November 1, 2011

25 FILM PALING MENCEKAM DEKADE LALU - BAGIAN 2

Dalam bagian 1, kita telah melongok film-film apa saja yang berhasil menempati posisi 'honorable mentions' serta 25 hingga 11 dalam Halloween Edition '25 Film Paling Mencekam Dekade Lalu'. Maka sekarang kita mengintip film apa saja yang berhasil menduduki posisi 10 besar. Perlu saya tegaskan kembali jika ini adalah daftar personal, jadi sangat mungkin apa yang menurut saya seram belum tentu Anda anggap seram. Penilaian ini bersifat subjektif. Selain itu, film yang menembus dalam daftar hanyalah film-film produksi tahun 2000 hingga 2009. Semoga saja apa yang saya sampaikan disini berguna bagi Anda yang tengah mencari referensi film horor/thriller yang apik.

Baiklah, tanpa perlu berpanjang lebar lagi, inilah 10 film teratas :))

#10
Battle Royale (Jepang, 2000)
Kesuksesan Battle Royale menyebabkan para filmmaker dunia latah mengikuti resepnya. Sekelompok orang ditempatkan di sebuah pulau terpencil untuk saling membunuh agar bisa mendapatkan hadiah utama. Kinji Fukasaku dengan berani menyuguhkan Battle Royale secara provokatif, memiliki tingkat kekerasan dan kesadisan yang tinggi, serta terror tiada henti. Sebuah film yang sangat menyenangkan bagi pecinta ‘film sakit’.

#9Dark Water (Jepang, 2002)

Saat Hideo Nakata seperti kehilangan sentuhan magisnya ketika sekuel dari Ringu terasa kurang menggigit, Dark Water muncul ke permukaan. Masih berupa adaptasi dari karya sastra karangan Koji Suzuki, Dark Water sanggup menggedor jantung selama 100 menit. Formula yang dipakai dalam Ringu diterapkan kembali disini. Aura misterius dari apartemen membuat saya ngeri. Nakata membangun tensi ketegangan secara perlahan dengan menyuntikkan sugesti-sugesti kepada penonton, membuat penonton gregetan hingga akhirnya meledak di akhir.

#8
Let the Right One In (Swedia, 2008)
Let the Right One In mencoba untuk mengembalikan wibawa vampir yang dengan sukses diacak-acak oleh Stephanie Meyer melalui The Twilight Saga. Dengan jalan cerita yang sangat sederhana, lebih banyak mengandalkan ekspresi wajah ketimbang dialog, sinematografi yang aduhai plus penggarapan yang brilian, Let the Right One In dengan efektif menyampaikan kengerian yang mengganggu kepada penonton. Agak membosankan di paruh awal, namun memasuki paruh terakhir, film ini memberikan terror demi terror yang sampai membuat saya merasa sangat tidak nyaman.

#7
The Others (US, 2001)

Tanpa adanya gangguan misterius pun, rumah yang ditempati oleh Nicole Kidman sudah membuat siapapun yang melihatnya bergidik ngeri. Bersetting beberapa saat setelah Perang Dunia II, tone nyaris selalu ditampilkan suram, gelap serta depresi oleh Alejandro Amenabar. Perasaan cemas dan takut pun dengan sendirinya terbangun. Akting yang meyakinkan dari Nicole Kidman membuat penonton percaya seolah-olah apa yang terjadi di layar memang benar-benar terjadi.

#6
Noroi : The Curse (Jepang, 2005)

Anda menyukai film bergenre mockumentary horror dan menganggap apa yang disajikan Paranormal Activity sama sekali tidak menyeramkan? Maka jajal film ini. Noroi bahkan lebih kuat secara penceritaan, lebih mencekam dan terkesan lebih realistis ketimbang sang pionir, The Blair Witch Project. Plotnya yang kompleks dimana setiap menit penonton disodorkan dengan misteri baru, menjadikan film berdurasi dua jam ini jauh dari kata membosankan. Rasanya gatal untuk tidak ikut menebak-nebak apa yang sesungguhnya terjadi. Ketika misteri utama telah terbuka, penonton digiring pada ending yang mencekam.

