December 20, 2019

REVIEW : IMPERFECT


“Jika kesempurnaan membuatmu bahagia, maka beri aku waktu untuk belajar menerima itu. Karena aku terlanjur mencintai ketidaksempurnaanmu.”

Siapa sih yang tidak pernah merasa insecure? Rasa-rasanya, setiap manusia di muka bumi ini pernah mengalaminya dalam satu fase hidupnya dengan kadar yang tentu berbeda-beda. Ada yang minor sehingga beberapa waktu kemudian lantas bisa menghempaskannya dari pikiran, tapi tak sedikit pula yang major sampai-sampai mempengaruhi setiap langkah dalam kehidupannya. Imbasnya, rasa percaya diri pun merosot drastis yang menyulitkannya untuk berpikir positif. Biasanya, efek yang sedemikian besar tersebut dipicu adanya bullying atau body shaming dari lingkungan sekitar. Ujaran semacam “kamu gendutan ya?”, “kamu kurus banget deh, nggak pernah makan ya?”, maupun “kulitmu item banget,” yang umumnya dipergunakan sebagai kalimat pembuka dari suatu basa-basi, tanpa disadari telah berkembang menjadi sesuatu yang beracun dan berbahaya. Terlebih lagi, kita hidup di era dimana media menciptakan standar kecantikan/ketampanan diluar batas kewajaran yang membuat perasaan insecure menjadi semakin membumbung tinggi serta sulit dikendalikan. Menyadari adanya fenomena tidak sehat yang tengah menggerogoti generasi muda masa kini, Ernest Prakasa (Cek Toko Sebelah, Milly & Mamet) pun berinisiatif untuk mengkreasi tontonan bertajuk Imperfect yang disadur dari buku non-fiksi berjudul sama rekaan sang istri, Meira Anastasia. Melalui buku tersebut serta film ini, pasangan Ernest-Meira mencoba menggaungkan pesan positif untuk kita semua yang sedang (atau pernah) merasa rendah diri akibat penampilan fisik yang tidak termasuk dalam kriteria sempurna. Pesan tersebut berbunyi, “tidak apa-apa untuk menjadi tidak sempurna karena yang terpenting bukanlah menjadi sempurna, melainkan menjadi pribadi yang bahagia dan berguna bagi sesama.”

Dalam ya?

Meski didasarkan pada buku yang berisi pengalaman-pengalaman Meira dalam menghadapi rasa insekyur lantaran merasa dirinya tidak memenuhi definisi “cantik” yang dipercayai oleh publik, versi layar lebar dari Imperfect bukanlah sebentuk autobiografi. Di sini, Ernest mengkreasi satu karakter fiktif bernama Rara (Jessica Mila) yang secara fisik sama sekali tidak memenuhi ekspektasi dari masyarakat mengenai sosok perempuan ideal. Rara digambarkan memiliki bobot jauh diatas rata-rata, kulitnya terbilang gelap, dan dia juga tidak melek fashion. Penampilannya mirip dengan almarhum ayahnya dan sangat jauh berbeda dengan sang ibu, Debby (Karina Suwandi), yang dulunya berprofesi sebagai peragawati, dan adiknya, Lulu (Yasmin Napper), yang dielu-elukan di Instagram. Meski kerap dibanding-bandingkan dengan Lulu sekaligus mendapat body shaming dari orang di sekelilingnya, Rara tidak merasa ada yang diubah dari dirinya. Dia menganggap tubuhnya yang jauh dari ideal ini sebagai kutukan yang sebaiknya diterima dengan lapang dada. Toh sang kekasih, Dika (Reza Rahadian), menerima dirinya secara apa adanya. Tak pernah sekalipun meminta Rara untuk mengubah penampilannya. Jadi mengapa dia harus mengikuti standar kecantikan yang dangkal ini? Tapi pemikiran Rara ini lantas berganti saat atasannya, Kelvin (Dion Wiyoko), menuntut dia untuk menjalani make over dengan batas waktu satu bulan apabila ingin naik jabatan di kantor. Rara yang tadinya enggan berolahraga serta kerap mengonsumsi junk food pun berusaha mati-matian untuk mengubah penampilannya yang sayangnya turut dibarengi pula dengan perubahan sikap. Secara tiba-tiba, baik Dika, Lulu, maupun sahabat karib Rara, Fey (Shareefa Daanish), tidak bisa lagi memahami jalan pemikiran dan sudut pandang Rara yang sudah sangat berbeda.



