October 30, 2011

25 FILM PALING MENCEKAM DEKADE LALU - BAGIAN 1

Cinetariz kembali dengan edisi special, Halloween Edition. Yayyyy!!! Pasti kalian telah menanti-nantikannya sejak lama, ya kan? Ya kan? Ngaku sajooooooo *ceileh, GR bener* karena list yang saya buat ini keren luar biasa, seperti yang bikin *uhuk imut*. Rasanya kurang afdol ya jika saya menyusun 21 film paling romantis decade lalu untuk menyambut Valentine, tetapi tidak membuat 25 film paling mencekam untuk menyambut Halloween. Ugh, ternyata membuat list ini sama sekali tidak mudah, teman-teman. Awalnya saya kira sehari bisa tersusun dengan rapi, namun kenyataan berkata lain. Di tahun 2000 hingga 2009, ada sekitar 50 film yang mampu membuat saya melompat dari kursi, menggedor jantung hingga berteriak-teriak tak karuan. Tentu ini sulit karena pada awalnya saya hendak mempersempitnya hingga 13 film saja. Akan tetapi, karena galau yang tidak berkesudahan melihat banyak film horror yang saya depak, saya pun menambahkan 12 film lagi ke dalam daftar. Itupun masih banyak yang harus dikorbankan. Sedih sekali rasanya, hiks hiks.. Jalan keluar satu-satunya adalah dengan memasukkannya ke dalam ‘Honorable Mentions.’ Jadi maaf beribu maaf ya kalau film favorit kalian tidak bisa duduk dengan manis di posisi 25 besar. Sungguh, ini keputusan yang sulit. Saya sampai harus bertapa demi mendapatkan ilham film apa saja yang layak untuk menempati 25 besar.

Berbeda dengan sebelumnya, list ini nantinya akan saya bagi ke dalam dua bagian. Alasannya sederhana, biar tidak kelihatan penuh sesak dan kepanjangan. Saya khawatir para pembaca yang budiman bakal keliyengan kalau melihat tulisan terlalu banyak, hoho. Untuk bagian pertama akan menghadirkan 15 film, sementara bagian kedua berisi 10 film. Yang perlu digarisbawahi, film-film yang masuk ke dalam daftar adalah film horror / thriller yang dirilis di tahun 2000 hingga 2009. Dan karena ini adalah list yang saya buat secara personal, maka akan sangat wajar jika ada film horror bagus yang terlewatkan. Maklum udah tua, jadi mungkin saja kelupaan. Let me know, what I missed. Tak usah ragu untuk memberikan komentar atau koreksi untuk postingan ini, sehingga untuk list berikutnya biar semakin tertata rapi. Ocret mencret?

Sebelumnya, inilah 15 film mencekam yang terpaksa tidak saya loloskan ke top 25 :

- Uzumaki (Jepang, 2000)
- Jelangkung (Indonesia, 2001)- Ginger Snaps (Kanada, 2000)- Session 9 (US, 2001)
- Frailty (US, 2002)
- The Host (Korea Selatan, 2006)- 28 Days Later (Inggris, 2002)
- The Mist (US, 2007)
- Martyrs (Prancis, 2008)
- Shutter (Thailand, 2004)

- Joy Ride (US, 2001)
- Kairo (Jepang, 2001)

- Bunian (Indonesia, 2004)

- High Tension (Prancis, 2003)- What Lies Beneath (US, 2000)
Baiklah, tanpa perlu berbasa basi lagi, inilah 25 film paling mencekam dekade lalu versi Cinetariz. Cekidot!

#25
Trick ‘r Treat (US, 2009)

Inilah the most underrated horror movie di dekade lalu. Padahal filmnya sendiri sama sekali tidak buruk. Hanya saja karena langsung edar dalam bentuk DVD, banyak yang menduga Trick ‘r Treat tidak layak untuk ditonton. Dengan menggunakan 4 plot utama, Trick ‘r Treat sanggup menyebarkan kengerian khas film-film horror dari tahun 1990-an. Twist ending yang disisipkan oleh Michael Dougherty membuat film ini terasa istimewa.

#24
Dawn of the Dead (US, 2004)

Versi aslinya ditangani oleh George A. Romero dan merupakan salah satu film zombie terbaik yang pernah dibuat. Remake-nya dikomandoi oleh Zack Snyder dengan hasil yang sangat memuaskan. Tidak sebaik versi aslinya tentu saja, namun Zack Snyder menciptakan style-nya sendiri untuk Dawn of the Dead. Tidak berkesan kuno dan sangat menyenangkan untuk ditonton.


