January 27, 2017

REVIEW : RESIDENT EVIL: THE FINAL CHAPTER


We’re finally here, instalmen terakhir dari franchise Resident Evil yang didasarkan pada video game laris berjudul sama rekaan Capcom... atau setidaknya begitulah sangkaan kita. Usai dua jilid pendahulu, Afterlife dan Retribution, yang benar-benar melempem, sebetulnya pengharapan terhadap franchise ini telah sepenuhnya sirna. Kejar-kejaran antara sang protagonis, Alice (Milla Jovovich), dengan para zombie ganas yang didalangi oleh Umbrella Corporation telah sampai pada titik jenuh sehingga ketidakpedulian pada nasib Alice pun tak terelakkan. Maka begitu mendengar gagasan Paul W.S. Anderson berniat untuk mengkreasi seri lanjutan Resident Evil dan sekali ini menggunakan subjudul The Final Chapter yang besar kemungkinan berarti jilid penghujung, ada kelegaan disertai sekelumit kepenasaran terkait bagaimana Anderson akan menutup salah satu film adaptasi game tersukses di muka bumi ini. Membawa turut serta segala sikap skeptis ke gedung bioskop kala menyimak Resident Evil: The Final Chapter, alangkah terkejutnya diri ini begitu mendapati bahwa film ini menunjukkan peningkatan cukup signifikan dari dua instalmen sebelumnya. Whoa? 

Berselang tiga pekan selepas peristiwa di penghujung Retribution, Alice melanjutkan pengembaraannya seorang diri. Pasca diserang oleh monster-monster beringas, pahlawan kita ini memperoleh pesan mengejutkan dari Red Queen yang mendadak menunjukkan itikad baik. Dalam pesan tersebut, Red Queen menginformasikan bahwa Umbrella berencana melepas virus guna memberangus secara total peradaban manusia dan Alice adalah satu-satunya harapan untuk menghentikannya. Berpacu dengan waktu serta tidak mempunyai banyak pilihan, Alice pun seketika bertolak ke tempat semua kekacauan ini bermula, Raccoon City. Membopong misi besar, tentu perjalanan Alice tidak serta mudah karena salah satu pemegang saham tertinggi di Umbrella yang juga musuh bebuyutannya, Dr. Alexander Isaacs (Iain Glen), dan Albert Wesker (Shawn Roberts) yang telah mengkhianatinya, berupaya untuk menghalau langkah Alice. Untung di tengah perjuangannya menembus laboratorium bawah tanah Umbrella, Hive, Alice berjumpa lagi dengan rekan seperjuangannya, Claire Redfield (Ali Larter), dan sekutu-sekutu baru Claire yang bersedia bahu membahu memberikan bantuan melawan korporasi lalim Umbrella usai mengetahui rencana terkutuk mereka. 

Ya, The Final Chapter adalah sebuah kemajuan jika disandingkan dengan Afterlife dan Retribution yang seringkali mendatangkan kebosanan. Bagi penonton yang telah antipati ke franchise ini sedari mula atau memang tak pernah menunjukkan ketertarikan lebih, berita bagus tersebut tidak berarti apapun. Tapi jika berinvestasi secara penuh entah karena faktor penggemar berat versi video game-nya maupun semata-mata kepincut dengan tiga jild awal yang harus diakui amat seru, jelas sebuah berkah. Paling tidak, Resident Evil berakhir – jika memang demikian adanya – mencapai konklusinya dengan kepala menengadah ke atas. Letak keberhasilan The Final Chapter adalah bagaimana Paul W.S. Anderson memanfaatkan bujet $40 jutanya secara maksimal dengan menciptakan setiap momen yang senantiasa berdentum keras. Lagipula, apa lagi sih motivasi penonton menyimak franchise ini di layar lebar selain mencari tontonan eskapisme yang berarti sarat adegan laga dan nuansa cekam? Instalmen keenam ini mencoba memenuhi itu. Berupaya kembali ke akarnya seperti jilid pertama dan kedua. Dipenuhi atraksi Mbak Alice melompat-lompat kesana kemari membantai para zombie yang senantiasa mengintai serta kelaparan. 

