August 17, 2013

[Special] LIEBSTER & SUNSHINE AWARD


Beberapa hari lalu, rekan-rekan sesama movie blogger (ucapkan halo kepada Movievora, Zerosumo, dan Movfreak) mencolek saya dengan maskulin supaya saya turut berpartisipasi dalam memeriahkan ‘Liebster & Sunshine Award’. Saya pun bertanya-tanya, penghargaan apa lagi ini? Usut punya usut, rupanya ini hanyalah ajang seru-seruan yang isinya super duper acak dan bisa jadi tak terlalu penting (fakta kehidupan hingga pertanyaan seputar film). Meski demikian, award ini pun berguna untuk menemukan blog seru yang mungkin belum pernah Anda dengar sebelumnya dan mengenal lebih jauh mengenai blog favorit Anda. Atas colekannya, saya ucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada Movievora, Zerosumo, dan Movfreak

Berikut ini adalah cara ikutan ‘Liebster & Sunshine Award’ (karena terlalu malas, saya copy paste milik Zerosumo dengan beberapa penambahan dan pengurangan disana sini): 
1. Cantumkan logo Liebster Award di postingan Anda (bisa memanfaatkan Google). 
2. Jawab 11 pertanyaan yang diajukan oleh orang yang menominasikan blog Anda. 
3. Tapi sebelumnya bikin dulu 11 fakta tentang diri Anda. 
4. Lalu siapkan 11 pertanyaan baru buatan Anda sendiri untuk 11 teman blogger pilihan dan jangan lupa cantumkan link teman-teman blogger yang dinominasikan. 

Baiklah, mari mulai permainan ini dengan 11 fakta seru mengenai saya: 
1. Awal kecintaan terhadap film dimulai dari sebuah iklan bioskop di Jawa Pos pada tahun 1996. 
2. Batal nonton The Adventures of Pinocchio di JM 21 padahal sudah beli tiket karena takut gelap. Jika teringat ini, sampai sekarang masih menyesal. 
3. Memutuskan untuk berhenti bermain game sejak memasuki bangku kuliah. (Karena saat main game, saya bisa lupa waktu! Bahaya!) 
4. Pernah dua kali mendapat nilai 0 (pelajaran Matematika dan Fiqih) dan agak-agak oon saat SD, tapi selalu menjadi juara kelas saat SMP (dua kali juara umum) dan SMA. Uhuk. 
5. Saat berjalan-jalan ke luar kota, selalu menyempatkan untuk wisata kuliner dan wisata bioskop. 
6. Fans garis keras Carrie Underwood, Ayumi Hamasaki, American Idol, dan The Amazing Race
7. Paling benci dengan mata kuliah Statistika, tapi justru menggilai data angka dalam film yang berkaitan dengan pendapatan dan jumlah penonton (box office) hingga setiap hari mengunjungi web dan forum tentang box office. 
8. Paling rewel soal kamar mandi dan toilet. Kudu bersih (dan ada air, bukan tissue!) 
9. Lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali? Itu tidak berlaku saat nonton bioskop dan kuliah. Memilih tidak sama sekali daripada terlambat. (batas toleransi: 10 menit) 
10. Membenci ular (salahkan kakak saya yang telah memupuk ketakutan ini sejak masih SD!) dan mencintai kucing (selain film dan karaoke, tentunya).
11. Bukan penggila gadget. Bagi saya, handphone hanya digunakan untuk SMS, telepon, internet, dan chat. Intinya: gaptek. 

Sekarang, saatnya menjawab pertanyaan demi pertanyaan yang diajukan oleh teman-teman blogger. Yang pertama, milik Zerosumo

1. Karakter antagonis favorit? Di film yang mana? 
Damien Thorn dari film The Omen. Mohon jangan ditertawakan, tapi setan dalam wujud anak kecil dengan tampang tak berdosa bagi saya itu menyeramkan. 

2. 3 genre film favorit? Sesuai urutan, yang pertama paling favorit. 
Sebenarnya, saya menyukai semua genre. Tapi karena dipaksa memilih, maka itu adalah drama, horor, dan musikal. 

3. Bioskop favorit di kota kelahiran? 
Dulu saya sering sekali nonton di JM 21, Surabaya, yang sayangnya sekarang sudah gulung tikar. Jika diminta untuk menyebutkan yang masih bertahan hingga sekarang, saya memilih Tunjungan 21 (yang 21 yah, bukan XXI). 