#23
Lake Mungo (Australia, 2008)

Hanya segelintir orang yang tahu mengenai film bergenre mockumentary horror asal Australia ini. Lake Mungo adalah salah satu yang terbaik di genre-nya. Sesi wawancara dan potongan-potongan video yang menyeramkan ditampilkan dengan meyakinkan. Tapi yang membuat saya melonjak kaget adalah ending-nya yang sama sekali tidak saya duga. Tidak ada persiapan sama sekali untuk adegan yang sangat mengerikan itu.


#22
Saw (US, 2004)

Lupakan saja sekuel-sekuelnya yang semakin lama semakin ngawur, Saw jilid pertama adalah film yang cerdas. Hanya dengan memanfaatkan ruang gerak yang sempit dan dua aktor yang berlakon, Saw tidak terjebak menjadi sebuah film yang monoton. Dilapisi dengan setumpuk misteri yang perlahan-lahan dibongkar hingga endingnya yang mencengangkan, ketegangan Saw terjaga konstan dan tidak mampu ditandingi oleh sekuel maupun penirunya.

#21
4bia (Thailand, 2008)

Antologi horror asal Negeri Gajah yang terdiri dari 4 segmen ini sejatinya hanya memiliki 2 segmen yang mencekam, segmen pertama dan terakhir. Terror yang terjadi di sebuah kamar dan pesawat terbang ini disampaikan perlahan dengan atmosfir yang menyeramkan. Saya sangat menyarankan Anda untuk menonton film ini sendirian di dalam kamar saat tengah malam dengan pintu terkunci. Dijamin bulu kuduk Anda langsung berdiri.

#20
Identity (US, 2003)

Pernah membaca novel Agatha Christie yang dalam bahasa Indonesia diterjemahkan menjadi Sepuluh Anak Negro? Nah, Identity ini bisa dibilang adalah adaptasi bebas dari novel tersebut. 10 orang dari latar belakang yang berbeda terjebak di sebuah motel karena badai dan seorang pembunuh berantai bebas berkeliaran. Dibuka dengan opening sequence yang menarik, Identity berkembang menjadi sebuah film misteri yang mencekat dan penuh dengan ketegangan.

#19
The Eye (Hong Kong, 2002)

Apakah Anda memilih untuk tetap buta seandainya setelah memperoleh donor kornea justru mampu melihat hal-hal yang diinginkan? Pang Brothers mengajak kita untuk memasuki dunia baru dari seorang gadis yang baru saja bisa melihat. Layaknya film horror dari Asia kebanyakan, The Eye pun memulai segalanya dengan lamban hingga akhirnya adegan-adegan yang mengerikan pun digeber sesaat setelah sang gadis mendapatkan penglihatannya.

#18
The Exorcism of Emily Rose (US, 2005)

Sebenarnya film yang berangkat dari kisah nyata ini lebih banyak berputar-putar di ruang pengadilan ketimbang menyuguhkan adegan kerasukan setan. Scott Derrickson menyuguhkan segalanya dengan nyata, seolah-olah kita sedang menyaksikan rekaman video di sebuah acara talk show. Drama di pengadilan menegangkan dan horror di rumah Emily Rose pun menyeramkan. Sebuah kombinasi yang manis.

#17
Pocong 2 (Indonesia, 2006)

Film pertamanya dilarang untuk beredar dan sebagai gantinya Rudi Soedjarwo meluncurkan sekuel yang lebih menakutkan. Pocong 2 dijamin membuat para pocong tersenyum bangga dan mengirimkan kado untuk Rudi Soedjarwo. Disini, pocong diperlakukan dengan selayaknya. Kemunculan pocong selalu berhasil menimbulkan kengerian yang luar biasa. Skrip dan akting para pemainnya pun mumpuni. Kalau Anda jenuh dengan film-film pocong saat ini yang hancur lebur, maka tonton Pocong 2. Berani ke kamar sendirian malam-malam setelah menonton film ini, saya acungi jempol.

#16
The Orphanage (Spanyol, 2007)

The Orphanage bukanlah tipe film horror yang menakut-nakuti penontonnya melalui penampakan yang berulang kali atau sound memekakkan telinga. J.A. Bayona menawarkan sensasi suspense yang mendebarkan. Atmosfir rumah yang ‘creepy’ plus music gubahan Fernando Velázquez turut berpengaruh dalam membangun ketegangan. Bisa dibilang, The Orphanage adalah film horror modern dengan style kuno yang masih memperhatikan dramalurgi dan akting memikat para pemain sebagai salah satu komponen tak terpisahkan untuk menciptakan film horror yang baik.

#15
Drag Me to Hell (US, 2009)

Keasyikan menonton Drag Me to Hell memang tiada tara. Film ini mampu membuat saya menjerit dan tertawa di saat yang bersamaan. Sam Raimi adalah salah satu maestro penghasil film horror komedi. Jika ingin mengetahui bagaimana seharusnya sebuah film horror dipadukan dengan komedi, maka tontonlah Drag Me to Hell, sebuah film yang sangat menghibur, lucu dan menakutkan. Alih-alih stres karena ketakutan, Anda justru akan terhibur saat menyaksikan Drag Me to Hell. Fun as hell!