#5
[REC] (Spanyol, 2007)
Ketika kebanyakan film horror bergaya found footage memulai segalanya dengan perlahan-lahan, maka [REC] tanpa basa-basi langsung mengarahkan pada inti cerita. Hebatnya, ketegangan mampu terjaga konstan hingga akhir tanpa goyah sedikitpun. Seperti halnya para karakter di film ini, saya pun kesulitan untuk kesulitan untuk bernafas karena penonton tidak diberi jeda untuk bersantai ria. Ketegangan yang satu disambung dengan ketegangan yang lain. Sang sutradara, dengan kejamnya, juga tidak memberi obat pencair ketegangan. Penderita penyakit jantung jelas harus menghindari film ini.

#4
Shaun of the Dead (Inggris, 2004)

Shaun of the Dead memang tidak menawarkan kengerian yang luar biasa bagi penontonnya, tetapi film ini sangatlah menyenangkan untuk ditonton. Film horror komedi terbaik dekade lalu. Cerdas, lucu dan menghibur. Edward Wright menggarapnya dengan berkelas. Melihat aksi dari tim yang dipimpin oleh Simon Pegg sanggup membuat saya melupakan kepenatan hidup sejenak. Penggemar zombie tentu tidak akan melewatkan film yang satu ini.

#3
Pan’s Labyrinth (Mexico, 2006)
Sebenarnya, Pan’s Labyrinth lebih cocok dikategorikan sebagai drama fantasy ketimbang horror. Akan tetapi, Pan’s Labyrinth memiliki elemen-elemen yang dibutuhkan oleh sebuah film horror. Makhluk yang menyeramkan, atmosfir yang senantiasa suram dan gelap, adegan-adegan penyiksaan yang keji, dan dunia rekaan. Terror yang dihadapi oleh penonton lebih bersifat ke psikologis. Pan’s Labyrinth memiliki plot seperti mimpi buruk yang sering saya alami di tengah malam. Itulah mengapa, Pan’s Labyrinth terasa begitu seram dan sulit untuk dilupakan.

#2
Ju-On (Jepang, 2000)
Jika Anda adalah pecandu J-Horror, tentu tidak akan melewatkan Ju-On. Seperti halnya [REC], Ju-On nyaris tidak memberikan jeda untuk bernafas sejenak setelah terror demi terror dihidangkan. Kekuatan dari Ju-On adalah pintarnya memanfaatkan suasana yang sunyi senyap tanpa banyak disisipi musik latar yang menghentak. Pagi hari yang cerah tak berarti Anda bisa duduk santai karena Takashi Shimizu menebar kengerian sesuka hatinya, kapanpun dan dimanapun. Ju-On juga memiliki beberapa tokoh yang menjadi ikon dalam jagad J-Horror mendampingi Sadako, perkenalkan Kayako dan Toshio.

#1
A Tale of Two Sisters (Korea Selatan, 2003)
Dan, inilah film paling mencekam dari dekade lalu versi Cinetariz. Diangkat dari sebuah cerita rakyat, A Tale of Two Sisters memberikan rasa takut yang luar biasa sejak awal hingga ending-nya yang mengejutkan. Berada dalam sebuah rumah yang besar namun terasa pengap, ayah yang tidak mau tahu, ibu tiri yang kejam dan gangguan dari makhluk misterius adalah masalah-masalah yang harus dihadapi oleh karakter utama kita. Kim Ji-woon sanggup menyajikan kengerian dengan takaran yang pas. Adegan-adegan pemicu rasa kaget masih menggunakan formula lawas, tapi hebatnya di bawah penanganan Kim-Ji Woon terasa tidak basi. Saat Anda bertanya kepada saya, apa film horror yang paling menakutkan, secara spontan saya akan menyebutkan A Tale of Two Sisters. Sebuah film horror yang memiliki naskah yang menggigit, akting para pemain yang prima dan penggarapan yang berkelas.

