January 29, 2020

REVIEW : 1917


“I hoped today would be a good day. Hope is a dangerous thing.”

Saat melangkahkan kaki ke bioskop untuk menonton 1917, saya sejatinya sudah tahu akan menyaksikan film yang bagus. Materi promosinya terlihat menggiurkan, kritikus asing menghujaninya dengan puja-puji, dan para juri Oscar pun tidak keberatan untuk menempatkan film ini sebagai nomine ke dalam 10 kategori. Singkat kata, mustahil untuk tidak menanamkan ekspektasi tinggi kala menonton 1917. Mengira mungkin diri ini tidak akan terlampau terpukau – well, umumnya pengharapan kelewat tinggi justru berbanding terbalik dengan realita – nyatanya saya justru ingin memberikan standing ovation selepas lampu bioskop dinyalakan seraya mengusap satu dua bulir air mata yang menuruni pipi. Sungguh, mahakarya adalah satu kata yang teramat cocok untuk mendeskripsikan seperti apa 1917. Jika saja Sam Mendes (American Beauty, Skyfall) berada di ruang pemutaran kala itu, mungkin saya sudah menjabat tangannya erat-erat lalu memberinya pelukan. Rangkaian kata-kata ini mungkin terdengar amat hiperbolis, tapi sepanjang durasi merentang sepanjang 120 menit, hamba memang tak henti-hentinya dibuat terkagum-kagum oleh kepiawaian Pak Mendes dalam menghaturkan “dongengnya” mengenai sepenggal peristiwa yang terjadi dalam Perang Dunia pertama. Sebuah “dongeng” bermuatan topik yang jarang disentuh dalam genre war movies oleh sineas Hollywood ini diimplementasikan dengan sangat mengagumkan ke dalam bahasa audio visual. Tidak semata-mata membuai penonton melalui keajaiban teknisnya, 1917 juga menghanyutkan berkat narasinya yang memiliki hati.

Pada dasarnya, guliran pengisahan dalam 1917 yang dikembangkan dari sebuah cerita peninggalan kakeknya Pak Mendes ini terbilang sederhana. Tidak melibatkan banyak tokoh, tempat, maupun peristiwa seperti umumnya film dari genre sejenis. Di sini, cakupan narasinya sebatas terletak pada rentetan kejadian yang dialami oleh dua prajurit kelas bawah, Will Schofield (George MacKay) dan Tom Blake (Dean-Charles Chapman), sepanjang tanggal 6 April 1917 di Prancis utara. Kedua prajurit yang tidak mempunyai keistimewaan dalam hal apapun ini, baik dari kemampuan maupun latar belakang, mendadak memperoleh mandat besar dari atasannya, Jenderal Erinmore (Colin Firth), untuk mengantarkan satu surat berisi pesan penting. Sebuah pesan yang meminta Kolonel Mackenzie (Benedict Cumberbatch) selaku pemimpin Batalion Kedua Resimen Devon untuk mengurungkan rencananya dalam menyerang pasukan Jerman dengan mengerahkan 1.600 prajurit. Alasannya, Erinmore telah mendapati bukti kuat yang menunjukkan bahwa mundurnya Jerman adalah bagian dari taktik untuk menjebak pasukan musuh. Tak ingin Resimen Devon luluh lantak secara sia-sia karena terkena perangkap, Erinmore pun menitahkan Tom Blake yang konon memiliki saudara kandung di tempat tujuan bersama teman baiknya yang semula ogah-ogahan menjalani tugas, Will Schofield. Tugas “mengirim surat” ini jelas bukan perkara sepele bagi Tom dan Will terlebih lagi keduanya mesti melintasi area sangat luas yang tadinya diduduki oleh Jerman. Ditengah pertempuran yang masih aktif berkobar, siapa yang tahu apa yang menanti mereka dalam perjalanan ini. 