4. Lebih suka film-film Eropa yang dari negara apa? 
Prancis, terlebih jika bergenre komedi. Ide-ide ceritanya kerap kali terasa unik dan segar. 

5. Film Asia yang bakal selalu direkomendasiin kalau lagi ngomongin film? 
Taegukgi. Salah satu film Korea (dan juga Asia) terbaik yang pernah saya tonton. 

6. Film kelas B favorit? 
The Rocky Horror Picture Show. Musikal + horror + komedi + kegilaan = sempurna! 

7. Setuju gak kalau The Expendables gak berhenti sampai di film ketiganya? Kalau nggak setuju sertakan alasan (ceilehhh). 
Setuju. Saya masih ingin melihat apa lagi yang bakal dilakukan oleh Sylvester Stallone untuk tribute-nya terhadap film-film aksi tahun 80-90’an. Pokoknya selama personil belum lengkap, jangan berhenti. Haha. 

8. 3 film favorit dari tahun 2005 keatas? 
Children of Men, Once, dan Toy Story 3

9. 3 film favorit era tahun 90-an? (tahun 2000 gak diitung yah) 
The Parent Trap, Reservoir Dogs, dan Kuch-Kuch Hota Hai (Hooh, Rahul-Anjali!) 

10. Film paling sadis yang pernah ditonton? 
Yang jelas, saya tidak akan pernah lagi menonton A Serbian Film. Film sakit! 

11. 3 series favorit? 
Desperate Housewives, Friends, dan Modern Family. Jika boleh menyebut lebih dan reality show disertakan, maka ada pula Lost, Gilmore Girls, American Idol, dan The Amazing Race.

---------------------------------------------------

Kini saatnya menjawab pertanyaan dari Movievora

1. Kalau nonton film ke bioskop, pilih sendiri, sama teman atau sama pacar? Kenapa? 
Lebih memilih sendiri karena tidak ribet. Jika bersama orang lain maka kudu menyesuaikan jadwal nonton, lokasi, hingga film yang harus ditonton. Mungkin selama sebulan hanya bisa menonton satu film kali ya kalau kudu nunggu teman? 

2. 3 Film yang mampu membuat kamu menangis? 
Toy Story 3, Taegukgi, dan Two Weeks. (Hei, ketiganya berawalan dengan huruf T, sama seperti nama saya!) 

3. Momen nonton film di bioskop paling mengesankan? 
Saat menonton Batman Forever, karena itu adalah pertama kalinya saya nonton di bioskop. 

4. 3 Song from Motion Picture favorit kamu? 
Falling Slowly (Once), Come What May (Moulin Rouge!), dan Over the Rainbow (The Wizard of Oz). 

5. Kalau menghadiri gelaran Oscar, kamu akan gandeng siapa dan pake baju rancangan siapa? 
Carrie Underwood, dong! Untuk urusan baju... siapapun boleh, selama menutup aurat. (Uhuk!) 

6. Siapa karakter dalam film yang kayaknya asyik buat dijadikan teman hidup kamu? 
Celine (Before Sunrise-Before Sunset-Before Midnight). Wanita yang cerdas, menyenangkan, dan berselera humor bagus. 

7. Kalau kamu seorang movie star, pengen diarahin ma sutradara siapa? 
Quentin Tarantino. Dia sutradara favorit saya. 

8. Julia Roberts atau Sandra Bullocks? 
Errr... Adakah pilihan lain? Reese Witherspoon, mungkin? Tapi jika dipaksa, yah... saya akan memilih Julia Roberts. Sepertinya dia pribadi yang menyenangkan (dan rata-rata filmnya pun saya suka). 

9. Apa yang akan kamu lakukan kalau kamu mengalami peristiwa ala-ala Evil Dead atau The Cabin in The Woods
Bertobat! 

10. Most Sensual Scene hadir di film? 
Apapun yang ada dalam film 9 ½ Weeks

11. Pandora (Avatar) atau The Shire (LOTR)? 
The Shire. 

---------------------------------------------------

Pertanyaan terakhir datang dari Movfreak. Mari dijawab: 

1. Wajarkah seorang cowok lebih menyukai film drama daripada action? 
Sangat wajar. Mengapa tidak wajar? 

2. Pilih K-Pop atau Britpop? 
Britpop. 

3. Perlukah adegan seks dipotong secara total dalam sebuah film di bioskop? 
Tidak perlu. Ugh, saya paling benci dengan apa-yang-disebut sensor. 

