January 15, 2020

25 FILM TERBAIK 2019 VERSI CINETARIZ


Bisa melewati tahun 2019 dengan selamat adalah sebuah pencapaian hidup yang semestinya saya rayakan. Kamu mungkin menganggapnya berlebihan, tapi 2019 bakal selamanya saya kenang sebagai tahun terberat. Beragam persoalan menghujam secara bertubi-tubi seolah tanpa akhir yang lantas mendorong diri ini ke jurang depresi dan pada akhirnya secara resmi divonis mengidap Generalized Anxiety Disorder oleh psikiater. Sebuah bentuk “gangguan” yang senantiasa menempatkan saya dalam kecemasan berlebih dengan atau tanpa penyebab yang jelas. Menyenangkan sekali, bukan? Itulah mengapa, senarai “25 film terbaik 2019 versi Cinetariz” ini akan bersifat jauh lebih personal ketimbang sebelumnya. Bukan semata-mata unggul secara kualitas, bukan pula semata-mata akan saya rekomendasikan ke kalian dengan senang hati, tetapi juga mempunyai kedekatan representasi. Jadi jangan mengeluh berpanjang-panjang apabila kalian menjumpai judul-judul yang terkesan “acak” karena satu alasan jelas: senarai ini bersifat sangat subyektif. Semakin tinggi ranking suatu film, maka semakin tinggi pula level dekat di hati dan kemungkinan untuk ditonton berulang-ulang pun semakin besar.

Tanpa perlu berpanjang lebar lagi, inilah senarai “25 film terbaik 2019 versi Cinetariz” yang saya seleksi dari 228 judul film yang berhasil saya lahap sepanjang tahun 2019 lalu. Seperti biasa, senarai ini dimulai dari…

Honorable Mentions (diurut berdasarkan abjad):

# Article 375


Ada dua sisi cerita dibalik suatu kasus perkosaan yang menghebohkan India.

# Booksmart


Hari terakhir di SMA memang semestinya dirayakan dengan penuh suka cita.

# Capernaum


Kisah pilu seorang bocah yang menuntut orang tuanya di pengadilan.

# Dolemite is My Name


Biopik lucu nan nyeleneh dari seorang pembuat film di era 70-an.

# Exit


Disaster movie tak melulu mesti menegangkan, disampaikan secara jenaka pun bisa.

# Fighting with My Family


Melongok lahirnya bintang WWE yang mungkin tak banyak kita ketahui prosesnya.

# Ford vs Ferrari


Biopik yang penyampaiannya bak film balapan mobil yang mengasyikkan.

# Hotel Mumbai


Rekonstruksi satu tragedi kemanusiaan yang mendebarkan.

# Imperfect


Kebahagiaan adalah menerima ketidaksempurnaan diri, bukan mengejar kesempurnaan.

# Us


Menghadapi versi jahat dari diri sendiri adalah hal yang mengerikan.

…dan inilah yang menghuni posisi 25 besar:

#25 Joker


Tidak menyenangkan atau gegap gempita bak film berdasar komik pada umumnya, Joker justru disampaikan dengan nada pengisahan teramat depresif mengikuti kondisi kejiwaan dari si karakter tituler. Sangat tidak nyaman buat disimak bagi penderita kecemasan, tapi tak bisa disangkal bahwa film ini adalah buah karya yang sangat apik. Joaquin Phoenix mencengangkan, iringan musiknya membuat bulu kuduk meremang, dan serentetan adegannya begitu membekas di ingatan. Siapa sih yang akan bisa lupa adegan tarian di tangga?

#24 Ad Astra


Dibalik tampilan visual yang mengundang decak kagum dan kemasan luar yang seolah mengindikasikan bahwa ini sajian space adventure berbalut kisah keluarga, Ad Astra sejatinya merupakan tontonan kontemplatif nan menggigit yang mengajak kita untuk merenungi tentang makna dibalik kehidupan dan kemanusiaan seraya memperbincangkan soal mental health beserta toxic masculinity. Terdengar berat? Memang begitulah adanya. Bagi saya, topik inilah yang menjadikan Ad Astra tak saja terasa indah dari sisi visual tetapi juga rasa.

