October 23, 2018

REVIEW : THE NIGHT COMES FOR US


“I can’t kill what’s already dead.” 

Siapa diantara kalian yang seketika mendengus kecewa begitu mengetahui The Raid 3 batal dibuat? Tolong dong tunjuk tangan dan mari bergabung dengan saya di barisan patah hati. Setelah respon buat film kedua tak segegap gempita film pendahulunya sementara ongkos produksinya lebih gede, saya sebetulnya bisa memaklumi… meski tetap saja kecewa. Terlebih saya begitu mengagumi dwilogi The Raid (serius, sampai sekarang masih nggak percaya itu film laga berasal dari Indonesia!) dan masih berharap Gareth Evans berinisiatif bikin film kelanjutan, sempalan, atau apapun jenisnya. Beberapa upaya untuk tetap menghidupkan genre ini terus dilakukan di perfilman Indonesia: dari yang penggarapannya serius sampai ngasal nggak karuan. Diantara yang serius (dan ini dikit banget jumlahnya, yaelah!) adalah sutradara spesialis sajian berdarah, Timo Tjahjanto (Rumah Dara, Sebelum Iblis Menjemput), yang merupakan salah satu dari personil The Mo Brothers. Dia melakukan eksperimen gelaran laga melalui Killers (2014) yang bertempo lambat dan Headshot (2016) yang masih terasa kurang luwes di adegan bak bik buknya sekalipun turut merekrut jebolan The Raid. Tak patah arang, Timo melaju dengan proyek jauh lebih ambisius bertajuk The Night Comes for Us yang menandai untuk pertama kalinya bagi film Indonesia tergabung dalam original content keluaran situs penyedia jasa streaming terbesar di dunia, Netflix. Melalui film yang telah dipersiapkan sedari tahun 2014 ini, Timo unjuk kebolehan yang sekaligus membuktikan bahwa kemampuannya dalam menggarap film laga telah menunjukkan perkembangan signifikan dan kegilaan visualnya bisa sangat melampaui batas saat sensor tak lagi membelenggu. 

Dalam The Night Comes for Us, penonton diperkenalkan kepada seorang pria bernama Ito (Joe Taslim dalam salah satu performa terbaiknya). Yang perlu diketahui, Ito bukanlah protagonis berbudi luhur atau dengan kata lain, pria bertipe everyman. Dia termasuk salah satu dari enam personil Six Seas, orang-orang pilihan Triad (organisasi kriminal terbesar di Asia) yang ditugaskan untuk menjaga rute penyelundupan heroin, kokain, dan senjata di lautan Asia Tenggara. Tugas utamanya hanyalah membunuh, membunuh, dan membunuh siapapun yang mengacaukan perdagangan ilegal Triad sekalipun kekacauan yang disebabkan hanyalah secuil. Di permulaan film, Ito beserta anak buahnya ditugaskan untuk membantai satu desa nelayan hanya karena mereka mencuri dari Triad dalam jumlah yang tak seberapa. Pembantaian ini menjadi titik balik bagi kehidupan Ito lantaran dia akhirnya memutuskan untuk membelot dari kawanannya dan menyelamatkan seorang gadis yang hidup sebatang kara, Reina (Asha Kenyeri Bermudez). Akibat dari keputusannya tersebut, Ito seketika menjadi manusia paling diburu di Indonesia. Hampir setiap orang yang ditemuinya menginginkan kematiannya, termasuk Arian (Iko Uwais) yang telah dianggapnya sebagai saudara kandung. Arian dititahkan oleh anggota Six Seas yang lain, Chien Wu (Sunny Pang), untuk menghabisi Ito dengan iming-iming imbalan berupa posisi di kelompok elit Six Seas sebagai pengganti Ito. Mengingat Arian telah sedari dulu mengincar posisi tersebut, mencuat kebimbangan dalam dirinya antara memenuhi ambisinya sebagai anggota mafia kelas kakap atau menyelamatkan seseorang yang telah berarti banyak baginya.
 