Apakah kalian setuju dengan daftar ini atau memiliki pilihan lain?

Baca juga -> 20 film horror yang mengasyikkan untuk ditonton dalam menyambut Halloween.

45 comments:

  1. itu setan anak kecil di ju on bikin gak bisa tidur 7 hari 7 malam lho. sodaraan ama sadako tuh.

    ReplyDelete
  2. Rapelan nonton Ju On 1-3 d tgl yg sama saat tragedi tsunami dg posisi mnghadap tangga mnyisakn rasa ngeri tak brkesudahan membayangkn kayako merayap turun dngan brbagai kejutan2 mngerikan slanjutnya yang berakhir dg trbangun tngah malam dan melihat rmbut panjang adekq menjuntai dari ranjang susun atasq..horooooor bgt >_<!!

    Pnasaran dg a tale of two sisters tpi trlanjur melihat versi hollywoodnya :((

    ReplyDelete
  3. Paranormal Activity kok ga masuk? :D
    Padahal itu film sukses bikin aku merinding disko XD.
    Kalo The Others, waktu itu nonton di TransTV, sukses bikin jejeritan di tengah malam, lol. Untuk Ju-On sih, ga kuat nonton The Ring dan The Eyes, karena itu menghindari Ju-On *grin*

    ReplyDelete
  4. Wah, ternyata kebanyakan pada suka sama Ju On ya. Memang film itu serem banget. Ditonton saat siang pun tetep bikin bulu kuduk merinding -_- Pengalamannya Ollie serem banget euy! Haha.

    @ren : alasan kenapa Paranormal Activity ga masuk daftar adalah karena bagiku film itu tidak begitu menyeramkan hehe

    ReplyDelete
  5. Waaahh.... Padahal Paranormal activity itu apalagi yang ke 2 sangat ngeri loo.. Temen saya aja pada teriak2, terlebih saat seluruh pintu lemari dan meja terbuka dg sendirinya, wkwkwk... Ngga ada lagi dah..

    Lalu Chainsaw texas ngga masuk ya?? Tu tegang loo..

    ReplyDelete
  6. Sayangnya bagi saya Paranormal Activity tidak cukup menakutkan untuk menembus list, baik seri pertama, kedua dan ketiga :)

    Untuk Chainsaw, seri mana yang Anda maksud? Kalau versi remake dan 2006, wah bagi saya filmnya garing. Satu-satunya seri Chainsaw yang saya suka cuma versi aslinya yang sayangnya tidak bisa masuk karena list ini hanya memuat film2 dari tahun 2000-an :)

    Ya, menakutkan atau tidak suatu film memang relatif. Terima kasih sudah berkunjung dan memberi komentar :)

    ReplyDelete
  7. list ini kan penilaian pribadi sang penulis blog ini :)

    *penilaianku
    [REC] (Spanyol, 2007) < ini aku merasa biasa aja filmnya tidak seram dan boring #IMHO

    ReplyDelete
  8. Film trailer jepang memang horor banget sepanjang dekade,sya lbh baik nonton film kartun wkwkwk..:p

    ReplyDelete
  9. COOMING SOON
    film thailand, yg bertemakan obsesi perfilman menyelesaikan filmnya,.. hingga adegannya artisnya sampai mati beneran,..
    dijamin film ini menegangkan abiiis,...

    cek d rental2 VCD judulnya COOMING SOON>

    ReplyDelete
  10. Setuju dengan COOMING SOON.
    FILMnya menegangkan sekali.

    ini dia daftar list,.. siapa berani nonton film ini sendirian:

    1. WOMEN IN THE BLACK. ini menegangkannya juara banget,... setting filmnya agak klasik,.. dibintangi pemeran harry potter,.. bener2 juara banget nee film,..

    2. COOMING SOON (Thailand)
    3. 5BHIA (lanjutan dr 4bhia) tapi dijamin lebih sereeeeeeeem pisan,..

    berani???