#23 Blinded by the Light


Sebuah kisah pencarian jati diri yang diiringi tembang-tembang milik Bruce Springsteen ini terasa sangat mengasyikkan untuk disimak. Blinded by the Light merekam perjalanan dari seorang pemuda Inggris berdarah Pakistan dalam upayanya untuk melawan tindak rasisme dari lingkungan sekitar, dan upayanya untuk melawan tradisi kolot yang ditegakkan oleh sang ayah. Kita akan bersimpati pada si protagonis karena mimpi-mimpinya, kita akan kesal pada si protagonis karena sikap pemberontaknya yang melebihi batas, dan kita akan bersenandung keras-keras karena tembang Pak Springsteen yang amat asyik nan relatable.

#22 Green Book


Alih-alih bermuram durja dan dipenuhi dengan kemarahan yang meletup-letup, Green Book mengutarakan segala keresahannya terhadap diskriminasi, prasangka, sampai rasisme dengan cara yang lebih elegan. Cenderung santai dalam bertutur dimana didalam narasinya dipenuhi canda tawa maupun momen-momen mengangatkan hati. Pada dasarnya, ini adalah kisah kemanusiaan yang beranjak dari persahbatan tak biasa antara seorang musisi kenamaan dengan supir barunya dalam satu perjalanan yang “menantang nyawa”. 

#21 The Irishman


Durasinya yang merentang hingga 3,5 jam memang mengintimidasi. Namun kemahiran Martin Scorsese dalam bercerita memungkinkan kita untuk menikmati setiap menit dari The Irishman tanpa ada keinginan berhenti sejenak. Narasinya yang sedemikian kompleks menguliti dunia para gangster dengan seabrek persoalan dan karakter dilantunkan secara santai sehingga mengeliminasi kesan njelimet dan membosankan yang berpotensi menghinggapi. Ditambah sokongan akting-akting kelas atas, khususnya dari trio pemain inti, saya justru senantiasa dilingkupi tanya, “apa yang akan terjadi selanjutnya?,” selama menonton. Seru!

#20 Marriage Story


Terkadang tersenyum dan sesekali tertawa, tetapi lebih sering termangu, merasa pedih, dan akhirnya terisak-isak saat menyaksikan kisah pernikahan pasutri yang di ujung tanduk dalam Marriage Story. Ada keinginan melihat mereka rujuk, ada ketidakrelaan melihat mereka pisah. Melalui sorot mata beserta gestur yang diperagakan oleh Adam Driver maupun Scarlett Johansson, kita bisa merasakan bahwa cinta sebetulnya masih ada dalam diri masing-masing. Hanya saja, keduanya telah berubah menjadi orang asing bagi satu sama lain dan itu memilukan. Pertanda kapal yang hendak karam ini memang sudah tak bisa diselamatkan lagi.

#19 Bebas


Satu hal yang bisa langsung diapresiasi dari Bebas adalah performa dari jajaran pemain yang sangat kompak seolah-olah mereka memang betulan berkawan karib. Saking asyiknya chemistry diantara mereka, rasanya betah berlama-lama bersama mereka dan berharap film tidak akan pernah berakhir. Saya tertawa heboh bersama mereka, saya menari dengan riang gembira bersama mereka, dan saya pun menangis tersedu-sedu bersama mereka. Seolah kesenangan ini belum cukup, masih ada kurasi lagu Indonesia yang jempolan dari era 90-an yang akan mengajak kita bersenandung bersama dan mengenang masa muda.

#18 Knives Out


Rian Johnson memiliki caranya sendiri dalam mengkreasi tontonan whodunit seraya memberi penghormatan kepada Agatha Christie dan melemparkan komentar sosial politik. Ketimbang sepenuhnya berada di jalur suspense yang suram, Knives Out justru mengajak penonton bersenang-senang dengan narasinya yang ceria nan penuh gelak tawa. Alhasil, kita pun dibuat tergelak-gelak berulang kali ditengah proses investigasi yang memicu penasaran, bikin gregetan, sekaligus membuat jantung berdebar-debar. Dan oh, jangan lupakan barisan pemain ansambelnya yang memberikan definisi sesungguhnya dari kata “gila” tersebut.

