December 30, 2019

16 FILM INDONESIA TERBAIK 2019 VERSI CINETARIZ



Para pengunjung Cinetariz yang setia, bagaimana pengalaman kalian dalam menonton film Indonesia di satu tahun terakhir ini? Memuaskan, menyenangkan, biasa-biasa saja, atau justru kurang mengenakkan? Kalau bagi saya pribadi sih, 2019 adalah tahun yang menyenangkan bagi sinema tanah air. Disamping keberagaman temanya mulai terasa seiring dengan semakin beraninya para sineas untuk mengeksplorasi gagasan-gagasan baru, saya juga menjumpai beberapa film yang membuat diri ini rela untuk menyaksikannya lebih dari satu kali. Entah saat masih berada di layar lebar maupun ketika sudah nangkring cantik di platform streaming legal yang keberadaannya semakin menjamur. Apa saja judul-judul itu? Well, apabila kamu mengikuti saya di akun media sosial, tentu sudah mengetahui apa saja film yang saya maksud. Hihihi.

Kamu mungkin bertanya-tanya, apa sih kualifikasi yang dibutuhkan bagi suatu film untuk bisa menyelinap ke dalam senarai “16 Film Indonesia Terbaik 2019 Versi Cinetariz” ini? Satu yang jelas, film tersebut harus sudah tayang di bioskop atau platform streaming Indonesia (tahun ini tak ada, tahun lalu ada The Night Comes for Us) di sepanjang tahun 2019. Beberapa judul yang sempat saya tonton di festival film, baru akan diikutsertakan di seranai tahun depan lantaran film-film ini sudah dipastikan rilis ke bioskop. Sedangkan untuk kata “terbaik” sendiri, tentu bersifat sangat subjektif. Apa yang terbaik untuk saya, belum tentu tentu terbaik buat kalian. Jadi jangan mengeluh soal peringkat atau daftar filmnya, ya? Bikin pusing. Terlebih, urutannya dipengaruhi pula oleh tingkat kepuasan selama menonton selain kualitas film itu sendiri dan seberapa besar keinginan saya untuk merekomendasikan film-film ini kepada kalian.

Tanpa berpanjang lebar lagi, saya persembahkan senarai “16 Film Indonesia Terbaik 2019 Versi Cinetariz” dimulai dari…

Honorable Mentions (diurut berdasar abjad)

# Ghost Writer


# Hit & Run


# Pretty Boys


# Si Doel The Movie 2


# Sunyi



…dan inilah yang menghuni posisi 16 besar.

#16 Orang Kaya Baru


Orang Kaya Baru merupakan pilihan yang sangat tepat apabila kamu ingin melepas penat barang sejenak dengan bersenang-senang. Betapa tidak, ini adalah film yang memiliki kandungan hiburan di level cukup tinggi dan gelak tawa berderai-derai dari penonton akan mudah terdengar di berbagai titik. Entah itu saat para protagonis kita masih tergolong proletar, maupun saat protagonis kita telah berjalan beriringan bersama kaum borjuis. Para pemainnya, terutama Cut Mini, layak diacungi dua jempol.

#15 Susi Susanti: Love All


Saya menyukai bagaimana Susi Susanti: Love All tidak semata-mata menekankan pada aspek perjuangan Susi Susanti di arena yang nyaris tanpa cela, tetapi juga ikut mengupas isu rasialisme yang memang terpampang nyata di era Orde Baru bahkan juga sekarang. Ya, film ini menjalankan tugasnya dengan baik sebagai film biopik olahraga. Mempermainkan emosi, informatif, membuka mata, menggugah semangat, dan membuat kita bersyukur bahwa perfilman Indonesia memiliki Laura Basuki. Performanya sebagai sang legenda bulu tangkis adalah akting terbaik yang pernah dipersembahkannya di sepanjang karir.