1917 tidak membutuhkan waktu lama untuk membetot atensi. Mendes menanggalkan segala bentuk basa-basi di menit pembuka dengan langsung menghadapkan penonton beserta dua protagonis utama ke inti persoalan: ada surat penting yang harus diantar ke suatu tempat tepat pada waktunya. Dari beberapa baris dialog yang diucapkan oleh Jenderal Erinmore, kita mempelajari tentang situasi yang tengah berlangsung dalam film. Satu situasi yang nantinya tak dielaborasi secara jauh lantaran 1917 menerapkan satu garis penceritaan yang senantiasa melingkungi Will atau Tom. Oleh karena itu, si pembuat film memutuskan untuk memunculkan ilusi one continuous take (seperti dilakukan Birdman tempo hari) dimana film seolah-olah diambil hanya dalam satu tangkapan saja. Bukan sekadar untuk pamer keahlian mengingat metode semacam ini membutuhkan waktu persiapan lebih panjang nan mendetil (1917 sendiri menjalani geladi bersih selama 4 bulan!) demi meminimalisir kesalahan, melainkan lebih kepada menopang kebutuhan bercerita. Pak Mendes ingin menonjolkan kesan riil, menghadirkan keintiman, sekaligus memunculkan urgensi. Penonton dibuat seolah-olah tengah mengikuti perjalanan Will dan Tom secara real-time yang berarti kita tidak pernah meninggalkan mereka, kita senantiasa mengutit di belakang mereka, dan kita diposisikan untuk mengobservasi keduanya. Dengan demikian, secara berangsur-angsur ada empati yang terbentuk kepada para protagonis ini terlebih penokohan keduanya sebagai “everyman” memungkinkan bagi penonton untuk terhubung dengan Will maupun Tom. Mereka tak ubahnya teman yang kita kenal, mereka tak ubahnya saudara di rumah, dan mereka tak ubahnya diri kita sendiri. Itulah mengapa, sekalipun naskah tak memberi latar belakang memadai bagi keduanya, kita masih bisa menaruh kepedulian kepada mereka. Kita ingin Tom bereuni dengan saudaranya, kita pun ingin melihat dua pemuda ini menuntaskan misi dan menggenggam medali seperti diimpikan oleh salah satu dari mereka.

Tentu, ini tak bisa dilepaskan dari performa ciamik yang diperagakan oleh George MacKay dan Dean-Charles Chapman. Adu dialog diantara dua aktor ini memang mengesankan yang memberi informasi tambahan untuk penonton tentang karakteristik dan situasi yang tengah berlangsung. Tapi momen-momen terbaik justru muncul saat mereka dituntut untuk menanggapi keadaan melalui mimik muka atau gestur tubuh. Dari sana, kita bisa mengonfirmasi bahwa baik Will maupun Tom menjalani misi ini dengan ketidakberdayaan. Ada rasa takut, putus asa, serta lelah yang menggelayuti. Bahkan, Mendes menghadirkan satu dua momen mengharu biru yang mempersilahkan kedua karakternya ini untuk melampiaskan emosi-emosi yang tertahan sampai-sampai saya ingin sekali memberikan pelukan dan mendengarkan keluh kesah mereka. Suatu reaksi yang jujur saja mulanya tak terbayang akan saya dapati kala menonton film ini. Betapa tidak, 1917 telah menggelontorkan pertunjukkan teknis yang benar-benar membuat diri ini berdecak kagum dan berdasarkan pengalaman terdahulu, film yang menonjolkan elemen teknis umumnya cenderung menganaktirikan “rasa” sehingga terasa cabar nan hambar.  Yang penting pemirsa telah terpukau, yang penting para hadirin telah geleng-geleng kepala menyaksikan hamparan visual di layar. Maka begitu terkejutnya saya saat mengetahui Mendes berupaya memaksimalkan pengalaman penonton dengan mengkreasi sederet momen yang meremas-remas hati sensitif. Momennya memang sederhana saja, seperti “mendorong truk bersama-sama”, “memberi susu untuk bayi”, sampai “nyanyian di hutan”, tapi sensitivitas yang terkandung di dalamnya memungkinkan kita untuk merasakan kehangatan di hati, lalu menyeka air mata yang bercucuran.