Sang sutradara menggeber serentetan laga yang meliputi pertarungan Alice dengan monster-monster ganas, berhadapan dengan antek-antek Umbrella termasuk musuh lamanya Dr. Alexander Isaacs di atas Hummer berjalan yang di sekelilingnya dikerumuni zombie, menyusup ke Hive yang menyimpan jebakan-jebakan maut tak terduga (ucapkan halo pada sinar laser dari film pertama!), hingga konfrontasi akhir yang menghadirkan pelintiran cukup mengejutkan dalam plot, nyaris tanpa putus. Satu kehebohan selesai langsung disambung kehebohan lain, terus menerus seperti itu sampai tutup durasi. Tidak memberi ruang bagi Alice untuk sekadar ngopi-ngopi cantik bersama Claire seraya bernostalgia. Menariknya, ada intensitas yang bisa dirasakan dalam setiap pertempuran yang dijabani oleh Alice sehingga menyulitkan rasa jenuh menyambangi penonton. Penggunaan jump scares untuk menimbulkan daya kejutnya memang agak berlebihan, begitu pula dengan kamera bergoncangnya dan penyuntingan bermetode quick cut-nya, tapi saat Milla Jovovich terlihat kembali bersemangat menghidupkan sosok Alice lalu mencuat pula sejumlah momen seru nan mencekam utamanya setelah pasukan Alice menyelinap ke Hive, titik lemah pun bisa diabaikan. Toh yang penting sebagai sebuah popcorn movie yang mengasyikkan ditonton beramai-ramai bersama teman, Resident Evil: The Final Chapter telah mencapai tujuannya, kan?

Noted : ada bonus di penghujung film yang penting-penting nggak penting. Jika kamu penggemar berat, kebetulan sedang tidak tergesa-gesa, dan bersedia menunggu sampai akhir, silahkan disimak. 

Exceeds Expectations (3,5/5)

8 comments:

  1. Replies
    1. Ada suara dari Red Queen yang bunyinya kurang lebih, "kalian akan mati", yang menandakan franchise ini belum akan berakhir dan Red Queen (mungkin) kembali ke pihak villain.

      Delete
    2. Bener deh waktu si red queen mengeluarkan kata kata legendarisnya "You're all going to die down here" cuma ane yang girang sendiri,seisi bioskop gaada reaksi apa-apa -_-.Tapi memang masih ada kemungkinan red queen kambuh lagi?bukanya Hive udah hancur lebur?mungkin emang ini bukan last resident evil movie tapi paling enggak mungkin the last buat story arc si Alice ini.Reboot perhaps?

      Delete
    3. @Bobby: Penonton lain tidak bereaksi bisa ditafsirkan menjadi dua: pertama, mereka bukan penonton setia franchise ini sehingga cuplikan audio tersebut tak berarti banyak. Kedua, mereka luar biasa jengkel sampai tidak bisa berkata apa-apa karena ternyata ini bukan film terakhir. Hahaha.

      Berharapnya jika emang dilanjutin (melihat hasil box office, kemungkinan tetap berlanjut), mereka akan memanfaatkan karakter lain sebagai fokus utamanya. Kalau reboot sih semoga tidak ya, ngulang lagi dong dari awal. Seri-seri awalnya udah oke, nggak jaminan bakal jadi lebih bagus juga kalau diinterpretasikan ulang.

      Delete
  2. berharap utk selanjutnya Leon Kennedy yg akan difilmkan..

    ReplyDelete
  3. Maksud kalian dari red queen disitu bukan ke mereka alice dan clair..

    Tetapi lebih ke para petinggi UMBRELLA yang sedang hibernasi dan Docter isaacs

    ReplyDelete
  4. Entah kenapa rasanya greget banget ini film pas liat endingnya kayaknya ngengantung kayak masih ada lanjutannya lagi,apa bakalan ada resident evil berikut nya lagi ya

    ReplyDelete
  5. Entah kenapa rasanya greget banget ini film pas liat endingnya kayaknya ngengantung kayak masih ada lanjutannya lagi,apa bakalan ada resident evil berikut nya lagi ya

    ReplyDelete

Mobile Edition
By Blogger Touch