#14 Ave Maryam


Disamping permainan visual yang memang berada di kelas wahid dan ambience yang memungkinkan saya untuk bisa menyelami situasi kondisi di susteran, satu hal lain yang membuat diri ini dapat terhubung ke Ave Maryam adalah pendeskripsian karakter yang manusiawi. Maryam menyimpan sebersit keinginan untuk bebas dari aturan-aturan keagamaan karena dorongan hawa nafsunya, sementara Yosef pun tak bisa menekan hasratnya untuk mencintai. Alhasil, kedua karakter utama ini sempat mengalami krisis keimanan saat mereka menyadari benih-benih cinta mulai timbul meski saya sendiri memiliki perspektif lain mengenai hubungan dua manusia ini. Benarkah gejolak yang muncul dari dua belah pihak bisa disebut cinta? Atau jangan-jangan gejolak itu muncul dari dorongan seksual belaka?

#13 Perempuan Tanah Jahanam


Selama kurang lebih satu jam selanjutnya, Perempuan Tanah Jahanam memang menghadirkan rasa gelisah dan ketakutan secara konstan. Pemilihan lokasi yang jitu beserta kinerja dari departemen teknis membuat kesan angker sangat menonjol. Yang juga berkontribusi dalam menyokong sensasi eerie yang dimunculkan film adalah performa sangat baik dari jajaran pemain. Saat misteri melingkungi, rasa penasaran, cemas, serta ngeri adalah teman baik bagi penonton. Kita dibuat menaruh curiga, berdebar-debar, sekaligus terperanjat yang dipicu oleh gerak-gerik penduduk desa maupun trik menakut-nakuti yang dirangkai efektif.

#12 Terlalu Tampan


Saat menonton Terlalu Tampan yang disadur dari LINE Webtoon populer, saya sempat berulang kali dibuat terkekeh-kekeh. Segala absurditas yang biasa kamu jumpai pada manga, anime, maupun versi webtoon-nya, divisualisasikan secara efektif oleh sang sutradara. Saya masih saja ngikik geli setiap kali teringat pada visual ledakan seperti baru ditimpa bom atom, bagaimana salah satu siswi tiba-tiba kayang bak kerasukan, dan tur rumah Kulin. Kocak brooo!


#11 99 Nama Cinta



Chemistry ciamik yang terjalin antara Deva Mahenra dengan Acha Septriasa ternyata bukan satu-satunya alasan yang membuat 99 Nama Cinta terasa bernyawa. Ada narasi menyenangkan untuk diikuti, sejumlah momen manis menggemaskan, dan jajaran pemain pendukung asyik yang turut membantu. Sudah cukup lama saya tidak menonton film dengan konten keagamaan pekat (dalam hal ini, Islam) yang sanggup bikin merenung serta hati terasa adem. Film ini berhasil melakukannya melalui pesan berharga yang mengajak penonton untuk menjadi manusia berguna bagi sesama. Bagusnya lagi, penyampaian ini tak pernah terasa ceriwis.

#10 Ratu Ilmu Hitam


Alih-alih sekadar mendayagunakan jumpscares yang jumlahnya relatif minim di sini (Thank God!), Kimo Stamboel memantik ketakutan penonton melalui imaji-imaji menggelisahkan yang bermain-main dengan fobia dan atmosfer tidak mengenakkan hati yang senantiasa membuat kita menaruh curiga. Senantiasa membuat kita bertanya-tanya, apakah ada diantara karakter ini yang benar-benar bisa dipercaya? Terlebih lagi, sebagian dari karakter ini mengubur satu rahasia gelap, dan sebagian lainnya mengusung motif dipertanyakan dibalik kehadiran mereka. Kombinasi antara kecurigaan pada karakter tertentu beserta kewaspadaan terhadap datangnya santet yang akan mendera para karakter adalah apa yang menjaga atensi saya terhadap Ratu Ilmu Hitam untuk tetap hidup. Saat santet itu akhirnya tiba, sang sutradara pun tidak lagi berkompromi dalam memvisualisasikan teror yang sanggup menciptakan mimpi buruk khususnya dalam adegan “siksa neraka”.