#14
Inside (Prancis, 2007)

Penggemar film horror yang berdarah-darah tentu tidak akan melewatkan Inside. Sebagai salah satu film terbaik dari generasi 'New Wave of Extreme French Horror Films'. Sangat brutal, tidak berperikemanusiaan, penuh dengan tumpahan darah dan potongan tubuh berceceran dimana-mana. Bahkan sebuah adegan di ending membuat saya tidak tahan menontonnya saking sadisnya. Pun begitu, Inside tidak hanya menjual kesadisan semata karena ditilik dari penggarapan, akting dan naskah, film ini pun tergolong jempolan.

#13
The Descent (Inggris, 2005)

Opening sequence dari The Descent berada dalam posisi atas sebagai adegan paling traumatik versi Cinetariz. Belum apa-apa, saya sudah dibuat tidak nyaman. Memasuki inti cerita ketika para gadis ini menjelajahi gua, The Descent semakin tidak menyenangkan untuk ditonton, dalam arti positif tentu saja. Makhluk misterius yang meneror para gadis ini ditampilkan sangat menyeramkan. Adegan ‘cat and mouse’ pun bergulir yang membuat saya berkali-kali menahan nafas dan jantung pun ikut berdegup kencang.

#12
The Ring (US, 2002)

The Ring versi Gore Verbinski hanyalah segelintir dari film horror dari Asia yang di-remake dengan sukses oleh Hollywood. Rasa ngeri yang teramat sangat ketika menyaksikan Ringu masih bisa ditemukan disini. Verbinski memulai segalanya dengan adegan yang sukses meneror penonton. Adegan-adegan selanjutnya pun tak kalah mengerikan. Imajinasi liar Koji Suzuki berhasil dijewantahkan Verbinski dengan apik, bahkan hanya setingkat lebih rendah dari Hideo Nakata.

#11
Keramat (Indonesia, 2009)

Oke, saya akui saya pernah meremehkan film ini dan sekarang saya kualat. Keramat ternyata lebih menyeramkan dari yang saya duga. Dibuat dengan gaya ‘found footage’, Keramat sanggup membuat saya sulit tidur beberapa hari dan parno terhadap suara gamelan. Dengan minimnya adegan penampakan-penampakan yang murahan, Keramat malah terasa lebih natural. Fakta bahwa setting dekat dengan rumah dan saya pernah mengalami secara langsung salah satu kejadian dalam film membuat kengeriannya berlipat ganda.

BAGIAN 2 

26 comments:

  1. nice review... bgs jd rekomendasi bwt temen saya yg hobi nntn film yg macu adrenalin... *thumbs up*

    ReplyDelete
  2. Mayoritas list diatas udah ketonton dan emang ngeri sih, btw kok film "inside" gambarnya nayato+pocong? haha

    ReplyDelete
  3. emang "keramat" setting filmnya di mana? lawang sewu? *blomnonton*

    ReplyDelete
  4. Makasih banget ya teman2 :))

    @rasyid : hahaha, Nayato + Pocong :))
    @sabila : bukan, di Jogjakarta kok. Ada pengalaman pribadi yg agak mirip sama kejadian di film itu.

    ReplyDelete
  5. kamu tau g film barat horor tentang sebuah rumah sakit tua yang yang pasien anak-anaknya tidak bisa keluar coz ada hantu pengasuh wanita yg menahan mereka, ceritanya dulu ada pasien anak yg punya penyakit kelainan tulang tp pengasuhnya tidak rela jika si anak sembuh lalu membunuhnya pelan-pelan,hantu tersebut menghuni bangsal bawah yg telah ditutup,lalu datang seorang dokter wanita yg mencoba membebaskan mereka dari hantu wanita tsb, aku pernah nonton tp lupa judul en nama pemainnya?

    ReplyDelete
  6. Fragile, ya? Film tahun 2005 yang dibintangi oleh Calista Flockhart.

    ReplyDelete
  7. gimana kalo orphan? / rumah dara? lebih banyak darah!! ajibbbb

    ReplyDelete
  8. Wow review yg sgt apik,cuma 28 days later itu syg banget cuma mentok di top40.

    ReplyDelete
  9. gimana dengan , my bloddy vlentine,the collector,teh collection,My ex menurut gue itu juga lumayan bisa bikin merdinding min :)hehe cuma masukan

    ReplyDelete
  10. Kreeennnn...
    Boleh di coba ni ntar mlm...
    Mumpung lg sndri di rmh.

    ReplyDelete
  11. kyknya di film Dawn of The Dead pertama kali zombie bisa berlari, itu yg bikin film tsb fenomenal dan mencekam...

