May 8, 2013

[Preview] DAFTAR FILM INDONESIA SIAP RILIS MEI 2013


Ada apa di bulan Mei? Yah... selain fakta bahwa semakin banyak film-film berbujet raksasa dari Hollywood dalam rangka meramaikan parade 'summer movies', ada beberapa film Indonesia yang layak untuk diantisipasi kehadirannya. Pada bulan ini, film kedua Mouly Surya yang telah melanglang buana ke berbagai festival film dunia - termasuk Sundance - akhirnya resmi dirilis di bioskop. Lalu ada pula film biopik pendiri Nahdlatul Ulama (NU), film adaptasi novel laris karangan Raditya Dika, film omnibus dengan tiga rasa berbeda yang digarap oleh sutradara-sutradara perempuan, serta film yang mengangkat isu buruh. 

Untuk lebih lengkapnya, inilah film-film Indonesia yang dirilis sepanjang Mei 2013: 


1. Kisah 3 Titik 
Sinopsis : Kisah 3 Titik berkisah mengenai tiga perempuan yang masing-masing memiliki kesamaan nama, Titik. Mereka adalah Titik Sulastri (Ririn Ekawati) yang merupakan janda beranak dua yang bekerja sebagai buruh kontrakan berupah rendah, lalu ada Titik Dewanti Sari (Lola Amaria) yang menduduki posisi manajer di sebuah perusahaan besar penuh skandal, serta Titik Kartika (Maryam Supraba) yang tomboy dan bekerja sebagai buruh pabrik rumahan. Ketiganya mengalami masalah yang berbeda-beda di tempat mereka bekerja. 
Sutradara : Bobby Prabowo 
Penulis naskah : Charmantha Adjie 
Pemain : Lola Amaria, Ririn Ekawati, Maryam Supraba, Donny Alamsyah, Inggrid Widjanarko 
Tanggal rilis : 2 Mei 2013 


2. The Legend of Trio Macan 
Sinopsis : Iva terpaksa kabur bersama kekasihnya, A Yang, karena dipaksa kawin dengan ketua perguruan maut bernama Bu Beng Chot. Hal ini disebabkan ayah Iva berhutang banyak pada Bu Beng Chot. Rencana kabur Iva tak berjalan mulus karena mereka dihadang oleh murid-murid Bu Beng Chot. Keduanya tak mampu menandingi kehebatan kungfu A Liong, Kakak Tertua perguruan Bu Beng Chot yang datang langsung dari Beijing. Iva tak tinggal diam. Supaya rencananya bisa berhasil, dia pun berlatih kungfu bersama dua rekannya, Lia dan Chacha. Mereka bertekad untuk kembali sebagai pendekar Trio Macan demi menyelamatkan ayah dan kekasihnya yang ditawan. 
Sutradara : Billy Christian 
Penulis naskah : Toha Essa 
Pemain : Trio Macan, Sam Brodie, Rully Fiss, Neni Angraini 
Tanggal rilis : 2 Mei 2013 

3. What They Don’t Talk About When They Talk About Love 
Sinopsis : Ini adalah kisah mengenai kompleksitas hubungan cinta yang muncul pada penyandang disabilitas. Fitri (Ayushita) yang tunanetra bertemu dengan Edo (Nicholas Saputra) yang tidak bisa bicara. Jika saja Fitri dapat melihat dan Edo dapat bicara, mereka mungkin telah saling jatuh cinta sejak lama. Ada pula kisah mengenai Diana (Karina Salim) yang hanya mampu melihat dalam jarak dua sentimeter. Yang didambakan Diana hanyalah momen pertama mendapat menstruasi yang tak kunjung datang. Ketika Diana bertemu Andhika (Anggun Priambodo), hidup Diana mulai berubah. 
Sutradara : Mouly Surya 
Penulis naskah : Mouly Surya 
Pemain : Nicholas Saputra, Ayushita Nugraha, Karina Salim, Anggun Priambodo, Lupita Jennifer 
Tanggal rilis : 2 Mei 2013 

4. Cinta Brontosaurus 
Sinopsis : Diangkat dari novel karangan Raditya Dika berjudul sama, Cinta Brontosaurus bertutur tentang Dika (Raditya Dika) yang mendadak mempercayai bahwa cinta dapat kadaluarsa usai putus cinta. Agen naskah Dika, Kosasih (Soleh Solihun), berusaha mengembalikan kepercayaan Dika akan cinta. Hal ini kemudian menuntun Dika kepada serangkaian perkenalan absurd, termasuk dengan Jessica (Eriska Rein) yang mempunyai pemikiran yang sama anehnya dengan Dika. 
Sutradara : Fajar Nugros 
Penulis naskah : Raditya Dika 
Pemain : Raditya Dika, Eriska Rein, Soleh Solihun, Tyas Mirasih, Ronny P Tjandra 
Tanggal rilis : 8 Mei 2013 