Selepas menonton Imperfect di layar lebar, ada satu hal yang saya lakukan, yakni menyeka air mata. Bukan karena filmnya sebegitu pedihnya sampai meremas-remas emosi, melainkan karena saya merasakan sebuah kebahagiaan yang muncul berkat pesan indah yang diutarakannya. Mengenai menerima diri sendiri secara apa adanya, mengenai kebahagiaan yang akan mengikuti saat kita sudah bisa berdamai dengan diri sendiri. Sebagai seseorang yang pernah mengalami body shaming (ditambah lagi, bullying) selama bertahun-tahun lamanya lantaran saking kurusnya, saya bisa memahami bagaimana perasaan Rara dan karakter-karakter lain yang mengalami insecure dengan bentuk tubuhnya. Dampaknya memang sangat merusak karena pada akhirnya, ada rasa percaya diri yang diobrak-abrik sehingga keyakinan untuk bisa menjangkau mimpi pun turut dibuat goyah olehnya. Imperfect mencoba untuk berkontribusi dalam memutuskan rantai beracun ini dengan membangun kesadaran penonton mengenai efek yang bisa disebabkan oleh body shaming seraya membesarkan hati mereka yang tengah terjatuh. Seperti halnya film-film Ernest terdahulu, penyampaiannya pun dikondisikan untuk senantiasa ringan-ringan saja dan dipenuhi dengan canda tawa di sepanjang durasi agar bisa diterima oleh penonton secara luas. Ya, jika kamu datang ke bioskop dengan pengharapan dapat menemukan obat pelepas penat, Imperfect masih sangat sanggup untuk memenuhinya. Bahkan bagi saya, inilah film terlucu dari Ernest. Setiap karakter diberi amunisi untuk melontarkan humor yang sebagian besar diantaranya mulus mengenai sasaran, tapi ada dua sumber kelakar terbesar dalam film yang terdiri dari “genk kantor Rara” dimana kita dihadapkan dengan Rey yang ceplas ceplos serta Wiwid (Devina Aureel) yang cenderung telmi, serta “genk anak kos” yang mempertemukan penonton dengan empat penghuni kos di rumah Dika yang pembawaannya nyentrik. Dari dua kubu berbeda ini, saya dibuat tergelak-gelak berulang kali oleh Shareefa Daanish, Devina Aureel, Zsazsa Utari, dan Kiky Saputri yang mesti diakui memiliki comic timing juara.  

Yang sedikit unik kali ini, Ernest tak sekadar menggunakan karakter-karakter tersebut sebagai pemancing tawa belaka. Mereka dilibatkan ke dalam narasi utama, dan keberadaan mereka turut difungsikan untuk melontarkan dua komentar berbeda. Dari “genk anak kantor”, kita memperoleh topik pembicaraan tentang pemujaan terhadap sosok ideal. Sedangkan melalui “genk anak kos”, kita mendapati topik tentang memandang ketidaksempurnaan dari perspektif lain. Apakah benar apa yang selama ini kita anggap “ketidaksempurnaan” adalah sesuatu yang buruk, atau justru itu membuat kita sebagai pribadi yang unik dan berciri khas? Apabila bahan renungan ini belum cukup menggugah, maka tunggu sampai kamu mendapati problematika yang mendera Rara. Tidak seperti ditampakkan dalam trailer (dimana banyak orang mencibir keputusan Ernest mengubah si protagonis menjadi cantik), ada alasan-alasan masuk akal nan kompleks yang mendorong Rara untuk bertransformasi, dan perubahan tersebut tidak lantas dipilih oleh si pembuat film sebagai solusi atas segala permasalahan yang merongrongnya. Imperfect tidak berceloteh sedangkal itu. Justru, ada tantangan lain yang harus ditaklukkan tatkala Rara memilih untuk memenuhi permintaan sang atasan. Tantangan yang tidak pernah dipersiapkannya ketika dia mendamba memiliki tubuh ideal ini. Satu alasannya, karena Rara mempunyai pandangan cethek bahwa kesempurnaan fisiknya dapat menyelesaikan seluruh problematikanya. Itulah mengapa, dia cenderung menganggap remeh persoalan Lulu yang dipikirnya tidak seberapa dibanding masalahnya karena sang adik mempunyai wajah yang rupawan. Tapi benarkah orang-orang yang dinilai “sempurna” ini terbebas dari persoalan berkenaan dengan insecure? Bukankah mereka rentan untuk terjebak dalam pertemanan maupun hubungan palsu karena fisik seringkali dijadikan pertimbangan utama? Dalam film ini, Ernest menegaskan bahwa setiap orang memiliki rasa insekyurnya sendiri-sendiri. Termasuk mereka yang tampaknya telah sangat sempurna.