    ReplyDelete
  12. tahukah judul film tentang seseorang yg datang kekota nelayan karena panggilan hati, ternyata kota tersebut telah menjadi budak penguasa lautan, dan ternyata pemuda tersebut adalah anak dari si penguasa lautan tersebut.

    ReplyDelete
  13. Twilight of the Ice Nymphs, bukan?

    ReplyDelete
  14. Gan tolong bantuin ini judul filmnya apa ya, sinopsisnya kayak gini : ada seorang pengasuh yg akan bekerja disebuah rumah, dirumah ini banyak sekali keganjilan, ternyata orang yg diasuh oleh pengasuh ini dulunya seorang anak kecil yg oleh pembantu terdahulunya kena sihir/ritual agar jiwanya tertukar, niat dr pembantu terdahulu mau hidup selamanya jadi ketika dia menjelang tua dia akan mencari korbannya untuk bertukar tubuh.. Kira2 agan tau gk film ini??

    ReplyDelete
  15. Poltergeist yang versi tahun 80an mungkin bisa masuk list

    ReplyDelete
  16. silent hill kgk masuk ya? padahal keren menurut gua sangat mewakili kualitas gamenya meskipun main characternya diganti.. dan pastinya sangat mencekam hehehe

    ReplyDelete
  17. Mau tanya tentang sinopsis ini : film horor yang menceritakan tentang di sebuah rumah terdapat kuburan di samping rumah tersebut, dan setiap malam roh jahat memanggil anak wanita tersebut kedalam sebuah gudang mainan, cara ibu menyelamatkan anaknya dengan cara memakai bath-up yang ada dikamar mandi dan saat anak tersebut selamat anak tersebut berlumuran lendir makanya saat penyelamatan anak tersebut dilakukan di kamar mandi

    ReplyDelete
  18. Gan tolong bantuin ini judul filmnya apa ya, sinopsisnya kayak gini : ada seorang pengasuh yg akan bekerja disebuah rumah, dirumah ini banyak sekali keganjilan, ternyata orang yg diasuh oleh pengasuh ini dulunya seorang anak kecil yg oleh pembantu terdahulunya kena sihir/ritual agar jiwanya tertukar, niat dr pembantu terdahulu mau hidup selamanya jadi ketika dia menjelang tua dia akan mencari korbannya untuk bertukar tubuh.. Kira2 agan tau gk film ini??

    Itu film Skeleton Key deh kayaknya gan

    ReplyDelete
  19. Saya mau nonton lagi film horor yg pernah saya tonton di sekitar th90 an , ceritanya manusia sebgai hantu bagi hantu itu sendiri, dan ketahuannya di ending nya...
    apa ya judulnya gan ?

    ReplyDelete
  20. ^ @Mochammad Sutopo: Hmmm... The Others kah? Yang main Nicole Kidman.

    @Faurazi: Iya, judulnya The Skeleton Key.

    @Eva Wulandari: Waduh, aku kok nggak keinget ya? Mungkin kamu inget siapa pemainnya dan film ini dibuat sekitar tahun berapa?

    ReplyDelete
  21. gan numpang tanya klo film luar negri yg bercerita soal 2 pasangan yg menikah dan di bantai di sbuah desa di mana desa trsbt menyembah jagung sbgai tuhan mreka dan hnya ad anak" kcil yg sll mlakukan teror it judul filmnya ap ya gan

    ReplyDelete
  22. Children of the corn klo gk salah

    ReplyDelete
  23. Gan , tanya dong klo film yg cewek punya restoran di pedalaman kedatangan pembeli cowo yg terjerat kasus karena punya bukti kejahatan, nah si cowok dtg dgn keadaan terluka bekas tusukan di perut dia punya bukti yg berupa kasetdan jadi incaran para penjahat terus bukti nya di kasih ke si cewe yg punya restoran td dah skrg dia yg di incar sama si penjahat, bersetting di pedesaan ada sherif nya suka melecehkan seksual ke si cewe, adegan terakhir cewe nya ngerokok di pom bensin, pas nyalain rokok kbetulan aih diatas nya nyala kd slamet gak meledak, kira" ada yg tau agan" iti film apa ya judul nya ?

    ReplyDelete
  24. Gan ada yg tau gak judul film horror yg settingan nya di bekas penjara atau RSJ besar dan di ruang bawah tanah banyak bekas penyiksaan dan percobaan2 dokter gila yg punya ilmu hitam yg punya anak buah para setan... Dokter tsb bisa di hancurkan setelah ngumpulin bberapa patung baphomet... Ane pernah nonton cuman lupa judul nya... Klo ada yg tau judul nya kasih tau ya gan...

    ReplyDelete

Mobile Edition
By Blogger Touch