Ya, 1917 memang tak main-main dalam hal membolak-balikkan emosi. Keterampilan Pak Mendes dalam menyuplai rasa, menjadikan topik perbincangan yang diapungkan oleh film seputar determinasi, loyalitas, sampai kemanusiaan dapat tersampaikan dengan baik ke penonton. Bukan saja sanggup membuat berkaca-kaca, film pun akan membuatmu mencengkram erat-erat kursi bioskop di sepanjang durasinya. Semenjak Tom dan Will menjejakkan kaki di area musuh, pada saat itulah intensitas mengalami eskalasi secara pasti. Kolaborasi tiga sektor teknis yakni pengambilan gambar dari Roger Deakins (sinematografer langganan Mendes yang dua tahun lalu menggondol Oscar lewat Blade Runner 2049) yang sungguh lincah mengikuti pergerakan para karakter, penyuntingan gambar oleh Lee Smith yang membuat kita meyakini bahwa film betulan mengaplikasikan one continuous take, iringan musik yang digubah oleh Thomas Newman, dan desain produksi yang detil dalam merekonstruksi medan peperangan, memungkinkan bagi penonton untuk merasakan atmosfer perang yang tak ubahnya “film horor”. Memungkinkan bagi penonton untuk merasa seolah-olah sedang berada bersama Tom atau Will. Memang benar bahwa 1917 tidak menyoroti adu tempur – dan lebih kepada imbas dari pertempuran – tapi itu tak lantas menyurutkan daya cekamnya lantaran zona yang dilintasi oleh para protagonis belum bisa disebut steril. Diluar mayat-mayat bergelimpangan dan tikus menyebalkan, ada jebakan bertebaran dan masih ada pula musuh mengintai yang entah berada dimana. Setiap sudut memantik kewaspadaan beserta kecurigaan yang membuat saya tidak bisa duduk dengan tenang di bioskop saking tegangnya. Perhatian terus melekat ke layar, jantung senantiasa berdebar-debar, dan saya pun harap-harap cemas dengan nasib para karakter. Jika nantinya 1917 memenangkan Best Picture di Oscars, saya pun tidak keberatan karena sungguh film ini telah memberikan pengalaman sinematis yang luar biasa. You don’t want to miss this one!

Intermezzo : Siapa villain sesungguhnya di film ini? Jerman atau tikus? 

Outstanding (4,5/5)


16 comments:

  1. kupikir nilainya bakal 5 ternyata 4,5, heee

    jadi nambah pengen nonton nih penasaran sama teknik oneshootnya, kmaren pas di adegan dua garis biru pas di uks aja asik yg cuma bbrapa menit apalagi ini yang lama.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Butuh nonton dua atau tiga kali lagi nih buat memutuskan. Pengen tahu efeknya masih sama atau nggak.

      Tapi teknik one continuous shot itu keren banget. Keliatan mulus dan emang nambah intensitas buat filmnya

      Delete
    2. Ayodong nilainya 5 (maksa) hahah,

      Sya baru mau besok nonton, semoga ekspektasi yang selangit ini bisa terpuaskan, nyobain sensasi baru, soalnya belum pernah nnton film dngan sinematografi kek gini.
      Btw kok jadi ikut penasaran ya sama Birdman yang di sebutin di awal review

      Delete
    3. Woy hahaha. Kamu nonton dulu saja, nanti coba ceritakan kesan kesannya kayak gimana. Apa ekspektasi mu terpenuhi? Soalnya kalau sampai selangit, bisa berbahaya tuh 😅

      Coba deh nonton Birdman juga. Bagus kok filmnya, pemenang Oscar beberapa tahun lalu

      Delete
    4. Saya udah nonton.
      Yang well gak tau kenapa malah kurang nikmatin ceritanya haha, saking gilanya di teknik filmnya, mungkin karna ini pengalaman baru kali ya (sinematografinya ituloh bikin ngiler) gak tau lagi harus ngomong apa, pas selesai film kayak nanya sama diri sendiri.
      Ini beneran film???, Soalnya kayak film asli perang yang dijadiin dokumenter, ya gk sih, wkk, walau ada bbrapa catatan sih yg bikin kurang nyaman hehe

      1. Fvx tikus pas pertama kali muncul di ladang kawat itu (pokoknya pas awal muncul), nah itu tikusnya keliatan kurang riil, tpi well good lah
      2. Kesanya kek film horor, whic is sya pribadi kurang demen gara gra jumpscare nya, (kagetan wkk),
      3. Musiknya somehow ngingetin sama film lain, atau lebih tepqtnya rasa dunkirk lah ya, jadi kurang menegangkan mnurut sya, tpi musik pas direruntuhan sama lari lari ending asli keren banget,

      3. Ekting aktornya keren asli, gk tau harus ngomong apa,
      4. Gambar yang sangat memanjakan mata, yng paling keren pas scene lari lari di reruntuhan gedung pas bermandikan cahaya flare itu,

      Nah kan, teknik semua bahasnya, keknya sya harus nnton skali lagi biar feel ke ceritanya dapet, sjauh ini baru scene lari lari sama pas duduk dipohon ending itu yang feelnya dapet banget gk kerasa netes air mata haha,

      Delete
  2. Tikus kayaknya karena adegan tikut bergelantung itu sunggu memberikan efek yg menyakitkan. Saya malah nangis pas adegan ending loh.. Berasa sekali hancur hati di sana sekaligus puas karena misi sdh terlaksana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga nangesss di adegan terakhir. Apalagi setelah dia buka buka foto keluarganya 😭