5. Kembalinya Nenek Gayung 
Sinopsis : Karena melecehkan sosok Nenek Gayung, seorang aktor muda yang tengah naik daun, Brandon (Kevin Julio), terpaksa menanggung akibatnya. Teror tiada henti. Dia lantas meminta bantuan kepada Boim (Yadi Sembako) dan Abas (Joe Richard) yang telah berpengalaman menghadapi Nenek Gayung. Bertiga, mereka pun mendatangi Mbah Dukun Bolot yang membeberkan resep bagaimana melepas kutukan Nenek Gayung. Akan tetapi, segalanya tentu tidak berjalan dengan mudah. Teror yang dihadapi malah kian menjadi-jadi. 
Sutradara : Shakuntala 
Penulis naskah : Bono Sutisno 
Pemain : Kevin Julio, Yadi Sembako, Joe Richard, Jesika Daniels, Jessica Marlene 
Tanggal rilis : 8 Mei 2013 

6. Jangan Menangis Sinar 
Sinopsis : Diangkat dari kisah nyata seorang gadis dari Desa Riso, Polewali Mandar, Sulawesi Barat, film bertutur mengenai Sinar yang masih berusia 6 tahun yang harus berjuang merawat ibunya yang lumpuh seorang diri. Berasal dari keluarga kurang mampu, maka Sinar pun kudu membagi waktunya untuk menimba ilmu serta melakukan tugas rumah lainnya. 
Sutradara : Yan Senjaya 
Penulis naskah : Alexander Harry Bonte 
Pemain : Charly Setia, Yulia Rahman, Terry Putri, Ki Kusumo, Anggita Anjani 
Tanggal rilis : 16 Mei 2013 




7. Pintu Harmonika 
Sinopsis : Pintu Harmonika adalah sebuah film omnibus dengan tiga segmen dimana masing-masing segmen memiliki cita rasa yang berbeda; drama, komedi, dan thriller. Masing-masing berkisah mengenai kehidupan dari sejumlah keluarga yang tinggal di ruko lengkap dengan konflik, pergolakan batin, serta dinamika kehidupan sosial yang melingkupi. Ketiga segmen tersebut berjudul; Skors (Luna Maya), Piano (Sigi Wimala), dan Otot (Ilya Sigma). 
Sutradara : Ilya Sigma, Luna Maya, Sigi Wimala 
Penulis naskah : Piu Syarif, M Rino Sarjono, Bagus Bramanti, Ginatri S Noer, Clara Ng 
Pemain : Fauzan Nasrul, Barry Prima, Donny Damara, Karina Salim, Inong Ayu, Jenny Zhang 
Tanggal rilis : 23 Mei 2013 

8. Laura & Marsha 
Sinopsis : Laura & Marsha berkisah mengenai dua sahabat, Laura (Prisia Nasution) dan Marsha (Adinia Wirasti), yang tengah bepergian menyusuri daratan Eropa dimulai dari Belanda berlanjut ke Jerman, Austria, hingga Italia. Dengan perbedaan karakter yang dimiliki oleh kedua sahabat ini, maka berbagai macam konflik pun turut menghiasi perjalanan. Agar semakin menarik, dan tentunya ini menjadi menu wajib di setiap road movie, kejadian-kejadian mengejutkan yang membuat perjalanan ini menjadi tidak terlupakan baik bagi Laura maupun Marsha. 
Sutradara : Dinna Jasanti 
Penulis naskah : Titien Wattimena 
Pemain : Prisia Nasution, Adinia Wirasti, Restu Sinaga, Tutie Kirana, Ratna Riantiarno 
Tanggal rilis : 30 Mei 2013 


9. Sang Kiai 
Sinopsis : Sang Kiai bertutur mengenai kehidupan, peran dan perjuangan pahlawan nasional yang sekaligus pendiri Nahdlatul Ulama (NU), KH Hasyim Asy'ari, serta orang-orang terdekatnya dalam memperjuangkan kemerdekaan dan mempertahankan kemerdekaan dengan Resolusi Jihad yang menyulut perjuangan laskar santri dalam perang 10 November di Surabaya 
Sutradara : Rako Prijanto 
Penulis naskah : Anggoro Saronto 
Pemain : Ikranegara, Christine Hakim, Agus Kuncoro, Adipati Dolken, Dayat Simbaia 
Tanggal rilis : 30 Mei 2013

No comments:

Post a Comment

Mobile Edition
By Blogger Touch