#17 Once Upon a Time… in Hollywood


Once Upon a Time in Hollywood memang bukan karya terbaik dari seorang Tarantino, tapi ini adalah karya paling personal dan sentimentil yang pernah dibuatnya. Tak hanya dibikin takjub, tertawa, tegang serta meringis melihat adegan kekerasannya, sekali ini dia pun sanggup membuat penonton untuk merasa tersentuh lalu mengeluarkan sapu tangan dari dalam kantong guna menyeka air mata. Inilah sebuah surat cinta untuk Hollywood yang mengajak kita bernostalgia ke era 60-an akhir dimana industri perfilman terbesar di dunia ini mewujudkan sekaligus menenggelamkan harapan besar dari para pemimpi.

#16 Kim Ji-young Born 1982


Kim Ji-young Born 1982 sanggup membangun kesadaran terhadap mental illness seraya mengkritisi budaya patriarki dengan amat baik dan powerful. Melalui film ini, penonton akan sedikit banyak memperoleh pemahaman mengenai depresi berikut faktor-faktor yang melatarinya, mendapat gambaran tentang budaya patriarki yang semestinya tidak dilanggengkan, dan pada akhirnya terdorong untuk memanusiakan manusia. Ya, film yang juga hidup berkat kontribusi akting mengagumkan dari jajaran pemain ini akan membuatmu tersadar betapa besarnya jasa beserta pengorbanan dari para ibu, para istri, dan para perempuan.

#15 Midsommar


Bagi saya, keunggulan utama dari Midsommar bukan semata-mata berasal dari imaji-imaji mengerikan pengusik kenyamanan, melainkan turut bersumber dari pokok pembicaraannya. Disamping mengulik soal perspektif, sang sutradara juga berniat memperbincangkan tentang mental illness, atau dalam hal ini depresi, dan keberadaan support system. Film ini sejatinya merupakan kisah perjalanan spiritual bagi si protagonis utama dari seseorang yang menanggung duka akibat kehilangan keluarga dalam satu tragedi, lalu menyimpan luka akibat penolakan implisit dari orang-orang di sekitarnya, sampai kemudian menemukan satu komunitas yang bersedia menerimanya dengan tangan terbuka.

#14 Bento Harassment


Salah satu kejutan manis tahun lalu berasal dari Bento Harassment yang tak saja membuat tertawa terbahak-bahak berkat gaya kelakar ala Jepang yang sedikit nyeleneh, tetapi juga membuat diri ini menangis sesenggukan akibat narasinya yang menghangatkan hati, terutama di 20 menit terakhir yang luar biasa ‘jahanam’. Ini adalah sebuah kisah unik tentang hubungan yang renggang antara seorang single mother dengan putrinya yang pemberontak. Melalui sekotak makan siang berisi makanan-makanan yang dihiasi, sang ibu mencoba berekonsiliasi dengan putrinya tersebut sebelum dia meninggalkan kampung halaman untuk mengadu nasib di kota besar.

#13 Gully Boy


Pustaka musik asal India tidak terbatas pada soundtrack dari film-film Bollywood. Gully Boy menunjukkan bahwa rap turut memiliki pengaruh di sana dengan membawa kita menyusuri area pemukiman padat penduduk yang kumuh. Sebuah tempat yang melatari lahirnya seorang musisi yang mengutarakan keresahan, kemarahan, sampai harapan mereka mengenai kehidupan melalui tembang-tembang beritme cepat. Mengaplikasikan tipe narasi “from zero to hero”, film ini akan membuat emosimu teraduk-aduk di sepanjang durasi yang mencakup berbagai macam rasa. Dari bahagia, sedih, sampai pada akhirnya terinspirasi untuk mengikuti pilihan hidup sang protagonis yang berupaya untuk membuktikan kepada orang-orang yang telah memandangnya rendah bahwa dia tidak akan selamanya menjadi “nobody”.

#12 Last Christmas


Di lapisan paling permukaan, Last Christmas adalah film komedi romantis yang akan membuat penonton tersenyum-senyum gemas berkat interaksi manis nan hidup yang terjalin diantara dua pelakon utamanya. Tapi saat kita bersedia untuk melongok lebih dalam, ternyata fokus utamanya bukanlah soal muda-mudi yang dimabuk cinta. Melainkan perihal menjalani kehidupan yang pesannya benar-benar mengena di hati. Satu pesan besar yang coba diutarakannya berbunyi, “tidak apa-apa untuk menjadi seseorang yang biasa-biasa saja karena kehidupan tidak harus diisi dengan pencapaian yang serba gilang gemilang. Yang terpenting adalah kamu bahagia menjalaninya, sehingga bisa membagi kebahagiaan tersebut pada orang lain.” An underrated gem yang saya yakini bakal menjadi tontonan wajib menjelang Natal.

