA: Cari Jodoh. Pendekatan yang sedikit banyak mengingatkan diri ini pada Get Married (2007) arahan Hanung Bramantyo. Tapi saat Anggy mencelupkan lebih banyak momen musikal yang kian repetitif seiring berjalannya waktu usai kejar-kejaran dibalik jemuran ala film India yang sebetulnya cukup lucu dan bermain-main dengan guyonan absurd yang melibatkan alat kelamin, pada saat itulah saya menyadari bahwa Anggy enggan untuk mencelotehkan film ini di jalur membumi. 

DOA: Cari Jodoh tak bisa melepaskan diri dari ciri khas sang sutradara yang melibatkan kata bombastis yang untuk sekali ini terasa salah tempat. Memasuki babak kedua yang semakin menjauh dari semangat merakyat yang diperkenalkan di belasan menit awal, kelucuan beserta daya cengkramnya perlahan mulai mengendur. Saya akhirnya benar-benar kesulitan untuk mengikuti film ini terhitung sejak munculnya adegan mengenai lomba debat tingkat kecamatan yang menghadirkan cameo dari Anggy sebagai Manoj Punjabi (sang produser) dan adu argumen digantikan oleh adu rap. Level absurditasnya semakin tak terkontrol dan DOA: Cari Jodoh secara resmi telah keluar dari jalurnya begitu menapaki klimaks yang seolah berasal dari film berbeda. Pada akhirnya, saya pun mendeteksi adanya kekecewaan besar yang menggelayuti diri saat melihat momen puncak dari film karena potensi DOA: Cari Jodoh sudah disia-siakan begitu saja. Padahal pemain ansambelnya telah menunjukkan performa maksimal (khususnya Dwi Sasono dengan tawa khasnya, Nirina Zubir dengan keceriwisannya, Laura Basuki dengan kesediannya tampil memalukan, serta Titi Kamal dengan gerak bibir uniknya), dan materi penceritaannya memungkinkan untuk dikembangkan sebagai komedi satir yang menggelitik. Seandainya saja film tetap setia berada di jalur seperti dilewatinya pada babak pertama, bukan tidak mungkin DOA: Cari Jodoh akan tersaji lebih memikat.

Acceptable (2,5/5)



4 comments:

  1. Tnggal tunggu review Rompis dan Gentayangan nya.. Kalau film Seredipity gak di review apa. Secara kan sutradaranya yg buat film Dear Nathan tahun lalu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nope. Ulasan temen-temen buruk jadi kemarin terpaksa dilewatin. Nggak tertarik dengan tema perlontean juga. Kalau Rompis lagi disiapin, Gentayangan mungkin hanya diulas di Twitter saja.

      Delete
    2. Padahal tuh film sutradaranya dear nathan sma hijrah cinta, lol bad jelek ya

      Delete
  2. setuju banget, adegan nyanyi sangat merusak film, padahal chemistry doyok, otoy, ali oncom sudah bagus plus akting dwi sasono jempolan

    ReplyDelete

Mobile Edition
By Blogger Touch