#9 Mantan Manten


Tak sebatas berceloteh soal pahit manisnya cinta, Mantan Manten turut menyinggung budaya Jawa dengan segala unsur mistis yang melingkunginya serta isu women empowerment dimana si karakter perempuan bernama Nina tidak dideskripsikan tunduk pada lelaki yang dicintainya. Dia adalah seorang pejuang yang menolak untuk menyerah pada keadaan dan lantas membuat film terasa seperti tontonan pengembangan diri yang menohok dengan tema utama “sebuah seni untuk bersikap ikhlas.” Babak pamungkas film ini begitu menyesakkan dada yang akan membuat penonton beruraian air mata, khususnya bagi mereka yang mempunyai pengalaman serupa. Tapi bagi saya, air mata ini tumpah bukan karena kenelangsaan si karakter utama melainkan karena akting ciamik Atiqah Hasiholan yang memperlihatkan bagaimana Nina akhirnya mampu memenangkan pertarungannya secara elegan. Dia menegakkan kepala, dia pun tersenyum. Andai karakter ini benar-benar nyata adanya di depan mata, saya pasti sudah menghampirinya seraya berujar, “kamu perempuan hebat, Mbak Nina. I am so proud of you!”

#8 Bumi Manusia


Dibawah penanganan Hanung Bramantyo, Bumi Manusia tersaji sebagai tontonan epik yang menambat atensi sekaligus mempermainkan emosi sehingga durasi panjang bukan jadi soal. Selain elemen teknis yang berada di kelas wahid dan cara bertutur sang sutradara yang nyaman untuk diikuti, Bumi Manusia memperlihatkan keunggulannya di sektor akting dimana pemain ansambelnya benar-benar berlakon secara solid. Satu pemain paling menonjol adalah Sha Ine Febriyanti yang seperti dilahirkan untuk melakonkan Nyai Ontosoroh. Ine mempunyai semacam daya tarik kuat yang memungkinkan setiap kemunculannya senantiasa memiliki energi yang membuat perhatian kita tertuju kepadanya. Entah saat dia terlihat seperti perempuan tangguh yang tidak tergoyahkan oleh apapun, maupun saat dia bertransformasi menjadi perempuan tak berdaya yang terinjak-injak oleh sistem.

#7 Dua Garis Biru


Melalui Dua Garis Biru, Gina S Noer menghadirkan tontonan yang tak saja menguras emosi tetapi juga membuka mata. Ada upaya untuk ciptakan ruang diskusi di kalangan penonton – khususnya anak dengan orang tua – demi meminimalisir ketidaktahuan, kesalahpahaman, serta efek-efek negatif yang mungkin timbul akibat keengganan berbicara soal seks. Tak sebatas mengupas konflik seputar “ngebuntingin anak orang” dan pembicaraan mengenai bahaya kehamilan di usia dini, film turut mengajukan isu menggigit terkait budaya victim blaming yang berkembang di masyarakat, pola asuh orang tua, hingga relasi dalam keluarga. Tidak ada karakter yang sepenuhnya putih bersih disini, tidak ada pula karakter yang diperlihatkan hitam legam tanpa ada setitik nilai kebaikan yang dipercayainya. Mereka pernah berlaku, mengambil keputusan, atau minimal mengucap keliru dan itu tidak masalah. Dari sana mereka belajar dari konflik yang mengikat mereka, lalu tumbuh menjadi manusia yang lebih baik berkat masalah tersebut.

#6 Kucumbu Tubuh Indahku


Tidak seperti kerap dituduhkan oleh ormas tertentu, Kucumbu Tubuh Indahku bukan bermaksud mempromosikan LGBT. Garin Nugroho membawa kita ke pedalaman Banyumas guna berkenalan dengan kebudayaan khas Indonesia dalam wujud Tari Lengger yang kian terpinggirkan. Dari sana, penonton diajak untuk mengikuti perjalanan satu anak manusia yang kerap menghadapi serentetan kekerasan dalam hidupnya seraya memperbincangkan soal seksualitas, gender, serta kemanusiaan. Visualisasinya boleh saja puitis dan menyiratkan simbol-simbol tertentu, tapi narasi yang dihaturkan oleh Garin dapat dicerna secara mudah. Ditambah adanya sokongan akting apik dari barisan pemain beserta iringan musik yang merupakan salah satu skoring terbaik yang pernah saya dengar dalam sinema tanah air, kamu akan terpukau, kamu akan terhanyut, dan pada akhirnya kamu akan dibawa ke dalam perenungan mendalam kala menyaksikan Kucumbu Tubuh Indahku yang cantik ini.   