Pertanyaan-pertanyaan ini merupakan satu contoh dari sejumlah renungan yang diajukan oleh Imperfect melalui sederet studi kasus yang disodorkannya. Ernest menyelipkannya ditengah-tengah guliran pengisahan yang berhasil dihantarkannya secara lancar dan penuh sensitivitas. Pengarahan beserta penulisan naskah yang menjadi kekuatan utama Imperfect ini ditunjang oleh lakon apik dari jajaran pemain. Disamping personil geng yang mencuri perhatian, film juga memiliki Jessica Mila (beneran menaikkan bobotnya hingga 10 kg dan menghitamkan kulitnya lho!) yang menunjukkan performa terbaik sepanjang karirnya dalam Imperfect. Dia menjelma sebagai tokoh utama yang mudah dicintai pada paruh pertama, lalu kemudian berangsur-angsur menjadi agak menyebalkan di paruh akhir saat dirinya “tersesat” dan mempertanyakan tentang tujuannya untuk berubah. Apakah karena semata-mata ingin dihormati, atau justru karena dia mencintai tubuhnya sendiri sehingga merasa perlu untuk menjalani pola hidup sehat? Mendampinginya untuk menggerakkan elemen dramatik dalam film adalah Reza Rahadian yang sekali lagi menyodorkan akting mengesankan. Di tangannya, Dika tampil sebagai pribadi yang simpatik. Dia tampak mencintai Rara, dia tak pernah menghakimi Rara, dan dia pun senantiasa memberikan dukungan untuk Rara. Adegan yang memperlihatkan Dika sedang bercanda tawa bersama ibunya, Ratih (Dewi Irawan), mengenai waxing menjadi satu momen emas bagi Reza Rahadian di sini. Terlihat seperti pasangan ibu-anak betulan, euy! Yang juga layak mendapatkan kredit tersendiri adalah Yasmin Napper yang bermain manis sebagai Lulu serta Karina Suwandi sebagai seorang ibu yang disalahpahami. Adegan pertengkaran yang melibatkan Rara, Lulu, dan Debby tak saja menunjukkan kemahiran lakon dari ketiga pemain, tetapi juga mempersembahkan satu momen mengesankan bagi Imperfect yang akan membuat matamu berkaca-kaca dan seketika merindukan keluarga di rumah. Karena pada momen ini juga, penonton diingatkan bahwa keluarga semestinya menjadi pihak yang paling bisa diandalkan untuk membantu mengenyahkan insekyur. Keluarga semestinya saling mendukung satu sama lain, keluarga semestinya tidak menghakimi, keluarga semestinya tidak menjatuhkan, dan keluarga semestinya memberikan rasa aman dalam diri.

Outstanding (4/5)



16 comments:

  1. wah review nya bagus sekali,,, buat saya berkaca-kaca.. makin gak sabar pengen segera menonton nya ����

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah makasih banyak 🙇

      Ditunggu kesan kesannya setelah nonton yaaa

      Delete
    2. ya hari minggu atau senin baru bisa nonton. Bdw ditunggu juga review Habibi Ainun 3 nya 😁😁

      Delete
    3. Wah, ternyata film nya mengenah sekali ya. masih terasa deg deg an nya lantaran tema nya personal sekali bagi saya yg tak sempurna ini.. Ternyata diskiminasi atas penampilan seseorang itu sangat berdampak negatif ya.. jadi makin belajar besyukur setelah menonton nya..

      Delete
    4. Iya, dan kita selama ini nggak menyadarinya. Dipaksa memaklumi body shaming dan sejenisnya. Bahkan kadangkala nggak sengaja melakukannya. Padahal efeknya bisa luar biasa bagi sebagian orang.

      Dan yes, pesan film ini bagus sekali. Mengajak kita bersyukur dan lebih pede dengan apa yang kita miliki. Intinya sih, yang penting bikin bahagia, sehat, dan nggak menyusahkan orang lain. Bikin semangat banget.

      Delete
    5. Dan satu lagi Akting Jesika Milla kayanya naik kelas di film ini,,, semoga kedepan nya dia bisa memeran kna karakter yg keren terus ya 😁😁

      Delete
    6. Asalkan dapet pengarahan dan peran yang tepat, dia bisa bagus. Semoga ya, biar makin banyak ragam aktris di Indonesia

      Delete
    7. iya semoga saja ya,,, di Brindzilla menurut saya cukup bagus meski kalah bersinar di sini

      Delete
  2. Kelar nonton, aku langsung lari ke musola, solat trs nangis. Merasa berdosa krn lebih sering insekyur sampe lupa bersyukur. Huhuhu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya banyak dari kita yang begitu. Aku juga ngerasa tertampar saat menonton ini yang ngingetin soal insecure yang unfaedah

      Delete
  3. jujur aku ketampar sama reza.... keadaan dia sama jessica mirip banget kayak w dan doi. si doi ini cakep pake banget, sempurna lah... sedangkan w cuma kek upik abu. tapi dia tetep nerima w apa adanya. sayang banget ma w. jujur pas adegan si reza ngirim foto dan kata2 itu, seketika w liat doi, nangis. selemah itu w. epik dah nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Awww that's so sweet. Betapa beruntungnya kamu punya pasangan yang bersedia menerima apa adanya. Nggak banyak yang bisa seperti itu 😀

      Delete
  4. In Ernest we trust. Hehehe. Nggak pernah kecewa sama filmnya Koh Ernest. Imperfect juga bagus buanget. Pesannya kena ke aku yang punya masalah insecure. Awalnya sempat pesimis gara gara trailernya ternyata emang bener koh Ernest nggak mungkin bikin cerita jadi klise gitu. Habis nonton bawaannya bahagia aja :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyes. Trailernya nipu emang, kayak semuanya udah diceritain di sana. Ternyata masih banyak kejutannya 😁

      Delete
  5. Insecure emang bikin capek diri sendiri yaaa
    Ayo cari solusi menghilangkan perasaan insecure dan hargai diri kamu sendiri!

    ReplyDelete

Mobile Edition
By Blogger Touch