#11 Instant Family


Dibalik kemasan luar yang seolah mengindikasikan ini sebagai tontonan keluarga yang ringan-ringan saja, ternyata terselip life lesson berharga di dalam Instant Family yang disampaikan secara efektif mengenai parenting dan makna non-konvensional dari keluarga. Instant Family adalah feel good movie yang kamu butuhkan untuk menjaga positivity dalam tubuh ditengah terjangan arus kebencian, kepenatan sehari-hari, serta berita tak menggembirakan di televisi. Kamu akan dibuatnya berkaca-kaca, berlanjut menangis sesenggukan, sampai kemudian memutuskan untuk menghubungi orang tua di rumah melalui ponsel demi melontarkan pertanyaan sederhana, “apa kabar? Kalian sehat?.”

#10 House of Hummingbird


House of Hummingbird memberi kita narasi pendewasaan diri dari seorang remaja perempuan yang hanya ingin dicintai oleh orang-orang terdekatnya. Ada kejenakaan tersemat di beberapa titik mengikuti obrolan-obrolan polosnya, tapi kegetiran dan kepiluan yang menyesakkan dada adalah rasa yang hiasi durasi sampai-sampai diri ini ingin sekali memberi pelukan hangat kepada si protagonis saat film berakhir. Betapa tidak, di usianya yang masih 14 tahun, si protagonis telah dirundung beragam problematika. Di rumah yang nihil interaksi hangat, fisiknya kerap disakiti oleh kakak laki-lakinya yang disanjung berlebihan oleh sang ayah. Sementara di sekolah, dia dikucilkan oleh teman sekelasnya dan dua orang yang dianggapnya sebagai sahabat maupun kekasih pun mengkhianatinya. Nyesek nggak, sih?

#9 Toy Story 4


Mengingat kisah Woody beserta kawanannya sudah diakhiri dengan sangat pantas di jilid ketiga, saya sama sekali tidak menaruh ekspektasi apapun kepada Toy Story 4 yang ternyata oh ternyata masih sanggup bersanding dengan tegak bersama jilid-jilid terdahulu. Dongeng seputar babak hidup baru dari kawanan mainan ini tak saja dilantunkan secara kocak dan seru yang akan membuatmu bersemangat di sepanjang film, tetapi juga mengharu biru yang akan membuatmu menitikkan air mata di penghujung durasi. Instalmen keempat yang mempunyai tampilan animasi luar biasa ini (well, Pixar tak pernah mengecewakan!) membuktikan bahwa Toy Story merupakan franchise animasi paling dahsyat dan paling magis saat ini.  
  
#8 Hello Love Goodbye


Hello Love Goodbye jelas bukan film percintaan biasa. Ya, kamu akan tetap gregetan menyaksikan kisah kasih “benci jadi cinta” berkat chemistry padu antara Kathryn Bernardo bersama Alden Richards. Tapi yang membuat film ini lebih bersinar adalah topik pembicaraannya yang mendalam mengenai mimpi, pengorbanan, serta keluarga. Disamping itu, si pembuat film turut sodorkan potret realistis dari kehidupan PRT asing di Hong Kong yang sama sekali jauh dari kesan “menjanjikan”. Kamu akan dibuatnya tertawa, kamu akan dibuatnya kesengsem dengan dua sejoli yang menjadi sentral kisah, dan kamu akan dibuatnya menangis. Dua puluh menit terakhirnya benar-benar mengobrak-abrik hati hamba yang sangat sensitif ini. Bahkan melihat adegan reunian kecil-kecilan saja, saya banjirrr.  