      Delete
  3. Baca review ini jadi netes airmata di pipi, Mas Tariz. Keingat lagi mimik wajah George MacKay yang kecapekan. Apalagi pas bagian ketemu perempuan dan anak bayi. Duh netes banget netes huhuhu. Villain buatku di sini adalah tikus deh. Tikus bedebah huhuhu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sungguh tikus yang durjana emang 😠

      Yang adegan ketemu perempuan dan dedek bayi itu bikin hati hangat dan terpotek lotek sih. Kasian liat mereka 😭

      Delete
  4. Di film Children of Men juga ada adegan pengambilan gambar video panjang, dan menurut saya adegan itu juga penuh rasa mas, dan memorable banget. Btw 1917 emang mantap.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yesssss. Aku suka banget sama Children of Men. Salah satu film favoritku tuh. Aku nggak nyangka adegan di mobil bakal berakhir demikian 😭

      Delete
  5. oot, film apa yg lg lu tungguin di 2020 ini bro?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah banyak banget. Tahun 2020 ini daftar filmnya mantap mantap. Kalau dalam waktu dekat sih Mulan, Onward, sama Quiet Place Part 2. Dari Indonesia, pengen nonton lagi Mekah I'm Coming 😁

      Delete
  6. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  7. Seperti biasa, mampir dulu ke blog ini sebelum memutuskan mau nonton film apa.

    Terimakasih ke Mas Rizal Tariz atas reviewnya karena sukses 'memprovokasi' saya kembali ke bioskop karena ada film kelas oscar yang sudi mampir lagi ke sinema-sinema layar lebar tanah air.

    Tapi ternyata... dibawah ekspektasi saya.
    Penuturan dari aspek storyline tidak cukup menggetarkan hati apalagi sanggup memeras kelenjar air mata, bagi saya sepenggal kisah-kisah sejenis ini adalah cerita 'normal' dalam situasi perang, walau dulu ada saving private ryan (1998),satu-satunya dari genre epic war yang berhasil membuat mata saya sembap.

    Sang Jenderal mengutus prajurit dalam misi bunuh diri menyampaikan pesan (surat) ke komandan di garis depan, kemanakah prajurit yg memanggul peralatan radio telephony yg biasanya mengekor sang komandan? Apakah Inggris belum memiliki teknologinya saat itu? Atau telephone linenya sedang bermasalah?

    Penggambaran orang2 Jerman menurut saya juga terlalu gelap, agak kontras dengan visualisasi yg dipaparkan seperti konstruksi trench (parit) yg lebih baik, logistic dan persenjataan yang lebih maju, design seragam serdadu yg lebih modis, para jerman digambarkan lebih memiliki otak besar (dan tikus besar), tapi hati kosong… suatu deskripsi yg mewakili pandangan sekutu ttg lawannya (wajar, sebagai pemenang perang). Sisi humanis dan heroik dimonopoli orang british.

    Dari awal hingga scene jembatan putus menuju Ecouste outstanding, tapi setelahnya,kota terbakar, gadis prancis dengan bayi, sungai dengan jeram (dan air terjun?), sampai tumpukan mayat serdadu jerman yang membusuk, menurut saya agak over dramatic.

    Pun begitu, dari aspek sinematografi, teknik one continuous take nya memang cukup memanjakan mata, saya ikhlas memberikan empat jempol untuk ini.

    Pun akting para pemeran utama (MacKay/Schofield & Chapman/Blake ) yg notabene masih ‘belia’ tak kalah bagus dengan akting para aktor kawakan (Colin Firth/Jendral Erinmore), dan aktor2 senior (Mark Strong/Capt. Smith , Benedict Cumberbatch/Col. Mackenzie)yang hanya tampil semenit dua menit. Brilian.
    Musical score dan sound effect tidak istimewa.
    Overall 3.5/5.

    NB:
    - Chapman/Kopral T.Blake aka Tommen Baratheon terlihat agak gempal untuk ukuran serdadu Inggris saat itu yang umumnya kurus/langsing, tapi setidaknya nasibnya gak berbeda jauh dengan di Kings Landing, mati!.
    - Alih-alih Kopral Schofield, menurut saya sang Kakaklah/Letnan J.Blake aka Robb Stark yg seharusnya bersandar dan berkontemplasi di pohon (godswood) pada ending scene.

    ReplyDelete

Mobile Edition
By Blogger Touch