#5 Twivortiare


Menonton Twivortiare tak ubahnya sedang menyaksikan kisah kita sendiri atau seseorang yang kita kenal. Begitu dekat, begitu membumi. Tidak ada glorifikasi romansa yang dipenuhi keindahan beserta untaian kata-kata manis di sini karena film mencoba menghadirkan sebuah realita dalam hubungan pasca mengikat janji suci. Sebuah realita yang tak melulu menggembirakan, tetapi juga menggoreskan rasa sakit di dada. Bagaimana jadinya saat dua orang yang mengaku saling mencintai memutuskan untuk menikah? Akankah mereka bahagia… atau tidak? Twivortiare mengapungkan topik pembicaraan menggugah untuk siapa saja yang ingin belajar dalam membina hubungan percintaan yang sehat. Tak sekalipun terasa menjemukan, film justru akan mempermainkan emosimu sedemikian rupa. Hatimu akan dibuat teriris-iris, kamu akan dibuat terenyuh, dan kamu juga akan dibuat tersenyum-senyum gemas olehnya.

#4 27 Steps of May


Berkat pengarahan teliti, tangkapan-tangkapan gambar yang “berbicara”, beserta penampilan luar biasa dari jajaran pemain khususnya Raihaanun yang sanggup menyuarakan emosinya melalui ekspresi serta gestur-gestur kecil, penonton mampu memenuhi keinginan si pembuat film: merasakan kenelangsaan dua karakter utama dalam 27 Steps of May. Alhasil, saya pun terkoneksi dengan si protagonis sehingga saya tidak ingin melihatnya terjerembab lagi ke jurang depresi dan saya tidak ingin perjuangannya untuk mengatasi trauma berkepanjangan berakhir sia-sia. Saya ingin melihatnya bangkit dari keterpurukkan dan menginspirasi para penyintas kekerasan seksual yang belum berkenan melanjutkan hidup. Kalaupun May tidak melakukannya (karena dia bukanlah karakter nyata), tapi paling tidak, itulah yang dilakukan oleh film ini. Merangkul para penyintas lalu membuka mata publik khususnya mereka yang masih menganut asas victim blaming dalam kasus pelecehan seksual.

#3 Imperfect


Selepas menonton Imperfect di layar lebar, ada satu hal yang saya lakukan, yakni menyeka air mata. Bukan karena filmnya sebegitu pedihnya sampai meremas-remas emosi, melainkan karena saya merasakan sebuah kebahagiaan yang muncul berkat pesan indah yang diutarakannya. Mengenai menerima diri sendiri secara apa adanya, mengenai kebahagiaan yang akan mengikuti saat kita sudah bisa berdamai dengan diri sendiri. Pun begitu, film ini tak lupa mengajak penonton bersenang-senang. Setiap karakter diberi amunisi untuk melontarkan humor yang sebagian besar diantaranya mulus mengenai sasaran.  Yang sedikit unik kali ini, Ernest Prakasa tak sekadar menggunakan karakter-karakter tersebut sebagai pemancing tawa belaka. Mereka dilibatkan ke dalam narasi utama, dan keberadaan mereka turut difungsikan untuk melontarkan dua komentar berbeda mengenai pemujaan terhadap sosok ideal dan memandang ketidaksempurnaan dari perspektif lain. I can relate!

#2 Bebas


Memboyong ekspektasi cukup tinggi lantaran film ini disadur dari film Korea Selatan berjudul Sunny, nyatanya saya dapat melangkahkan kaki keluar bioskop dengan senyum mengembang menandakan kepuasan tiada tara. Jika boleh meminjam pernyataan anak gahoel zaman sekarang, Bebas memang seasyik, seseru dan semenyenangkan itu. Satu hal yang bisa langsung diapresiasi adalah performa dari jajaran pemain yang sangat kompak seolah-olah mereka memang betulan berkawan karib. Saking asyiknya chemistry diantara mereka, rasanya betah berlama-lama bersama mereka dan berharap film tidak akan pernah berakhir. Saya tertawa heboh bersama mereka, saya ingin ikut menari dengan riang gembira bersama mereka, dan saya pun menangis tersedu-sedu bersama mereka. Seolah kesenangan ini belum cukup, masih ada kurasi lagu Indonesia yang jempolan dari era 90-an yang akan mengajak kita bersenandung bersama dan mengenang masa muda.