#7 The Two Popes


Dalam The Two Popes, kita melihat dua Paus berdialog mengenai banyak hal yang lantas mengungkap bahwa mereka tak ubahnya manusia kebanyakan. Ada penyesalan, kesepian, serta krisis spiritual. Kita pun melihat keduanya meragu karena Paus jelas bukanlah jabatan sepele. Mengusung topik berat yang turut menyinggung skandal pelecehan seksual dari kaum pemuka agama Katolik, film nyatanya mampu dihantarkan secara ringan tapi tetap mengena dan bermakna. Diluar percakapan serba genting, tampak kehangatan relasi diantara dua sosok penting ini dan tampak pula bahwa mereka saling menghormati satu sama lain. Inilah satu film yang sebaiknya tidak kamu lewatkan begitu saja – apapun agamamu – karena ini adalah kisah tentang persahabatan, belas kasih, dan kemanusiaan yang membuka mata sekaligus mendamaikan hati.

#6 Avengers: Endgame


Avengers: Endgame tetap membawa saya pada pengalaman menonton yang mungkin saja tidak akan dijumpai dalam waktu dekat. Ada banyak gegap gempita yang membuat saya girang bukan main bak bocah cilik yang baru saja diberi mainan baru, ada banyak canda tawa yang membuat saya tertawa terpingkal-pingkal, ada banyak hamparan visual mencengangkan, ada kebahagiaan karena film memunculkan karakter-karakter favorit dalam satu titik, ada kebanggaan bisa melihat mereka sanggup mencapai posisi ini, dan ada kesedihan karena kemungkinan untuk tak lagi berjumpa terbuka begitu lebar. Endgame jelas merupakan persembahan yang sangat istimewa untuk para penggemar Marvel Cinematic Universe (MCU) yang telah setia menemani selama satu dekade terakhir. Saat film akhirnya mencapai ujung durasi, saya pun hanya bisa berkata lirih, “thank you, Stan Lee! Thank you, MCU!”.

#5 Keluarga Cemara


Tak terhitung berapa kali saya menyeka air mata yang menuruni pipi, memberi pelukan erat-erat kepada diri sendiri, sampai muncul dorongan untuk sesegera mungkin menelpon orang tua di rumah saat menonton Keluarga Cemara yang merupakan salah satu film Indonesia terindah yang pernah saya tonton. Deskripsi yang mungkin terdengar agak hiperbolis, tapi sejujurnya, ini benar-benar terjadi. Ketimbang mengeksploitasi kesedihan, film mencoba tampil berenergi dengan segala humor yang ciptakan gelak tawa serta adanya pesan penumbuh semangat yang sekaligus berfungsi menghilangkan stereotip terhadap kemiskinan. Pada akhirnya, bukan hanya kontribusi para pemain yang dapat membawa emosi dalam Keluarga Cemara semenonjok ini, melainkan juga naskah bernas, pengarahan penuh sensitivitas dari Yandy Laurens, pilihan-pilihan lagu pengiring yang menyatu, beserta penyuntingan mengalir.

#4 The Peanut Butter Falcon


The Peanut Butter Falcon adalah film sederhana yang lebih menekankan pada hubungan kepedulian yang terbentuk diantara para karakter kesepian alih-alih dihamparkan sebagai sajian petualangan yang mendebarkan. Film ini bertutur secara apa adanya dan justru disitulah yang membuat saya bisa jatuh cinta kepadanya. Terasa jujur, nyata, sekaligus merasuk di hati. Didukung ikatan kimia meyakinkan dari para pemainnya, saya pun menyunggingkan senyum dan meneteskan air mata haru setiap kali tiga karakter utama berinteraksi. Saya dapat merasakan adanya cinta kasih yang tulus diantara mereka, saya dapat merasakan bahwa mereka saling membutuhkan, dan saya bisa mengatakan bahwa mereka adalah definisi dari kata superhero. Mereka memang tidak menyelamatkan dunia dari marabahaya, tetapi mereka telah menyelamatkan diri mereka sendiri dan orang-orang di sekitar dengan kekuatan yang kita sebut cinta. Indah sekali.

#3 Parasite


Ketimbang menjejali penonton dengan petuah-petuah atau dialog-dialog banal guna menekankan komentar si pembuat film terhadap kesenjangan sosial yang memisahkan si miskin dengan si kaya, Parasite justru memberi kita rangkaian adegan menggelitik, mendebarkan, serta menyesakkan yang membuat setiap menitnya begitu mengikat atensi sehingga terasa nikmat buat disantap. Saat film berakhir, kita disadarkan oleh kenyataan bahwa tidak ada karakter yang sepenuhnya putih bersih tanpa dosa di sini dan kedua belah pihak pun pada dasarnya adalah parasit bagi pihak lain. Yang kita anggap sebagai benalu rupanya mempunyai motif masuk akal dibalik tindakan mereka, sedangkan yang kita anggap sebagai korban ternyata bukan pula kaum suci. Sulit juga untuk menyalahkan masing-masing pihak karena mereka sejatinya korban kapitalisme dan korban ekspektasi sosial yang menuntut kesempurnaan beserta pencapaian besar.