Tak banyak memboyong pengharapan kala hendak menonton The Night Comes for Us – berkaca pada film laga rekaan Timo yang kurang maknyus – saya terkaget-kaget mendapati kemampuannya dalam merangkai rentetan sekuens laga telah melesat cukup tinggi. Keinginan untuk bisa menyaksikan sebuah film laga tanah air dengan teknik penggarapan selevel dwilogi The Raid akhirnya terpenuhi di sini. Sedari adegan pertarungan di klab malam yang berlangsung singkat, adrenalin telah dipacu. Tubuh ditujes, tulang diretakkan, sampai mulut disuapi botol beling yang pecah. Sebuah pemanasan yang menjanjikan, bukan? Saya meyakini, mereka yang menyebut dirinya sebagai action junkie tidak akan mengalami kesulitan dalam menikmati hidangan dengan level kekerasan yang tinggi ini. Tapi saya perlu mewanti-wanti, untuk sekali ini, Timo tidak main-main soal kebrutalan. Jika kamu menganggap film-film dia terdahulu sudah cukup brutal dan bikin ngilu, apa yang dihidangkannya di sini jauh melampauinya. Anggota tubuh tercerai berai (termasuk usus yang bergelayutan) tentu dapat kamu temui, meski secara personal apa yang membuat diri ini merasa nyut-nyutan adalah melihat jari jemari tangan ditekan ke belakang sampai patah. Tampaknya kok… nikmat. Oke, sebelum ngilu makin menjadi-jadi karena membicarakan anggota tubuh yang tercecer, mari kita lupakan sejenak demi mengapresiasi The Night Comes for Us yang mempersembahkan banyak sekali momen laga untuk dikenang. Bukan semata-mata karena tingkat kesadisannya yang jahanam sehingga kita sulit mengenyahkannya begitu saja dari benak, melainkan lebih kepada kecakapan si pembuat film dalam mengeksekusinya yang melibatkan permainan teknis mengagumkan dan tidak sembarangan. 

Pada paruh pertama yang bergerak gesit – kecuali di menit-menit awal yang bertujuan untuk mengenalkan kita ke sejumlah karakter inti, momen laga yang menonjol di The Night Comes for Us jelas bersumber dari adegan pembantaian di toko daging dan apartemen rekan Ito, Fatih (Abimana Aryasatya). Di toko daging, kita berjumpa dengan karakter bernama Yohan yang dimainkan secara apik oleh Revaldo (damn, he’s so creepy!) lalu disuguhi pembantaian berlatar pemandangan daging-daging segar bergelantungan, sedangkan saat bertandang ke apartemen Fatih, kita dilayani dengan adegan laga intens nan kreatif yang berlangsung lama. Yang mencuat dari adegan ini disamping performa pemain seperti Zack Lee yang akhirnya memperoleh kesempatan buat pamer bakat akting setelah tersia-siakan di Buffalo Boys dan Abimana Aryasatya yang karismatik sampai-sampai bikin lagu Benci Untuk Mencinta-nya Naif tak lagi terdengar sama, yakni permainan kameranya. Tengoklah pergerakan kamera Gunnar Nimpuno di sini (khususnya pada detik-detik para pengeroyok berhasil menjebol pintu apartemen Fatih, ini cadas banget sih!) yang memungkinkan penonton untuk mendapatkan detil pada tata kelahi yang diperagakan oleh para pemain beserta figuran. Kita pun ikut dibuatnya bersemangat akibat terpacu oleh adrenalin, meringis karena muncratan darahnya, serta berdecak kagum berkat intensitas yang sanggup dialirkannya. Ini bukan sesuatu yang mudah lho, mengingat tidak sedikit film laga yang berakhir memble justru karena sinematografernya kewalahan dalam mengikuti pergerakan para aktornya kala adu pukul seperti dilakukan oleh Mile 22 tempo hari.


Permainan kamera Gunnar inipun turut menjadi bintang di ruang sempit seperti mobil van polisi, kamar mandi serta lift. Kehadirannya sebagai bentuk kompensasi terhadap skrip rekaan Timo Tjahjanto yang kurang memadai. Seperti halnya kebanyakan film sejenis termasuk The Raid, narasi dalam The Night Comes for Us hanya dimanfaatkan sebagai pengantar menuju perkelahian. Biar tidak sekadar tonjok-tonjokan tanpa sebab, biar tidak asal mencacah kepala manusia menggunakan papan penanda lantai basah (kreatip!). Hanya saja, sekelumit keluhan dari saya adalah narasi kurang memberi perhatian kepada bangunan karakter tokoh inti seperti Ito dan tak menghadirkan penjelasan memuaskan terkait siapa-siapa saja karakter yang punya urusan dengan Ito (seperti kelompok Lotus dan perempuan misterius bernama The Operator yang dimainkan secara badass oleh Julie Estelle). Ini tentu tak akan terlalu jadi soal apabila The Night Comes for Us dilantunkan bak Sebelum Iblis Menjemput yang sebatas menggeber teror. Masalahnya, film ini terkadang mencoba pula untuk bercerita seraya mengajak penonton untuk menghembuskan napas barang sejenak. Ketidakmampuan saya dalam mengidentifikasi para karakter yang menyebabkan investasi emosi cenderung mustahil termasuk kepada Ito yang kurang simpatik, membuat momen tenang yang disodorkannya terasa agak menjemukan. Saya tak peduli kepada mereka, saya hanya ingin mereka gebuk-gebukan. Itu saja. Seolah menyadari bahwa menuturkan kisah bukanlah kekuatan utamanya, Timo pun kembali tancap gas di 40 menit terakhir. 