    ReplyDelete
  11. The cave, wrong turn gak msuk jga,,,

    ReplyDelete
  12. Maaf, The Woman in Black, Coming Soon, 5bia, The Cave, dan Wrong Turn tidak cukup mencekam bagi saya dan malah justru agak, membosankan. Maaf. Ini hanya masalah preferensi semata.

    ReplyDelete
  13. hahahaha ribut aj ni yg pnya blok kan dya jd suka" dya lah mw msukin film yg mana.... tp klo cm penilaian pribadi sih ga kemakan ma kt.....

    ReplyDelete
  14. a tale of two sisters itu emang serem banget... padahal udh ngira setannya mau nongol dimana eh tetep aja kaget

    ReplyDelete
  15. Kok The Ring Di Peringkat 12 Padahal Aku Nonton malam2 aku merinding

    ReplyDelete
  16. Three Extremes,The Uninvited Ga Masuk

    ReplyDelete
  17. ih jd pengen ntn horror lg deh.... download dmn yh??

    oya mockumentary tu apa yh O_o ?? yg ky paranormal activity gtu yh?? hehheeheh

    ReplyDelete
  18. Final Destination Ga Masuk

    ReplyDelete
  19. ^ Tersingkir di menit-menit terakhir. Sebagai gantinya, saya masukkan 'Final Destination' di list film pilihan untuk Halloween.

    @ arthaleta: ada berbagai sumber, hehe. Tapi biasanya saya beli di Redvanila (Kaskus).

    Mockumentary itu gaya pembuatan film dimana tuturan kisah dibuat selayaknya dokumenter padahal apa yang dikisahkan fiksi belaka. Salah satu contohnya ya, 'Paranormal Activity'. Lainnya ada 'The Blair Witch Project' dan 'Borat' (non-horor).

    ReplyDelete
  20. Film tua semua tuh bos yang km toton,,, mnurut ane harus yg trbaru,, ga ada Insidious ma Paranormal Activity nee,,

    ReplyDelete
  21. eh insidious thn 2010 bukan 2000-2009 nanti pasti dibuat dekade 2

    ReplyDelete
  22. Kenapa Shutter,Frozen,Thir13en Ghost,One Missed Call,When a Stranger Call Ga Masuk

    ReplyDelete
  23. Tidak semuanya bisa masuk kan? Shutter ada di honorable mentions bagian 1, sudah dibaca belum? Frozen rilis 2010, jelas tidak bisa masuk. Sementara Thirt13n Ghost, One Missed Call, dan When a Stranger Call tidak terlalu mencekam buat saya.

    Hanya masalah preferensi semata, sebenarnya.

    ReplyDelete
  24. kalo loe,penggemar film ''GORE'' loe wajib nonton nih film. yg berjudul ''untold story'' film jadul dari hongkong yg dibintangi aktor senior ''anthony wong'' disana banak sekali adegan kekerasan,bahkan mutilasi.. mutilasi orang dewasa udah biasa.. yg ini anak''kecil bro.. gue jamin loe gak bakal sanggup liat nie film............................

    ReplyDelete
  25. ^ Jujur, saya nggak kuat nonton Untold Story. Selain sadisnya nggak tanggung-tanggung, filmnya juga menjijikan. Gara-gara nonton ini sempet nggak doyan sama bakpao. Bukan film yang bakal saya tonton lagi untuk kedua kali (lainnya, A Serbian Film).

    ReplyDelete
  26. Coba tonton Guinea Pig II, SAW mah ga ada apa2nya. kalo ga coba Human Centipede lumayan sadis

    ReplyDelete
  27. Makasih untuk rekomendasi Guinea Pig II, akan segera dijajal (tapi tetap tak bisa masuk daftar ini karena film tersebut rilis di tahun 80-an).

    The Human Centipede? Salah satu film terburuk yang pernah saya tonton.

    ReplyDelete
  28. Wrong turn, final destination, saw, texas chainsaw, evil dead
    ko gamasuk gan?