#2 The Farewell


Sebuah kisah mengenai kembali ke kampung halaman untuk berkumpul kembali bersama keluarga memang acapkali goreskan rasa hangat di dada. The Farewell mengangkat narasi tak lekang zaman tersebut seraya memperbincangkan tentang berdamai dengan kehilangan, perbedaan kultur yang mencolok, sampai pertentangan pemikiran dari tiga generasi. Sebagai bagian dari generasi milenial yang kebetulan tinggal di benua Asia bersama keluarga konservatif yang menjunjung tinggi adat ketimuran, saya bisa memahami perasaan si karakter utama yang mengalami gegar budaya. Pengalamannya serupa, tapi tak sama. Dalam merekam perjalanan berkunjung ke rumah nenek yang kurang mengenakkan ini, si pembuat film memilih menginjeksikan banyak sekali humor dalam setiap momen ketimbang bermuram durja. Sebuah pendekatan yang menarik mengikuti narasinya yang mengajak kita untuk merayakan kehidupan ketimbang meratapi kematian.

#1 Klaus


Tidak sulit untuk menyebut Klaus sebagai salah satu film terbaik yang pernah saya tonton. Sebuah interpretasi baru atas dongeng asal mula Sinterklas ini dihantarkan secara jenaka, seru, sekaligus menyentuh. Ditunjang oleh goresan animasinya yang sangat cantik dimana setiap menitnya tak ubahnya lukisan di galeri seni, lagu pengiring yang mudah nyantol di telinga, serta pesan klasiknya yang mengena tentang menyebarkan kebaikan, semakin sulit untuk menolak pesonanya begitu saja. Saya tidak hanya dibuat bergembira selama menontonnya, tetapi saya juga merasakan ketenangan hati dan saya pun dibuat terpukau oleh sisi magisnya yang menguar kuat. Dialognya yang berbunyi “we need to show people that a true selfless act always spark another” membekas kuat, begitu pula dengan adegan penutupnya yang memberikan definisi atas kata “indah”. Klaus yang layak mendapat predikat instant classic sebagai tontonan pemeriah Natal ini menunjukkan bahwa film animasi 2D masih sangat layak untuk diperhitungkan.

20 comments:

  1. Mantap lisnya nya min,,, separuh lebih sudah di tonton sih,,, Beberapa sih setuju meski beberapa lagi ku anggap biasa saja film nya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah sudah banyak juga ya yang ditonton. List kali ini emang banyakan dari film bioskop sih

      Delete
    2. kirain film india Chhichhore bakal masuk list,,,, karena sempat baca ulasan kamu di twitter menanggapi positif atas film itu. 😁

      Delete
    3. Dan film House of Hummingbird dan Bento Harassment gak tayang secara luas kan di bioskop ??

      Delete
    4. Sayangnya Chhichhore terpaksa dipangkas di menit-menit terakhir. Dari India diwakili dua film saja :(

      House of Hummingbird dan Bento Harassment emang nggak tayang di bioskop sih. Hanya di festival film saja.

      Delete
  2. Sehat selalu dari anxiety disordernya mas tariz

    ReplyDelete
  3. Wowww tahun ini banyak banget film film bagus, happy banget! Ternyata kelemahan om tariz dari tahun ke tahun sama yah : film keluarga dan film ttg kebaikan 😆

    Seneng juga tahun ini ada banyak film yang mulai jelasin soal mental illness. Terimakasiii om tariz 💓

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha. Kelemahanku emang di dua tema itu. Makanya seneng banget tahun kemarin banyak yang bagus, tapi isi list nya jadi film keluarga semua 🙈

      Yes. Makin banyak film yang ngebangun kesadaran penonton ke mental illness. Bahkan Last Christmas itu saja membahasnya lho.