Dimulai dengan pertarungan keroyokan seperti menit-menit sebelumnya, The Night Comes for Us mengakhirinya dengan pertarungan lebih intim yakni satu lawan satu di dua tempat berbeda. Pertarungannya memuaskan karena kita akhirnya mendapatkan apa yang telah dinanti-nanti di sedari awal. Tapi yang lebih memuaskan lagi adalah karena Dian Sastrowardoyo sebagai saudara jauh Gogo Yubari dari Kill Bill Vol. 1 yang langsung keok begitu ditendang Iko Uwais di aksi awal akhirnya dipersilahkan buat menggila. Kapan lagi coba kita bisa melihat Neng Cinta (plus seabrek bintang besar tanah air) terlibat dalam pertarungan brutal dan bersimbah darah? Berkaca pada situasi perfilman Indonesia yang sensornya sadis serta alergi pada film laga demi menghemat bujet, mungkin saja kita tidak akan menyaksikannya dalam waktu dekat. Itulah kenapa, mumpung The Night Comes for Us menyediakan kesempatan langka tersebut, jangan sampai kamu lewatkan begitu saja – kecuali kamu memang benar-benar tidak betah melihat darah dan kekerasan.

Exceeds Expectations (3,5/5)


19 comments:

  1. Tak kira mau outstanding bang...haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tadinya sih sempet dipertimbangkan Outstanding, tapi aku cukup terganggu dengan narasi dan sebetulnya ada beberapa hal kecil di editing maupun fight scene.

      Delete
  2. Lhooo kalo cuma kurang di narasi kok gak outstanding bosquueee? *masih ga terima*

    Duh semoga kuat nonton gore nyaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada hal lain juga sih tapi minor. Yang paling kerasa emang narasinya. Tonton deh, ntar kamu ngerasaiinnya. Hehe.

      Delete
  3. Saya juga menganggap film ini bermasalah dgn plot,,,para tokoh nya kurang sekali digalih sehingga ada kala merasa menjemukan.. Tapi ya berkat adegan laga nya luar biasa bangsat nya jadi nya itu semua terabaikan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul. Jadinya elemen drama terasa hambar, apalagi di pertengahan film. Padahal kalau bisa lebih dalem, nangis darah tuh liat hubungan Ito-Reina-Arian

      Delete
    2. Bener gak katanya mau di buat jadi 3 film.

      Delete
    3. Rencananya sih begitu apalagi anggota Six Seas yang dikenalin baru dua.

      Delete
    4. Ohhh jadi duo lesbi itu bukan anggota Six Sean ya.

      Delete
    5. Bukan. Mereka kan anggotanya Lotus dan bawahannya Chien Wu.

      Delete
  4. Mkash dah di review.. waduh ga outstanding euy.. padahal Rotten Tomatoes ngasih nilai 91..

    Teman2 FB saya yang dari Amerika rata2 bilang AWESOME, INCREDIBLE..

    ok terimaksh buat review-nya...mantap.. w percaya kalaw cinetariz bilang begini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rating 91 di Rotten Tomatoes itu dibacanya "91 persen kritikus yang mengulas, merekomendasikannya" lho. Bukan skornya 91. Kalau rata-rata skor dari kritikus sih 72/100 atau setara dengan 3,5 kalau dikonversi ke rating 0-5. Ya berarti rentang skornya sama 😀

      Delete
  5. Saya termasuk yang ngarepin the Raid dibuat spin off, the Axe girl sama Bat boy.. pertarungan Juliee Estelle waktu di the Raid 2 itu salah satu pertarungan action terbaik sepanjang masa menurut saya SADIS TAPI INDAH..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget. Duo gila itu layak sekali dibuatin film pecahannya. Sayang, Gareth Evans keburu cabut. Ya kalau nggak film spin-off, mudah-mudahan Julie Estelle akhirnya dapet peran utama di film laganya Timo yang berikutnya. Dia keren sekali.

      Delete
    2. Pake app neflix kudu berbayar langganan ya :(

      Delete
    3. Mestinya sih bisa gratis di bulan pertama pemakaian

      Delete
  6. Actionnya memang super seru, tapi saya merasakan kehampaan
    Emosi ga dapet
    Jadi setuju dengan ratingnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup. Bagian drama terasa flat, padahal bisa tuh kita dibikin nyesek.

      Delete
  7. Terlalu sadis Dan ngeri menonton film INI. Perkelahian berdarah darah Dan byk umpatan umpatan tak sedap didengar. Well, secara pribadi saya kurang suka film INI.

    ReplyDelete

Mobile Edition
By Blogger Touch