    ReplyDelete
  29. Dan gimana dengan human centipede, a serbian film, hostel?, cannibal holocaust?

    ReplyDelete
  30. ^ Semuanya sudah saya jawab di komentar sebelumnya.

    Untuk Cannibal Holocaust, mengingat ini judulnya 'Dekade Lalu', jadi tentu tidak masuk.

    ReplyDelete
  31. Bang Dekade 2 Gak Ada

    ReplyDelete
  32. Shaun of the dead gila gokil film'a.. frost and pegg mak kren..!
    ending'a ngakakkk..

    tapi msak iya film'a mencekam...??

    ReplyDelete
  33. a tale of two sisters...
    aku pertama nonton malah yg versi remake oleh hollywood. jadi, pas dapet yg versi aslinya malah nggak tak tonton dan langsung ku hapus. menurutku tidak terlalu mencekam sih, cuma endingnya aja yg mengejutkan... kayak ending2 film horror thailand kebanyakan...

    ReplyDelete
  34. kalau menurut aku sih kebanyakan film dari postingan udah aku nonton,,dan yang paling seram dan menegangkan itu film rec 1,2,3//

    ReplyDelete
  35. kebetulan waktu lg hamil iseng download ju on 1-3, niatx mo nonton marathon secara saya penggila horor movie. ternyata begitu putar yang pertama.. jeng jeng jeng.. setengah jam berjalan udah ga bisa lanjut sama sekali sampe tuh film dihapus dr lappy (kuatir pada keluar dari screen kaya sadako). dan ngga niat mo nonton sampe sekarang.

    ReplyDelete
  36. saya sudah tonton semua film diatas, menurut saya dibedakan aja yang horor hantu sama thriler pembunuhan,supaya gampang dibandinginnya
    sekalian mau tanya kalau mau download film2 horror yang lengkap dan gak ribet dimana ya?

    ReplyDelete
  37. Ju-On benar2 mantap!!,ane paling doyan ma nih film.. ada lagi gak seri berikutnya setelah beginning of the end?? moga ja ada amiieeeen.. :D

    ReplyDelete
  38. A tale of two sisters juara (y) itu benernya masuk genre thriller psikologis bukan horror, utk mockumentary aku kurang suka tuh, apalagi sama parnoman activity dan tetek bengeknya, buat film gore kayanya semua film gore kurang real, apalagi potongan2 tubuh mayatnya yg cuma nampilin daging dan darah, tanpa perhitungan ttg post-mortem si mayat, jadi mayat yg harusnya uda mati 3-4 jam dagingnya yg kepotong masi merah2 gitu, belum keliatan lemaknya.

    ReplyDelete
  39. Film wrong turn 1-6 juga keren

    ReplyDelete
  40. Demi Allah, Juon adalah film yang menghanntui dan meneror masa kecil saya. Waktu itu pas SD dekals berapa gitu saya iseng nonton itu sama temen saya, mana lagi gaada orang di rumah. Anjir malemnya kaga bisa tidur sampe ngerang ketakutan sampe Almh. mama saya denger dan nemenin saya tidur. Besoknya itu dvd film Juonnya saya buang. Wkwkwkwkkwkwk

    ReplyDelete
  41. The orphanage (2007),The exorcism of emily rose (2005),
    lumayan menegangkan dan ceritanya juga bagus

    ReplyDelete
  42. Film "Kafir (Satanic)" from Indonesia kok tdk dimasukkan? Padahal itu film bagus banget secara penokohan & alur cerita. Apalagi itu film rilis th 2001. Emang sih, film ini tdk begitu menyeramkan & terkesan norak utk film jaman sekarang. Tp dr segi akting para pemainnya, terutama si pemeran utama, yakni Sujiwo Tejo yg berperan sbg dukun sakti bernama Kuntet Dilaga sangat apik dr segi gesture & dialog. SEKIAN !!!

    ReplyDelete

Mobile Edition
By Blogger Touch