      Delete
    2. Seneng juga karena setiap tahun selalu ada film india dan indo yang masuk list. Sampai ketemu di jogja om tariizzz uhuu ga sabar ketemu penulis idolakuu

      Delete
  4. Akhirnya keluar juga listnya. Ditunggu tunggu lho mas... Hehehe... Aku penasaran sama Klaus. Apalagi dapet nominasi Oscar juga ya ngalahin si Frozen

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klaus buagus banget. Kejutan terbesar tahun lalu. Ceritanya sederhana tapi kena banget di hati. Indah pula gambarnya.

      Delete
  5. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  6. Pixar gak pernah mengecewakan, well menurut saya Brave cukup mengecewakan dari sisi cerita, sedangkan The Good Dinasaur mengecewakan dari sisi desain karakter dan ceritanya juga. kalk segi grafis, Pixar mah selalu memuaskan. :D

    BTW, barusan nonton klaus dapet downlodan, dan liat reviewer pav sya jadiin no 1, 100% setuju sih, filmnya bagus banget, sangat manis. kombinasi animasi 3d dan 2D nya juga mantep, wajar sih ngalahin Frozen 2 di nominasi oscar, (walau agak kecewa sih, soalnya detail animasi Frozen 2 bner bener level atas)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maksudku emang lebih ke grafisnya sih. Soal animasi, Pixar kan selalu mengagumkan. Dua film yang kamu sebutin itu, kebetulan aku nggak suka. Hahaha.

      Klaus itu... Mengejutkan. Awalnya sempet skeptis karena ceritanya familiar, bahkan menit menit awal masih biasa. Tapi kok makin lama, makin cantik ya. Nggak cuma animasinya, ceritanya juga. Nonton film ini bikin hati anget banget. Damaiiiii... Pesannya soal kebaikan juga keren sekali

      Delete
    2. hahah, iya bener, pixar kayak melampaui batas batas studio besar animasi lain, selalu berkembang tiap film yg dikeluarin. bener banget, the good dinoasur sih yg paleng ampas menurut sya ceritanya, terlalu bocah

      kalo sya awalnya emang gkntau filmnya nyeritain apa, karna download cma gara gara masuk nominasi oscar aja, pas serching dikit oh kayak the grinch taun lalu tentang natal. tapi akhirnya,, no no no, kualitas klaus jauh diatas film itu.

      Delete
  7. Mantap listnya mas!!! Banyak yg saya suka dari film favoritnya mas, tapi ada juga yg biasa aja menurut saya.... Tapi kan terserah masnya hehe.... Film favorit saya tahun ini yg gak masuk list sampeyan: Villains, Little Monsters, Dua Garis Biru, Rust Creek, Pajaros De Verano, Shadow. Sukses terus mas!

    ReplyDelete
  8. Cinetariz adalah rujukan saya dalam memilih tontonan. Tak terhitung saya menangis berkali-kali atas rekomendasi film yang menguras air mata. Terimakasih banyak cinetariz

    ReplyDelete
  9. Raih Kemenangan Besar Anda Disitus MARIO QQ, Hanya Dengan Modal Rp.10.000 Anda Bisa Menangkan Jackpot Jutaan Rupiah Setiap Harinya !!!

    ✅ BONUS TURN OVER 0.3%
    ✅ BONUS REFFERAL 15%
    ✅ WIN RATE GAME 96,9%
    ✅ 100% PLAYER Vs PLAYER ( NO ROBOT & ADMIN )
    ✅ Minimal Deposit Bank : Rp.10.000 (BCA MANDIRI BNI BRI DANAMON)
    ✅ Minimal Deposit Pulsa : Rp.10.000
    ✅ Support E-Cash : GOPAY , DANA , OVO , LINK

    Berapapun Kemenangan Bosku Pasti Akan Kami Bayar dan Kita Proses Dengan Cepat !!!
    Hanya Disitus MARIO QQ Yang Memberikan JACKPOT dan BONUS TURN OVER Yang FANTASTIS Loh !!! Ayo Tunggu Apalagi Buruan Daftarkan dan Mainkan
    Langsung Disitus Resmi MARIO QQ Dibawah Ini melalui :
    WHATSAPP +62 821-4331-1663

    Link Alternatif :
    - www.vipmario55. com
    - www.vipmario55. info

    ReplyDelete

Mobile Edition
By Blogger Touch