4. Joe Taslim atau Iko Uwais? 
Untuk saat ini, Joe Taslim. Kemampuannya dalam berolah peran lebih mumpuni. 

5. Film horror lokal paling seram? 
Pengabdi Setan. 

6. Siapa sosok orang Indonesia yang kisah hidupnya layak dibuatkan film? 
Gus Dur. 

7. Mendengar nama Garin Nugroho, apa yang terlintas pertama kali di pikiranmu? 
Daun di Atas Bantal. Hahaha. 

8. Apa kamu membenci Twilight
Tidak. 

9. Film yang sudah kamu tonton minimal 5 kali? 
The Parent Trap. Entah sudah berapa kali saya menonton film ini. Melebihi 15 kali, saya rasa. Fuh.

10. Film apa yang paling menggambarkan kehidupanmu? 
Trilogi Toy Story, mungkin? 

11. Kira-kira berapa tahun lagi film Indonesia masuk nominasi Oscar? 
Oh, saya berharap, secepatnya. 

---------------------------------------------------


Untuk Sunshine Award, saya mengikuti pertanyaan dari Movfreak:

1. Favorite Actor / Actress 
Reese Witherspoon. Ada sesuatu dalam dirinya yang membuat saya kesengsem dan mengepak-ngepak sayap di udara. Semua filmnya sudah saya lahap. 


2. Favorite Book 
And Then There Were None. Novel misteri paling mengasyikkan dan menegangkan yang pernah saya baca. Saking cintanya dengan buku ini, saya menjadikannya sebagai bahan untuk dikaji dalam tugas akhir. 


3. Favorite Song 
Live Like You Were Dying milik Tim McGraw. 


4. Favorite TV Show 
The Amazing Race. Ya, saya memang menggilai Desperate Housewives, tapi kegilaan saya kepada The Amazing Race jauh melampaui itu. Bahkan saya menonton semua versi internasional dari reality show ini (Ya, semua!). Acara yang sangat seru. 


5. Favorite Food 
Nasi Punel khas Bangil, Jawa Timur. Makanan yang wajib disantap saat berkunjung ke Jawa Timur. 


6. Favorite Drink 
Tidak ada yang mengalahkan nikmatnya secangkir Teh (baik es maupun hangat). 


7. Favorite Director 
Quentin Tarantino, Tim Burton, David Fincher, Joko Anwar, dan Ifa Isfansyah. Terlalu banyak, yah? Maaf! Haha. 


8. Favorite Music Video 
Blown Away dari Carrie Underwood.  (klik gambar untuk melihat video)


9. Favorite Movie 
Children of Men. Sebuah film sempurna yang turut menghantarkan saya meraih nilai (hampir) sempurna dalam mata kuliah Kajian Film. Uhuk. 


10. Favorite Place 
Rumah. Home sweet home.


---------------------------------------------------

Nah, sekarang giliran saya yang memberi pertanyaan untuk teman-teman blogger. Mohon dijawab dengan tulus dan riang gembira:

1. Sebutkan 5 film Indonesia terbaik versimu!
2. Apa film yang mengubah hidupmu?
3. Sepanjang sejarah nonton di bioskop, adakah film yang membuatmu walkout?
4. Jika kamu adalah bintang film, siapa aktor/aktris yang kamu inginkan menjadi lawan main?
5. Sebutkan 5 film yang paling berkesan buatmu!
6. Apakah pernah tertidur saat menonton film? 
7. Jika hidupmu adalah film, maka film apakah itu?
8. Sebutkan 3 film yang membuatmu bercucuran air mata saat menontonnya!
9. Apa bioskop favoritmu? Mengapa?
10. Apa film yang akan kamu sarankan pertama kali untuk pengalaman pertama nonton bagi anak-anak?
11. Apa film yang banyak orang benci tapi kamu sukai?

Dan, rekan-rekan yang terpilih untuk melanjutkan permainan ini adalah:

Selamat bersenang-senang! 

2 comments:

  1. Oh...kalau mo jujur, berarti gak suka yah nobar sama aku :D

    ReplyDelete
  2. Pertama kali nobar waktu Modus Anomali kan, yah? Om Subi telat benerrrrr....!!! Haha.

    ReplyDelete

Mobile Edition
By Blogger Touch