#1 Keluarga Cemara


Usai menyaksikan Keluarga Cemara di bioskop, ada satu perasaan yang terus hinggap di hati yakni hangat. Tak terhitung berapa kali saya menyeka bulir-bulir air mata yang menuruni pipi, memberi pelukan erat-erat kepada diri sendiri, sampai muncul dorongan untuk sesegera mungkin menelpon orang tua di rumah saat menonton Keluarga Cemara yang merupakan salah satu film Indonesia terindah yang pernah saya tonton. Deskripsi yang mungkin terdengar agak hiperbolis, tapi sejujurnya, ini benar-benar terjadi. Ketimbang mengeksploitasi kesedihan, film mencoba tampil berenergi dengan segala humor yang ciptakan gelak tawa serta adanya pesan penumbuh semangat yang sekaligus berfungsi menghilangkan stereotip terhadap kemiskinan. Pada akhirnya, bukan hanya kontribusi para pemain yang dapat membawa emosi dalam Keluarga Cemara semenonjok ini, melainkan juga dipengaruhi naskah bernas, pengarahan penuh sensitivitas dari Yandy Laurens, pilihan-pilihan lagu pengiring yang menyatu, beserta penyuntingan mengalir. Buagus sekali!

16 comments:

  1. Film Indonesia taun ini benar2 memanjakan penikmat film. Sayang, beberapa list masih belum sempat ditonton. Mana situs andalan udah pamit pula... huhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tenang, iflix dan Hooq masih bisa dijadikan andalan buat film Indonesia 😁

      Delete
  2. Good list maa, yang selalu ditunggu tiap tahun.

    Koreksi sedikit, harusnya Kimo Stamboel.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Astagaaa... Kurang teliti nih nulisnya. 🤦

      Terima kasih ya udah dikoreksi

      Delete
  3. Uuuuu makin sayang sama om tariz gara2 list nya tahun ini banyak, honorable mention juga banyak, dan banyak list yang sesuai prediksi. Walau aga ga setuju sama ratu ilmu hitam n perempuan tanah jahanam.

    Gundala kok ga masuk honorable mention yaaa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi senangnya kalau suka dengan list tahun ini. Tadinya emang mau 10 aja, eh ternyata banyak oke sepanjang tahun 2019.

      Gundala awalnya sempat aku taruh di honorable mention sih. Cuma berhubung perfeksionisku kambuh (maunya 20 aja, jangan 21 atau 22) ya dipangkas lah. Nggak terlalu sreg juga sama filmnya.

      Delete
  4. Keluarga Cemara, Bebas sama Imperfect emang sebagus itu sih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tiga film yang aku tonton berkali kali. Keluarga Cemara sampai 5x tuh. 😁

      Delete
  5. Orang kaya baru sebenarnya bisa lebih tinggi nilai nya,,, karena komedinya kocak parah tapi sayanh gak di imbangi dgn drama yg menyentuh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sangat di sesali saya cuma sempat nonton beberapa film indonesia, padahal banyak film bagus lain nya ya.. bdw di tunggu versi terbaik dunia nya 😁😁

      Delete
    2. Yup, Orang Kaya Baru itu lucu banget komedinya. Cuma begitu berganti haluan ke drama, yah hambar sekali. Duh.

      Versi terbaik dunia sih rencananya minggu kedua Januari. Saya mau berlibur dulu. Hahaha.

      Delete
  6. Akhirnya , keluar jg 1 ulasan yg kutunggu tunggu..
    Tinggal 1 ulasan lg yg belum,, (blum download film klo blum baca review mas Tariz..)
    Suksess terus mas..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha. Selamat berburu filmnya!

      Yang satu lagi, harap sabar menunggu yaaa 😁

      Delete
  7. Sayang tapi film bebas walaupun keren jumlah penontonya sedikit.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa. Padahal filmnya nyenengin banget. Huhuhu. Kayaknya karena faktor trailer yang kurang sip sih.

      Delete

Mobile Edition
By Blogger Touch